10 Tempat Bukber di Jakarta Selatan, Bisa untuk Reuni!

10 Tempat Bukber di Jakarta Selatan, Bisa untuk Reuni!
Tempat Bukber di Jakarta Selatan, photo by Blue Jasmine

Bulan Ramadan sering kali dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan acara buka bersama sekaligus reuni kecil-kecilan, mulai dari teman semasa sekolah, teman kuliah, rekan kerja, hingga sahabat dekat semuanya seolah saling berlomba untuk membuat jadwal bukber. Tak heran, bila beberapa orang cenderung menginginkan tempat makan yang tidak hanya mampu menyajikan santapan nikmat, namun juga dirasa paling ideal untuk mengabadikan momen berbuka. Nah, bila kamu berencana mengadakan buka bersama di daerah Jakarta Selatan, Cove punya rekomendasi sepuluh tempat bukber di Jakarta Selatan yang paling worthy dan bisa jadi opsi menjanjikan. Check this out!

Tempat Bukber di Jakarta Selatan

1. Meradelima

Meradelima, photo by Registrye

Bila kamu berencana mengadakan buka bersama dengan keluarga, rekomendasi tempat bukber di Jakarta Selatan yang satu ini menyajikan santapan kuliner khas nusantara yang memiliki cita rasa otentik. Bahkan, presentasi makanannya dibuat sangat cantik dengan sentuhan peranakan. Meradelima memiliki desain interior bernuansa vintage nan elegan dengan kehadiran ornamen khas oriental.

Hal ini menjadikan meradelima sebagai restoran yang cocok untuk dijadikan lokasi bersantap saat momen-momen spesial. Restoran ini juga berukuran luas dan mampu menampung hingga 200 customer. Ragam menu yang bisa kamu coba, mulai dari Ayam Panggang Mertua, Nasi Goreng Belacan, sampai Ikan Kerapu Kembang.

Alamat: Jl. Adityawarman No. 47, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:30)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

2. Batik Kuring

Batik Kuring, photo by near-place

Bertempat di kawasan SCBD, Batik Kuring menjadi salah satu tempat bukber di Jakarta Selatan yang tidak pernah sepi oleh pengunjung, terutama bagi para karyawan yang memang bekerja di sekitar business district ini. Batik Kuring dikenal sebagai restoran seafood ternikmat dengan pelayanannya yang ramah. Sesuai namanya, tempat ini didominasi oleh interior bercorak batik dengan elemen kekayuan lewat penataan meja dan kursinya.

Terbagi atas area indoor dan outdoor, Batik Kuring mempunyai ukuran yang sangat spacious. Ada juga sejumlah private room bagi kamu yang ingin berbuka puasa di ruangan yang menawarkan privasi lebih. Kerang Hijau Saos Padang, Bawal Putih Bakar, hingga Udang Goreng Tepung adalah menu yang wajib kamu coba di sini.

Alamat: SCBD Lot 21 Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 - 53 (Sebrang Apartemen Kusuma Chandra), SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (10:00 - 20:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

3. Agneya

Agneya, photo by highend-magazine

Agneya adalah sebuah restoran terbaik yang menyajikan hidangan premium Indonesia dengan ambience ala fine dining. Konsep bangunannya yang elegan begitu terasa berkat perpaduan aransemen kekayuan serta kehadiran mural putih dan biru yang menghiasi bagian dinding. Agneya juga menawarkan sejumlah private room yang mampu menampung hingga 16 tamu, sehingga cocok untuk dijadikan tempat bukber di Jakarta Selatan.

Menariknya, kamu bisa memilih meja dengan jendela besar berpemandangan langsung pepohonan hijau yang tumbuh subur di sekitarnya. Area dapurnya didesain terbuka sehingga para pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan makanan. Bebek Goreng Sambal Matah dan Kepiting Singapura adalah menu andalan di sini.

Alamat: Jl. Wijaya IX No.23, RT.1/RW.5, Melawai, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:30 - 23:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

4. Blue Jasmine

Blue Jasmine, photo by Zomato

Mengadaptasi desain interior modern klasik khas British Anglo Colonial Past menjadikan Blue Jasmine terlihat begitu memukau dan cocok untuk dijadikan tempat bukber di Jakarta Selatan. Area patio menjadi salah satu tempat favorit dari Blue Jasmine karena dikelilingi oleh taman vertikal lengkap dengan gemericik suara air mancur. Kamu bisa mengajak keluarga besar, rekan kerja, ataupun kerabat dekat untuk menikmati hidangan berbuka khas Indonesia dengan sentuhan oriental di sini. Baik itu Salmon Saus Laksa, Udang Goreng Mayonnaise, hingga Sop Buntut, semuanya wajib untuk kamu cicipi!

Alamat: Jl. Kyai Maja No. 39, Gandaria, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

5. Abunawas

Abunawas, photo by Abunawas

Kalau sedang bulan Ramadan, tempat bukber di Jakarta Selatan yang satu ini hampir pasti selalu dijadikan pilihan utama oleh banyak orang untuk mengadakan acara buka puasa. Alasannya adalah karena Abunawas merupakan restoran khas Timur Tengah yang authentic dengan variasi menu makanan halal dan super lezat.

Atmosfer Timur Tengah begitu kental terasa saat kamu mulai memasuki lantai dua. Di sini, kamu bisa menikmati hidangan signature yang tersedia sambil duduk lesehan di sebuah ruang privasi yang menyuguhkan tata interior ala Mesir kuno dengan tirai-tirai megah, karpet besar, aksen mozaik, dan pola geometris. Jangan lupa pesan menu Zurbiyan Lahm yang merupakan nasi khas Timur Tengah dengan cita rasa rempah yang kuat.

Alamat: Jl. Kemang Utara No. 15, Kemang, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (09:00 - 21:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

6. Seribu Rasa Gunawarman

Seribu Rasa Gunawarman, photo by pergikuliner

Seribu Rasa adalah sebuah restoran keluarga dengan pelayanan premium yang menyajikan aneka masakan Indonesia dan Asia Tenggara. Kamu dapat memilih Seribu Rasa cabang Gunawarman sebagai tempat bukber di Jakarta Selatan yang paling ideal untuk disinggahi, terutama bila acara buka bersama yang ingin digelar terbilang formal dan dihadiri oleh banyak orang.

Restoran ini mengusung interior megah bernuansa putih dengan elemen kekayuan. Tak ketinggalan dengan deretan lampu artistik yang menghiasi area langit-langit sehingga mampu menjadikan momen bersantapmu semakin berkesan. Ragam menu yang tersedia meliputi Jimbaran Fried Fish, Black Pepper Crab, hingga Lamb Honey Sauce.

Alamat: Jl. Gunawarman No. 28, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

7. 3 Wise Monkeys

3 Wise Monkeys, photo by Instagram/3wisemonkeys_id

Kamu penggemar sushi wajib untuk mengajak teman-temanmu berbuka puasa di restoran yang satu ini. 3 Wise Monkeys adalah sebuah tempat bukber di Jakarta Selatan berkonsep AYCE dan a la carte yang menyajikan makanan khas Jepang berupa sushi berkualitas premium. Pilihan menunya yang bervariasi dengan pengolahan sempurna membuat 3 Wise Monkeys sukses menjadi lokasi favorit bagi sebagian orang.

Untuk paket all you can eat, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp259 ribu nett per pax dengan durasi 90 menit. Aneka menu AYCE yang ditawarkan meliputi sushi, sashimi, soup, appetizer, grilled, salad, noodle, sampai mini donburi. Sementara untuk ala carte, kamu bisa memesan Wagyu Steak, Unagi Kabayaki, ataupun Ebi Tempura.

Alamat: Jl. Senopati No. 46, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (10:00 - 01:00)
Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 per orang

8. Soulfood

Soulfood, photo by Liandro N. I. Siringoringo/Manual Jakarta

Dengan ambience yang asri, tenang, dan super homey, Soulfood selalu jadi andalan bagi pecinta kuliner yang ingin menyantap hidangan Indonesia. Berbeda dari restoran lainnya, Soulfood justru begitu menonjol lewat interior dan eksteriornya yang serba warna hijau serta keberadaan ragam elemen tanaman hias. Cocok untuk kamu yang berencana melakukan acara buka bersama dengan teman kantor sepulang kerja. Tidak hanya menu paket berupa Nasi Campur atau Soto Betawi, kamu juga bisa menikmati camilan tradisional, seperti Tempe Mendoan, Tahu Gagal, dan Buras Oncom.

Alamat: Jl. Taman Gunawarman Barat No. 23, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

9. Warung MJS

Warung MJS, photo by Warung MJS

Bagaimana rasanya menyantap makanan tradisional sambil ditemani iringan musik khas Jawa? Kamu dapat menemukan pengalaman berkesan ini hanya di Warung MJS. Rata-rata pengunjung setia dari Warung MJS adalah para pecinta masakan Indonesia dengan rasa yang otentik. Semua menu yang ada di sini disajikan secara prasmanan sehingga kamu bisa memilih dan mengatur menu apa saja yang akan ada di dalam piring. Pilihan menu yang tersedia, yaitu Cumi Hitam, Bawal Bejo, Mie Godog, hingga Bebek Goreng.

Alamat: Jl. Setiabudi Tengah No. 11, Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Kamis (11:00 - 21:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 22:00), Minggu (11:00 - 21:00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

10. Twin House

Twin House, photo by Liandro N. I. Siringoringo/Manual Jakarta

Rekomendasi terakhir dari tempat bukber di Jakarta Selatan adalah Twin House. Ini adalah sebuah cafe kekinian berkonsep homey yang begitu ikonik dengan eksterior berwarna putih dan kuning. Selain bisa dijadikan sebagai tempat buka bersama, kamu juga bisa dengan bebas berfoto ria karena setiap sudutnya dijamin Instagramable. Berbagai menu masakan yang cocok untuk dinikmati saat berbuka adalah Spaghetti Bolognese, Shirataki Pho, sampai Cheese Steak Sandwich.

Alamat: Jl. Cipete Raya No. 4B, Fatmawati, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin - Kamis (08:00 - 22:00), Jumat - Sabtu (08:00 - 23:00), Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Itu dia kesepuluh tempat bukber di Jakarta Selatan yang wajib untuk menjadi pertimbangan kamu. Jangan lupa untuk mengajak kerabat tercinta dan lakukan booking dengan segera supaya kebagian tempat, ya!