18 Tips Dekor Kamar Agar Kamar Terlihat Hidup

Memiliki dekorasi kamar yang sesuai dengan dirimu dapat membuat kamar terlihat lebih hidup. Yuk, ikuti tips dekor kamar ini untuk memiliki kamar yang mencerminkan kamu!

18 Tips Dekor Kamar Agar Kamar Terlihat Hidup
Cove Laguna

Siapa sih, yang tidak ingin memiliki kamar yang nyaman untuk beristirahat setelah menjalani hari yang panjang?

Kamar tidur merupakan bagian terpenting dari sebuah rumah. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di kamar. Maka dari itu, memiliki kamar tidur yang nyaman dapat menjadi salah satu kunci untuk mengembalikan maupun menjaga mood agar tetap baik, sehingga penting bagi kamu untuk mengikuti tips dekor kamar yang baik dan benar.

Nah, untuk memiliki kamar yang estetik, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menciptakannya. Banyak cara mudah dan murah yang bisa kamu lakukan untuk memiliki dekorasi kamar aesthetic. Simak beberapa tips dekor kamar yang bisa kamu terapkan di sini!

19 Tips Dekor Kamar yang Mudah Diikuti

1. Ciptakan skema warna

Pilih skema warna yang tepat, photo by mymove.com

Menentukan skema warna adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin menerapkan tips dekor kamar estetik. Usahakan untuk menggunakan dua atau tiga warna utama, misalnya seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Pemilihan pola warna yang cocok dan matching otomatis akan membuat kamar tidur kamu terlihat lebih tertata karena enak dipandang mata. Selain itu, menjaga skema warna tetap netral akan memberikan kamu kemampuan untuk menambahkan sentuhan warna halus ke seluruh ruangan.

2. Tambahkan permadani untuk mempercantik dinding

Dekorasi kamar dengan permadani, photo by dekoruma.com

Karpet dinding atau permadani merupakan tambahan sempurna yang bisa kamu tambahkan untuk ruangan mana pun. Selain itu, ada berbagai macam jenis permadani dinding yang bisa kamu sesuaikan dengan selera atau tema yang ingin kamu pilih untuk kamar kamu.

Kalau kamu memiliki permadani yang ada di sekitar ruangan kamu dan tidak digunakan, kamu bisa memanfaatkan permadani tersebut untuk dekorasi kamar. Pilihlah warna atau pola kain yang sesuai dengan tema kamar kamu, lalu gantung pada bagian dinding yang kamu inginkan.

Dengan begitu, kamu bisa mendekorasi kamar tanpa harus menghabiskan budget tinggi, namun tetap menunjang penampilan aesthetic ruangan.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Kamar Warna Coklat untuk Kesan Elegan

3. Gunakan seprai warna putih atau polos

Pilih sprei motif polos, photo by girlstyle.com 

Seprai dengan motif dan warna-warna mencolok dapat membuat kamar tidur terkesan penuh sesak. Apalagi, ketika warnanya kontras dengan cat dinding. Hal itu akan membuat kamar tidur kamu terkesan sempit.

Maka dari itu, apabila kamu ingin memberikan kesan kamar yang lega dan luas, kamu bisa menggunakan seprai berwarna putih atau dengan motif polos.

4. Lilin beraroma menambah kesan estetika

Menambahkan lilin beraroma di kamar, photo by willowandhoney.co.uk 

Menambahkan kesan estetika bukan hanya soal penampilan yang bisa dilihat oleh mata, tapi juga mencakup aroma. Maka dari itu, kamu bisa menambahkan wewangian ruangan dengan memilih lilin wangi yang sesuai dengan selera kamu.

Posisikan lilin beraroma di meja samping tempat tidur, atau di sudut ruangan agar lebih aman.

5. Memasang lampu hias

Tambahkan lampu hias di kamar tidur, photo by 99.co 

Memilih lampu hias tidak harus memiliki warna yang gemerlap, dan juga tidak perlu dibanderol dengan harga mahal. Ada ratusan bahkan ribuan pilihan lampu hias dengan harga terjangkau yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko online.

Kamu bisa memilih lampu hias dengan bentuk yang menyerupai lampu pohon natal, lampu kabel, lampu huruf, atau lettering, hingga lampu dengan bentuk tertentu yang bisa kamu custom sendiri.

Kamu bisa memasang lampu hias ini di kamar tidur sesuai dengan jenis lampu. Misalnya, kamu bisa menempelkan lampu pohon natal di sepanjang plafon, atau meletakkan lampu berbentuk bulan di meja samping tempat tidur.

Selain membuat dekorasi kamar telihat lebih aesthetic, lampu hias juga dapat membantu kamu agar kamu dapat tidur lebih baik.

6. Hiasi dinding dengan kolase foto

Kolase foto di dinding, photo by Rumah123.com

Suka foto-foto? Kamu bisa menjadikan ruang tidur kamu menjadi ruang istirahat sekaligus galeri pribadi kamu.

Sekedar menambahkan susunan foto yang ditempelkan di dinding ternyata bisa membuat kamar kamu menjadi cantik. Cukup cetak foto-foto yang kamu sukai, dan tempelkan di dinding kamarmu.

Tapi, jangan asal menempelkan foto juga, ya. Kamu harus memperhatikan penempatan kolase foto kamu. Misalnya, kamu hanya menggunakan salah satu bagian dinding dan dinding lainnya dibiarkan polos atau ditambahkan sedikit dekorasi. Kamu juga bisa menambahkan lampu tumblr supaya di malam hari kamar tidur kamu terlihat lebih berkesan.

7. Ciptakan pencahayaan yang hangat

Berikan pencahayaan yang hangat di ruangan, photo by apartmenttherapy.com 

Selain menggunakan lampu hias, kamu juga harus memperhatikan pencahayaan ruangan kamu. Untuk menciptakan dekorasi kamar yang aesthetic, kamu bisa menggunakan lampu yang bernuansa hangat atau redup.

Cahaya yang dihasilkan oleh lampu redup akan membuat kamar tidur terlihat teduh, dan kamar tidur yang terlihat teduh tentunya akan membuat ruangan terasa lebih nyaman untuk digunakan beristirahat dan tidur.

Kamu bisa menggunakan satu hingga tiga lampu kecil yang memiliki cahaya redup di kamar tidur kamu, dan jangan lupa untuk meletakannya di tempat yang tepat.

8. Gunakan tirai tipis warna putih

Gunakan tirai tipis di kamar, photo by ikea.co.id

Selain memperbanyak lampu sebagai sumber pencahayaan kamar, kamu juga bisa memperbanyak sumber cahaya alami untuk di siang hari.

Kamu bisa menghadirkan kesan yang hangat dan cozy pada kamar tidur dengan mengganti tirai kamu menggunakan tirai putih transparan yang ada di dalam kamar. Hal ini akan memberikan nuansa yang lebih nyaman untuk ditinggali.

9. Tambahkan furnitur kayu

Cove Proklamasi

Untuk memberikan kesan kamar yang natural dan estetik, kamu bisa menggunakan furnitur kayu yang ringan.

Kamu bisa memadukan furnitur kayu ini dengan dinding putih yang akan membuat ruangan terlihat lebih segar dan luas. Selain itu, kamu juga bisa dengan lebih mudah menambahkan dekorasi personal agar kamar kamu terlihat lebih berkarakter.

10. Gunakan furnitur ukuran rendah

Tempat tidur dengan bingkai rendah, photo by architecture.in 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar kamu terlihat semakin estetik adalah dengan menambahkan furnitur ukuran rendah.

Bagi orang Asia, gaya hidup rumah yang dekat dengan lantai sudah menjadi hal yang biasa. Soalnya, banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan duduk di lantai seperti bekerja atau makan di meja yang rendah atau lesehan.

Nah, untuk kesan tradisional dan timeless, kamu bisa memilih bingkai tempat tidur rendah dan meja samping tempat tidur dengan ukuran rendah untuk memberikan tampilan yang nyaman.

Kamu juga bisa menambahkan kursi tanpa kaki atau kursi lesehan agar ketika kamu ingin bersantai, kamu tidak perlu khawatir akan mengotori kasur.

11. Pilih furnitur multifungsi dan praktis

room design korean style > Off-68%
Meja samping tempat tidur multifungsi, photo by montecarmoshopping.com

Desain kamar estetik cenderung memiliki tema minimalis dan fokus terhadap fungsi daripada bentuk.

Pilihlah furnitur yang praktis digunakan dan tanpa desain atau hiasan berlebihan, dan usahakan untuk memilih furnitur multifungsi agar kamu tidak menghabiskan terlalu banyak ruang di tempat tidur kamu.

12. Letakkan furnitur dekat dengan dinding

Posisikan furnitur dekat dengan dinding, photo by weheartit.com 

Usahakan untuk menempatkan furnitur besar seperti tempat tidur, meja belajar, lemari, dan sebagainya dekat dengan dinding kamar. Hal ini dapat membuat kamar tidur kamu menjadi lebih luas karena menghemat ruang di lantai.

Selain itu, dengan meletakkan furnitur dekat dengan dinding, ruang untuk bergerak pun menjadi lebih leluasa karena setiap furnitur tertata di setiap sudut dan menempel pada dinding kamar tidur dengan rapih.

13. Tambahkan laci atau loker warna putih

Laci atau loker warna putih memberikan tampilan minimalis, photo by weheartit.com

Untuk memberikan kesan kamar estetik dengan tema minimalis, kamu harus bisa menampilkan kamar yang terlihat bersih dan cerah. Makanya, warna putih sering kali menjadi salah satu warna konstan yang ditampilkan dalam desain kamar estetik.

Dengan menambahkan laci atau loker berwarna senada, kamu bisa memberikan tampilan yang minimalis secara maksimal pada ruang tidur kamu.

14. Posisikan tempat tidur di dekat jendela

Tempat tidur di samping jendela memberikan sirkulasi udara yang baik, photo by olidhomes.com

Selain memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, meletakkan tempat tidur di dekat atau di bawah jendela memberikan kesan kamar tidur yang nyaman.

Hal ini juga akan memudahkan kamu untuk bangun di pagi hari karena kamu langsung mendapatkan semburat cahaya pagi yang mengenai seprai kasur.

BACA JUGA: Catat! Ini Dia Standar Ukuran Jendela Kamar Tidur yang Ideal

15. Berikan cermin besar yang bersandar di dinding

Cermin memberikan kesan kamar yang terang dan luas, photo by roomme.com

Alih-alih memaku cermin ke dinding, kamu bisa menambahkan cermin di kamar kamu dengan cara menyandarkannya di dinding secara alami.

Hal ini tidak hanya akan memberikan tampilan ruangan yang Instagramable, tapi juga memantulkan cahaya dan membuat ruang tempat tidur terlihat lebih terang serta lebih luas.

Ketika memilih cermin, kamu bisa memilih cermin yang sederhana dengan ukuran penuh. Cermin tipe ini akan memberikan tampilan paling estetika di ruangan kamu.

16. Tambahkan tanaman di pojok ruangan

Cove Central

Dekorasi tanaman akan memberikan kesan kamar yang alami dan natural. Agar kamu tidak perlu repot dengan kotoran yang bisa diciptakan tanaman atau tidak ingin menghabiskan waktu merawatnya, kamu dapat berinvestasi pada beberapa tanaman palsu.

Kamu bisa meletakkan tanaman gantung ini di dalam pot yang terbuat dari berbagai jenis bahan untuk menambah tekstur dan warna pada ruang tidur kamu.

17. Ciptakan lingkungan yang terorganisir

Cove Prima

Sudah jelas bahwa sangat penting untuk memastikan barang-barang di kamar kamu tetap teratur dan tertata rapih agar kamu bisa mendapatkan kesan kamar aesthetic. Kamu bisa mewujudkan hal ini semudah dengan menjaga kebersihan ruangan kamu.

Kamar tidur adalah ruangan untuk bersantai, melepas lelah dan tidur dengan lelap. Dengan menjaga kamar tetap bersih dan teratur, tentu saja kamu akan membuat istirahat kamu lebih nyaman.

Sebaliknya, memiliki kamar yang berantakkan bukan hanya terlihat tidak aesthetic, tapi juga memakan waktu untuk membereskan kekacauan itu. Kamu juga tidak dapat beristirahat dengan nyaman pada ruangan yang berantakkan seperti itu.

18. Tetap minimalis agar kamar terlihat estetik dan rapih

Minimalis membuat kamar terlihat rapih dan simpel, photo by architecturein.com 

Agar kamar kamu terlihat estetik dan rapih, pastikan dekorasi kamar kamu tetap sederhana. Biarkan tempat tidur sesimpel mungkin, dan tambahkan selimut serta beberapa bantal agar kamar kamu terlihat nyaman dan estetik.

Kost Dengan Dekorasi Menarik di Tebet

Cove Bata Mera 

Kalau kamu ingin memiliki tempat tinggal dengan dekorasi menarik, kamu bisa intip unit Cove Bata Merah yang satu ini, nih. Unitnya dilengkapi dengan furnitur fungsional dan dekorasi yang menarik yang membuat kamar kamu terlihat cantik dan estetik.

Nah, kalau kamu berminat untuk tinggal di area ini, kamu bisa banget intip unit kost di Tebet milik Cove, nih. Unit Cove Bata Mera dilengkapi dengan kamar full furnished, area dapur yang multifungsi, serta WiFi dan layanan kebersihan dan laundry.

Tertarik untuk tinggal bareng Cove di Tebet? Yuk, booking Cove sekarang juga!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove!