Catat! Ini Dia Standar Ukuran Jendela Kamar Tidur yang Ideal

Catat! Ini Dia Standar Ukuran Jendela Kamar Tidur yang Ideal
Jendela Kamar Tidur di Cove Laguna

Setiap rumah memiliki ukuran jendela yang beragam. Setiap orang juga memiliki preferensi desain jendela yang berbeda. Tapi, yang pasti adalah jendela merupakan salah satu elemen penting agar sirkulasi udara di rumah tetap lancar dan sehat. Namun, berapa ukuran jendela kamar tidur dan lainnya yang ideal? Yuk, simak ulasan Cove mengenai macam-macam ukuran jendela dan tips untuk memilihya di bawah ini!

Macam-macam ukuran jendela

Ukuran Jendela Ruang Tamu atau Utama

Window, photo by Pexels

Saat bertamu atau masuk ke rumah dan dipersilakan untuk duduk di ruang tamu atau utama, impresi pertama yang kita lihat adalah bagaimana pencahayaan dan penataan ruang tersebut. Setuju?

Idealnya, jendela yang dipakai di ruang tamu memiliki ukuran yang lebih besar daripada jendela-jendela di ruangan lainnya. Selain itu, jendela di ruang tamu baiknya ditempatkan di bagian terdepan rumah. Apabila pencahayaan sinar matahari yang sesuai dan akses sirkulasi udara yang masuk di ruangan lancar, otomatis akan memberikan kesan yang cerah, lapang, dan tentunya tidak sumpek. Nah, untuk ukuran jendela di ruang tamu atau utama yang bisa kamu aplikasikan di rumah minimalis adalah sekitar 80 cm x 100 cm. Tapi, ukuran ini hanya sebagai patokan standar dan bisa disesuaikan kembali dengan luas ruang tamu yang kamu miliki. Karena ukuran tersebut akan beda lagi kalau rumah yang kamu huni cukup besar.

Baca juga: Inilah 12 Tips Mudah Tata Kamar Sempit dan Banyak Barang!

Ukuran Jendela Dapur

Kitchen, photo by Pexels

Apabila kamu menempati rumah jadi yang modern, umumnya ruang dapur telah dilengkapi penghisap asap atau yang sering disebut sebagai cooker hood/kitchen hood/range hood. Alat penghisap yang ada di setiap rumah modern pun biasanya memiliki beragam jenis. Namun bagaimanapun bentuk dan jenisnya, yang pasti penghisap asap ini bertujuan agar segala asap dari proses masak terhisap dengan baik. Sehingga, asap tersebut tidak tersebar ke ruangan lain dan menghilangkan kesan pengap di dapur.

Meskipun sudah dilengkapi penghisap asap, ada baiknya untuk melengkapinya juga dengan jendela dengan ukuran yang memadai. Supaya tetap ada akses pencahayaan alami dan akses sirkulasi udara alami. Untuk ukurannya sendiri, kamu bisa menggunakan ukuran jendela standar kira-kira 50 cm x 70 cm, ukuran ini sangat bisa kamu atur lagi, entah itu dibesar atau diperkecil, sesuai kebutuhan. Selain memberikan akses cahaya alami dan udara segar, kamu pun jadi bisa memasak sambil menikmati pemandangan luar ruangan.

Ukuran Jendela Kamar Tidur

Jendela Kamar Tidur, photo by Pexels

Nggak hanya ruang tamu dan dapur saja yang perlu sirkulasi udara dan pencahayaan alami, kamar tidur juga perlu memilikinya. Sebagai satu-satunya ruangan privat, penting banget untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Umumnya, ruangan kamar tidur memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan ruang utama. Hal itupun berbanding lurus untuk ukuran jendela kamar tidur, di mana ukuran jendelanya juga tentu lebih kecil daripada ukuran ruang tamu. Standarnya, untuk kamar tidur minimalis ukuran jendela yang bisa kamu terapkan kira-kira 40-50cm x 90-100cm.  

Agar lebih nyaman lagi, nggak hanya ukuran jendela kamar tidur saja, kamu juga perlu mempertimbangkan desain dan bahan jendela yang cocok. Setelah itu, kamu bisa tambahkan juga gorden double layer untuk mempercantik kamar dan mendapatkan privasi di waktu yang bersamaan.

Ukuran Jendela Kamar Mandi

Bathroom, photo by Pexels

Nggak hanya kamar tidur, ruangan privasi lainnya yang perlu kamu pertimbangkan untuk dipakaikan jendela adalah kamar mandi. Guna dari adanya jendela ialah supaya ada sirkulasi udara, serta meminimalisir lembap setelah pemakaian kamar mandi. Jika kamar mandimu lembap, maka akan ada tumbuh banyak jamur dan lumut yang kotor di dalamnya. Kalau sudah begitu, otomatis ruangan tersebut akan kotor dan menyebabkan gangguan pernapasan.

Untuk itu, baiknya memakaikan, setidaknya, jendela minimalis di kamar mandimu. Kamu bisa memilih jendela mini, dengan ukuran 30cm x 30cm atau bisa dengan ukuran standar, yaitu 50cm x 40cm. Terkait desainnya, ada bermacam-macam yang bisa kamu pilih, mulai dari kaca, boven, jalusi tanam, dan sebagainya.

Tips Memilih Ukuran Jendela Tiap Ruangan

Window, photo by via Pexels

Setelah mengenal ukuran-ukuran standar untuk tiap-tiap ruangan, sekarang saatnya untuk mengetahui lebih jauh tentang cara memilih ukuran jendela kamar tidur yang sesuai. Karena jendela yang kecil untuk ruangan yang besar justru akan menyebabkan kurangnya aliran udara yang masuk dan membuat pengap. Sebaliknya, jendela yang besar untuk ruangan yang sempit, justru akan cenderung terlihat jadi ruangan yang terbuka. Lalu, gimana caranya? Simak tips berikut ini.

Ukur Ruangan

First thing first, untuk menentukan, khususnya, ukuran jendela kamar tidur yang ideal, kamu perlu mengetahui luas ruangan itu sendiri. Setelah itu, ukur bagian dinding ruangan yang hendak dipasangi jendela. Hal ini bertujuan agar nantinya jendela akan benar-benar fit dengan ruangan.

Padukan Ukuran dengan Desain

Ukuran ruangan sudah jelas, sekarang saatnya kamu padu-padankan dengan desain!

Kamu bisa mulai listing ukuran, bentuk, dan desain jendela yang diinginkan untuk ruangan kamar tidurmu. Pastikan ukuran dan desain yang kamu inginkan sesuai, ya! Contohnya, apabila dinding ruangan kamarmu cukup lebar dan ingin mendapatkan sirkulasi udara yang luas, bisa menggunakan jendela folding atau biasa disebut accordion windows.

Baca juga: 14 Kost Eksklusif Jakarta Selatan yang Super Aesthetic!

Sesuaikan juga dengan Fungsi Ruangan

Beda ruangan, beda pula ukuran dan desainnya. Untuk memasang jendela, perlu juga untuk menyesuaikan dengan funngsi dan kebutuhan ruangan itu sendiri. Misalnya, ruang dapur memerlukan jendela yang setidaknya cukup besar, atau mungkin memakai cooker hood/kitchen hood/range hood agar asap masakan tidak pengap. Sementara, ukuran jendela kamar tidur bisa cukup fleksibel, yaitu standar atau kecil agar privasi tetap terjaga.

Gimana? Semoga dengan paparan di atas kamu bisa lebih tau mengenai beragam ukuran jendela untuk rumah impianmu, ya! Karena ukuran jendela yang tepat, sirkulasi udara dan pencahayaan akan baik, sehingga kamu pun tetap sehat!

Cove Laguna

Kamar di Cove Laguna

Nah, bagi kamu yang mungkin masih menabung untuk mendapatkan rumah impian atau ingin memiliki tempat tinggal dengan jendela yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, bisa banget untuk memilih kost Cove Laguna! Kost ekslusif dengan nuansa minimalis ini, cocok banget buat kamu yang memimpikan tempat tinggal nyaman di tengah kota.

Fasilitas bersama yang bisa kamu nikmati juga lengkap, mulai dari dapur bersama, tempat parkir, pembersihan kamar, dispenser air, laundry, hingga lounge. Selain itu, bagi kamu yang mobilitasnya tinggi, tenang saja! Cove Laguna juga memiliki lokasi strategis untuk bisa akses ke mana-mana, seperti ke kawasan bisnis hingga tempat-tempat kuliner.
Tertarik untuk tinggal di Cove Laguna? Segera booking kamar impianmu sekarang juga!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Pusat lainnya hanya di Cove!