Mengenal Apa Itu Hoodie: Definisi dan Tips Styling

Hoodie adalah pakaian hangat dengan tudung yang dapat digunakan untuk berbagai gaya.

Mengenal Apa Itu Hoodie: Definisi dan Tips Styling
Apa Itu Hoodie, photo by Pexels

Blueprint hoodie pertama dibuat pada tahun 1934. Awalnya, hoodie hanyalah sebuah sweater dengan tudung yang terbuat dari bahan katun untuk menghasilkan kain lebih berat dan lebih padat untuk melindungi atlet dari cuaca musim dingin.

Terbuat dari kain 396g/sqm yang dibuat secara horizontal, bukan vertikal, hoodie cenderung awet dan menawarkan hasil akhir yang mulus di sekitar jahitan bahu. Kini, sebagian besar hoodie terbuat dari kaus rajutan yang lebih ringan untuk memberikan kesan lebih lembut dan juga hemat biaya.

Tertarik untuk mengenal hoodie lebih jauh? Yuk, simak penjelasan lengkap tentang apa itu hoodie di artikel berikut!

Mengenal Apa Itu Hoodie

Definisi Hoodie

Definisi Hoodie, photo by Pexels

Hoodie adalah pakaian hangat dengan tudung dan lengan panjang. Istilah hoodie sendiri diambil dari Bahasa Inggris hood yang berarti tudung atau penutup kepala. Salah satu item fashion yang timeless ini terkenal di semua kelompok umur, baik pria maupun wanita, karena mampu memberi kesan trendy dan stylish.

Hoodie umumnya hadir dalam tiga style, yaitu full zip-up, half zip-up, atau pullover. Katun, poliester, atau campuran keduanya adalah bahan kain paling umum yang digunakan merek fesyen untuk membuat hoodie.

Saat ini, hoodie pun hadir dalam banyak jenis seperti jaket hoodie, mantel hoodie, dan kaus hoodie. Apa pun jenisnya, setiap hoodie memberikan kehangatan dan kenyamanan psikologis, lho. Efek soothing (menenangkan) dari hoodie membuat pemakainya terlindungi dari sensory overload sehingga merasa lebih nyaman.

Perbedaan Hoodie dan Jaket

Perbedaan Hoodie dan Jaket, photo by Pexels

Hoodie dan jaket tampak mirip. Perbedaan utamanya adalah hoodie memiliki tudung di bagian atas dan biasanya tanpa ritsleting. Sedangkan jaket bisa memiliki tudung atau tidak dan biasanya dilengkapi ritsleting atau kancing di bagian depan.

Baik hoodie maupun jaket merupakan item fashion yang esensial untuk dimiliki setiap orang. Hoodie ideal untuk kamu yang ingin mengenakan pakaian kasual, nyaman, dan hangat. Sedangkan jaket bisa mempercantik penampilan dalam sekejap sehingga sempurna untuk pesta, dinner, dan bahkan pertemuan formal.

5 Tips Styling dengan Hoodie

Tips Styling dengan Hoodie, photo by Pexels

Hoodie nggak hanya membuat kamu tetap hangat di cuaca dingin. Kamu juga dapat mengenakan item fashion serba guna ini sebagai sportswear yang trendi, pakaian santai, atau streetwear yang chic. Berikut 5 tips styling hoodie agar penampilanmu lebih asyik!

1. Layer dengan Jaket

Layer dengan Jaket, photo by Pinterest

Untuk tampilan streetwear yang kasual, kamu bisa coba layer hoodie kesayangan dengan jaket seperti yang Kendall Jenner lakukan. Look ini cocok untuk dipakai di malam hari saat cuaca cukup dingin. Kalau kamu lagi berada di tempat yang dingin, gunung misalnya, tips styling hoodie satu ini bisa dicoba.

Kamu bisa tutupi hoodie menggunakan jaket bomber atau leather, celana jeans lurus, dan sepatu kets putih untuk tampilan yang effortless. Kalau mau dibawa ngantor, kamu juga bisa coba pasangkan hoodie dengan blazer, lho. Apa pun pilihan layering yang kamu suka, hasilnya pasti keren, deh.

2. Tambahkan Aksesori

Tambahkan Aksesori, photo by Pinterest

Coba tambahkan aksesori seperti kacamata hitam trendi, sepasang anting, hingga topi untuk membuat tampilan menggunakan hoodie lebih stylish. Kamu bebas mix and match berbagai aksesori kesayangan untuk melengkapi tampilan hoodie sesuai dengan keinginan.

3. Padu-padan dengan Kaus

Padu-padan dengan Kaus, photo by Pinterest

Kalau kamu mau tetap nyaman tanpa melepaskan style, coba padu-padankan hoodie kesayangan dengan kaus simple. Padu-padan hoodie zip-up dan kaus memberikan tampilan yang sederhana tapi tetap keren. Kamu bisa melengkapi tampilan ini dengan legging, skort, jeans, dan celana jenis apa pun yang membuatmu nyaman.

4. Biker Shorts

Biker Shorts, photo by Pinterest

Tampilan yang cukup sporty ini cocok untuk hangout atau jalan-jalan santai. Kombinasi biker shorts dan hoodie adalah salah satu opsi yang akan membuat kamu tetap nyaman dan stylish. Biker shorts tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan gaya sehingga dapat kamu kenakan dengan item fashion apa saja, menjadikannya pilihan kasual namun tetap chic yang sempurna.

5. Hoodie dan Rok Mini

Hoodie dan Rok Mini, photo by Pinterest

Untuk tampilan yang lebih feminin, kamu bisa mix and match hoodie dengan rok mini. Outfit ini tidak nggak sulit untuk di pull-off dan nyaman dipakai sepanjang hari. Kamu bisa lengkapi tampilan ini dengan sneakers putih kesayangan untuk tampilan yang lebih simple dan kasual. Perpaduan hoodie dan rok mini bisa memberikan vibe yang lebih approachable jadi cocok dikenakan saat hangout.

Demikian info apa itu hoodie dan beberapa tips styling-nya untuk kamu coba. Semoga bermanfaat, ya!