6 Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan Kamar Supaya Lebih Dingin

6 Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan Kamar Supaya Lebih Dingin
Kamar dengan AC, photo by Prodeal Astro

Air Conditioner (AC) sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang yang tinggal di Indonesia. Dengan menggunakan AC, ruangan tentu lebih sejuk dan nyaman. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli AC, kamu perlu perhatikan tips memilih AC berikut ini agar tidak merasa salah pilih.

Banyaknya variasi AC yang ditawarkan oleh berbagai merk justru membingungkan. Perlu diketahui bahwa dalam memilih AC bukan hanya listrik dan budget yang perlu dipertimbangkan, tetapi juga luas ruang. Selain itu, ada beberapa fitur AC yang perlu dipahami agar kebutuhan bisa terpenuhi. Untuk membantu kamu memilih AC, yuk langsung cek tips di bawah ini!

Tips Memilih AC

Sesuaikan Budget AC dengan Dompet

Sesuaikan Budget, photo by Pexels

Sama seperti barang lainnya, sebelum membeli AC tentu kamu perlu memperhitungkan budget yang ada. Kamu sudah harus memperhitungkan kira-kira akan rela mengeluarkan uang untuk membeli AC pada kisaran berapa. Pastikan budget kamu masuk dengan harga AC yang diinginkan. Belum lagi ditambah pilihan AC yang beragam mulai dari kelas low end, mid, sampai high end.

Nah, sebagai acuan kamu bisa mulai meriset beberapa range harga AC berdasarkan kelasnya. Di pasaran, AC dengan harga terjangkau biasanya berada pada range Rp1.000.000 - Rp1.500.000. Sementara itu, untuk kualitas AC high end bisa mencapai puluhan juta. Jadi, penting sekali menyesuaikan budget dalam membeli AC.

Baca Juga: 5 Ukuran Kasur dan Tips Memilihnya Supaya Tidur Lebih Nyaman!

Tentukan PK Berdasarkan Luas Ruangan

Ruangan Ber-AC, photo by Pexels

Salah satu penentu dinginnya AC biasanya dilihat dari Paardekracht (PK). Dapat dikatakan PK ini menjadi penentu seberapa besar tenaga dari AC. Semakin tinggi PK maka akan semakin dingin suhu yang dihasilkan oleh AC.

Ukuran PK terendah biasanya berada pada angka 0,5 PK sedangkan PK tertinggi mampu mencapai 20 PK. Nah, ukuran PK yang biasa digunakan pada ruangan di rumah kebanyakan antara 0,5 PK - 6 PK. Salah dalam memilih PK AC bisa merugikan. Apabila kamu memilih PK AC kecil untuk ruangan yang sangat luas, maka AC tidak mampu sepenuhnya dalam mendinginkan ruangan. Supaya bisa mendapatkan ukuran PK yang pas, kamu perlu sesuaikan dengan luas ruangan di mana AC akan digunakan.

Berikut ini beberapa acuan yang dapat kamu gunakan dalam memilih PK AC sesuai ruangan:

  • AC 0,5 PK: 5.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 10 m2
  • AC 0,75 PK: 7.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 14 m2
  • AC 1 PK: 9.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 18 m2
  • AC 1,5 PK: 12.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 24 m2
  • AC 2 PK: 18.000 Btu/h, untuk ruangan seluas 36 m2

Apabila ruangan kamu lebih luas dari 36 meter persegi, kamu dapat pertimbangkan untuk memakai 2 AC sekaligus dalam satu ruangan.

Cek Tipe dan Fitur AC

Fitur Hemat Energi, photo by Daikin Indonesia

Mengecek tipe dan fitur AC dapat membantu kamu dalam memilih AC sesuai kebutuhan. Tipe AC sendiri terbagi atas tiga, yakni standar, low watt, dan inverter. Tipe standar memiliki harga jual terjangkau, tetapi dengan konsumsi daya listrik yang cukup besar. Nah, kalau tipe low watt tentu punya konsumsi daya rendah. Akan tetapi membutuhkan waktu cukup lama saat mendinginkan ruangan. Tipe ketiga, yakni inverter biasanya punya konsumsi daya rendah dengan waktu pendinginan ruangan yang relatif cepat. Karena kelebihan yang dimiliki AC dengan tipe inverter kebanyakan lebih mahal dibanding dua tipe lainnya.

Di samping tipe AC, terdapat beberapa fitur yang diunggulkan dari masing-masing AC. Fitur inilah yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih AC sesuai kebutuhan. Misalnya, terdapat fitur AC berupa auto delay switch yang mampu mengeluarkan sisa udara dingin ketika AC dimatikan. Kamu membutuhkan fitur lain? Beberapa merk AC yang keluar setelah pandemi mengeluarkan fitur yang mampu mensterilkan ruangan sehingga bisa terhindar dari virus.

Pertimbangkan Daya Listrik

Daya Meteran Listrik, photo by Selka

Menggunakan AC di dalam ruangan cukup banyak mengonsumsi daya listrik. Hal ini tentu berpengaruh pada tagihan listrik bulanan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan daya listrik AC. Memperhatikan daya listrik pun bisa menjaga keuangan bulanan kamu, terutama kalau kamu tidak ingin kaget ketika tagihan listrik membludak seketika.

Selain punya pengaruh pada tagihan, kamu bisa sesuaikan daya listrik AC dengan daya listrik yang terpasang di rumahmu. Umumnya, daya listrik AC berkisar antara 380 watt - 1700 watt tergantung PK pada AC. Gak mau kan harus bergantian menggunakan AC dengan alat elektronik lain seperti dispenser atau magic com?

Pilih AC dari Merk Ternama

Membeli AC dari merk ternama akan membuat kamu lebih tenang. AC dengan merk ternama sudah teruji kualitasnya karena banyak digunakan. Jangan sampai kamu membeli AC dengan harga murah tanpa mengetahui merk dan kualitasnya. Beberapa merk AC ternama yang bisa kamu jadikan pilihan seperti Daikin, Samsung, Panasonic, LG, Sharp, dan lainnya.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan testimoni dari orang-orang terdekat mengenai merk AC yang mereka pakai. Dengan begitu, akan lebih mudah membantu kamu memilih AC berdasarkan review jujur dari pemakainya.

Baca Juga: 7 Tips Menata Meja Kerja Supaya Bikin Lebih Produktif!

Desain AC Sederhana

Desain AC yang Mudah Dibersihkan, photo by Kulmi

Ketika kamu ingin membeli AC, pilihlah desain yang sederhana. Meski jika dilihat sekilas terlihat sama, nyatanya ketika datang ke toko kamu akan menemukan variasi desain AC yang beragam. Mengapa begitu? Desain sederhana dari AC akan lebih memudahkan kamu dalam membersihkannya. Jadi, kamu hanya perlu melepas beberapa komponen untuk meluarkan filter kemudian mencucinya. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot memanggil teknisi untuk membersihkan AC setiap 3 bulan sekali.

Kost Eksklusif Lengkap dengan AC

Nah, kalau telah mengetahui beberapa tips dalam memilih AC, kamu bisa menerapkannya, nih, sebelum membeli ke toko. Tips ini juga berguna kalau kamu sedang mencari kost-kostan yang dilengkapi dengan AC. Bagi kamu yang ingin tinggal di kost eksklusif dengan AC, sudah pasti Cove jawabannya.

Cove Nefrie, photo by Cove

Seluruh unit property Cove dilengkapi dengan AC sebagai fasilitas di kamar. Fasilitas ini tentu diberikan untuk menambah kenyamanan kamu dalam beristirahat. Kamu juga enggak perlu khawatir karena setiap AC sudah disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Keunggulan dari unit kost eksklusif Cove bukan hanya ada pada AC, tetapi juga berbagai fasilitas penunjang lain baik yang ada di dalam kamar ataupun fasilitas bersama.

Deretan fasilitas yang diberikan Cove untuk digunakan oleh penghuni secara pribadi, seperti AC, kamar mandi, TV, meja kerja, serta lemari. Sementara itu, terdapat fasilitas bersama lain yang dapat digunakan sebagai penunjang, seperti dapur dengan dispenser serta microwave, lounge, area parkir, dan keamanan. Ditambah, kamu akan mendapatkan fasilitas laundry serta pembersihan kamar secara berkala.

Kamu bisa lihat beberapa unit Cove di berbagai lokasi strategis yang dekat dengan kampus atau kantor kamu beserta fasilitas yang ditawarkan. Tertarik ngekost di Cove dengan berbagai fasilitas yang diberikan? Kamu bisa cek ketersediaan kamar via website Cove atau book langsung via Whatsapp.

Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!