12 Cara Berkenalan dengan Orang Baru agar Tidak Canggung

12 Cara Berkenalan dengan Orang Baru agar Tidak Canggung
Berkenalan dengan Orang Baru, photo by Cove

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tidak jarang, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru setiap harinya. Agar tidak merasa canggung, bagaimana sih cara berkenalan dengan orang baru itu? Simak 12 hal yang harus kamu perhatikan ketika berkenalan dengan orang baru di artikel ini ya!

Selalu Percaya Diri

Percaya Diri, photo by freepik.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mau berkenalan dengan orang baru adalah percaya diri. Tentu ini menjadi kunci penting, karena tanpa ada rasa percaya diri, kamu tidak akan memiliki keberanian untuk berkenalan. Buang semua rasa malu dan grogi agar kamu bisa berkenalan dengan orang baru tersebut. Namun perlu diperhatikan, kamu juga jangan over-acting, apalagi sampai membuat lawan bicara risi. Cukup dengan berdiri tegap dan jaga kontak mata dengan lawan bicara. Jangan membuat gerakan yang berlebihan atau menatap ke arah selain lawan bicara.

Harus Memberanikan Diri

Harus Memberanikan Diri, photo by freepik.com

Masih mirip dengan poin pertama, kumpulkanlah keberanian dan keyakinan ketika hendak berkenalan dengan orang baru. Kalau kamu mau berinteraksi dengan orang baru, jangan memperlihatkan sikap negatif. Namun ketika keberanian sudah terkumpul, kamu akan merasa enjoy dan mudah melakukannya. Selalu ingat dan yakin bahwa ketakutan hanya ada dalam pikiran kamu. Ketika sudah dijalankan, prosesnya tidak akan sesulit yang dibayangkan. Berkenalan dengan orang baru adalah hal yang mudah dilakukan.

Perkenalkan Diri Secukupnya Saja

Perkenalkan Diri Secukupnya Saja, photo by freepik.com

Selanjutnya, saatnya kamu untuk memperkenalkan diri. Ceritakan sekilas tentang diri kamu ketika lawan bicara menanyakannya. Tapi jangan sampai berlebihan ketika menceritakan diri. Beri kesempatan untuk lawan bicara bertanya kembali mengenai diri kamu. Berbicara terlalu tentang diri kamu ketika pertama kali berkenalan justru berpotensi membuat lawan bicara kamu cepat merasa bosan. Bahkan dia bisa memberikan penilaian yang kurang baik karena impresi pertamanya terhadap kamu adalah orang yang banyak berbicara.

Melakukan Obrolan Ringan

Melakukan Obrolan Ringan, photo by freepik.com

Selain memperkenalkan diri secukupnya, dalam berkenalan dengan orang baru, kamu bisa memulai dari obrolan ringan. Hal ini sangat berguna untuk mencairkan suasana antara kamu dengan lawan bicara. Cobalah tanyakan hal-hal yang sederhana seperti hal-hal yang sedang ramai dibicarakan orang, film yang sedang tayang di bioskop, atau makanan yang enak di sekitar tempat mengobrol. Pastikan posisi kamu dengan lawan bicara tidak terlalu saling berjauhan ya, agar semakin akrab.

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan Komunikasi, photo by freepik.com

Ilmu komunikasi sangatlah penting untuk kita yang sebagai salah satu cara berkenalan dengan orang baru. Kamu bisa memulai dengan menanyakan hal-hal umum seperti menanyakan nama, tempat asal, pendidikan, atau yang lainnya. Ini adalah gambaran dari tahapan yang biasanya menjadi patokan untuk berkenalan. Jangan sampai baru berkenalan tapi sudah menanyakan hal-hal yang berat atau terlalu memasuki ranah pribadinya. Itu bisa membuat lawan bicara merasa tidak nyaman dan tidak ingin berbicara dengan kamu lebih jauh lagi.

Berbicara dengan Ramah

Berbicara dengan Ramah, photo by freepik.com

Selanjutnya, ketika berkenalan dengan orang baru, tentu sangat penting untuk bersikap ramah padanya. Pastikan kamu menyapanya dengan senyuman tulus dan tatapan ramah yang tidak dibuat-buat. Ini cara sederhana namun paling ampuh mencairkan suasana. Apalagi orang Indonesia dikenal sebagai orang yang ramah. Biasanya juga orang enggan berbicara dengan orang yang jutek. Karena itulah, keramahan sangat diperlukan dalam berkenalan dengan orang baru. Kalau kita ramah kepada orang, tidak menutup kemungkinan orang juga akan bersikap ramah kepada kita, kan?

Fokus pada Lawan Bicara

Fokus pada Lawan Bicara, photo by freepik.com

Selanjutnya, hal penting yang harus kamu perhatikan ketika berkenalan dengan orang baru adalah fokus pada lawan bicara. Jangan malah fokus pada hal lain, misalnya sambil bermain ponsel. Hal itu selain terkesan tidak sopan, juga bisa membuat lawan bicara merasa tidak dihargai. Usahakan untuk menatap lawan bicara dan menyimak ucapannya dengan baik. Kalau memang ada keperluan mendesak harus membuka ponsel, izin terlebih dahulu agar lawan bicara memahami itu.

Cari Topik yang Menarik

Cari Topik yang Menarik, photo by freepik.com

Setelah melakukan hal-hal basic dalam berkenalan, tugas kamu selanjutnya adalah mempertahankan obrolan. Carilah topik-topik yang sekiranya menarik untuk dibicarakan. Ada momen ketika kamu kehabisan topik, obrolan pun kemungkinan berhenti. Beberapa contoh topik yang menarik adalah membicarakan hal yang sedang ramai terjadi atau membicarakan sesuatu yang umum dan diketahui banyak orang. Jangan bicarakan hal-hal yang serius dan susah dimengerti lawan bicara.

Lihat Situasi dan Kondisi

Lihat Situasi dan Kondisi, photo by freepik.com

Ketika kamu hendak berkenalan dengan orang baru, perhatikan juga situasi dan kondisi saat itu. Lihat apakah lawan bicara itu sedang sibuk atau tidak. Lihat juga apakah kondisinya memungkinkan untuk diajak berkenalan atau tidak. Misalnya kamu mengajak berkenalan ketika dia sedang sibuk dengan pekerjaannya. Hal ini berpotensi kamu tidak akan mendapatkan tanggapan terlalu serius dari lawan bicara karena fokusnya masih pada pekerjaannya. Atau mengajak berkenalan di tempat ramai yang dinamis, seperti di stasiun ketika jam pulang kantor. Hal itu tidak terlalu kondusif karena semua orang sedang terburu-buru mengejar kereta, tidak terkecuali lawan bicara kamu.

Jangan Melakukan Modus

Jangan Melakukan Modus, photo by freepik.com

Kalau kamu ingin meminta kontak ketika berkenalan, mintalah dengan cara yang sopan dan baik. Jangan terkesan memaksa sehingga membuat lawan bicara enggan untuk memberikan kontaknya. Jangan menjadikan suatu modus untuk mengharapkan sesuatu dari lawan bicara. Hal ini akan membuat lawan bicara justru merasa risih dan enggan mengenal kamu lebih jauh lagi.

Jangan Posesif

Jangan Posesif, photo by freepik.com

Hal yang harus dihindari dalam berkenalan dengan orang baru adalah bersikap posesif kepada lawan bicara kamu. Karena posesif akan menumbuhkan perilaku yang obsesif. Itu adalah hal yang terkesan negatif di hadapan lawan bicara, apalagi jika berada pada momen baru berkenalan. Bisa-bisa lawan bicara tidak ingin mengenal kamu lebih jauh lagi.

Tunjukan Positive Vibes

Tunjukan Positive Vibes, photo by freepik.com

Terakhir, tunjukan perilaku positif dan jangan berlebihan. Kebanyakan orang tentu lebih menyukai berteman dengan orang yang positive vibes. Nah, dalam berkenalan dengan orang baru, tunjukan bahwa kamu seorang yang positive vibes agar mereka senang berkenalan dengan kamu. Hal-hal yang bisa kamu lakukan misalnya selalu tersenyum ketika bertemu orang baru, tidak tertawa menyeringai, menanyakan kabarnya terlebih dahulu, menanyakan pendapatnya sebelum melakukan sesuatu, atau hal lainnya. Dengan begitu, lawan bicara kamu akan merasa nyaman dan tidak risih. Sebenarnya kehadiran saja sudah menunjukkan simpati dan respek berkali lipat.

Itulah 12 cara berkenalan dengan orang baru yang bisa kamu coba lakukan agar tidak merasa canggung. Jika kamu mengamalkan 10 poin di atas, akan sangat mudah berkenalan dengan orang baru. Bahkan kemungkinan besar kamu bisa menjalin pertemanan yang baik dengan mereka. First impression kamu di mata orang-orang baru tersebut akan sangat baik. Jadi bagaimana? Sudah siap berkenalan dengan orang baru?