15 Tempat Makan Bakso Terenak di Jakarta, Dijamin Nagih!

15 Tempat Makan Bakso Terenak di Jakarta, Dijamin Nagih!
Bakso Enak di Jakarta, photo by Freepik

Siapa, sih, yang bisa nolak kelezatan bakso? Makanan olahan daging sapi khas Indonesia yang biasanya disajikan dalam kuah kaldu dengan mi ini memang nggak pernah gagal mengisi perut di berbagai kesempatan. Paling enak disantap saat hujan, bakso selalu diincar buat kamu-kamu yang suka jajan, kan? Nah, kali ini, Cove bakal rangkum rekomendasi 15 tempat makan bakso enak di Jakarta yang dijamin bikin kamu ketagihan. Penasaran?

15 Tempat Makan Bakso Terenak di Jakarta

1. Bakso Solo Samrat

Bakso Solo Samrat, photo by Grid.ID

Bakso Solo Samrat punya banyak cabang di seluruh Jakarta, termasuk Karet, Tanjung Duren, Mangga Besar, dan Kembangan. Warung bakso ini terkenal dengan kuah kaldu yang kaya rasa dan isinya yang berlimpah banget. Ada banyak jenis bakso yang disajikan di sini, termasuk bakso tenis rusuk dan bakso berukuran besar dengan iga sapi. Karena emang isinya banyak, harga bakso di sini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tempat bakso lainnya, apalagi kalau kamu pesan varian bakso yang lebih eksklusif. Tapi, kamu dijamin puas sama rasanya dan pasti kenyang, deh!

Alamat: Banyak cabang di Jakarta (Karet, Tanjung Duren, Mangga Besar, Kembangan)
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB
Harga: Lebih dari Rp60.000

2. Bakso Beranak Mas Gayeng

Bakso Beranak Pak Gayeng, photo by Pergikuliner.com

Bakso Beranak Mas Gayeng terkenal dengan bakso beranaknya yang unik dan isi yang beragam, termasuk bakso urat, bakso kecil, bakso telur, dan ada pilihan tambahan seperti bakso beranak dengan keju. Bakso ini punya kuah yang gurih dan bening, daging bakso yang kenyal, dan disajikan dengan sambal, cuka, dan kecap. Lokasi Bakso Beranak Mas Gayeng mudah diakses di belakang Pasar Indonesia. Selain lokasi utama, tersedia cabang lainnya di Cideng dan Tanjung Duren, memberikan beragam pilihan bagi kamu yang ingin menikmati hidangan bakso khas ini.

Alamat: Jl. Kb. Kacang XXXVIII No.2, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari pukul 01.00 - 21.00 WIB
Harga: Rp25.000 per porsi

3. Bakso Cendana

Bakso Cendana, photo by Kompas.com

Nama Bakso Cendana merujuk kepada keluarga Cendana yang sering menjadi pelanggan setia di kedai bakso ini. Bakso Cendana mendapatkan banyak review positif dari media, terutama program televisi karena rasanya memang enak. Daya tarik utamanya terletak pada bakso-bakso halusnya yang punya isian unik seperti bakso mercon dan bakso keju. Di tempat yang tampak nyaman dan ramai ini, kamu sudah bisa menikmati seporsi bakso bertekstur halus dan kenyal dengan kuah yang gurih. Rasa baksonya yang gurih dan lezat, ditambah suasana tempat yang menyenangkan, bikin Bakso Cendana jadi tempat makan bakso favorit banyak orang.

Alamat: Jalan Teuku Umar No. 10, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari pukul 09.00 - 20.00 WIB
Harga: Sekitar Rp20.000 per porsi

4. Bakso JWR

Bakso JWR, photo by Phinemo.com

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Bakso JWR menawarkan bakso sapi yang lembut banget dan gurih, dengan kuah kaldu yang hangat dan berasa. Pelayanan di sini juga cepat dan kamu bahkan bisa request tambahan tetelan sesuai selera. Sebagai informasi, Bakso JWR sedang ngadain promosi bakso telur dengan potongan harga khusus seharga Rp29.000 mulai dari 1 hingga 14 Oktober 2023, lho. Jadi, kamu bisa nikmati hidangan bakso telur yang lezat dengan harga yang lebih hemat dari biasanya. Promo ini berlaku untuk makan di tempat dan bisa dinikmati di semua cabang Bakso JWR. Tempatnya luas dan punya fasilitas lengkap, jadi kamu pasti puas dan nyaman.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.96, Grogol petamburan, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari pukul 09.30 - 22.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

5. Bakso A Kiaw 99

Bakso A Kiaw 99, photo by Qraved

Kalau kamu cari bakso sapi dengan sentuhan oriental, Bakso A Kiaw 99 adalah tempat yang tepat buat kamu kunjungi, nih. Bakso A Kiaw dikenal dengan kuah kaldu beningnya, tambahan daging sapi iris, dan disajikan dengan kwetiau atau mi yang enak. Harga seporsi Bakso A Kiaw emang agak mahal, tapi sesuai sama porsinya yang jumbo. Pasti kenyang!

Alamat: Jl. Raya Mangga Besar No.2B, Taman Sari, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari pukul 02.00 - 21.30 WIB
Harga: Sekitar Rp50.000 per porsi

6. Bakso Rusuk Samanhudi

Bakso Rusuk Samanhudi, photo by Liputan6.com

Bakso Rusuk Samanhudi awalnya hanya punya satu cabang di Samanhudi, Pasar Baru, tapi seiring berjalannya waktu, tempat makan bakso Jakarta ini membuka lebih banyak cabang. Sesuai dengan namanya, Bakso Rusuk Samanhudi dikenal dengan sajian bakso dan iga rusuk. Bakso dan rusuk disajikan dalam mangkuk yang berbeda dan dengan kuah kaldu yang berbeda pula. Porsi yang ditawarkan juga terbilang besar. Kamu bisa makan dengan nasi putih biar lebih kenyang.

Alamat: Jl. Samanhudi No.18d, Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam buka: 24 jam
Harga: Sekitar Rp30.000 per porsi

7. Bakso Mas Kumis

Bakso Mas Kumis, photo by PergiKuliner.com

Bakso Mas Kumis juga dikenal sebagai Bakso Djarum karena lokasinya di komplek perusahaan PT Djarum. Warung bakso yang sudah berdiri sejak tahun 1970 ini terkenal dengan bakso polosan tanpa mi, kuah kaldu bening, dan taburan daging. Karenanya, banyak yang lebih suka menyantap bakso ini dengan nasi. Kalau mau coba bakso di sini, jangan datang pas waktu makan siang, ya. Soalnya kebanyakan pelanggan Bakso Mas Kumis  adalah karyawan kantor di sekitar area tersebut.

Alamat: Jl. Aip II Karel Sat-Suit Tubun IIB No.5A, Palmerah, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 - 21.00 WIB
Harga: Sekitar Rp30.000 per porsi

8. Bakso Pak Diran

Bakso Pak Diran, photo by PergiKulier.com

Bakso Pak Diran dikenal sebagai warung bakso legendaris yang berdiri sejak tahun 1981. Meskipun tempatnya terlihat mirip warteg, menu bakso yang dijual di sini cukup lengkap, mencakup bakso urat, bakso halus, bakso kecil, dan tahu bakso. Bakso di sini porsinya besar, teksturnya lembut, dan kuahnya bening. Selain itu, kamu juga bisa request tambahan tulang sumsum dan sambal sebagai pelengkap yang lezat. Kamu wajib makan bersama mi bihun karena cocok banget sama baksonya yang legit.

Alamat: Jalan Dokter Makaliwe I No.13, Grogol, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 21.00 WIB
Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

9. Bakso Yanto

Bakso Yanto, photo by detikFood

Bakso Yanto merupakan salah satu tempat terkenal di Jakarta yang menyajikan bakso khas Solo. Tempat makan bakso ini sudah berdiri sejak tahun 1974. Menu utamanya mencakup bakso urat, jumbo, dan telur, dengan kuah kaldu khas berwarna keruh kecokelatan. Rasanya gurih banget dan sempurna dengan tekstur bakso yang kenyal.

Alamat: Jl. Cempaka Putih Barat 12 F No.12, Cemp. Putih, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari pukul 03.00 - 23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp20.000 hingga Rp30.000

10. Bakso Rusuk Joss

Bakso Rusuk Joss, photo by detikFood

Bakso Rusuk Joss adalah salah satu tempat makan bakso yang sempat viral karena penamaan menu yang unik. Mereka menawarkan berbagai macam varian bakso, seperti bakso rusuk setan, bakso buaya, bakso rusuk hotplate, bakso lava, hingga bakso jablay. Penyajian bakso di hotplate dan ukuran bakso yang besar bikin menu di tempat makan bakso ini cocok untuk dinikmati sendiri atau bersama teman.

Alamat: Jalan Pengantin Ali No.30, Ciracas, Kota Jakarta Timur
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 21.15 WIB
Harga: Mulai dari Rp31.000 hingga Rp185.000 per porsi

11. Bakso Titoti

Bakso Titoti, photo by Kang Rudi

Bakso Titoti adalah salah satu tempat makan bakso legendaris di Jakarta. Tempat makan bakso ini sudah beroperasi sejak tahun 90-an dan masih jadi favorit sampai sekarang. Bakso Titoti menawarkan berbagai pilihan menu bakso, mulai dari bakso halus, urat, telur campur tahu, hingga mi ayam. Harga menunya juga terjangkau sehingga nggak perlu khawatir soal budget kalau makan di sini.

Alamat: Jalan Raya Kebon Jeruk No. 44, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari pukul 09.30 - 21.30 WIB
Harga: Mulai dari Rp19.000

12. Bakso Sapi Singkawang 28

Bakso Sapi Singkawang 28, photo by PergiKuliner.com

Bakso khas Solo atau Malang sudah biasa, gimana kalau bakso Singkawang, Kalimantan Barat? Tempat makan ini menyajikan bakso dengan kuah kaldu yang punya rasa gurih dan manis yang berasal dari campuran minyak bawang, jeruk sonkit, dan kacang kedelai. Bakso Sapi Singkawang 28 menyajikan beberapa jenis menu bakso, seperti bakso halus, urat, bakso gepeng, dan tahu bakso, dengan tekstur bakso yang halus dan kaya rasa daging sapi.

Alamat: Jalan Hidup Baru No. 17a, Pademangan Timur, Jakarta Utara
Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 - 23.00 WIB
Harga: Sekitar Rp28.000 - Rp31.000 per porsi

13. Nikki Bakso Daging Sapi

Nikki Bakso, photo by Aya Zahir

Kalau kamu menyukai bakso dengan topping tetelan, maka Nikki Bakso adalah tempat yang wajib dikunjungi. Tempat makan bakso ini dikenal dengan banyaknya topping tetelan yang disajikan dengan berbagai jenis menu bakso, seperti bakso urat, halus, telur puyuh, goreng, tenis, dan mi ayam. Meskipun suasana di dalam warung agak berisik karena adanya pengamen, kamu tetap bisa, kok, menikmati hidangan bakso yang lezat dengan cukup nyaman. Lokasinya yang berada di depan apartemen cervino setelah Hotel Harris cukup strategis jadi makin recommended.

Alamat: Jalan KH. Abdullah Syafei No.11, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari pukul 09.30 - 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp15.000 per porsi

14. Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis

Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis, photo by My Eat and Travel Story

Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis dikenal dengan tekstur yang lembut dan serat asli daging sapi. Kamu juga bisa memesan menu pelengkap seperti siomay basah dan siomay kering. Dengan harga yang terjangkau, antrean di restoran ini selalu ramai. Pastikan kamu datang lebih awal terutama pada jam makan siang untuk menikmati semangkuk bakso Malang Cak Su Kumis tanpa perlu lama mengantre.

Alamat: Jl Rawamangun Muka Barat No. 14, Pulo Gadung, Jakarta Timur
Jam buka: Setiap hari pukul 08.30 - 20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp5.000 per menu

15. Bakso Pak Pur

Bakso Pak Pur, photo by PergiKuliner.com

Lokasi Bakso Pak Pur mungkin agak tersembunyi karena terletak di dalam gang. Meskipun begitu, Bakso Pak Pur dikenal luas berkat hidangan baksonya yang nikmat. Tempat makan bakso Jakarta ini menyediakan berbagai varian bakso, tapi yang menjadi andalan adalah bakso uratnya yang rasanya juara. Tekstur bakso di sini lembut dengan kuah kaldu yang gurih dan tambahan daging iga.

Alamat: Jalan Apron Timur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB
Harga: Berkisar antara Rp18.000 hingga Rp30.000

Dengan begitu banyak pilihan tempat makan bakso enak di Jakarta, kamu bisa coba berbagai varian dan cita rasa yang berbeda untuk memuaskan selera. Setiap tempat punya keunikan dan ciri khasnya sendiri. Jadi, tempat makan bakso enak di Jakarta mana yang mau kamu cobain, nih?