7 Tips Memilih Warna-Warna Cat Tembok agar Ruangan Estetik

7 Tips Memilih Warna-Warna Cat Tembok agar Ruangan Estetik
Memilih Warna-Warna Cat Tembok, photo by Cove

Warna cat tembok merupakan salah satu komponen dasar yang dapat mempercantik ruangan. Memilih warna-warna cat tembok ini bisa mempengaruhi suasana di dalam ruangan, loh! Oleh karena itu, memilih warna yang tepat menjadi langkah awal apabila kamu ingin dekorasi ruangan kamu terlihat cantik dan estetik.

Bagi sebagian orang, pilihan warna yang beragam menjadi kendala dalam menentukan warna mana yang paling tepat untuk sebuah ruangan. Pemilihan warna yang kurang tepat dapat membuat ruangan kamu terlihat berantakan hingga tidak berkonsep. Nah, supaya warna yang kamu pilih untuk cat tembok itu tepat, terdapat beberapa tips memilih warna-warna cat tembok ala Cove. Check this out!

Tips Memilih Warna-Warna Cat Tembok

Sesuaikan Suasana

Lounge Cove Katalia, photo by Cove

Warna dapat mencerminkan suasana yang ingin kamu bentuk dalam ruangan tersebut. Masing-masing ruangan tentu punya suasana berbeda. Sebagai contoh, kamu perlu membedakan suasana ruang keluarga untuk berkumpul dan kamar tidur untuk beristirahat lewat penggunaan warna pada cat tembok.

Pemilihan suasana ini menjadi hal utama yang perlu kamu pikirkan sebelum mengecat tembok. Kamu bisa gunakan warna putih atau cream untuk menciptakan suasana serta ilusi ruangan yang lebih luas. Jangan sampai kamu menyesal setelah mengecat tembok karena ruangan tidak mencerminkan suasana yang diinginkan.

Pilih Jenis Finishing Cat

Dapur Cove Springs, photo by Cove

Finishing cat mampu mempengaruhi tampilan ruangan kamu. Finishing matte dan glossy tentu akan menghasilkan ruangan yang berbeda. Nah, untuk itu kamu perlu menentukan finishing atau hasil akhir cat yang seperti apa yang diinginkan. Kamu bisa menyesuaikan finishing cat berdasarkan kebutuhan. Di bawah ini merupakan beberapa jenis finishing cat yang dapat kamu jadikan pilihan.

1. Matte Finish

Matte merupakan tipe finishing cat yang banyak digunakan untuk interior sebuah ruangan. Hasil finishing tembok yang menggunakan cat matte tentu tidak memiliki kilau. Cat dengan finishing matte cocok untuk kamu gunakan pada tipe dinding yang kurang merata. Dengan begitu, ketidaksempurnaan dinding bisa tertutupi lewat penggunaan cat jenis matte.

2. Flat Enamel

Flat enamel merupakan finishing cat yang mirip dengan matte. Perbedaan flat enamel dengan matte ialah memiliki sedikit kilau, tetapi terkadang tidak bisa dibedakan dengan jenis finishing matte. Salah satu kelebihan dari cat jenis flat enamel, yakni anti gores dan sidik jari kotor. Sehingga, penggunaannya lebih awet dibandingkan cat dengan matte finish.

3. Eggshell Finish

Eggshell merupakan jenis cat yang mirip dengan kulit telur. Di mana terdapat tekstur serta memiliki sedikit kilau pada hasilnya. Tembok yang menggunakan jenis cat eggshell finish ini cenderung lebih licin. Keunggulan dari tekstur yang terlihat licin tersebut membuat tembok dengan cat eggshell lebih mudah untuk dibersihkan, baik menggunakan lap basah atau lap kering. Jenis cat ini sangat cocok diaplikasikan pada dapur yang mudah terkena kotoran seperti minyak.

4. Satin Finish

Cat dengan finishing satin memiliki tekstur yang lembut dengan sedikit sentuhan glossy. Layaknya bahan beludru satin, cat dengan jenis finishing seperti ini dapat memberikan kesan mewah. Ditambah, perawatan dari cat dengan finishing satin lebih mudah dibersihkan. Kamu dapat mengaplikasikan cat dengan satin finish pada ruangan, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

5. Semi Gloss

Semi gloss berarti cat yang memiliki hasil sedikit berkilau. Hasil dari jenis cat ini akan terlihat lebih licin. Karena licin, cat ini punya kelebihan mudah dalam perawatan dan anti kotor. Ditambah, penggunaan cat semi gloss pada dinding membuat dinding tahan air. Jadi, kamu bisa mengaplikasikan cat ini pada ruangan seperti, dapur, ruang cuci, kamar mandi, sampai dengan furnitur rumah.

6. Glossy

Seperti namanya, cat dengan finish glossy tentu memberikan kilau lebih banyak dibandingkan dengan tipe semi gloss. Terlihat dari penggunaannya yang bisa memantulkan cahaya. Dengan tingkat kilau yang tinggi, cat finish glossy memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap goresan, kotoran, dan air.

Baca Juga: 6 Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan Kamar Supaya Lebih Dingin

Kombinasikan Warna Terang dan Gelap

Kamar Cove Central One, photo by Cove

Kombinasi warna terang dan gelap dapat menyeimbangkan ruangan agar tidak terlihat monoton. Selain itu, perbedaan warna ini menjadi pembeda antara fungsi ruangan tersebut. Sebagai contoh, warna hijau gelap pada kamar Cove Central One menjadi pembeda area tidur atau kasur. Warna tersebut tentu berbeda dengan area kerja di depannya yang memiliki cat dominan berwarna putih.

Walaupun kombinasi warna cukup penting dalam menambah estetika ruangan, kamu tetap perlu memilih warna mana yang cocok untuk dikombinasikan. Tujuannya agar kombinasi warna tetap masuk ke dalam konsep yang kamu inginkan.

Gunakan Warna Netral

Kamar Cove Lenna, photo by Cove

Warna netral tidak pernah salah untuk menjadi pilihan. Apalagi untuk kamu yang memiliki kepribadian anti ribet dan ingin ruangan terlihat clean, warna netral bisa menjadi solusi. Kamu bisa memilih warna netral seperti putih, cream, coklat muda, abu-abu muda, hingga broken white untuk diaplikasikan dalam ruangan.

Penggunaan warna netral ini pun bisa lebih masuk ke jenis furnitur dengan warna apapun. Sehingga kamu lebih bebas untuk mengeksplor ruangan lewat penggunaan furnitur, baik menggunakan warna netral, gelap, ataupun cerah.

Pakai Rule 60-30-10

Kamar Cove Laguna, photo by Cove

Kamu mungkin jarang mendengar mengenai rule 60-30-10 dalam mengatur sebuah ruangan. Komposisi 60-30-10 ini berguna untuk mengatur isi dan warna di dalam suatu ruangan agar terlihat lega. Pada aturan ini, 60% merupakan warna dominan yang ada di ruangan. Kemudian, 30% untuk penggunaan warna yang terdapat pada furnitur. Lalu, 10% merupakan warna lain yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan dekorasi.

Penerapan dari aturan 60-30-10 ini bisa kamu lihat lewat desain kamar dari Cove Laguna. Di mana warna putih mendominasi ruangan. Sementara itu, 30% digunakan untuk warna-warna pada furnitur seperti sofa, tempat tidur, serta bantal. Nah, 10% warna lainnya digunakan pada dekorasi yang ada di dinding yang juga selaras dengan warna cat hiasan berbentuk ¼ lingkaran. Sangat cantik bukan?

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Kamar Cove Tripuri, photo by Cove

Melihat warna cat dengan pencahayaan sangat penting untuk mengetahui bagaimana keadaan ruangan di pagi, siang, dan malam hari. Faktor cahaya tentu saja berpengaruh pada gelap terangnya warna akan terlihat, terutama pada malam hari yang banyak memanfaatkan cahaya dari lampu.

Biasanya, sebelum membeli cat penjual akan memberikan kamu light boxes untuk mengetes bagaimana warna cat akan terlihat pada keadaan normal. Namun, hal yang perlu kamu perhatikan ialah warna yang keluar pun akan berbeda tergantung dengan pemilihan lampu. Apabila kamu menggunakan lampu berwarna kuning, maka ruangan akan terkesan lebih hangat. Sebaliknya, ketika kamu memberikan cahaya lampu pijar yang berwarna putih, suasana yang dihasilkan akan terkesan lebih dingin.

Baca Juga: Tak Cuma Estetika, Ini 8 Manfaat Balkon di Kamar Tidur

Gunakan Furniture Ruangan yang Sesuai

Kamar Cove Uma Terra, photo by Cove

Penggunaan furnitur yang sesuai dengan cat dinding tentu akan terlihat lebih selaras. Selain itu, penggunaan warna senada antara furnitur dan cat akan memberikan konsep. Kamu dapat gunakan warna yang sama dengan tone lebih terang atau lebih gelap. Sebagai contoh, kamu bisa lihat desain kamar dari Cove Uma Terra yang menggunakan cat dan furnitur senada. Keduanya menggunakan warna orange kecoklatan yang menimbulkan kesan hangat pada ruangan. Selain dari furnitur, warna senada pun digunakan pada selimut serta bantal sehingga semakin menambah keserasian.

Hunian dengan Desain Aesthetic

Kamar Cove Anha Pavilion, photo by Cove

Itulah 7 tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih warna-warna cat tembok agar ruangan lebih berkonsep. Tentunya ruangan yang memiliki konsep pun sudah pasti akan terlihat estetik. Nah, kalau kamu mencari hunian dengan desain estetik secara keseluruhan, Cove menyediakan berbagai kost eksklusif untukmu. Kost eksklusif ini sudah pasti memiliki konsep yang membuat ruangan estetik. Bahkan, hampir seluruh sudut ruangan di unit kost eksklusif Cove bisa kamu jadikan spot Instagramable.

Di samping dari desain berkonsep, seluruh unit kost eksklusif Cove pun menyediakan fasilitas lengkap. Beberapa fasilitas tersebut, yakni kamar fully furnished, dapur bersama, lounge area, lobby, halaman parkir, keamanan, laundry, serta pembersihan kamar berkala. Tak hanya itu, pada beberapa unit pun tersedia gym sampai dengan kolam renang. Semua ada all in one dalam satu hunian Cove.

Tertarik? Kamu bisa lihat daftar unit dari Cove melalui laman Cove Listing yang tersebar di berbagai area Jakarta, Tangerang, dan Depok. Yuk, book kamar kamu sekarang juga untuk bisa merasakan pengalaman tinggal di hunian estetik dan nyaman. Untuk booking lebih mudah, kamu bisa Whatsapp agar bisa terhubung langsung dengan Sales Cove. Pindah ke Cove yuk!


Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!