MRT Setiabudi: Rute, Harga, dan Tempat Menarik di Sekitarnya

MRT Setiabudi: Rute, Harga, dan Tempat Menarik di Sekitarnya
Stasiun MRT Setiabudi, photo by MRT Jakarta

Berkeliling ibukota Jakarta kini semakin mudah. Selain memiliki transportasi umum seperti TransJakarta dan Commuter Line, pada tahun 2019 lalu, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta hadir sebagai pilihan baru untuk berkeliling kota Jakarta dengan nyaman.

Well, hadirnya MRT Jakarta yang memiliki jalur sepanjang 15,7km dan menghubungkan stasiun MRT Lebak Bulus hingga MRT Bundaran HI ini menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat untuk bepergian ke kantor atau sekadar berjalan-jalan di akhir pekan. Hal ini tentu karena kenyamanan yang ditawarkan, ketepatan waktu, serta tarif yang cukup terjangkau.

Saat ini, MRT Jakarta memiliki 13 stasiun yang menghubungkan Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Salah satu stasiun MRT yang paling sibuk ialah MRT Setiabudi Astra, yang terletak persis di tengah-tengah area perkantoran dan juga perbelanjaan. Jika kamu ingin menjelajahi kota Jakarta dimulai dari stasiun MRT Setiabudi Astra, yuk simak artikel ini sampai habis!

Rute dan Harga

Peta Rute MRT Jakarta, photo by Jakarta MRT

Tahukah, kamu? Semenjak diresmikan hingga saat ini, tercatat sudah hampir 3 juta orang menggunakan moda transportasi MRT untuk bepergian setiap hari. Hal ini tentunya masuk akal mengingat fasilitas yang dimiliki MRT cukup baik ditambah dengan ketepatan waktu serta jadwal keberangkatan yang banyak.

Jika kamu ingin berpergian menggunakan MRT dan memulainya dari MRT Setiabudi, kamu bisa menemukan stasiun ini dengan sangat mudah, lho. Stasiun MRT ini terletak di Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan dan berada di sisi kanan-kiri jalan.

Stasiun MRT Setiabudi merupakan stasiun bawah tanah keempat dengan nuansa warna putih yang mendominasi, dengan sentuhan warna keemasan dan coklat. Stasiun ini memiliki panjang 200 meter serta 19.4 meter, dengan empat pintu menuju area concourse. Nggak perlu khawatir, meski terletak di bawah tanah, MRT Setiabudi juga memiliki dua unit eskalator dan dua unit lift yang diperuntukkan kepada penumpang prioritas seperti ibu hamil, disabilitas, dan lanjut usia.

Jika kamu ingin bepergian menggunakan MRT dan memulainya dari MRT Haji Nawi, nggak perlu khawatir mencari lokasi di mana stasiun ini berada. Kamu bisa menemukan stasiun ini dengan sangat mudah karena terletak di pinggir jalan pada sisi kiri dan kanan. Memiliki jalur di atas Jl. Fatmawati, Stasiun MRT Haji Nawi dapat diakses dengan mudah melalui anak tangga atau lift yang tentunya sangat ramah bagi ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas.

Area Stasiun MRT Setiabudi, photo from Foursquare

Rute di MRT Jakarta juga mudah dipahami, kok! Saat ini, MRT Jakarta berada di fase satu dengan dua arah tujuan yaitu Bundaran HI - Lebak Bulus dan Lebak Bulus - Bundaran HI. Jika kamu memulai perjalanan dari MRT Setiabudi, stasiun ini terletak di antara stasiun MRT Bendungan Hilir dan MRT Dukuh Atas.

Satu lagi kabar baik dari MRT Jakarta, saat ini, MRT Jakarta sedang membangun jalur fase dua dengan panjang 11,8km yang menghubungkan Bundaran HI hingga ke Ancol Barat. Pembangunan fase kedua ini juga akan menambahkan sembilan stasiun baru yakni Thamrin, Monas, Harmoni, Sawa Besar, Mangga Besar, Glogok, kota, serta Mangga Dua dan Ancol. Keren banget, ya?

Metode Pembayaran MRT Jakarta, photo from MRT Jakarta

Beberapa metode pembayaran yang bisa kamu gunakan saat menaiki MRT Jakarta yaitu menggunakan kartu single trip, kartu multitrip, kartu JakLingko, serta kartu elektronik bank dengan tarif Rp4.000 - Rp13.000 tergantung jarak tempuh. Sekarang, kamu juga bisa membeli tiket langsung di aplikasi MRT Jakarta dan scan di gate keberangkatan. Serba cashless, jadi praktis, deh!

Untuk jadwal pemberangkatan, kamu bisa melihatnya langsung di situs resmi MRT Jakarta, ya.

Retail di Stasiun MRT Haji Nawi

Retail di MRT Setiabudi, photo by MRT Jakarta

Selain memiliki akses yang mudah serta lokasi yang strategis, MRT Haji Nawi juga memiliki beberapa tenant di dalamnya untuk mendukung kebutuhan dan mobilitas para pengunjung. Beberapa tenant di dalam MRT Haji Nawi di antaranya adalah ATM Center, Indomaret, dan Chatime yang bisa diakses dengan mudah.

MRT Setiabudi tidak hanya terletak di lokasi yang strategis, namun juga memiliki beberapa retail di dalamnya untuk mendukung kebutuhan dan mobilitas kamu. Apa saja tenant-nya?

  • ATM CIMB Niaga

Membutuhkan uang cash untuk keperluan tertentu? Di MRT Setiabudi, kamu bisa menemukan ATM CIMB Niaga untuk memenuhi kebutuhan perbankan kamu.

  • Indomaret Point

Siapa sih, yang nggak suka jajan? Di MRT Setiabudi, kamu bisa membeli berbagai makanan dan minuman ringan lewat tenant Indomaret Point. Di sini juga bisa top up saldo kartu elektronik kamu, lho.

  • Recharge

Recharge merupakan vending machine yang menyediakan power bank untuk segala jenis HP. Bisa banget kamu sewa, kalau HP mendadak lowbat dan kamu lupa bawa charger, nih.

  • UBS Gold

Vending machine ini menyediakan emas batangan yang bisa kamu beli secara cashless. Jangan khawatir, emasnya akan hadir lengkap dengan sertifikat keaslian, kok!

Tempat Menarik Sekitar MRT Setiabudi

Filmore Coffee, photo by Manual Jakarta

MRT Setiabudi tidak hanya terletak di dekat kawasan perkantoran, namun juga banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi. Berikut Cove rekomendasikan beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di sekitar MRT Setiabudi.

La Boheme Rooms and Coffee

La Boheme Rooms and Coffee, photo by Agoda

La Boheme Rooms and Coffee menyatu dengan area hotel ala bohemian. Terletak di area rooftop hotel, tempat ngopi yang satu ini akan memanjakan kamu dengan pemandangan gedung-gedung perkantoran Jakarta, cocok banget dijadikan sebagai tempat nongkrong di sore hari.

Di sini, tersedia banyak menu makanan dan minuman mulai dari kopi, fresh juice, camilan, hingga makanan berat seperti pasta.

Alamat: Jl. Setia Budi Barat No.18, Kuningan, Setia Budi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00
Harga: Rp50.000 - Rp75.000/orang

Filmore Coffee

Filmore Coffee, photo by Manual Jakarta

Filmore Coffee memiliki letak yang cukup tersembunyi, tepatnya di depan SUites @ Seven. Tempat kopi ini memiliki interior dengan tema industrial dengan area yang tidak begitu luas. Cocok banget buat kamu work from cafe atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Alamat: Jl. H. Sidik No.7, RT.4/RW.6, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 21.00
Harga: Rp70.000 - Rp100.000/orang

Sakana Restaurant

Sakana, photo by TripAdvisor

Sakana Restaurant merupakan restoran khas Jepang yang menawarkan pengalaman makan a la Jepang, tepatnya duduk di tatami. Restoran ini memiliki privasi yang cukup tinggi karena area makan berupa bilik, berlokasi di dalam gedung Midplaza, tepat di depan stasiun MRT Setiabudi. Pilihan pas untuk dinner setelah pulang kerja, nih!

Alamat: Midplaza 1 building, B Floor Jakarta, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220
Jam Buka: Senin - Minggu, 11.30 - 21.00
Harga: Rp70.000 - Rp100.000/orang

Kost Eksklusif di Setiabudi

Tinggal di area coliving berjarak 5 menit dari MRT Setiabudi, hanya di Cove Griya Gilly! Coliving ini memiliki kamar berfunitur lengkap dengan fasilitas umum seperti dapur umum dan lobi untuk menunjang gaya hidup kamu di Jakarta. Oh ya, biaya listriknya juga sudah termasuk dalam sewa bulanan, lho.

Mulai dari Rp3jutaan per bulan.

Selengkapnya tentang Cove Griya Gilly