10 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Jadi Lebih Lega!

10 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Jadi Lebih Lega!
Menata Kamar Tidur Sempit, photo by Cove

Kenyamanan kamar tidur sangat berpengaruh pada aktivitasmu, seperti beristirahat, bersantai, atau bekerja dari rumah. Rasa nyaman ini tidak hanya kamu peroleh dari besaran luas kamar, tetapi juga dari penataannya. Kamar tidur yang sempit bukan berarti tidak mampu memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Kamar tidur sempit bisa terlihat lega dan tidak menyesakkan apabila ditata dengan baik. Nah, bagi kamu yang memiliki kamar dengan luas terbatas, tips menata kamar tidur sempit berikut ini mungkin akan membantumu. Penasaran? Baca terus kelanjutan artikel ini ya!

10 Tips Menata Kamar Tidur Sempit

Gunakan Warna Cat Cerah atau Netral

Warna Netral Kamar Tipe Standar Cove T63, photo by Cove

Warna sebagai salah satu elemen dekorasi bisa membangkitkan suasana. Yap. Hal tersebut juga berlaku dalam memilih warna untuk kamar tidurmu, loh! Pemilihan warna serasi antara furnitur dan cat dinding akan membuat sebuah kamar lebih nyaman untuk dipandang. Warna cerah dan netral akan lebih mudah dalam memantulkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan, sehingga ruangan bisa terlihat lebih terang.

Untuk mendapatkan kesan luas dan lega dalam kamar sempit, kamu bisa menerapkan penggunaan cat cerah ini pada dinding dan plafon kamar. Warna cerah atau netral pada plafon kamar akan membuat ceiling terkesan lebih tinggi dibandingkan menggunakan warna gelap. Penggunaan warna-warna cerah dan netral ini pun akan lebih mudah untuk kamu kombinasikan dengan style ruangan seperti minimalis, scandinavian, american, dan lainnya. Beberapa warna netral yang bisa kamu gunakan seperti putih, cream, abu-abu muda, hingga coklat muda.

Pencahayaan Alami dari Jendela Besar

Pencahayaan Kamar Cove T63, photo by Cove

Memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan merupakan salah satu tips dalam menata kamar tidur sempit. Pencahayaan memiliki peran utama dalam memberikan penerangan di dalam sebuah ruangan saat pagi dan siang hari. Namun, ada peran lain lagi, yakni membangun suasana di ruangan. Di pagi hari, sinar matahari dapat membantu kamu meningkatkan mood sehingga jadi lebih bersemangat. Keuntungan lain apabila kamu memiliki jendela besar ialah bisa menghirup udara segar di pagi hari.

Pencahayaan alami pun bisa menciptakan ilusi kamar jadi lebih luas. Kamar tidur sempit justru membutuhkan cahaya alami lebih besar agar bisa membawa kesan lega di dalam kamar. Sebaliknya, ketika kamar sempit memiliki pencahayaan minim akan memberikan suasana yang pengap dan sesak.

Baca Juga: Kenali 8 Kelebihan Kasur Lantai Jepang Dibanding Kasur Biasa

Menggunakan Storage pada Furnitur

Kasur dengan Storage, photo by Carpet Connection

Storage yang menyatu pada furnitur seperti kasur bisa sangat menghemat tempat di kamarmu, loh! Dengan begitu, ruangan di kamar sempit bisa dimaksimalkan penyimpanannya pada furnitur, terutama untuk barang-barang berukuran besar. Selain bisa membuat area kamar menjadi lebih lega, menaruh barang di dalam storage ini pun membuat kamarmu terlihat lebih rapi.

Menaruh Cermin Besar

Cermin di Kamar Tidur Sempit, photo by 204 Park

Sudah menjadi rahasia umum kalau cermin bisa memberikan efek yang signifikan terhadap ukuran sebuah ruangan. Apabila kamu memiliki ukuran kamar yang sempit, gunakan tips berikut ini untuk membuatnya terlihat lebih luas. Yap, memberikan cermin besar di area kamar.

Cermin mampu menciptakan ilusi kamar yang lebih luas. Nah, cermin ini pun tak perlu kamu taruh pada seluruh sudut ruangan. Kamu bisa menempatkan cermin besar di sudut ruangan, area dekat jendela, atau pintu. Nantinya, cermin akan memantulkan cahaya dan bayangan sehingga kamar terlihat lebih luas dan lega.

Memilih Furnitur Berdesain Minimalis

Furnitur Kamar Minimalis, photo by Society 19

Desain furnitur sangat variatif. Ada minimalis, industrial, glamor, dan lainnya. Pada kamar dengan ukuran besar biasanya menggunakan desain klasik atau glamor yang menampilkan kemewahan. Sebaliknya, untuk menyiasati kamar tidur sempit kamu bisa menggunakan desain minimalis.

Kamar tidur dengan gaya minimalis ini banyak menggunakan barang-barang yang ringkas dan sederhana. Tujuannya agar tidak memakan space terlalu banyak di dalam ruangan. Untuk menerapkan desain minimalis ini, kamu juga perlu memilah mana barang-barang yang benar-benar dibutuhkan agar ruangan tidak menjadi sesak.

Manfaatkan Ruang Kosong pada Dinding

Rak Gantung, photo by MyDomaine

Ruang kosong pada dinding bisa kamu manfaatkan untuk menaruh barang-barang. Dibandingkan memanfaatkan ruang secara horizontal, kamar tidur sempit lebih disarankan untuk memaksimalkan ruang secara vertikal. Salah satunya dengan memasang rak-rak pada dinding yang sekaligus bisa berfungsi untuk menaruh barang-barang. Namun, perlu diingat bahwa menempatkan barang di dinding seperlunya agar tetap terlihat rapi.

Posisikan Tempat Tidur di Corner Area

Penempatan Kasur di Pinggir Kamar, photo by MyMove

Menempatkan kasur di area pinggir kamar mampu menyisakan banyak ruang di area tengah kamar. Jadinya, kamu tetap memiliki area untuk leluasa beraktivitas di dalam kamar. Selain menempatkan kasur di pinggir, kamu bisa menaruh furnitur dengan dimensi besar lainnya seperti lemari dan meja kerja di pinggir kamar. Untuk penataannya pun dibuat serapi mungkin agar kamar tetap terlihat lega.

Menata Barang di Dalam Penyimpanan

Storage Organizer, photo by Extra Space Storage

Menata barang di kamar yang sempit sangat penting. Bisa kamu bayangkan kamar tidur sempit dengan tumpukan barang tak beraturan? Tentu suasana seperti itu semakin membuat kamar terlihat sempit dan sesak. Alternatif dari permasalahan tumpukan barang ini bisa kamu selesaikan dengan menyusun barang tersebut di storage penyimpanan seperti box storage atau keranjang. Kamu pun bisa menyimpan barang berdasarkan kategorinya, seperti skincare, snacks, kabel elektronik, alat tulis, dan lain-lain. Jadi, setiap barang lebih tertata, deh!

Baca Juga: 7 Tips Memilih Warna-Warna Cat Tembok agar Ruangan Estetik

Gunakan Meja Gantung

Meja Gantung di Kamar Cove T63, photo by Cove

Hampir sama seperti memanfaatkan berbagai rak gantung di dinding, kamu bisa menggunakan meja kerja gantung untuk menghemat space. Karena tidak memiliki kaki meja, bagian bawah meja bisa kamu manfaatkan untuk menaruh barang atau storage tambahan. Dengan meja gantung ini, kamar kamu pun terlihat semakin cantik karena desainnya yang minimalis dan simple.

Gunakan Pintu Geser

Pintu Geser Cove T63, photo by Cove

Pada ruangan dengan luas terbatas, pintu dorong cukup memakan banyak tempat. Ketika menggunakan pintu dorong kamu perlu menyediakan tempat untuk pintu agar dapat dibuka dan ditutup. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa gunakan pintu geser. Pintu geser lebih mumpuni dalam menghemat tempat. Desainnya yang simple pun bisa menambah tampilan kamarmu terlihat lebih minimalis dan modern. Nah, kamu bisa gunakan pintu dorong untuk akses ke kamar mandi dalam seperti halnya pada unit Cove T63 sehingga tersedia banyak space.

Kost Eksklusif dengan Penataan Kamar yang Lega

Kamar Cove T63, photo by Cove

Itulah beberapa tips menata kamar tidur sempit agar bisa terlihat lega. Kamu yang sedang mencari kost eksklusif dengan luas kamar terbatas dan penataan yang mumpuni, Cove ada rekomendasinya, nih! Unit Cove T63 di kawasan Tomang, Jakarta Barat bisa menjadi pilihanmu. Luas kamarnya antara 11m2 - 15m2 dengan desain minimalis modern yang membuat kamarmu terlihat nyaman.

Rooftop Area Cove T63, photo by Cove

Kamar Cove T63 ini terdiri dari tiga tipe kamar berbeda, Kamar Standar dengan jendela dalam, Kamar Standar dengan jendela luar, dan Kamar Superior. Masing-masing kamarnya dilengkapi dengan fasilitas berupa, AC, meja kerja, kasur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam. Selain fasilitas pribadi, kamu pun bisa manfaatkan fasilitas bersama seperti dapur, lounge area, rooftop, ruang makan, keamanan, area parkir, dan lobby. Hunian ini cocok untuk para mahasiswa karena hanya berjarak 5 menit berkendara dari Universitas Trisakti. Tak hanya itu, kost ini memiliki akses mudah karena dekat dengan mall seperti Central Park dan Mall Taman Anggrek.

Dengan fasilitas yang sangat mumpuni, tertarik untuk menjadi penghuni kost Cove T63? Kamu bisa langsung book kamarnya via website Cove atau Whatsapp. Yuk ngekos dengan nyaman di Cove sekarang!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Barat lainnya, hanya di Cove!