7 Tips Belajar Efektif Biar Kamu Lebih Produktif

7 Tips Belajar Efektif Biar Kamu Lebih Produktif
Tips Belajar Efektif, photo by Pexels

Beberapa pelajar dan mahasiswa sulit untuk belajar dengan efektif. Hal ini bisa ditandai dengan hasil yang kurang memuaskan setiap waktu. Nah, kalau kamu merasakan seperti itu, bisa jadi cara belajar kamu, nih, yang salah sehingga hasil yang diterima kurang efektif.

Masing-masing orang memang memiliki cara belajar yang berbeda. Akan tetapi, sebagian besar pelajar hingga kini merasa belum menemukan cara belajar yang cocok dan efektif. Sebagai contoh, cara belajar membaca, menulis, menghapalkan, bahkan mengerjakan latihan soal efektif pada temanmu, tetapi belum tentu efektif untuk kamu. Apabila belajar yang kamu lakukan tidak efektif, maka hasil yang didapatkan bisa jadi kurang maksimal.

Belajar efektif sendiri ialah cara belajar yang mampu meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan seseorang. Nah, kalau belajar kamu sudah giat tapi hasilnya nihil, bisa jadi cara belajar kamu kurang efektif. Namun, jangan khawatir karena Cove punya beberapa tips bagi kamu para pelajar/mahasiswa mengenai bagaimana tips belajar dengan efektif dan produktif. Simak, yuk!

Tips Belajar Efektif dan Produktif

1. Membuat Rencana Belajar

Rencana Belajar, photo by Pexels

Perencanaan dalam belajar ternyata penting, loh! Rencana belajar ini meliputi waktu kamu paling produktif hingga mempertimbangkan berbagai gangguan yang mungkin timbul saat belajar. Waktu atau jam paling produktif digunakan untuk mempelajari materi yang dianggap paling susah. Ini karena materi sulit butuh pemahaman lebih serta waktu yang banyak. Waktu kurang produktif bisa digunakan untuk mempelajari materi ringan yang mudah dipahami. Sementara itu, waktu tidak produktif digunakan untuk beristirahat.

Selain masalah waktu, pertimbangan atas segala hal yang mungkin mendistraksi kamu selama proses belajar perlu diperhatikan, misalnya seperti notifikasi handphone. Kamu bisa singkirkan atau buat timer untuk distraksi tersebut.

2. Belajar Rutin

Belajar Dengan Rutin, photo by Decoding

Siapa yang masih hobi belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) menjelang ujian? Cara belajar seperti ini sangat tidak efektif karena membuat kamu mudah lupa dengan materi yang dipelajari. Belajar berbagai materi sekaligus dalam waktu semalam bisa menguras tenaga lebih.

Sebaliknya, kamu bisa terapkan cara belajar rutin untuk setiap materi pembelajaran. Belajar rutin ini digunakan untuk mereview materi apa yang telah kamu pelajari di kelas. Waktu belajar rutin pun dibuat singkat, cukup luangkan 10-15 menit setiap harinya untuk mereview apa yang telah kamu pelajari.

Baca Juga: 12 Tips Membersihkan Kos yang Wajib Diketahui Anak Kos!

3. Memahami Bukan Menghafal

Memahami Materi, photo by Hipwee

Cara belajar ini sering keliru dan tidak efektif, sehingga banyak sekali orang yang belajar dengan menghafal sebelum ujian. Padahal, menghafal sebelum ujian rentan akan lupa. Sebaiknya, kamu bisa gunakan metode belajar memahami atau mengerti materi. Dengan memahami materi, lebih mudah juga untuk kamu mengingat hal-hal yang berkaitan dengan materi tersebut.

4. Gunakan Teknik Podomoro

Atur Waktu dengan Timer, photo by Dropbox

Teknik Podomoro merupakan cara belajar yang cocok diterapkan bagi kamu yang hobi belajar sendiri. Teknik ini mengedepankan time management dalam bekerja sehingga kamu bisa belajar lebih efektif dan produktif.

Pada dasarnya, menggunakan teknik Podomoro akan membagi waktu ke dalam dua hal berbeda, yakni waktu produktif dan waktu istirahat. Nah, waktu produktif ini ialah waktu di mana kamu harus fokus belajar. Sementara itu, waktu istirahat di mana kamu harus beristirahat sejenak. Kamu akan memberikan interval waktu antara keduanya.

Sebagai contoh, kamu akan fokus apabila belajar selama 25 menit dengan 5 menit istirahat. Dalam waktu satu jam, kamu akan belajar selama 2 x 25 menit dan 2 x 5 menit istirahat. Di samping time management, adanya jeda dalam belajar ini bisa membuat kamu lebih fresh!

5. Latihan Mengajari Orang Lain

Mengajari Teman, photo by Thought.co

Berlatih mengajari orang lain bisa membantu menemukan materi mana yang sebenarnya belum dikuasai. Teknik ini juga dikenal dengan teknik Feynman. Bagi kamu yang lebih menyukai cara belajar menggunakan praktik, maka cara ini pas banget untuk diterapkan.

Kamu bisa mulai belajar menggunakan teknik Feynman dengan mencari topik terlebih dahulu. Kemudian, ajarkan topik tersebut lewat bahasa yang sederhana dan awam sehingga lebih mudah dimengerti. Dari situ, kamu bisa mengetahui bagian mana yang sekiranya masih sulit untuk dijelaskan dan dipahami dengan mudah.

Baca Juga: 9 Tahap Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah dan Efisien

6. Melakukan Active Recall

Mereview Ulang Materi, photo by Medium

Active recall adalah memasukkan informasi atau mengingat secara aktif ke dalam otak. Kenapa perlu menggunakan active recall? Karena dalam kurun waktu 1 jam aja kita bisa melupakan hampir 50% materi yang sudah dihafalkan. Apabila sudah sampai 24 jam, hampir 70% materi tersebut bisa dengan mudah dilupakan. Penyebabnya karena kita menghafalkan materi secara pasif, sehingga ketika sudah selesai ujian atau belajar dikelas, materi dengan mudah dilupakan karena otak menganggap materi tersebut kurang penting.

Nah, belajar dengan active recall ini mengharuskan kamu mengulang materi yang sama dalam kurun waktu yang rutin. Misalnya, hari ini di kelas kamu belajar masalah hukum perdagangan, kamu bisa mengulangnya setelah selesai kelas. Tidak sampai di situ, kamu perlu mengulangnya dalam waktu sehari setelah, 3 hari setelah, seminggu setelah, sampai dengan 3 bulan setelahnya agar otak memproses materi hukum perdagangan dalam memori jangka panjang. Nah, apabila ada hal yang berkaitan dengan hukum perdagangan, otak dengan mudah mengingat hal tersebut.

7. Beristirahat Dengan Cukup

Peregangan Otot Saat Belajar, photo by Minute School

Belajar dengan giat tanpa istirahat akan membuat proses pembelajaran sia-sia. Di samping mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, belajar tanpa istirahat justru membuat otak kamu bekerja secara tidak produktif.

Nah, beristirahat sejenak saat sesi belajar justru membantu memulihkan otak agar bisa berpikir positif. Bahkan, saat istirahat otak mampu melatih diri untuk mengingat dan mengulang kembali apa yang telah dipelajari. Jadi, jangan lupa selipkan waktu istirahat di sela-sela jam belajarmu dan tidur dengan cukup ya!

Belajar Nyaman di Kost Ideal untuk Mahasiswa

Fasilitas Meja dan Kursi Belajar Cove 103, photo by Cove

Selain tips di atas, belajar efektif dipengaruhi oleh suasana juga, loh! Baik di rumah atau di kost, belajar dengan kenyamanan tinggi tentu bisa meningkatkan efektivitas serta produktivitas.

Kalau kamu tinggal di kost eksklusif Cove 103, kenyamanan dalam belajar sudah diperhitungkan. Ini karena Cove 103 yang dekat dengan UI menawarkan kamu kamar fully furnished dilengkapi dengan satu set meja dan kursi. Di tambah suasananya yang nyaman, belajar jadi jauh lebih efektif dan produktif, deh!

Desain minimalis dan cozy bisa bikin kamu betah banget untuk belajar di kamar Cove 103. Ditambah ada TV, AC, lemari, jendela, dan kamar mandi dalam sebagai fasilitas pribadi di kost. Kamu pun bisa nikmati fasilitas bersama yang disediakan untuk menunjang segala aktivitasmu. Bangunan dari Cove 103 dilengkapi dengan fasilitas berupa lobby, lounge, dapur bersama, area makan, lahan parkir, sampai keamanan. Tentunya tidak lupa ada fasilitas wifi yang bisa digunakan untuk belajar atau hiburan. Kamu yang punya aktivitas padat pun jangan khawatir soal kebersihan kamar kost karena ada pembersihan kamar berkala serta laundry secara gratis.

Tertarik buat merasakan nyamannya suasana Cove 103 buat kamu para mahasiswa? Yuk, book viewing sekarang. Dengan fasilitas lengkap, harganya mulai dari Rp1,6 juta aja, nih! Kamu bisa lakukan booking lewat website Cove ini ya.

Temukan kost eksklusif di Depok lainnya hanya di Cove!