15 Tempat Wisata di Uluwatu Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan

15 Tempat Wisata di Uluwatu Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan
Wisata di Uluwatu, photo by freepik.com

Pulau Bali memiliki banyak sekali pesona dan keindahan yang tidak habis untuk dinikmati. Ada banyak sekali tempat wisata di Bali. Salah satu daerah Bali yang terkenal adalah kawasan Uluwatu di bagian selatan. Di sini, kamu bisa menikmati banyak sekali tempat wisata. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Uluwatu Bali yang bisa kamu kunjungi.

Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu, photo by pandooin.com

Salah satu destinasi favorit di Uluwatu adalah menonton pertunjukan tari kecak. Di sana, kamu akan melihat sendratari kisah Ramayana yang diiringi tari kecak, juga pertunjukan api. Hal yang membedakan dari pertunjukan tari di daerah lainnya adalah latar belakang panggung yang memukau. Bagaimana tidak, pemandangannya langsung menuju laut Selatan. Saat bersamaan, penonton akan menikmati pertunjukan tari kecak berlatarkan matahari terbenam dan samudera Hindia yang seakan tanpa batas.

Alamat: Pura Uluwatu, Jl. Uluwatu, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung
Jam Buka: 07.00-20.00 WITA
Harga Tiket: Rp150.000

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu, photo by nativeindonesia.com

Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu pura yang sangat penting bagi umat Hindu Bali. Objek wisata ini sudah terkenal menjadi ikon pulau Bali. Daya tarik dari Pura Luhur Uluwatu adalah lokasinya yang ada di atas tebing tinggi dan curam. Jika diukur, tinggi tebing dari lokasi pura ke permukaan laut adalah sekitar 70 meter.

Pura Luhur Uluwatu memiliki pemandangan latar belakang hamparan samudera Hindia yang begitu memukau. Jika cuaca cerah, kamu akan melihat pemandangan matahari terbenam di samudera Hindia. Di sini juga masih rimbun dengan pepohonan. Ada banyak kera abu-abu yang menghuni area rimbun tersebut.

Alamat: Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 07.00 - 19.00 WITA
Harga Tiket: Rp15.000

Single Fin Uluwatu

Single Fin Uluwatu, photo by sikidang.com

Ada sebuah restoran yang lokasinya tepat di atas tebing. Restoran ini menghadap ke arah pantai Blue Point Uluwatu Bali. Inilah dia Single Fin Uluwatu. Kalau kamu senang nongkrong bareng teman-teman sambil menikmati pemandangan sunset, tempat ini sangat cocok untuk didatangi.

Kapan lagi bisa menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan matahari terbenam dan lautan luas. Single Fin Uluwatu menjadi pilihan destinasi yang tepat kalau kamu sedang berada di area Uluwatu Bali.

Alamat: Uluwatu, Pantai Suluban, Jl. Labuansait, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 13.00-01.00 WITA
Harga Menu: Mulai dari Rp40.000

Pantai Suluban

Pantai Suluban, photo by trivindo.com

Tidak jauh dari Single Fin Uluwatu, ada Pantai Suluban atau yang dikenal juga dengan sebutan Blue Point Beach oleh para wisatawan mancanegara. Air laut di pantai ini berwarna sangat biru. Dan hamparan pasir putihnya menambah keindahan. Di sini, kamu bisa berselancar atau surfing.

Area di sekitar pantai Suluban ala tebing karang yang unik. Pasirnya yang putih bersih membuat wisatawan senang berdiam diri di sini. Untuk bisa sampai ke lokasi, wisatawan harus berjalan melewati tebing batu karang. Untuk kamu yang senang berfoto, tempat ini menjadi lokasi yang cocok untuk didatangi.

Alamat: Jl. Pantai Suluban No.18, Pecatu, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 08.00-18.00 WITA
Harga Tiket: Rp5000

Pantai Nyang-Nyang

Pantai Nyang-Nyang, photo by pinhome.id

Selanjutnya, tempat wisata di Uluwatu yang menjadi hidden gem adalah Pantai Nyang-Nyang. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini sangat bersih. Pasirnya berwarna putih lembut dan airnya berwarna biru kehijauan.

Di sini juga ada bangkai kapal di bibir pantainya. Bangkai kapal ini menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan untuk mengambil foto. Kamu  tertarik buat berfoto di sini?

Alamat: Jl. Raya Uluwatu Pecatu, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp5000

Bukit Jaran

Bukit Jaran, photo by tandakoma.com

Selanjutnya ada Bukit Jaran atau Jaran Hill yang tidak boleh kamu lewatkan kalau ingin berburu sunset cantik. Di sini, menjadi salah satu spot melihat pemandangan sunset terbaik di Uluwatu. Posisi Bukit Jaran memang tepat menghadap ke Barat, sehingga matahari terbenam akan terlihat di hadapan kita.

Untuk mencapai Bukit Jaran, kamu direkomendasikan untuk memakai sepeda motor, karena jalanannya sempit dan beberapa ruas ada yang belum memakai aspal.

Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Malini Agropark Uluwatu

Malini Agropark Uluwatu, photo by majalahbali.com

Beberapa area di Uluwatu memiliki kontur tanah yang sangat kering dan berkapur. Namun hal itu tidak membuat adanya tempat wisata agropark mustahil untuk dibangun di sana. Malini Agropark Uluwatu yang diprakarsai oleh Wayan Tana. Kini berkembang menjadi salah satu tempat wisata menarik di Uluwatu. Di sini ada taman yang didesain dengan indah, terdiri dari buah-buahan dan sayuran. Selain itu, pemandangan samudera Hindia di atas tebing juga menjadi daya tariknya.

Di Malini Agropark Uluwatu, ada restoran yang luas dan berada di sepanjang tebing. Sehingga pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati makanan dan minuman sambil memandangi samudera Hindia yang indah. Selain itu, di sini juga ada kolam renang.

Alamat: Jalan Raya Malini No.151 Karang Boma Pecatu Kuta Selatan, Pecatu, Badung, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 09.00-22.00 WITA
Harga Tiket: Rp100.000

Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara, photo by sikidang.com

Selanjutnya, tempat wisata di Uluwatu yang cukup terkenal adalah pantai Karma Kandara. Pantai ini cocok sekali untuk orang-orang yang mencari ketenangan ketika berlibur. Ombak di sana tidak terlalu besar. Air lautnya berwarna biru indah, dan pasirnya berwarna putih lembut.

Di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang menenangkan seperti berjemur di atas sofa yang disediakan di tepi pantai, bermain voli pantai, snorkeling, atau mengelilingi pantai dengan kano.

Alamat: Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Jam Buka: 07.00-22.00 WITA
Harga Tiket: Rp250.000

Pantai Pemutih

Pantai Pemutih, photo by raskitatour.com

Pantai Pemutih adalah salah satu pantai di Uluwatu yang terletak di kaki tebing. Memiliki pasir putih yang menghampar indah dan lautan biru kehijauan yang luas. Terdapat batuan karang yang bertebaran di pinggiran pantai. Tempat ini sangat indah untuk jadi spot foto. Untuk para pencinta selancar, Pantai Pemutih memiliki ombak yang besar untuk menguji adrenalin. Tidak heran kalau banyak peselancar sengaja datang ke pantai ini.

Fasilitas di pantai Pemutih cukup eksklusif. Ada tempat penginapan mewah yang bisa jadi tempat untuk bermalam. Kalau kamu main ke pantai ini, disarankan untuk membawa makanan sendiri ya, karena tidak ada restoran atau warung di sekitar pantai.

Alamat: Jl. Pemutih No.1A, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp2.500

Pantai Thomas

Pantai Thomas, photo by pesisir.net

Satu lagi pantai hidden gem yang menjadi tempat wisata di Uluwatu yang tidak kalah menarik adalah Pantai Thomas. Meskipun tidak terlalu populer di kalangan wisatawan, namun keindahannya juga tidak kalah menarik dari pantai lainnya. Kalau kamu ingin ketenangan selama liburan, datanglah ke Pantai Thomas.

Di sini, kamu bisa menjelajahi pantai dengan leluasa tanpa merasa terganggu oleh wisatawan lain. Ombak di sini cukup tenang, sehingga cocok untuk bersantai sambil bermain air. Pada sore hari, kamu bisa menikmati sunset yang indah.

Alamat: Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Jam Buka: 06.00-17.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan, photo by pesisir.net

Kawasan Uluwatu memang memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Nunggalan. Sama seperti Pantai Thomas, pantai Nunggalan juga tidak terlalu ramai didatangi wisatawan, sehingga cocok untuk para pencari ketenangan.

Pasir putih dan bersih menghampar sepanjang pantai. Air laut biru dan ombak yang cukup tenang. Kamu bisa menjelajahi pantai tanpa khawatir terganggu oleh wisatawan lain. Di sini juga ada beberapa tempat makan yang bisa kamu nikmati. Jika ingin menginap, ada pula penginapan yang bisa kamu tempati.

Alamat: Jl. Batu Nunggalan, Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Savaya Bali

Savaya Bali, photo by yudism.my.id

Kalau kamu mencari tempat berpesta, kamu bisa mengunjungi Savaya Bali. Di Savaya Dayclub Bali ini, kamu bisa menikmati Samudera Hindia sambil diiringi alunan musik dan minuman segar. Letaknya berada di tepi tebing yang tinggi, sehingga samudera Hindia akan terlihat sangat jelas dan luas. Selain pemandangan alamnya yang memesona, Savaya Bali juga sudah memiliki arsitektur yang menarik. Tidak heran kalau di sini banyak sekali spot foto.

Alamat: Jl. Belimbing Sari, Banjar Tambiyak, Pecatu, Uluwatu, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 11.00-21.00 WITA
Harga Tiket: Rp150.000-Rp250.000

Pantai Melasti

Pantai Melasti, photo by pesisir.net

Lagi-lagi ada rekomendasi pantai menarik di Uluwatu, yaitu Pantai Melasti yang ada di desa Pecatu. Pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dari pantai lainnya. Di sini, pasir putih menghampar indah dan pemandangan laut membuat siapa pun yang datang akan terpesona.

Garis pantai Melasti lumayan panjang, sehingga area pasir putihnya juga cukup luas. Selain itu, pemandangan tebing-tebing juga akan memanjakan mata. Kalau kamu senang berselancar, pantai ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk didatangi.

Alamat: Jl. Raya Uluwatu-Pecatu, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang, photo by pesisir.net

Ada satu lagi pantai yang lokasinya tersembunyi di balik tebing karang, yaitu pantai Padang Padang. Pantai ini memiliki ombak yang menantang bagi para pencinta surfing. Ombaknya yang besar sangat memukau. Pasirnya yang putih juga cocok untuk menjadi tempat bersantai. Selain itu, pantai ini juga harus didatangi kalau kamu mencari spot sunset terbaik. Meskipun sangat menarik dan indah, pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, jadi kalau liburan ke sini, rasanya akan seperti liburan di pantai pribadi.

Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp5.000

Tebing Karang Boma

Tebing Karang Boma, photo by mytrip123.com

Ada tebing yang sudah sangat terkenal di Uluwatu, yaitu tebing Karang Boma atau biasa disebut juga Karang Boma Cliff. Di sini, kamu akan mendapatkan pemandangan indah berupa tebing tinggi yang menjulang menjadi ikon objek wisata. Kalau kamu pencinta alam, datang ke sini pasti sudah sangat menarik.

Kalau kamu datang ke sini, jangan lewatkan untuk berfoto dengan latar panorama tebing dan laut yang membentang luas. Tapi selalu hati-hati kalau datang ke sini karena beberapa sisi tebing lumayan terjal.

Alamat: Pecatu, South Kuta, Badung Regency, Bali
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp10.000

Nah, itulah 15 tempat wisata di Uluwatu yang direkomendasikan jika kamu liburan ke Bali. Bali memang seakan tidak pernah kehabisan tempat wisata. Selalu ada hal menarik yang bisa kamu dapatkan ketika pergi ke pulau Dewata ini. Gimana? Sudah siap menjelajahi tempat-tempat wisata di Uluwatu Bali?