Berapa Sih Biaya Hidup di Tangerang? Berikut Perkiraannya!

Berapa Sih Biaya Hidup di Tangerang? Berikut Perkiraannya!
Kota Tangerang via jpnn.com

Mungkin ada dari kamu yang sedang berencana pindah ke Tangerang demi menunjang mobilitasmu baik sekolah maupun kuliah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pindah, kamu perlu tahu apa sih alasan memilih daerah ini dan apa saja biaya hidup di Tangerang yang perlu diperhatikan?

Tangerang adalah salah satu kota yang bertetangga dengan Jakarta. Wilayah ini termasuk kota terbesar di Provinsi Banten serta duduk di urutan ketiga terbesar untuk wilayah JABODETABEK.

Tangerang kini sudah menjadi bagian dari pusat pendidikan, bisnis dan hiburan. Tangerang sendiri termasuk daerah yang cukup mudah diakses dan dilengkapi dengan infrastruktur yang sangat memadai, lho. Makanya nggak heran kalau sekarang sudah banyak orang yang mulai melirik untuk tinggal di Tangerang.

Biaya Hidup di Tangerang

Ada aspek tertentu terkait biaya hidup di Tangerang yang perlu kamu pertimbangkan sebelum pindah. Beberapa di antaranya yaitu:

Tempat Tinggal

Aspek pertama yang perlu diperhatikan saat mempertimbangkan biaya hidup di Tangerang yaitu tempat tinggal. Umumnya biaya tinggal di Tangerang baik di rumah petak, kost-an, apartemen, dan jenis properti lainnya sama seperti di kota-kota besar layaknya Jakarta. Fasilitas yang diperoleh juga nggak jauh berbeda, kok!

Kamu tinggal pilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Mau tempat tinggal yang harganya murah dari yang Rp2,2 jutaan hingga mahal sekitar Rp6 jutaan per bulan semua ada di wilayah yang punya julukan Kota Benteng ini.

Transportasi

Transportasi di Tangerang cukup beragam dan lengkap yaitu angkot, KRL atau commuter line, TransJakarta, dan transportasi online. Untuk tarif angkutan umum yang berada di daerah Tangerang nggak jauh beda dengan tarif angkutan di kota besar sekitarnya. Untuk jarak yang dekat biasanya sekitar Rp4.000.

Jadi, contoh kalau setiap hari kamu menggunakan angkutan umum untuk beraktivitas,maka tarif ongkos yang harus dikeluarkan yaitu 2x naik x 4.000 = Rp8.000. Total ongkos transportasi yang perlu dikeluarkan sebanyak Rp240 ribu.

Kalau kamu prefer untuk membawa kendaraan pribadi pun juga aman, kok. Soalnya kemacetan yang ada di Tangerang nggak separah di Jakarta karena infrastruktur jalan di Tangerang rata-rata dirancang lebih lebar dan tersedia banyak jalan tol dan jalan layang.

Makan Sehari-hari

Biaya hidup di Tangerang selanjutnya yaitu biaya makan yang nggak jauh berbeda dengan yang ada di Jakarta. Kamu pun juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau mau makanan rumahan, kamu hanya perlu mengeluarkan uang minimal Rp15.000. Sedangkan jika sedang ingin berhemat, kamu bisa memasak sendiri juga. Contoh biaya makan 1 bulan: Rp15.000 x 3 kali makan dalam sehari = Rp45.000.  Maka, 45.000 x30 hari = Rp1.350.000

Hiburan

Terakhir, kamu juga perlu tahu biaya hidup di Tangerang terkait tempat hiburan. Di Tangerang baik kafe, restoran, dan mall sudah banyak sekali dan harganya pun juga nggak jauh berbeda dari Jakarta. Misalnya kalau kamu prefer untuk nongkrong di kafe atau restoran, biasanya biaya yang diperlukan untuk membeli makanan bisa menghabiskan Rp20.000-Rp150.000. Lain lagi jika menonton bioskop, range harga Rp30.000-Rp65.000 per tiketnya tergantung di mall mana yang kamu datangi.

Perkiraannya:

  • Nongkrong di cafe atau restoran untuk membeli makanan dan minuman: Rp100.000.
  • Menonton bioskop: Rp30.000.
  • Biaya transportasi untuk pergi dan pulang dengan angkutan umum: Rp8.000.

Maka jika dijumlahkan, total biaya yang perlu dikeluarkan untuk satu kali ke tempat hiburan sekitar Rp138.000 ribu.

Jadi, perkiraan total biaya hidup di Tangerang yaitu:

Biaya yang Diperlukan

Nominal

Tempat tinggal 

Rp2.200.000

Biaya transportasi

Rp240.000

Biaya makan 

Rp1.350.000

Biaya hiburan 

Rp138.000

Total biaya minimum yang diperlukan untuk tinggal di Tangerang

Rp3.790.000


Kelebihan Tinggal di Tangerang

Infrastruktur Jalan di Tangerang via detik.com

Setelah kamu mengetahui berapa biaya hidup di Tangerang, sekarang yuk cari tahu mengapa sebaiknya kamu memilih Tangerang sebagai tempat tinggal.

Tempat yang Strategis Sehingga Memudahkan Saat Ingin Berpergian

Tempatnya yang dekat dengan berbagai lokasi baik hiburan, layanan kesehatan, keuangan, dan lain-lain menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu yang juga menjadi pertimbangan memilih Tangerang, karena dekat dengan salah satu bandara internasional terbesar di Indonesia yaitu bandara Soekarno Hatta.

Macet Nggak Separah Jakarta

Memang sih bukan hanya Jakarta yang sering mengalami macet. Di Tangerang pun juga demikian. Namun, kabar baiknya nih kemacetan yang biasa terjadi di Tangerang nggak bakal separah dengan di Jakarta dan terjadi hanya sebentar. Sebab infrastruktur jalan di Tangerang sesuai dengan intensitas kendaraan dan dirancang cukup lebar dari jalan pada umumnya.

Kawasan ini juga telah banyak dilengkapi dengan jalan layang dan jalan tol seperti Jalan Tol Tangerang-Jakarta, Tol Cinere-Jagorawi Tol Ulujami-Serpong, Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Tangerang–Merak, Tol Kunciran-Serpong.

Banyaknya Fasilitas Kesehatan

Di Tangerang juga terdapat banyak apotik dan klinik di banyak titik di sekeliling kawasan Tangerang. Kamu nggak perlu bingung jika harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intens, sebab di Tangerang ada banyak pusat kesehatan yang sangat lengkap.

Beberapa rumah sakit yang tersedia yaitu Rumah Sakit Sari Asih, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Siloam Karawaci, OMNI Hospital Alam Sutera, Rumah Sakit Medika BSD, Rumah Sakit Umum Tangerang Selatan, dan Rumah Sakit Melati Tangerang

Tersedianya Ruang Terbuka Hijau

Siapa sih yang nggak suka dengan suasana asri dan rindang? Nah, jika memilih tinggal di Tangerang, kamu bisa menemukan banyak taman dan tempat ruang terbuka hijau, lho. Contohnya, kamu dapat mengunjungi Taman Bambu Tangerang, Taman Potret, Taman Elektrik, Taman Tebing Koja, Scientia Square Park, dan Taman Kota BSD 1 & 2.

Berkesempatan Membuka Bisnis

Mungkin ada dari kamu yang ingin menjadikan Tangerang bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, tapi juga merintis bisnis yang selama ini menjadi impian. Apalagi kini jumlah penduduk di daerah Tangerang terus saja bertambah. Faktor ini menjadikan kesempatan untuk membangun bisnis jadi lebih besar.

Nggak Perlu Bingung Memilih Tempat Perbelanjaan & Hiburan

Baik mall modern atau seperti di Tanah Abang, bisa juga kamu temukan di Tangerang. Di sini sudah banyak tersedia mall-mall besar dan lengkap yang dapat memenuhi segala kebutuhanmu. Sedangkan bila kamu ingin mencari tempat wisata, di Tangerang pun juga tersedia.

Eitss buat yang suka nongkrong pun juga nggak perlu khawatir. Di Tangerang sudah banyak tersedia coffee shop atau restoran yang asyik dan kekinian banget. Hidangannya lezat dan tempatnya juga instagrammable.

Mudah untuk Menembus Kota Jakarta

Meskipun tinggal di Tangerang, mungkin ada dari kamu yang bekerja atau kuliah di Jakarta. Nah, nggak perlu khawatir soal akses ke Jakarta karena kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan mudah melalui tol atau ruas jalan tertentu.

Ragam Pilihan Sekolah dan Kampus

Nggak perlu bingung memilih sekolah atau kampus di daerah Tangerang. Sebab, tersedia pilihan sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan universitas yang cukup beragam untuk berbagai jenjang pendidikan, salah satunya Universitas Pelita Harapan dan UPH College (untuk SMA).

Siap tinggal di Tangerang?


Kost di Tangerang Mulai dari Rp2,2 juta/bulan

Temukan kenyamanan tinggal di Tangerang dengan Cove! Menawarkan pilihan properti yang sesuai dengan gaya hidup modernmu, Cove hadir untuk memenuhi kebutuhan hunian yang fleksibel dan berkualitas di kawasan ini. Dengan fasilitas yang lengkap, akses mudah ke transportasi, dan keberadaan tanaman hijau yang menyegarkan, Cove memberikan pengalaman tinggal yang istimewa. Jangan lewatkan kesempatan untuk menemukan tempat tinggal impianmu di Tangerang bersama Cove. Booking sekarang dan nikmati keseimbangan antara kenyamanan modern dan keasrian alam!

Harga mulai dari Rp2,2 juta/bulan

Cek sekarang!