Serba-Serbi Skywalk Kebayoran Lama: Terpanjang di Jakarta!

Serba-Serbi Skywalk Kebayoran Lama: Terpanjang di Jakarta!
Photo from Kompas

Sebagai ibukota dan pusat bisnis, Jakarta tentu memiliki banyak jembatan yang terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum. Salah satu jembatan yang terkenal di Jakarta adalah Skywalk Kebayoran Lama, jembatan dengan lampu-lampu megah dan disebut sebagai jembatan penyebrangan terpanjang di Jakarta. Sebenernya, apa sih, yang membuat jembatan ini unik dan menarik? Yuk, simak faktanya di artikel ini!

Jembatan Layang Terpanjang di Jakarta

Photo from Okezone Metropolitan 

Skywalk Kebayoran Lama terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, membentang sepanjang 450 meter dengan lebar 3,6 meter, serta railing setinggi 1,25 meter. Jembatan ini disebut sebagai jembatan layang terpanjang di kota Jakarta, di mana kamu membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk mencapai ujung jembatan.

Tentunya, jembatan layang ini dibangun tidak hanya untuk estetika belaka, dengan adanya skywalk terpanjang ini, kamu bisa memangkas waktu perjalanan untuk beralih koridor Transjakarta atau berpindah moda transportasi dari Transjakarta ke KRL dengan waktu 5 menit, di mana tanpa jembatan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Oh ya, untuk mendukung berbagai kalangan, jembatan ini juga dibuat secara inklusif dengan akses lift, eskalator, hingga tangga untuk mengakses skywalk ini, lho! Nggak ketinggalan, saat berjalan melewati jembatan, kamu juga bisa menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian. Keren, ya?

Peresmian Sempat Ditunda Beberapa Kali

Photo from Kontan Images

Diketahui bahwa peresmian Skywalk Kebayoran Lama mengalami penundaan beberapa kali. Awalnya, peresmian dijadwalkan pada tanggal 17 Januari, namun kemudian ditunda menjadi 19 Januari, dan akhirnya dijadwalkan ulang.

Namun, pada tanggal 24 Januari 2023, peresmian Skywalk Kebayoran Lama kembali mengalami penundaan hingga akhirnya diresmikan pada 27 Januari oleh Heru Budi. Meskipun belum diresmikan, masyarakat tetap diperbolehkan melewati Skywalk Kebayoran Lama selama masa uji coba yang dimulai sejak 21 Januari 2023.

Integrasi Antar Transportasi Umum

Photo from Kompas

Skywalk Kebayoran Lama hadir sebagai upaya untuk mendukung integrasi antarmoda transportasi, terutama di area Transit Oriented Development (TOD) atau pembangunan berorientasi transit. Skywalk ini berfungsi sebagai penghubung antara halte Transjakarta dan stasiun KRL, yakni Stasiun Kebayoran dan Halte Transjakarta Velbak.

Dekat dengan Tempat Wisata

Terletak di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, skywalk ini menjadi suatu lokasi strategis sebagai destinasi wisata perkotaan. Berbagai pilihan tempat makan, taman, dan pusat perbelanjaan dapat dijelajahi karena kedekatannya dengan skywalk. Oleh karena itu, Skywalk Kebayoran Lama menjadi opsi yang tepat untuk bersantai setelah bekerja atau menikmati waktu liburan dengan menggunakan transportasi umum.

Taman Puring

Photo from Kompasiana

Kalau kamu mencari tempat terbuka untuk bersantai atau sekadar berkumpul, kamu bisa mengunjungi Taman Puring. Letaknya hanya sekitar 700 meter dari Skywalk Kebayoran Lama atau dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Setelah mengalami revitalisasi, taman ini menjadi lebih ramah bagi pengunjung, terutama anak-anak. Beberapa fasilitas anak yang disediakan meliputi wall climbing, cargo net climbing, perosotan, gajah goyang, ayunan, dan trek jalan di atas yang dibatasi pagar. Di sekitarnya, Pasar Taman Puring juga menyajikan barang-barang bekas yang dapat dijelajahi jika kamu ingin sekalian menikmati pemandangan.

Taman Langsat

Photo from Radar Depok

Ruang terbuka selanjutnya yang dekat dengan Skywalk Kebayoran Lama adalah Taman Langsat yang berlokasi di Jalan Barito, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jaraknya sekitar 2,2 kilometer dari skywalk atau dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu 5 menit.

Taman Langsat berada di seberang Taman Barito dan di belakang Pasar Burung Barito. Di sini, terdapat jalur lari yang dapat digunakan untuk kegiatan olahraga, serta pohon-pohon yang memberikan teduh, menciptakan suasana yang cocok untuk bersantai.

Gandaria City

Photo from Pakuwon Jati

Jika mencari tempat berbelanja yang terdekat, kamu juga dapat mengunjungi pusat perbelanjaan Gandaria City. Alamatnya terletak di Jalan Arteri Pondok Indah, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Di sana, terdapat berbagai pilihan restoran dan kafe yang cocok untuk bersantai atau sekadar mengisi perut. Selain itu, tersedia beragam toko pakaian dan hobi untuk kegiatan berbelanja, serta fasilitas bioskop dan hiburan lainnya.

Pasar Loak Kebayoran Lama

Photo from Liputan6

Menyukai kegiatan mencari barang bekas yang menarik? Cobalah berkunjung ke Pasar Loak Kebayoran Lama. Bahkan jika kamu tidak berencana untuk berbelanja, singgah di tempat ini bisa menjadi cara yang unik untuk mengisi waktu sambil melihat-lihat. Alamatnya terletak di Jalan Ciledug Raya No.17, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pasar Mayestik

Photo from Detik

Menyukai kegiatan mencari barang bekas yang menarik? Cobalah berkunjung ke Pasar Loak Kebayoran Lama. Bahkan jika kamu tidak berencana untuk berbelanja, singgah di tempat ini bisa menjadi cara yang unik untuk mengisi waktu sambil melihat-lihat. Alamatnya terletak di Jalan Ciledug Raya No.17, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Wah, menarik banget ya, jembatan layang terpanjang di Jakarta ini? Selain memudahkan kamu untuk naik transportasi umum seperti Transjakarta atau KRL, kamu juga bisa sambil menikmati pemandangan kota Jakarta yang dipenuhi gedung-gedung tinggi. Nggak hanya itu, Skywalk Kebayoran Lama juga sangat dekat dengan berbagai tempat menarik.


Well, memiliki tempat tinggal di lingkungan strategis tentunya mendukung juga nih, buat kamu yang ingin commuting setiap hari dari dan ke Skywalk Kebayoran Lama. Kabar baiknya, Cove punya berbagai pilihan kost di Kebayoran Lama yang tentunya strategis dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Buat kamu mahasiswa atau pekerja ibukota yang sedang cari kost eksklusif berlokasi strategis, yuk cek sekarang!