Tak Cuma Estetika, Ini 8 Manfaat Balkon di Kamar Tidur

Tak Cuma Estetika, Ini 8 Manfaat Balkon di Kamar Tidur
Manfaat Balkon di Kamar, photo by Cove Proklamasi

Mungkin selama ini kamu kerap bertanya-tanya. Sebenarnya, apa saja, sih, manfaat balkon di kamar selain untuk menambah estetika pada eksterior ruangan? Dan juga, mengapa orang lain merasa tidak cukup dengan hanya membuat sebuah jendela besar? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Balkon adalah komponen di luar ruangan yang melekat pada sisi bangunan dan dibatasi oleh pagar berukuran rendah. Biasanya, elemen ini kerap diaplikasikan pada jenis bangunan bertingkat sebagai bentuk pembatas yang tegas dengan lantai di area bawah. Balkon juga dapat dibuat dengan berbagai bentuk, ukuran, konstruksi, dan pilihan material yang beraneka-ragam, tergantung bagaimana rancangan yang akan diusung oleh sang pemilik.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat balkon di kamar tidur, ataupun yang sedang mencari kost-kostan dengan fasilitas balkon, simak lebih dulu kedelepan manfaat balkon di kamar berikut ini.

8 Manfaat Balkon di Kamar Tidur

1. Ruang Bersantai sekaligus Menghirup Udara Segar

Ruang Bersantai sekaligus Menghirup Udara Segar, photo by freepik/lifeforstock

Manfaat balkon di kamar pertama adalah sebagai ruang bersantai. Adakalanya, kita ingin menghabiskan waktu sambil menekuni hobi ataupun sekedar bersantai sejenak di luar ruangan, bukan? Nah, tanpa harus ke luar rumah, kamu bisa langsung membuka sliding door kamar tidurmu untuk kemudian menuntaskan segala kegiatan yang ingin kamu lakukan.

Banyaknya volume udara yang berhembus dari berbagai sisi juga memungkinkan kamu untuk tetap rileks sambil ditemani angin sepoi-sepoi. Nilainya plus lainnya, balkon menawarkan area yang jauh lebih privasi jika dibandingkan dengan teras di depan rumah sehingga kamu bisa bebas melakukan apa pun tanpa harus terdistraksi dengan rutinitas orang lain.

Mengisi waktu luang dengan membaca buku sambil ditemani secangkir teh di sore hari pastinya akan terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga: 10 Manfaat Berenang Secara Rutin: Tubuh jadi Sehat dan Bugar!

2. Alternatif Tempat Bersosialisasi

Alternatif Tempat Bersosialisasi, photo by freepik/lookstudio

Mungkin terkadang kamu merasa bahwa keadaan kamar tidur tidak cukup mendukung untuk menampung kehadiran teman-temanmu. Dengan adanya balkon, kamu bisa mengajak mereka untuk berkumpul di area ini sambil melakukan berbagai kegiatan seru, mulai dari barbeque party, bermain games, ataupun sekedar bersenda gurau sambil ditemani langit petang.

Bila memungkinkan, tambahkan juga ornamen dekorasi berupa karpet, bantal, hingga satu set meja dan kursi yang didesain khusus untuk area outdoor demi memperindah balkon kamarmu. Manfaat balkon di kamar yang satu ini tentunya benar-benar akan berguna untuk setiap orang, terutama bagi anak kost yang gemar bersosialisasi dengan para penghuni lainnya.

3. Sebagai Area untuk Bekerja

Sebagai Area untuk Bekerja, photo by pexels/SHVETS production

Sebagian besar orang diketahui akan jauh lebih bersemangat apabila mereka menemukan ambience yang berbeda dari suasana meja kerja yang biasa mereka gunakan di dalam kamar.

Dalam sebuah buku yang berjudul Biophilic Design: The Theory, Science and Practice, sang penulis menyebutkan bahwa bersentuhan langsung dengan alam sangat penting untuk membangun kreativitas dan produktivitas seseorang dalam bekerja.

Hal ini dikarenakan unsur-unsur dari alam mampu mengurangi rasa stres berlebih sehingga kamu bisa mendapatkan ketenangan yang cukup. Untuk menciptakan suasana kerja yang maksimal, kamu bisa menambahkan satu set meja dan kursi yang paling nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

4. Menambah Nilai Estetika Hunian

Menambah Nilai Estetika Hunian, photo by Unsplash/Francesca Tosolini

Dengan adanya elemen balkon, sebuah hunian bertingkat dapat memiliki nilai estetika yang lebih tinggi. Sejatinya, area terluar dari sebuah bangunan memang harus mampu menghadirkan first impression yang positif, mengingat gaya eksterior yang diusung akan menciptakan identitas tersendiri bagi sang penghini.

Meski begitu, tentu saja desain yang menarik tidak akan sempurna apabila kamu cenderung abai terhadap faktor lainnya, yaitu penataan dekorasi. Mulai dari tanaman gantung, bean bag, rumput sintesis, hingga bantal-bantal lucu, semua bisa kamu gunakan untuk mengubah balkon yang terlihat biasa menjadi lebih memikat.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Melakukan Olahraga Ringan, photo by freepik

Manfaat balkon di kamar lainnya tentu saja dapat menjadi sarana terbaik untuk melakukan olahraga ringan. Cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar jogging pagi ataupun mengunjungi pusat kebugaran di lingkungan tempat tinggalmu.

Dengan adanya balkon, kamu hanya perlu mengeluarkan matras sambil melakukan sejumlah gerakan kecil demi menjaga tubuh tetap bugar, mulai dari squat, sit up, push up, plank, bridge, jumping jack, hingga yoga.

Nah, sebisa mungkin kurangi terlalu banyak melakukan olahraga di dalam ruangan. Karena, kamu hanya akan mendapatkan sedikit manfaat jika dibandingkan dengan berolahraga di luar ruangan. Adanya bonus Vitamin D dari paparan sinar matahari langsung mampu menghasilkan hormon endorfin sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Berkontribusi untuk Menyehatkan Tubuh

Berkontribusi untuk Menyehatkan Tubuh, photo by freepik

Banyak bersentuhan langsung dengan area di luar ruangan diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan, dan juga memulihkan mata yang lelah. Kamu mungkin terlalu sering menatap layar ponsel ataupun laptop, nah, manfaat balkon di kamar akan membantu menghilangkan rasa lelah pada penglihatanmu, yaitu dengan cara memandang panorama di sekitar.

Tinggal di sebuah hunian tanpa balkon mungkin membuat kamu harus meninggalkan kamar sejenak demi mendapatkan banyak udara segar. Sementara itu, kamar yang dilengkapi fasilitas balkon akan mempermudah kamu untuk bisa menghirup udara bebas tanpa harus pergi ke luar bangunan.

7. Wadah Menjemur Pakaian

Wadah Menjemur Pakaian, photo by Pexels/Francesco Ungaro

Sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satu manfaat balkon di kamar nyatanya kerap digunakan sebagai lokasi yang ‘dianggap ideal’ untuk menjemur pakaian, sepatu, ataupun handuk mandi, terutama bagi mayoritas anak kost. Nah, agar kamarmu senantiasa terlihat rapi dari luar, pilihlah jenis jemuran lipat berbahan alumunium supaya tidak mengundang perhatian dari orang lain.

Namun, tentu saja kamu tidak perlu direpotkan lagi dalam hal mencuci pakaian apabila unit kost yang kamu tinggali sudah menyediakan fasilitas laundry.

Baca Juga: Apa Itu Me Time? Ini Pengertian, Manfaat, Hingga Rekomendasi Kegiatan!

8. Area untuk Membuat Taman Kecil

Area untuk Membuat Taman Kecil, photo by Unsplash/Artur Aleksanian

Masih bingung bagaimana cara mempercantik tampilan balkon kamarmu? Cobalah untuk menyulapnya menjadi sebuah taman mini yang estetis. Kamu bisa menaruh beberapa tumbuhan kecil di sekeliling balkon kamarmu, entah itu berupa tanaman gantung, rambat, ataupun tanaman yang membutuhkan wadah seperti pot. Cara ini dapat mendorong kamu untuk memiliki hobi baru di waktu senggang, yaitu berkebun.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kamu pilih untuk menyempurnakan sebuah kebun balkon, mulai dari kaktus, tomat, mentimun, kacang-kacangan, cabai, dan lain sebagainya. Sentuhan hijau tersebut mampu memberikan atmosfer menyegarkan sekaligus menambah pesona magis di sekitarnya.

Kost dengan Fasilitas Balkon Pribadi

Kost dengan Fasilitas Balkon Pribadi, photo by Cove Proklamasi

Nah, deretan manfaat balkon di kamar tadi bisa menjadi pertimbangan untuk kamu memilih Cove Proklamasi sebagai kost-kostan terbaik di kawasan Menteng, Jakarta Pusat! Karena, setiap kamar dari Cove Proklamasi sudah dilengkapi oleh balkon pribadi yang mampu memenuhi segala aktivitas bersantaimu di kala senggang.

Selain itu, letaknya yang berada tepat di pusat kota Jakarta juga memungkinkan kamu untuk lebih mudah mengakses transportasi umum. Bahkan, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 11 menit berjalan kaki saja untuk bisa menggapai Stasiun Cikini.

Fasilitas gedung Cove Proklamasi terdiri dari area parkir, listrik, air, WiFi, dapur bersama, ruang makan, kolam renang, laundry, hingga kamar mandi pribadi. Cocok untuk para pekerja yang ingin mendapatkan pengalaman tinggal dengan kost eksklusif.

Yuk, lakukan booking unit sekarang juga di laman Cove Proklamasi. Atau, kamu juga bisa hubungi tim Cove melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.


Temukan kost eksklusif di Jakarta Pusat lainya hanya di Cove!