15 Tempat Camping di Bandung yang Nyaman untuk Liburan

15  Tempat Camping di Bandung yang Nyaman untuk Liburan
Tempat Camping di Bandung (Pxhere.com)

Sebagai kota yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi banyak gunung, Bandung tentu cocok untuk kamu yang menyukai wisata alam. Ada banyak tempat wisata alam yang indah dan nyaman untuk menjadi tempat rekreasi atau melepas penat. Selain itu, banyak juga tempat camping di Bandung yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman atau keluarga.

Tidak heran kalau banyak orang dari berbagai kota pergi ke Bandung untuk camping dan menikmati suasana alamnya yang sejuk. Ingin menikmati liburan dengan camping di Bandung juga? Yuk, simak 10 rekomendasi tempat camping di Bandung ini!

Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu (liputan6.com)

Pertama, tempat camping di Bandung yang menyenangkan ada Dusun Bambu. Di sini, fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Dengan tenda besar dan sudah dilengkapi matras, menu sarapan, alat mandi, serta alat untuk membuat kopi dan teh. Kamu akan dimanjakan dengan segala fasilitas tersebut.

Ada juga beragam kegiatan lain yang bisa kamu coba jika sedang camping di Dusun Bambu. Kegiatan tersebut antara lain memanah, paintball, bersepeda, mini farm, dan ATP.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
Harga Tiket: Rp700.000 – Rp1.500.000 per malam

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya (agoda.com)

Kedua, ada The Lodge Maribaya yang menjadi pilihan asyik untuk camping di Bandung. Di tempat camping ini, pengelola sudah menyediakan tenda-tenda unik untuk wisatawan. Jadi, wisatawan tidak perlu ribet membawa tenda jika ingin camping di sini. Dengan tenda yang berjejer serta pemandangan hamparan hutan pinus yang sejuk dan teduh, tentu membuat liburanmu begitu tenang.

Di sini juga tersedia berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati selama camping. Mulai dari ayunan sky swing, bamboo sky, balon udara, zip bike, jalur trakking, area outbond, dan gantole.

Lokasi: Jl. Maribaya No. 149/252 RT. 03 RW. 15, Babakan, Gentong, Cibodas Lembang, Kabupaten Bandung Bara
Harga Tiket: Rp800.000 per malam

Ranca Upas

Ranca Upas (idntimes.com)

Selanjutnya, tempat camping ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pencinta alam. Ranca Upas memang sudah terkenal sebagai wilayah bumi perkemahan yang disukai banyak wisatawan, baik dari warga Bandung maupun dari luar kota.

Pemandangan di Ranca Upas sangat indah dan hijau, dengan banyak sekali pohon rindang di lahan seluas 215 hektar dan ketinggian 1.700 mdpl. Bagi wisatawan yang ingin camping di Ranca Upas, tidak perlu repot membawa perlengkapannya. Di tempat ini sudah tersedia berbagai fasilitas camping yang lengkap.

Di sini, kamu juga bisa bercengkrama dengan rusa-rusa, melakukan outbound, atau berendam di kolam air panas. Ada banyak lokasi camping yang bisa kamu pilih, mulai dari Karaha Bodas, Galunggung, Patuha, Kawah Putih, dan Cilember.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Harga Tiket: Rp22.000 per orang

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang (sikidang.com)

Kalau kamu ingin menikmati track naik gunung yang mudah sebelum berkemah, Gunung Putri bisa menjadi tujuan wisata yang tepat. Untuk sampai ke lokasi perkemahannya, hanya butuh 30 menit mendaki di jalur yang mudah. Orang yang belum pernah mendaki gunung tetap bisa melewatinya.

Di atas Gunung Putri, kamu bisa camping sambil menikmati pemandangan Lembang yang indah. Suasananya yang sejuk dan asri juga sangat cocok bagi kamu yang ingin healing melepas kepenatan.

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Harga Tiket: Rp17.000

Bukit Moko

Bukit Moko (wisatabagus.com)

Kemudian, kalau kamu mau camping sambil menikmati pemandangan malam hari yang cantik, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Bukit Moko. Di sini, kamu bisa naik ke Puncak Bintang yang hanya berjarak 200 meter. Lalu hamparan bintang di langit malam serta pemandangan lampu-lampu kota Bandung akan memanjakan mata kamu.

Di Puncak Bintang, kamu bisa mendatangi Dermaga Bintang yang menjadi salah satu spot favorit para wisatawan. Dengan konsep dek kayu yang luas serta hamparan hutan pinus dan pegunungan, kamu bisa mengambil foto-foto yang cantik.

Lokasi: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung
Harga Tiket: Rp15.000 untuk reguler dan Rp25.000 untuk berkemah

Pine Forest Camp

Pine Forest Camp (tempatwisatadibandung.info)

Pine Forest Camp adalah salah satu tempat camping di Bandung yang berada di ketinggian 1/200 mdpl. Sehingga kamu bisa merasakan suasana sejuk dan asri karena pohon-pohon pinus yang ada di sana. Hal yang menarik dari Pine Forest Camp adalah para wisatawan harus mandiri dengan membawa alat camping sendiri atau menyewa, lalu harus membangun tenda tersebut sendiri.

Lokasi: Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Harga Tiket: Rp600.000 – Rp1.000.000 per malam

Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole (viva.co.id)

Rekomendasi yang tidak boleh dilupakan adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Jika camping di sini, kamu tidak perlu membawa perlengkapan sendiri, karena sudah disediakan dengan lengkap. Selain itu, di sini juga ada penginapan kabin kayu yang sangat nyaman.

Berada di tengah hutan pinus tidak akan membuat kamu kelaparan, karena di Terminal Wisata Grafika Cikole tersedia banyak restoran dan cafe. Sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Perahu No.Km.8, Cikole, Lembang, Bandung Barat
Harga Tiket: Rp460.000 – Rp1.610.000 per malam

Cantigi Camp

Cantigi Camp (napaktilas.net)

Selanjutnya, ada Cantigi Camp yang cocok untuk kamu yang ingin camping bersama keluarga besar atau rombongan teman. Tempat camping di Bandung ini memiliki area yang cukup luas. Di sini juga menyediakan berbagai kegiatan outbound untuk mengisi acara. Tersedia beberapa paket kegiatan outbound yang bisa kamu pilih. Paket tersebut antara lain kids and teenager program, outing dan petualangan, serta paket training. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi Cantigi Camp bersama teman-teman.

Lokasi: Jl. Raya Cileunyi RT01 RW03, Manjah Beureum, Kulon, Cileunyi Kulon, Cileunyi, Bandung
Harga Tiket: Rp15.000

Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali (topwisata.info)

ng Lakeside Rancabali bisa menjadi pilihan yang cocok. Terletak di tepi Situ Patenggang, sehingga bisa memanjakan mata dan pikiran dengan pemandangan danau yang luas.

Jika kamu camping di sini, bisa berjalan-jalan di area perkebunan teh terdekat sepuasnya. Selain itu, ada juga beragam kegiatan lain yang bisa kamu ikuti dengan sedikit biaya tambahan, antara lain rafting, paintball, Kawah Putih, off-road, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey, Patengan No. Km, RW 39, Situ, Patengan, Rancabali, Bandung
Harga Tiket: Rp1.200.000 – Rp2.760.000 per malam

Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Legok Kondang Lodge (sikidang.com)

Terakhir, bagi kamu yang ingin camping dengan sensasi seperti di hotel bintang lima, Glamping Legok Kondang Lodge bisa menjadi tempat yang cocok. Tempat ini memiliki 27 penginapan dengan fasilitas yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih fasilitas yang paling cocok.

Jangan khawatir dengan harga, karena fasilitas yang diberikan pun sesuai dengan harganya. Mulai dari fasilitas toilet air hangat, siaran televisi kabel, sampai sarapan, kamu akan merasa puas. Sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga. Selain itu, pemandangan alam Ciwidey yang terhampar indah dari balkon akan memanjakan mata dan membuat pikiran lebih rileks.

Lokasi: Jl. Kurunangan, Lebak Muncang, Ciwidey, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung
Harga Tiket: Rp1.165.000 – Rp5.250.000 per malam

Taman Langit Pangalengan

Photo credit: Kompas Travel

Buat kamu yang mencari pengalaman camping nggak terlupakan, Taman Langit Pangalengan bisa jadi pilihan. Terletak di ketinggian 1.670 mdpl, tempat ini menawarkan pemandangan hamparan kebun teh hijau Pangalengan dari segala sudut, menciptakan suasana yang romantis dan tenang. Di sini, kamu bisa lebih dekat dengan alam, menikmati udara segar, dan melihat langit yang penuh bintang di malam hari, lho. Taman Langit Pangalengan adalah tempat yang sempurna bagi pecinta alam dan petualang yang mencari pengalaman mendalam di tengah keindahan alam Bandung.

Lokasi: Kampung Puncak Mulya, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung.
Harga Tiket: Mulai dari Rp35.000 dengan berbagai pilihan paket mulai dari Rp 450.000.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Photo credit: Info Ciwidey

Destinasi camping yang memukau di Bandung ini menawarkan tiga blok pilihan. Kamu bisa pilih blok atas dan tengah jika mencari bukit rerumputan yang menawarkan pemandangan indah. Sementara itu, blok bawah menawarkan hamparan rumput datar di tepi sungai yang menjadi favorit untuk camping. Nggak hanya itu, Ranca Cangkuang juga menyediakan area glamping yang nyaman bagi kamu yang nggak mau ribet bawa perlengkapan camping. Dengan fasilitas lengkap dan suasana alam yang menenangkan, tempat ini adalah surga bagi para pencinta camping di Kota Kembang.

Lokasi: Jl. Gambung, Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung.
Harga Tiket: Rp15.000 hingga Rp200.000 tergantung pada jenis tiket dan layanan yang dipilih.

Pineus Tilu Riverside Pangalengan

Photo credit: TravelsPromo

Terletak di tepi Sungai Palayangan yang mendapatkan pasokan air dari Situ Cileunca, tempat ini menawarkan lingkungan yang tenang dan aliran sungai yang stabil. Selama berkemah di Pineus Tilu Riverside, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seru. Di antaranya, rafting di Sungai Palayangan, memancing di kolam, serta pesta barbeque yang bikin pengalaman berkemah semakin istimewa. Daya tarik utama dari Pineus Tilu Riverside adalah keberadaan hutan pinus yang mengelilingi area camping sehingga memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan alam.

Lokasi: Desa Pulosari, Pangalengan, Bandung.
Harga Tiket: Gratis untuk tiket masuk, berkemah Rp650.000 - Rp1.800.000 (tergantung jenis tenda dan hari kunjungan).

Gaspol Situ Cileunca

Photo credit: Caping.co.id

Di tempat camping ini, kamu bisa rasakan pengalaman berkemah di tepi danau yang mempesona. Fasilitas yang tersedia di Gaspol Situ Cileunca mencakup toilet, area api unggun, peralatan barbeque, dan berbagai fasilitas lainnya. Situ Cileunca adalah danau buatan yang memiliki luas sekitar 1.400 hektar, dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan hijau. Di samping camping, Situ Cileunca juga menawarkan berbagai wahana dan aktivitas seru lain, lho, termasuk arung jeram, paintball, flying fox, offroad, river tubing, dan sebagainya. Tempat ini cocok untuk kamu yang mencari petualangan alam yang seru sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Lokasi: Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.
Harga Tiket: Mulai dari Rp5.000 hingga Rp12.500 per orang.

Wisata Batu Kuda

Photo credit: Napaktilas

Tempat ini menawarkan pengalaman camping yang nyaman dengan udara sejuk dan hutan pinus. Keunikannya terletak pada akses yang mudah dari parkiran ke area perkemahan yang luas. Kawasan ini juga punya situs bersejarah Batu Kuda, batu besar yang jadi tunggangan dalam legenda lokal. Tersedia warung makanan dan penyewaan peralatan berkemah sehingga kamu bisa nikmati liburan tanpa khawatir lapar atau repot membawa peralatan. Harga paket camping-nya juga terjangkau, membuat tempat ini cocok untuk berkemah bersama keluarga atau teman-teman.

Lokasi: Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung.
Harga Tiket: Rp7.500 (Weekdays) dan Rp10.000 (Weekend).

Itulah 15 rekomendasi tempat camping di Bandung yang bisa kamu datangi dengan teman atau keluarga. Di antara 10 tempat di atas, kamu pernah mengunjungi yang mana? Atau ada rencana untuk camping dalam waktu dekat? Tempat-tempat menarik di Bandung memang tidak akan ada habisnya.


Kost Nyaman dengan Fasilitas Lengkap di Bandung

Cove Cherry Homes berlokasi di Sukajadi. Hanya 7 menit berkendara dari gerbang tol Pasteur. Sehingga memudahkan untuk akses ke mana saja. Fasilitas yang disediakan oleh Cove Cherry Homes ini sangat lengkap, mulai dari ruang bersama, ruang makan, lobi, dapur, keamanan, dispenser, dan WiFi.

Mulai dari Rp1,6 jutaan/bulan

Selengkapnya tentang Cove Cherry Homes