7 Tips Menata Meja Kerja Supaya Bikin Lebih Produktif!

7 Tips Menata Meja Kerja Supaya Bikin Lebih Produktif!
Menata meja kerja, photo by AllBusiness

Pernah merasa malas atau tidak fokus bekerja di kamar? Melihat meja kerja, rasanya tidak ingin mulai bekerja? Salah satu faktornya mungkin meja kerja yang berantakan. Kondisi lingkungan dan suasana kerja bisa berpengaruh pada produktivitas kita, lho. Terlebih lagi, di era sekarang ini yang mengharuskan kita bekerja dari rumah / work from home (WFH) atau memiliki pekerjaan remote (jarak jauh, tidak perlu ke kantor), meja kerja jadi tempat yang dilihat setiap hari selama berjam-jam.

Sebagai tempat kerja, meja kerja sebaiknya selalu rapi dan tertata supaya enak dilihat. Meja kerja yang berantakan membuat tidak enak dilihat dan bikin kita mudah terdistraksi. Tidak jarang, melihatnya sudah jadi malas atau kusut duluan. Nah, supaya lebih nyaman dan semangat bekerja, kita perlu menata dan merapikan meja kerja. Meja kerja yang tertata rapi bisa membuat kita jadi lebih produktif mengerjakan sesuatu.

Tips menata meja kerja

Menata dan merapikan meja kerja cukup mudah, kok. Tidak perlu mengganti semua peralatan dan perlengkapan meja kerja, melainkan hanya melakukan beberapa langkah kecil yang bisa jadi kegiatan rutin. Berikut ini tips menata meja kerja supaya kami bisa lebih produktif bekerja:

Singkirkan barang dan bersihkan meja

Pertama, singkirkan dulu semua barang yang ada di meja kerja. Kemudian, lap meja dari debu dan kotoran. Bersihkan juga barang yang ada di meja seperti laptop atau komputer dan lampu. Setelah itu, tata kembali barang-barang yang tadi disingkirkan. Kamu juga bisa mengubah posisi meja atau tatanan barang di atas meja supaya tidak bosan.

Rapikan barang di atas dan sekitar meja

Meja kerja yang rapi, photo by Unsplash

Jika kamu punya banyak peralatan di meja, sebaiknya dirapikan supaya tidak memenuhi meja kerja. Kamu bisa menyatukan semua alat tulis di tempat pensil dan memasukkan buku-buku ke laci atau tempat buku tersendiri. Kalau bisa, sembunyikan juga kabel di sekitar meja supaya terlihat lebih rapi dan tidak mengganggu.

Gunakan kursi yang nyaman

Duduk bekerja berjam-jam bisa membuat punggung dan pinggang jadi cepat pegal. Terlebih lagi, kursi di rumah mungkin berbeda dengan kursi di kantor. Karena akan banyak menghabiskan waktu bekerja di rumah, sebaiknya gunakan kursi kerja yang nyaman. Penggunaan kursi kerja yang tepat bisa mendukung produktivitas kamu dan jadi investasi jangka panjang.

Tempatkan gadget pada tempatnya

Stand gadget, photo by Unsplash

Siapa yang sering terdistraksi dengan gadget lain ketika bekerja? Bolak-balik mengecek handphone atau gadget lain yang tidak berhubungan dengan kerjaan bisa bikin kerjaan terhambat, lho. Untuk meminimalkan gangguan, kamu bisa meletakkan handphone di laci sehingga tidak terlihat atau mendudukannya di stand khusus. Selain faktor kerapihan, jika memiliki meja yang rendah, kamu juga bisa menggunakan stand laptop supaya bisa melihat layar laptop sejajar dengan mata dan tidak membungkuk.

Tambahkan kalender atau sticky notes

Kalau kamu memiliki banyak deadline atau mudah lupa, ada baiknya menambahkan kalender atau sticky notes di area meja kerja. Dengan ini, kamu bisa mudah melihat deadline sesuatu atau hal penting yang perlu kamu lakukan. Pilih kalender yang sesuai dengan dekorasi meja kerja dan tempel sticky notes dengan rapi, ya.

Tambahkan tanaman hias

Tanaman hias di meja kerja, photo by Unsplash

Melihat layar sepanjang hari berpotensi membuat mata cepat lelah. Menambahkan tanaman hijau berukuran kecil-sedang di meja kerja dapat membantu menyegarkan mata sehingga tidak terus-terusan menatap layar. Selain juga mempercantik meja kerja, tanaman juga membantu melancarkan sirkulasi udara di ruangan. Kamu bisa memilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak merepotkan.

Sediakan botol minum

Ketika sudah duduk dan bekerja, kita mungkin sering melupakan hal penting lainnya seperti minum. Padahal, manusia harus minum cukup setiap harinya agar terhindar dari gangguan kesehatan. Tidak hanya itu, kurang minum juga bisa membuat kita jadi tidak fokus dan merasa lemas. Makanya, penting untuk selalu menyediakan botol minum di meja kerja!

Kost full furnished di Jakarta, Tangerang, dan Depok

Meja kerja jadi furnitur krusial di masa ini, tidak hanya untuk para pekerja dan mahasiswa, tetapi juga anak sekolah. Bagi mahasiswa dan pekerja yang ngekost, fasilitas meja kerja jadi kebutuhan yang mendukung produktivitas karena akan banyak menghabiskan waktu di meja kerja. Kalau kamu mencari hunian dengan fasilitas meja kerja yang nyaman dan apik, Cove adalah jawabannya!

Fasilitas meja kerja, Cove Pejaten

Tersebar di lokasi pusat bisnis dan pendidikan seperti Jakarta, Tangerang, dan Depok, kost eksklusif Cove terletak di area strategis yang mendukung kehidupan kuliah atau profesional kamu. Dengan desain kekinian dan estetik yang memanjakan mata, kost eksklusif ini menyediakan tempat yang nyaman untuk tinggal. Cove menawarkan kamar kost siap huni berperabotan lengkap dengan segala fasilitas yang kamu butuhkan untuk mendukung produktivitas seperti meja dan kursi kerja, meja samping tempat tidur, lemari, dan AC.

Sistem kontraknya yang fleksibel mempermudah kamu dalam penyewaan. Kamu bisa merasakan pengalaman rental yang mudah dan tanpa repot, karena prosesnya bisa hanya dalam beberapa hari! Mulai dari 2 jutaan / bulan, kamu bisa menikmati semua fasilitas kost eksklusif di atas. Tunggu apa lagi? Segera cek hunian Cove dan book untuk melihat tempatnya!


Temukan kost eksklusif di Jakarta dan sekitarnya hanya di Cove!