5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Amed, Bali

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Amed, Bali
Pantai Amed, photo by Bali Getaway

Terletak di sudut timur laut Bali yang jauh dari keramaian dan hiruk-pikuk tujuan wisata pulau yang lebih populer, terdapat permata tersembunyi bernama Pantai Amed. Dengan hamparan pantai pasir hitam, perairan biru kehijauan yang tenang, dan terumbu karang yang memukau, pantai ini sudah lama menjadi surga bagi penyelam dan snorkel yang ingin menjelajahi dunia bawah laut Bali.

Pantai Amed menawarkan lebih dari sekadar petualangan air, lho. Kamu juga bisa hiking ke air terjun tersembunyi, mencicipi makanan laut segar di warung lokal, dan menikmati suasana santai sambil mengagumi pemandangan Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Nah, di artikel ini, Cove sudah merangkum semua informasi yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Amed. Yuk, simak!

Informasi Seputar Pantai Amed

Lokasi Pantai Amed

Lokasi Pantai Amed, photo by Google Maps

Pantai Amed terletak di pantai timur Bali, tepatnya di Kabupaten Karangasem. Jaraknya sekitar 14 kilometer di timur kota Amlapura dan sekitar 70 kilometer timur laut dari  Kuta.

Berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar ke Pantai Amed memakan waktu sekitar 2,5 jam. Pantai Amed terbentang sepanjang garis pantai sepanjang 14 kilometer dengan beberapa desa kecil dan pantai yang tersebar di sepanjang jalan seperti Teluk Jemeluk, Pantai Lipah, dan Pantai Selang.

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Amed, photo by Bali Getaway

Harga tiket masuk ke Pantai Amed hanya Rp5.000/orang. Namun, jika kamu berencana melakukan scuba diving atau snorkeling, mungkin kamu perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk menyewa peralatan.

Mengenai jam buka, Pantai Amed buka 24 jam sehari. Namun, jika kamu berencana untuk mengunjungi fasilitas atau toko terdekat, jam operasionalnya mungkin berbeda. Jadi pastikan kamu periksa jam spesifik tempat yang akan kamu kunjungi sebelumnya, ya.

5 Aktivitas Seru di Pantai Amed

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Amed, photo by Water Sport Bali

Ada banyak aktivitas unik dan seru yang bisa kamu nikmati di sekitar Pantai Amed. Berikut 5 rekomendasinya:

Jelajahi Bangkai Kapal

Bangkai Kapal di Pantai Amed, photo by Kintamani.id

Pantai Amed terkenal dengan bangkai kapalnya yang luar biasa, termasuk bangkai kapal USAT Liberty yang tenggelam selama Perang Dunia II. Snorkeling dan menyelam di sekitar bangkai kapal ini merupakan pengalaman luar biasa yang nggak bisa kamu temukan di banyak tempat lain.

Belajar Freedive

Belajar Freedive, photo by Apneista

Pantai Amed adalah tempat yang populer untuk belajar freedive karena perairannya yang tenang dan kehidupan lautnya yang melimpah. Ada beberapa sekolah freediving terkemuka di area ini yang menawarkan kursus untuk semua tingkat pengalaman yang bisa kamu coba.

Kunjungi Ladang Garam

Ladang Garam di Pantai Amed, photo by Lash World Tour

Ladang garam di Pantai Amed adalah pemandangan yang unik untuk dilihat. Kamu bahkan bisa ikut tur untuk mempelajari proses tradisional memanen garam, lho.

Ikuti Aktivitas Memancing Tradisional

Mancing di Pantai Amed, photo by Indonesia Impression Tour

Selanjutnya kamu bisa coba ikut aktivitas memancing menggunakan perahu nelayan tradisional bersama nelayan setempat. Dalam tur ini, kamu berkesempatan untuk belajar tentang teknik memancing, membantu menangkap ikan, dan menikmati makan siang seafood yang lezat.

Menghadiri Upacara Bali

Menyaksikan Upacara Adat Bali, photo by sacavoyage

Bali terkenal dengan budayanya yang kaya dan upacara yang penuh warna. Di Pantai Amed, kamu bisa menyaksikan upacara adat Bali dan melihat penduduk setempat menggunakan pakaian tradisional, mendengar suara musik gamelan, dan mencicipi masakan lokal. Ini bisa jadi pengalaman yang nggak akan kamu lupakan.

Daya Tarik Pantai Amed

Daya Tarik Pantai Amed, photo by Bali Getaway

Daya tarik utama Pantai Amed terletak pada keindahan alamnya, yaitu pantainya yang masih alami, perairan biru jernih, dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Kamu bisa menyelam dan snorkeling karena Pantai Amed memiliki banyak terumbu karang dan biota laut, termasuk ikan tropis, penyu, dan bahkan sesekali lumba-lumba dan hiu.

Selain aktivitas air, Pantai Amed juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan di atas Gunung Agung yang merupakan puncak tertinggi di Bali. Kamu bisa menikmati pemandangan indah ini dari berbagai titik pandang di sepanjang garis pantai atau dengan mendaki ke puncak Gunung Agung.

Secara keseluruhan, daya tarik utama Pantai Amed adalah perpaduan antara keindahan alam, biota laut yang beragam, dan suasana yang tenang. Perpaduan ini menjadikannya destinasi wisata yang tepat bagi wisatawan yang ingin bersantai, menikmati alam bebas, dan menjelajahi garis pantai Bali yang menakjubkan.

Wisata Kuliner di Sekitar Pantai Amed

Wisata Kuliner dekat Pantai Amed, photo by Instagram/@warung_enak_amed

Berikut 3 kafe dan restoran dekat Pantai Amed yang sangat direkomendasikan:

Warung Enak Amed

Warung Enak Amed, photo by Instagram/@warung_enak_amed

Restoran yang nyaman ini terletak di jantung kota Amed dan terkenal dengan masakan Indonesia dan Baratnya yang lezat. Ada sejumlah menu yang ditawarkan, termasuk makanan laut segar, daging panggang, dan hidangan vegetarian. Stafnya ramah dan suasananya santai.

Alamat: Jl. I Ketut Natih, Purwakerti, Kec. Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Jam buka: Setiap hari pukul 07.30 - 22.00 WITA
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000/orang

Cafe Garam

Cafe Garam, photo by Instagram/@contagiusd3lirium

Cafe Garam terletak di jantung kota Amed dan terkenal dengan kopi dan makanan panggangnya yang enak. Kafe ini memiliki suasana yang nyaman dan merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati secangkir kopi atau teh sambil menikmati pemandangan laut. Cafe ini juga melayani pilihan makanan ringan.

Alamat: Jl. I Ketut Natih, Pantai Timur No.801, Purwakerti, Kec. Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 - 23.00 WITA
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000/orang

Sails Restaurant

Sails Restaurant, photo by Instagram/@sailsamed

Terletak di dekat Candidasa, Sails Restaurant adalah pilihan tepat bagi kamu yang mencari pengalaman bersantap kelas atas. Menu yang ditawarkan beragam, mulai dari berbagai hidangan internasional dan Indonesia, serta seafood segar. Restoran ini juga menawarkan banyak pilihan anggur dan koktail, plus pemandangan lautnya menakjubkan.

Alamat: Jl. Raya Lipah, Bunutan, Kec. Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WITA
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000/orang

Tertarik nggak, nih, cobain berbagai aktivitas di Pantai Amed yang direkomendasikan di atas?

Kost Bali Mulai dari Rp3,3 juta/bulan

Kamu sedang mencari kost di Bali? Yuk, cek berbagai pilihan kost eksklusif dari Cove! Kamu bisa temukan berbagai hunian dengan desain aesthetic, fasilitas lengkap, dan lokasi strategis sehingga memberikan kenyamanan yang maksimal.

Harga mulai dari Rp3,3 juta/bulan

Cek Sekarang!