10 Ide Part Time untuk Mahasiswa yang Bisa Kamu Coba!

10 Ide Part Time untuk Mahasiswa yang Bisa Kamu Coba!
Ide Part Time untuk Mahasiswa

Bagi kamu yang sudah berkuliah, mungkin kamu pernah berpikir untuk mencari penghasilan tambahan dengan melakukan pekerjaan paruh waktu atau part time. Selain dapat berguna untuk mengisi waktu luang, jadwal kuliah yang lebih senggang dibandingkan masa sekolah juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa yang melakukan part time, lho.

Seperti namanya, kerja part time atau paruh waktu memperbolehkan kamu bekerja tidak seperti orang kantoran umumnya yang bekerja selama 8 jam sehari. Waktu untuk kerja part time bisa dibilang lebih fleksibel, di mana kamu bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah yang ada. Misalnya, kamu bisa bekerja pada hari kerja selama 2 jam, dan 6 hingga 8 jam pada akhir pekan.

Nah, jika kamu mencari rekomendasi part time yang cocok untuk mahasiswa, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat! Yuk ketahui berbagai jenis pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa dan bisa kamu coba!

10 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa

Penulis Lepas

Jika kamu senang menulis, maka pekerjaan ini cocok untukmu! Banyak bisnis atau perusahaan yang membutuhkan penulis paruh waktu. Biasanya, penulis paruh waktu ini dibutuhkan untuk kebutuhan media sosial, website, hingga layanan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan skill menulis kamu untuk bekerja dengan waktu yang fleksibel dan upah yang bersaing.

Fotografer

Part time fotografer sangatlah dibutuhkan di berbagai industri. Kamu bisa melatih skill mengambil gambar dengan kamera dan menjadi fotografer lepas di berbagai bidang mulai dari pernikahan dan acara spesial lainnya, foto produk, hingga foto berbagai event seperti konser, gathering, olahraga, dan lainnya.

Content Creator

Siapa sih, yang nggak suka membuat konten di berbagai media sosial mulai dari TikTok, Instagram, hingga Twitter? Selain membuat konten untuk akun pribadi kamu, kamu juga bisa menjadi part time content creator di berbagai perusahaan. Lumayan kan, bikin konten yang sesuai dengan minat kamu, dan mendapatkan upah yang sebanding?

Desainer Visual

Sama seperti content creator, menjadi desainer visual juga bisa menjadi ide pekerjaan untuk kamu yang suka berkreasi dengan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lainnya. Kamu bisa melamar sebagai desainer visual paruh waktu untuk mengasah skill desain visual yang kamu miliki.

Barista

Part Time Barista, photo from Pexels/Ketut Subiyanto

Jenis pekerjaan part time ini diminati oleh banyak sekali mahasiswa, lho. Yup, bisnis kedai kopi yang semakin menjamur di berbagai kota menghadirkan lapangan pekerjaan paruh waktu bagi para mahasiswa, yaitu part time barista. Kamu bisa bekerja sebagai barista di sela-sela waktu luang kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai barista, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk membuat dan menyajikan makanan minuman, serta membersihkan kedai kopi.

Penerjemah

Apakah kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dengan baik? Maka, menjadi penerjemah lepas untuk mengisi waktu luang bisa banget kamu coba! Penerjemah lepas biasanya memiliki tugas untuk menerjemahkan berbagai dokumen dengan tatanan kata yang sesuai dan dapat dimengerti. Oh ya, kamu juga bisa mencari pekerjaan ini di berbagai job portal, ya.

Tutor atau Guru Les

Pekerjaan part time yang satu ini juga banyak diminati oleh mahasiswa, terutama yang sedang menjalani kuliah dengan latar belakang pendidikan. Kamu bisa menjadi tutor di kampus yang menyediakan layanan tutor bagi junior di semester awal, atau menjadi guru les murid tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Asisten Peneliti

Menjadi asisten peneliti dosen di kampus bisa menjadi salah satu pekerjaan part time yang dapat kamu coba, lho. Jenis pekerjaan ini memiliki tugas untuk mengoleksi dan menganalisis data serta menyiapkan bahan-bahan riset yang dibutuhkan oleh peneliti. Selain tentunya berguna untuk mengisi waktu luang dan mencari penghasilan tambahan, kamu juga bisa belajar bagaimana melakukan penelitian yang baik dengan menjadi dosen peneliti.

Staf Perpustakaan

Part Time Staf Perpustakaan, photo from Kabar 24

Apakah kamu termasuk orang yang senang menghabiskan waktu di perpustakaan? Jika ya, maka kamu bisa mencoba mencari pekerjaan part time sebagai staf perpustakaan. Tidak hanya bertugas mengkurasi koleksi buku-buku yang ada, kamu juga bisa lho membangun koneksi serta materi pembelajaran yang dapat membantu tugas-tugas kuliah kamu.

Transcriber

Pernahkah kamu mendengar pekerjaan transcriber? Jenis pekerjaan satu ini memiliki tugas untuk mendengarkan rekaman audio atau video, kemudian mengetik kalimat apa saja yang diucapkan. Oh ya, pekerjaan ini juga memiliki upah yang cukup besar, lho. Lumayan, kan?

Manfaat Kerja Part Time

Sebenarnya, selain mendapatkan penghasilan tambahan dan mengisi waktu luang, apa saja sih manfaat mahasiswa memiliki kerja part time? Ini dia lengkapnya!

Memperluas Koneksi

Bekerja part time akan membawa kamu untuk mengenal banyak orang-orang baru mulai dari yang lebih tua hingga muda. Hal ini bisa menambah koneksi kamu yang bisa saja berguna untuk karir kamu setelah lulus kuliah.

Melatih Keterampilan Dunia Kerja

Tahukah kamu, banyak tempat kerja yang hanya menerima lulusan dengan pengalaman kerja yang cukup? Nah, dengan mengambil part time saat kuliah, kamu bisa memiliki keterampilan dan pengalaman di dunia kerja lebih banyak sebelum kamu lulus.

Melatih Kemampuan Manajemen Waktu

Manajemen Waktu, photo from Bisnis

Mengatur waktu antara jadwal kuliah dengan waktu bekerja bukanlah hal yang mudah. Dengan memiliki pekerjaan part time, kamu bisa memiliki skill mengatur waktu yang lebih baik sehingga akan lebih terbiasa saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Manajemen Keuangan

Mendapatkan penghasilan tambahan bukan berarti kamu bisa berfoya-foya sesukanya, ya! Dengan memiliki pekerjaan part time, kamu juga bisa belajar untuk melakukan manajemen keuangan yang lebih baik demi masa depan kamu.

Well, itu dia 10 rekomendasi part time untuk mahasiswa yang bisa kamu coba! Untuk mendapatkan pekerjaan part time, kamu bisa mencari lowongan tersedia di berbagai job portal. Beberapa job portal juga sudah menunjukkan kisaran gaji yang bisa kamu terima setiap bulannya serta detail pekerjaan yang lengkap, sehingga kamu sudah bisa menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok dengan preferensi kamu.