8 Tips Menentukan Budget Traveling, Liburan Anti Boncos!

8 Tips Menentukan Budget Traveling, Liburan Anti Boncos!
Budget Traveling, photo by Freepik

Melepas penat dengan berlibur tentu perlu modal yang cukup. Meskipun ada konsep liburan ala backpacker yang bisa dibilang lebih menghemat budget, tetapi persiapan liburan seperti menghitung budget traveling adalah hal wajib yang harus kamu lakukan.

Liburan yang tidak direncanakan dengan baik bisa berakibat fatal seperti terlalu boros karena kalap belanja oleh-oleh, salah pilih hotel, hingga biaya tak terduga yang lewat diperhitungkan. Alhasil, kantong jadi boncos selepas liburan. Oleh karena itu, siapkan liburanmu dengan aman dan nyaman di kantong dengan melakukan budget traveling. Berikut ini tipsnya!

Tips Menentukan Budget Traveling

1. Tetapkan Budget Liburan

Tetapkan Budget Liburan, photo by Pexels

Sebelum liburan dimulai, hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan budget traveling yang sekiranya akan kamu gunakan secara keseluruhan. Budget ini merupakan hitungan maksimal yang dapat digunakan untuk berlibur. Jadi, uang yang akan kamu gunakan untuk berlibur tidak akan over budget. Sebagai contoh, kamu menetapkan budget Rp3 juta, maka maksimalkan budget tersebut untuk memenuhi segala kebutuhan selama liburan, mulai dari tiket pesawat, akomodasi, hiburan, dan sebagainya.

Masih bingung bagaimana menghitung budget yang mau kamu tentukan untuk liburan? Dalam budgeting, liburan ini dikategorikan sebagai budget hiburan yang mana idealnya sebesar 5-15% dari gaji, termasuk hiburan lain seperti makan fancy, hangout, atau nonton. Supaya tetap bisa hangout dan liburan, mencontek tips dari Money Mentors, kamu bisa rencanakan liburan sebagai hiburan tahunan (annual vacation) dengan menyisihkan sebesar 7% dari gaji setiap bulannya.

Sebagai contoh, kalau gajimu Rp10 juta per bulan, berarti budget traveling tahunannya sebesar 7% dari penghasilanmu. Maka, angka idealnya merupakan Rp8,4 juta per tahun atau Rp700 ribu per bulan. Nah, kalau kamu ingin liburan dengan budget lebih dari Rp8,4 juta tersebut, kamu bisa sisihkan tabungan lebih besar mulai 10%-15% sampai budget traveling kamu mencapai goalsnya! Mudah bukan menghitungnya?

2. Mulai Menabung dari Jauh-Jauh Hari

Mulai Menabung, photo by Pexels

Persiapan liburan khususnya mengenai budget memang harus dipikirkan jauh-jauh hari. Supaya budget traveling tercapai dan tidak mengganggu cash flow bulanan, mulailah menabung dari 4-6 bulan sebelum liburan. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan juga penggunaan uang. Jangan sampai menghabiskan uang untuk liburan sekaligus karena hal tersebut akan membebankan kamu setelah liburan usai.

Apabila kamu menentukan budget Rp3 juta untuk pergi liburan, kamu bisa sisihkan mulai dari Rp500 ribu - Rp700 ribu per bulannya dari penghasilanmu. Setelah uang tabungan sedikit demi sedikit terkumpul, mulai cicil pembelian tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari agar biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau.

3. Tentukan Destinasi Liburan

Tentukan Destinasi Liburan, photo by Freepik

Destinasi liburan mempengaruhi perhitungan budget traveling yang akan ditentukan. Traveling  ke Asia tentu akan berbeda dengan budget traveling ke Eropa. Perbedaan mata uang, biaya hidup, dan faktor lainnya pada destinasi liburanmu berpengaruh terhadap budget liburan.

Saat sedang menentukan daerah yang mau dikunjungi, jangan lupa untuk riset mengenai tempat wisata di sekitar untuk dikunjungi. Tips dalam menghemat budget, pilih lokasi wisata yang berdekatan satu sama lain sehingga mudah dijangkau di hari yang sama.

4. Pilih Hotel di Lokasi Strategis

Hotel di Lokasi Strategis, photo Cove

Lokasi hotel strategis akan memudahkan kamu saat bepergian. Apalagi, kalau hotel tersebut dekat dengan transportasi umum atau tempat wisata. Memilih hotel dengan lokasi strategis juga membantu menekan budget traveling sehingga lebih mudah bagimu untuk menentukan berapa biaya yang dibutuhkan.

Kalau kamu berlibur ke Bandung, ada salah satu hotel dengan lokasi strategis di kawasan Cihampelas bernama Cove West Inn. Dilengkapi dengan Smart TV serta fasilitas seperti water heater, AC, wifi, meja kerja, serta kasur ukuran twin atau double yang bikin kamu semakin nyaman beristirahat di hotel. Cove West Inn juga terletak dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Cihampelas Walk (Ciwalk), toko oleh-oleh Ojolali, dan beberapa distro ternama di Bandung.

5. Hitung Biaya Makan Harian

Hitung Biaya Makan Harian, photo by Freepik

Sering kali saat traveling tergiur dengan makanan lezat yang dijajakan di destinasi wisata, akibatnya budget traveling membengkak. Untuk mencegah hal seperti itu, kamu bisa menentukan budget makan harian supaya budget traveling kamu tetap sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Tips yang dapat kamu lakukan saat menghitung biaya makan, cobalah riset beberapa restoran yang ingin dikunjungi di destinasi liburanmu dan lihat menu yang disediakan. Kemudian, buat perkiraan seberapa besar biaya yang akan kamu habiskan di restoran tersebut. Dengan begitu, budget traveling tetap terjaga keamanannya.

6. Gunakan Asuransi Perjalanan

Gunakan Asuransi Perjalanan, photo by Freepik

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi selama liburan nanti. Berjaga-jaga dengan menggunakan asuransi perjalanan tak ada salahnya, terutama untuk kamu yang ingin bepergian ke luar negeri. Asuransi perjalanan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan kamu selama liburan dari beberapa kendala seperti, pencurian, barang hilang, kecelakaan, perampokan, dan kejadian tak terduga lainnya. Beberapa negara pun mengharuskan turis memiliki asuransi perjalanan. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan asuransi perjalanan ke dalam budget traveling kamu, khususnya untuk perjalanan jauh.

7. Bijak Membeli Oleh-Oleh

Bijak Membeli Oleh-Oleh, photo by Traveloka

Belanja untuk diri sendiri atau membelikan oleh-oleh untuk orang lain sering kali kalap. Yap, hal ini harus kamu antisipasi sejak menentukan budget traveling di awal. Tentukan juga sekiranya siapa saja yang akan kamu berikan buah tangan tersebut. Supaya bisa membawa buah tangan lebih banyak, belilah oleh-oleh di toko lokal yang jauh dari area turis karena biasanya punya harga yang jauh lebih terjangkau.

8. Siapkan Dana Tak Terduga

Siapkan Dana, photo by Freepik

Sudah menentukan budget traveling apa masih perlu menganggarkan untuk biaya tak terduga? Jawabannya adalah perlu. Pasalnya tak semua yang direncanakan berjalan sesuai keinginanmu. Siapkan dana cadangan ini di luar budget traveling yang telah ditentukan untuk mengantisipasi kalau terdapat biaya lain yang harus dikeluarkan. Namun, adanya uang cadangan dari dana tak terduga ini bukan semata-mata dapat kamu jadikan alasan untuk lebih boros dan menghabiskannya saat liburan. Pastikan untuk tetap menggunakan budget sesuai track liburan, gunakan dana tak terduga hanya untuk keadaan mendesak.

Sudah tahu kan bagaimana cara dalam menentukan budget traveling? Jadikan traveling lebih terencana dan lancar dengan melakukan budgeting. Gak mau kan kalau selepas liburan justru stress memikirkan uang yang telah dihabiskan untuk liburan karena kurangnya menentukan budget? Selain menentukan budget traveling di awal, ada baiknya juga kamu mencatat tiap pengeluaran yang dihabiskan untuk mengecek kembali apakah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang telah ditentukan. Jika sudah sesuai, bisa dijadikan acuan untuk liburan berikutnya, deh! Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk kamu menentukan budget liburan mendatang ya!