Inilah 12 Tips Mudah Tata Kamar Sempit dan Banyak Barang!

Secara tidak sadar, kebiasaan berbelanja bisa menimbulkan banyak barang menumpuk di kamar. Apalagi kalau barang-barang ini dibeli secara acak, beraneka bentuk, sampai tidak bisa terorganisir dengan baik. Suasana sumpek dan pengap pun kerap kita rasakan. Kamar yang sempit dan banyak barang ini bisa membuat kita suntuk dan kurang bisa beristirahat dengan nyaman.

Kunci utama untuk membuat kamar terasa lebih lega dan rapi adalah mengelompokkan barang-barang sesuai kategori masing-masing. Memanfaatkan wadah tertutup juga mencegah barang menjadi berserakan dan lebih mudah ditemukan. Ingin memulai menata kamar walaupun sempit dan banyak barang? Coba 12 tips mudah ini untuk suasana kamar yang lebih rapi.

Inilah 12 Tips Mudah Tata Kamar Sempit dan Banyak Barang!

Pemilihan Warna Kamar

Warna netral untuk kamar, photo by https://cove.id/buildings/cove-w-suites

Untuk kamar yang sempit, warna kamar juga berpengaruh untuk memberikan ilusi yang lebih luas. Kamu bisa menggunakan warna hijau atau biru yang bikin fresh. Bisa juga dengan warna netral baik hitam, putih ataupun coklat. Tampilan yang clean akan mendukung ilusi kamar yang lebih luas dan rapi.

Selain cat kamar, pemilihan warna dekorasi juga berpengaruh. Pilih warna rustic dengan nuansa kecoklatan yang netral. Warna ini bisa mempermudah penambahan dekorasi yang lain dan mudah mencocokkan jenis dekorasi lain dalam kamar.

Tambahkan Sofa Bed atau Sofa Multifungsi

Ilustrasi sofa bed, photo by Pinterest

Sofa bed memang bisa dikatakan sebagai furniture yang serbaguna. Bisa kamu letakkan di kantor atau bahkan kamar, lho. Di sela-sela beraktivitas, tubuh juga perlu sejenak beristirahat dan kamu bisa ambil quick nap di sofa bed ini. Selain nyaman untuk istirahat, beberapa sofa bed memiliki compartment masing-masing dan bisa dimaksimalkan.

Tempat penyimpanan ini bisa untuk meletakkan kabel atau benda elektronik yang cenderung susah diorganisasikan. Selain lebih aman, compartment di sofa bed juga membuat tampilan rapi secara instan. Pilih warna yang cenderung netral juga untuk memberikan kesan lapang di ruangan. Tertarik untuk mencoba sofa bed?

Baca juga : Desain Kamar Kost Minimalis

Hidden Storage di Bawah Tempat Tidur

Ilustrasi hidden storage, photo by Pinterest

Untuk memaksimalkan fungsi dari ruangan yang cukup sempit, storage di bawah tempat tidur bisa menjadi solusinya. Tempat ini biasanya berupa laci atau sekat lain yang cukup menampung banyak barang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk barang-barang berharga atau barang yang lebih kecil bentuknya. Karena berada di bawah tempat tidur, tempat ini cenderung aman dan nyaris tidak terlihat.

Laci penyimpanan ini biasanya sudah dibangun bersama dengan frame tempat tidurnya. Namun, kamu bisa menggunakan alternatif lain dengan menyimpan beberapa box di bawah tempat tidur yang lebih tertutup dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Memaksimalkan Bagian Dinding

Ilustrasi wall grid, photo by Pinterest 

Tidak hanya bagian bawah tempat tidur atau laci yang bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan barang. Kamu bisa memanfaatkan bagian dinding, lho! Manfaatkan area dinding yang kosong dengan menambahkan rak buku atau bahkan wall grid. Kamu bisa menempatkan koleksi buku atau dokumen lainnya sehingga lebih mudah terjangkau.

Untuk wall grid sendiri bermanfaat jika kamu ingin menempatkan to-do list atau daftar kegiatan lainnya. Bentuknya yang simple bisa kamu hias dengan lebih personal. Buat tampilan yang lebih menarik dengan menambahkan lampu hias atau foto polaroid yang ingin dipajang.

Pembatas Ruangan Multifungsi

Ilustrasi pembatas ruangan, photo by Pinterest

Kamar dengan ukuran kecil bahkan terkesan sempit memang minim batasan ruangan. Kalau kamu ingin mengatur privasi di masing-masing tempat, pembatas ruangan bisa jadi pilihannya! Supaya terkesan tidak terlalu kaku, pilih pembatas ruangan yang terlihat menyatu. Bisa dengan memanfaatkan tirai, lukisan atau bahkan rak buku berukuran tinggi.

Dengan cara ini, tiap fungsi ruangan akan terlihat lebih jelas tanpa membuatnya semakin sempit. Kamu bisa melakukan penempatan pembatas ruangan ini secara bergantian agar tampilan ruangan tidak terlalu monoton.

Tempatkan Barang Berdasarkan Kategori

Ilustrasi organizer, photo by Pinterest

Kunci utama ruangan terlihat rapi dan lega adalah menempatkan barang sesuai kategori. Misalnya produk makanan, kesehatan, kecantikan atau alat tulis. Ini bisa menjadi pengingat agar kita bisa mengembalikan barang sesuai tempat semula dan berdasarkan kategori.

Pilih wadah yang lebih tertutup supaya barang semakin rapi dan terhindar dari debu. Kamu bisa sesuaikan berdasarkan kategori warna atau bentuk yang mudah dilihat. Ruangan yang rapi dan tertata bisa meningkatkan produktivitas sambil mencari ide lainnya.

Tempatkan Kasur di Bagian Pojok

Ilustrasi tempat tidur di bagian pojok, photo by https://cove.id/buildings/cove-w-suites

Untuk ruangan yang cukup sempit, kamu bisa meletakkan kasur di bagian pojok atau sudut kamar. Dengan begitu, suasana kamar akan tampak lebih luas dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Tempatkan karpet atau alas bulu di bawah kasur sebagai tempat bersantai dan mencegah gesekan antara kasur dengan lantai.

Untuk mempermudah pembersihan di bagian sudut kamar, kamu bisa memberikan space kosong di bagian belakang kasur. Menempatkan kasur di sudut kamar juga akan mempermudah proses merapikan jadi lebih mudah.

Pilih Perabotan Bergaya Minimalis

Ilustrasi perabotan minimalis, photo by Pinterest

Karena ruangan yang cukup sempit, kamu bisa menggunakan perabotan bergaya minimalis. Ukuran yang lebih tinggi dan ramping akan memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Pilih kombinasi warna netral seperti nuansa kayu, hitam atau putih untuk menambahkan kesan clean.

Usahakan untuk tidak memilih perabotan berukuran besar yang cenderung makan tempat seperti lemari atau meja belajar yang tebal. Pilih perabotan seperti lemari dengan sliding door, meja dan kursi minimalis ataupun bed frame yang simple.

Maksimalkan Space di Lemari Kamar

Ilustrasi penyimpanan lemari, photo by Pinterest

Lemari kamar tidak hanya berfungsi untuk menyimpan baju. Kamu bisa manfaatkan ruang lainnya dalam lemari. Bisa dengan menambahkan organizer untuk menyimpan kaos kaki, perhiasan atau benda penting lainnya. Laci-laci lemari bisa dimanfaatkan sebagai wadah penyimpanan pernak-pernik kecil.

Kamu bisa menerapkan sistem organisasi pakaian yang lebih efektif. Misalnya, untuk gaun atau baju panjang bisa digantungkan, celana jeans yang dilipat atau mengkategorikan pakaian berdasarkan jenisnya. Dengan begitu, space di lemari kamar akan lebih lega serta bisa dimanfaatkan lebih baik.

Pilih Jendela yang Dekat Dengan Kamar

Ilustrasi jendela dekat kamar, photo by https://cove.id/buildings/cove-w-suites

Penempatan jendela ini bisa memiliki beberapa manfaat. Dimulai dengan sinar matahari yang lebih banyak masuk sekaligus memberikan kesan lebih luas pada kamar. Jendela berukuran besar bisa mendukung body clock kita untuk bangun lebih pagi dan teratur.

Penempatan jendela ini akan mendukung pola hidup yang lebih baik dan bisa membantu meredakan stres. Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman untuk aksen yang segar dan tidak monoton.

Tempatkan Aksen Kaca Berukuran Besar

Ilustrasi kaca di kamar, photo by Pinterest

Kaca bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Kamu bisa mendapatkan aksen kaca ini pada lemari, meja rias atau jendela. Boleh juga jika ditambahkan dengan kaca full body pada sudut kamar. Aksen kaca yang cukup banyak bisa memberikan ilustrasi kamar yang lebih terang.

Tambahkan aksen putih pada lemari atau kursi untuk efek yang netral. Dari segi filosofis pun, menempatkan beberapa aksen kaca di ruangan akan membuat suasana lebih hangat dan terbuka. Jadi, sudah tertarik untuk menambahkan kaca di ruangan?

Baca juga : Tips Mendekorasi Kamar Tidur Berukuran Kecil

Usahakan Tidak Menggantung Baju di Belakang Pintu

Ilustrasi pakaian gantung, photo by Pinterest

Meskipun terdengar sepele, tapi kebiasaan ini bisa kamu hindari. Menggantung baju di belakang pintu bisa memberikan efek ruangan yang lebih sempit dan kurang rapi. Belum lagi bisa mendatangkan nyamuk atau serangga lainnya. Penyebab-penyebab ini yang dapat membuat kualitas tidur menjadi kurang nyaman.

Untuk solusinya, kamu bisa menambahkan keranjang pakaian atau hanger khusus. Apabila ada pakaian yang masih dipakai, bisa kamu angin-anginkan lalu tempatkan dalam organizer agar lebih rapi.

Cove W Suites, photo by https://cove.id/buildings/cove-w-suites

Kalau kamu butuh kamar berukuran compact yang bisa menunjang segala kebutuhan, Cove W Suites bisa menjadi pilihannya. Setiap kamar di Cove W Suites berkonsep minimalis dan modern dengan memaksimalkan penataan ruangan untuk memberikan kesan nyaman kepada para penghuninya. Berlokasi strategis di Tebet, Jakarta Selatan, Cove W Suites juga menyediakan fasilitas bersama seperti dapur, lobby, dan halaman parkir.

Tertarik? Ayo book Cove W Suites sekarang!