9 Stasiun di Jakarta Selatan, Terupdate 2024!

9 Stasiun di Jakarta Selatan, Terupdate 2024!
Moda Transportasi KRL, photo from Pinterest

Commuterline atau KRL telah menjadi salah satu moda transportasi yang diandalkan bagi warga Jabodetabek untuk bepergian, termasuk Jakarta. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, Kereta Rel Listrik (KRL) yang telah menyambungkan Jabodetabek ini bisa dibilang sudah memiliki fasilitas yang memadai mulai dari gerbong kereta yang nyaman, stasiun yang saling terintegrasi dengan moda transportasi lain, berbagai tempat menarik di sekitar stasiun, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang hobi menjelajahi berbagai daerah khususnya Jakarta Selatan menggunakan KRL, yuk simak 9 stasiun KRL di Jakarta Selatan yang wajib kamu tau!

Stasiun di Jakarta Selatan

Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai, photo from E Paper Indonesia

Stasiun Manggarai adalah stasiun terbesar dan tersibuk yang ada di Jakarta Selatan. Stasiun ini menjadi tempat transit utama kereta seluruh tujuan mulai dari kereta arah Tangerang, Bekasi, Bogor, hingga Serpong, dan memiliki lebih dari 13 jalur kereta dalam dua lantai. Nggak hanya KRL, di stasiun ini juga merupakan titik awal dan akhir keberangkatan Kereta Bandara, lho.

Psst, Stasiun Manggarai memiliki luas hingga 2.5 hektar dan didatangi hingga 160.000 penumpang setiap harinya, lho! Bisa bayangin gak, sesibuk apa stasiun utama ini?

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Pasaraya Manggarai (700 meter)
  • Mitohausu (750 meter)
  • Yello Hotel Manggarai (850 meter)
  • The Bènsera Cafe (900 meter)

Stasiun Tebet

Stasiun Tebet, photo from Tribun Jakarta

Selanjutnya, ada Stasiun Tebet yang terletak tidak jauh dari Stasiun Manggarai. Berlokasi di Jalan Tebet Raya pada perbatasan kelurahan Tebet Timur dan Kebon Baru, Stasiun Tebet terletak pada ketinggian kurang lebih 18 meter dan hanya melayani rute KRL Commuter Line.

Karena lokasinya yang strategis, stasiun ini sangat padat pada pagi dan sore hari, dipenuhi orang-orang yang berangkat dari arah Stasiun Bogor menuju Jakarta untuk bekerja.

Jika kamu ingin berpergian ke daerah Jakarta Kota, Depok, Sentul, atau Bogor, kamu hanya perlu naik kereta tujuan Bogor tanpa perlu transit sama sekali dari Stasiun Tebet. Namun jika kamu ingin berpergian ke daerah Tangerang, Serpong, Bekasi, Tanjung Priok, atau Jatinegara, kamu bisa berpindah kereta di Stasiun Manggarai sebagai pusat transit dari rute KRL Jabodetabek. Jika kamu masih pemula atau awam dalam naik KRL, kamu bisa memperhatikan rute sesuai jalur warna yang ada di peta KRL, ya!

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Warung Upnormal (400 meter)
  • Sate Taichan Goreng (850 meter)
  • Bakmie DEMIE (1 kilometer)

Stasiun Pasar Minggu

Stasiun Pasar Minggu, photo from KAI

Stasiun Pasar Minggu merupakan stasiun yang tepat jika kamu ingin berpergian ke daerah TB Simatupang atau Ragunan. Stasiun ini terletak pada ketinggian kurang lebih 36 meter, dan berada di dekat pusat perbelanjaan seperti Ramayana dan Borobudur. Oh ya, untuk memudahkan penumpang, saat ini, terdapat JPO baru di depan stasiun yang menghubungkan Robinson dengan stasiun, lengkap dengan lift untuk memudahkan penyandang disabilitas, manusia lanjut usia, serta ibu hamil dalam bermobilitas.

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Terminal DAMRI Pasar Minggu (400 meter)
  • Universitas Nasional (1.4 kilometer)
  • Pejaten Village Mall (3 kilometer)

Stasiun Duren Kalibata

Stasiun Duren Kalibata, photo from KAI

Ingin berpergian ke daerah Kalibata, Kemang, atau Mampang? Stasiun Kalibata menjadi pilihan paling pas untuk menjadi stasiun akhir kamu ketika sedang commuting dengan KRL! Stasiun Kereta Api kelas II ini juga letaknya dekat dengan Kompleks Perumahan DPR RI, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Apartemen Woodland Park Residence, Kalibata Plaza, dan Kalibata City.

Oh ya, jika kamu ingin bepergian ke daerah Bogor, kamu juga bisa memulai perjalanan dari stasiun ini tanpa perlu transit sama sekali, ya.

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Apartemen Woodland Park Residence (17 meter)
  • Kalibata City (550 meter)
  • Taman Makam Pahlawan Kalibata (1 kilometer)

Stasiun Cawang

Stasiun Cawang, photo from KAI

Stasiun Cawang terletak di perbatasan antara Kelurahan Kebon Baru dan Tebet Timur, Tebet, Jakarta Selatan, merupakan sebuah stasiun kereta api. Stasiun ini berada pada ketinggian +13,6 m di atas permukaan laut dan termasuk dalam wilayah operasional Daerah I Jakarta. Nama "Cawang" dipilih untuk stasiun ini karena lokasinya yang dekat dengan Jembatan Layang Cawang. Tak jauh dari stasiun ini, Jalan Tol MT Haryono melintang di sebelah selatan. Dari stasiun ini, terdapat sebuah tangga yang menghubungkan dengan Halte Busway Cikoko Stasiun Cawang (Koridor 9), yang terletak di Jalan Tol MT Haryono.

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Transmart MT Haryono (1 kilometer)
  • Signature Park MT Haryono (1 kilometer)
  • RS Pon Jakarta (1.5 kilometer)

Stasiun Kebayoran

Stasiun Kebayoran, photo from Jagurdemuluk

Stasiun Kebayoran, dikenal sebagai Stasiun Kebayoran Lama (KBY), merupakan stasiun kereta api yang berlokasi di Kebayoran Lama dan berada di rute jalur kereta api Tanahabang-Merak. Selain itu, KRL Jabodetabek juga mengoperasikan perjalanan dari Jakarta ke Serpong/Parung Panjang, serta KRD Ekonomi yang berjalan menuju Rangkasbitung.

Pendirian Stasiun Kebayoran sudah terjadi sejak akhir abad ke-18. Stasiun ini menjadi salah satu tujuan dalam jaringan kereta api lintas barat (Westerlijnen), yang panjangnya mencapai 841 Km pada akhir tahun 1901. Dalam lintas Westerlijnen terdapat dua jalur yang berbeda menuju wilayah Banten, yaitu jalur dari Batavia ke Anyer Kidoel yang membentang sejauh 151 Km dan jalur dari Doeri ke Tangerang yang berjarak 19 Km. Stasiun Kebayoran terletak di jalur Batavia ke Anyer Kidoel, yang kemudian diperpanjang hingga mencapai pelabuhan ikan di Laboean pada tahun 1906, serta jalur Cilegon-Merak yang beroperasi pada tahun 1914. Akibatnya, Stasiun Kebayoran menjadi titik pintu keluar dari wilayah Jakarta menuju Banten dan Sumatera. Ternyata, udah berdiri lama banget, ya?

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Gandaria City (1 kilometer)
  • Pasar Mayestik (2.1 kilometer)
  • Taman Langsat (2.5 kilometer)

Stasiun Lenteng Agung

Stasiun Lenteng Agung, photo from Foursquare

Stasiun Lenteng Agung, yang kadang-kadang dikenal juga sebagai Stasiun Lenteng (LNA), merupakan salah satu stasiun kereta api yang berlokasi di Jalan Raya Lenteng Agung, di wilayah Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, di kota Jakarta Selatan. Stasiun ini, yang terletak di ketinggian +57 meter di atas permukaan laut, berfungsi hanya untuk melayani rute KRL Commuter Line. Uniknya, sama seperti halnya dengan Stasiun Lebak Jero di Jawa Barat, jalur rel di stasiun ini membentuk lengkungan yang mirip dengan kurva S, lho.

Tempat di sekitar Stasiun Manggarai:

  • Universitas Pancasila (1.1 kilometer)
  • Felfest UI (2 kilometer)
  • AEON Mall Tanjung Barat (2.9 kilometer)

Stasiun Universitas Pancasila

Stasiun Universitas Pancasila, photo from KAI

Stasiun Universitas Pancasila (UP) merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung, di wilayah Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Letaknya persis di depan Universitas Pancasila. Stasiun ini terletak pada ketinggian +57 m di atas permukaan laut dan khusus melayani layanan KRL Commuter Line. Selain itu, stasiun ini juga merupakan yang paling selatan di wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Stasiun ini diberi nama sesuai dengan universitas yang terletak di dekatnya, yaitu Universitas Pancasila. Faktor lokasi yang sangat dekat dengan kampus UP menjadikan stasiun ini ramai dengan mahasiswa dan warga sekitar, terutama saat jam-jam sibuk. Stasiun ini memiliki hanya dua jalur kereta api.

Bersama dengan Stasiun UI, stasiun ini lebih umum dikenal dengan singkatannya oleh masyarakat dibandingkan dengan namanya yang lengkap. Penyebutan nama lengkap stasiun ini umumnya hanya digunakan dalam pengumuman kedatangan kereta api di stasiun dan dalam situasi formal lainnya.

Pada tanggal 8 September 2021, dua stasiun ini, yakni Stasiun Universitas Pancasila dan Stasiun Pasar Minggu Baru, telah dilengkapi dengan underpass yang akan mempermudah perlintasan penumpang. Selain itu, keduanya juga akan dilengkapi dengan lift yang terletak di tengah-tengah kedua sisi peron.

Tempat di sekitar Stasiun Universitas Pancasila:

  • Universitas Pancasila (500 meter)
  • Taman Rusa Brigif (2 kilometer)
  • Universitas Indonesia (3 kilometer)

Stasiun Pondok Ranji

Stasiun Pondok Ranji, photo from KAI

Stasiun Pondok Ranji (PDJ) adalah salah satu stasiun kereta api kelas II yang terletak di Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Meskipun dinamai Pondok Ranji, stasiun ini sebenarnya tidak terletak di wilayah Kelurahan Pondok Ranji secara administratif. Lokasinya berada di sisi timur Kelurahan Pondok Ranji itu sendiri. Stasiun ini berada pada ketinggian +24 meter di atas permukaan laut dan melayani eksklusif rute KRL Commuter Line.

Stasiun ini menjadi titik ujung kereta api di sebelah timur Kota Tangerang Selatan serta menjadi stasiun terdepan di arah tenggara di wilayah Banten. Letaknya sangat strategis karena berdekatan dengan Mall Plaza Bintaro Jaya (Bintaro Plaza), Kampus Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), serta UIN Syarif Hidayatullah.

Tempat di sekitar Stasiun Pondok Ranji:

  • Bintaro Plaza (700 meter)
  • Kampus Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (2.1 kilometer)
  • UIN Syarif Hidayatullah (4.1 kilometer)

Cara Beli Tiket KRL & Jam Buka

Jika kamu ingin berpergian menggunakan KRL, perlu diingat bahwa jam operasional KRL di Indonesia dapat berbeda-beda tergantung pada rute dan wilayah operasional. Namun, umumnya KRL Commuter Line beroperasi dari pagi hingga malam. Jam operasional umumnya dimulai sekitar pukul 04:00 pagi dan berakhir sekitar pukul 00:00 tengah malam.

Ada beberapa cara membeli tiket KRL, yaitu:

  1. Tiket Fisik di Stasiun:
  • Pergi ke stasiun kereta api yang melayani layanan KRL.
  • Cari mesin penjualan tiket otomatis atau loket penjualan tiket.
  • Pilih stasiun tujuan kamu.
  • Bayar tiket menggunakan uang tunai atau kartu pembayaran elektronik (jika tersedia).
  1. Kartu Pembayaran Elektronik:
  • Gunakan kartu pembayaran elektronik seperti Kartu Multi Trip (KMT), Kartu E-Money, Brizzi, atau kartu sejenis yang telah diisi saldo.
  • Tempelkan kartu pada mesin pembaca saat masuk dan keluar stasiun.

Itu dia serba-serbi stasiun di Jakarta Selatan, serta cara membeli tiket dan jam operasionalnya. Kalau kamu sering naik KRL di Jakarta Selatan, coba deh nge-kost di Cove. Lebih hemat waktu dan tenaga karena akses ke stasiun gampang banget. Selain itu, di Cove juga tersedia fasilitas lain seperti WiFi super cepat dan communal area yang nyaman untuk menunjang kegiatan harian kamu.

Jadi tunggu apa lagi. Yuk, nge-kost di Cove!