Tugu Proklamasi: Sejarah hingga Tempat Menarik di Sekitarnya

Tugu Proklamasi: Sejarah hingga Tempat Menarik di Sekitarnya
Tugu Proklamasi, photo by Tribunnews

Tugu Proklamasi adalah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tugu ini, merupakan monumen pentingnya peristiwa bersejarah Indonesia dalam menuju kemerdekaan. Lantas, bagaimana sih, sejarah berdirinya Tugu Proklamasi? Buat kamu yang ingin berkunjung ke Tugu Proklamasi, yuk baca serba-serbi lengkapnya terlebih dahulu di sini!

Lokasi Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya di bekas kediaman Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur No.56. Sebelum Tugu Proklamasi dibangun, kediaman milik presiden pertama Indonesia, Soekarno, dihancurkan untuk dibangun tugu peringatan yang hingga kini bebas dikunjungi oleh masyarakat umum.

Sejarah Tugu Proklamasi

Peresmian Tugu Proklamasi, photo by Kompas

Seringkali disebut juga sebagai Tugu Jarum, Tugu Proklamasi merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati satu tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 1946. Sebagai monumen pertama yang didirikan, pembangunan tugu ini diprakarsai oleh Ikatan Wanita Djakarta serta beberapa tokoh seperti Zus Ratulangi (putri Sam Ratulangi), Zubaedah, Nyonya Johanna Masdani, dan masih banyak lagi.

Pembiayaan dari pembangunan Tugu Proklamasi datang dari Kaum Republiken, yaitu orang-orang yang mendukung/pro terhadap Kemerdekaan RI. Tugu ini akhirnya diresmikan dan disebut sebagai Tugu Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia pada 17 Agustus 1946 oleh Perdana Menteri Sutan Sjahrir.

Sempat Dibongkar dan Dibangun Kembali

Semenjak diresmikan pada 17 Agustus 1946, Tugu Proklamasi menjadi tempat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya. Namun pada tahun 1960, tepatnya pada Sidang Pleno Istimewa, Soekarno memutuskan untuk membongkar Tugu Proklamasi dan merelokasi dan menggantikannya dengan Tugu Petir.

Tindakan yang dilakukan Soekarno ini memunculkan banyak pendapat kontra. Hingga pada akhirnya, setelah Soekarno lengser dan digantikan oleh Presiden Soeharto, Tugu Proklamasi dibangun kembali pada tahun 1972 di lokasi yang sama dengan bentuk yang sama pula.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Perayaan Hari Kemerdekaan di Tugu Proklamasi, photo by Liputan 6

Hingga saat ini, Tugu Proklamasi masih dikunjungi oleh banyak orang untuk menyaksikan sejarah merdeka Indonesia. Kabar baiknya, kamu dapat mengakses lokasi wisata sejarah ini secara gratis. Tidak hanya itu, setiap pengunjung juga dapat membawa bekal atau berwisata kuliner makanan khas Jakarta di sekitar lokasi.

Oh ya, kamu dapat mengunjungi Tugu Proklamasi setiap hari, mulai pukul 6 pagi hingga 9 malam.

Tempat Menarik Sekitar Tugu Proklamasi

Setelah mengunjungi Tugu Proklamasi, kamu bisa menjelajahi berbagai tempat menarik mulai dari pasar antik hingga berbagai tempat kuliner di Jakarta Pusat. Yuk cek rekomendasi dari Cove di bawah ini!

Hunting Barang Antik di Jl. Surabaya

Berbagai Barang Antik di Jl. Surabaya, photo by Pikiran Rakyat

Jika kamu tertarik untuk membeli barang-barang antik seperti lampu, cermin, dan furnitur lainnya sebagai hiasan di kamar kos, kamu bisa mampir ke Jl. Surabaya yang berada di kawasan menteng.

Di kawasan ini, terdapat banyak kios dengan lebar hingga 3 meter yang menjual barang-barang antik second seperti lampu, gramophone, hingga telepon dengan model vintage. Jika beruntung, kamu juga bisa menemukan berbagai elektronik tahun 90an yang masih berfungsi, lho. Jadi, tidak hanya sebagai hiasan saja.

Melihat Perjuangan Pahlawan di Museum Sasmita Loka Ahmad Yani

Museum Sasmita Loka Ahmad Yani, photo by BARTZAP

Museum Sasmita Loka Ahmad Yani dibangun sekitar tahun 1930-1940an ketika masa pengembangan wilayah Menteng dan Gondangdia. Di museum ini, kamu bisa melihat barang-barang pribadi milik Sang Jenderal Ahmad Yani.

Berkunjung ke Museum Tekstil

Museum Tekstil, photo by Liputan 6

Dibangun pada tahun 1976 oleh istri Presiden Soeharto yaitu Ibu Tien Soeharto, Museum Tekstil bisa menjadi salah satu destinasi wisata museum yang dapat kamu kunjungi. Seperti namanya, museum ini memiliki berbagai koleksi seni tekstil dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk pembagian koleksinya sendiri, Museum Tekstil memiliki empat bagian yang terpisah yaitu koleksi kain tenun, koleksi kain batik, koleksi peralatan, serta koleksi campuran.

Bersantai di Taman Suropati

Taman Suropati, photo by Backpacker Jakarta 

Taman Suropati merupakan salah satu taman yang menawarkan berbagai aktivitas di dalamnya. Selain dapat berpiknik dan bersantai, di taman ini kamu bisa memberi makan burung-burung merpati, berfoto-foto, lari sore, hingga melihat enam monumen ASEAN dari negara Brunei Darussalam, Thailand, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Berkuliner ShopHaus Menteng

ShopHaus Menteng, photo by Manual Jakarta 

Setelah berkeliling, paling tepat berkuliner lezat di daerah Menteng. Kamu bisa mengunjungi ShopHaus Menteng yang memiliki banyak pilihan makanan mulai dari Demie Bakmie, Ask For Patty, hingga Gelato Secrets. Dijamin deh, perut dan lidah kamu akan termanjakan!

Cove Proklamasi: Kost Eksklusif Jakarta Pusat dengan Lokasi Strategis

Jakarta Pusat memang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki banyak tempat bersejarah, Jakarta Pusat juga menjadi pusat bisnis dengan adanya gedung-gedung pemerintahan serta perkantoran di kawasan Cikini.

Nah, jika kamu sedang mencari kos di daerah Jakarta Pusat, Cove Proklamasi bisa menjadi pilihan tempat tinggal kamu, nih.

Kamar Suite di Cove Proklamasi

Cove Proklamasi berlokasi di Jl. Proklamasi No.68, Pegangsaan, Menteng dan terletak di salah satu area pemukiman mewah di Jakarta Pusat. Dengan lokasi yang strategis, kamu bisa mengakses berbagai lokasi dengan mudah ke kawasan bisnis, serta 3 menit berjalan kaki ke Tugu Proklamasi dan 11 menit berjalan kaki ke Stasiun Cikini.  

Cove Proklamasi memiliki lima tipe kamar yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan preferensi kamu yaitu Kamar Premium, Kamar Premium Plus, Kamar Junior Suite, dan Kamar Suite yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur, meja kerja, televisi, lemari pakaian besar, serta kamar mandi dalam dan balkon yang bisa digunakan untuk kamu bersantai.

Kolam Renang di Cove Proklamasi 

Selain memiliki kamar dengan desain minimalis yang aesthetic, kamu juga bisa mengakses berbagai fasilitas umum di Cove Proklamasi seperti dapur, longue, hingga kolam renang dan mini gym untuk kamu berolahraga.

Dengan mulai dari Rp4jt-an perbulan, kamu sudah bisa memiliki hunian nyaman dengan lokasi strategis di Jakarta Pusat. Yuk book viewing sekarang untuk lihat-lihat Cove Proklamasi secara langsung!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Pusat lainnya hanya di Cove!