10 Manfaat Berenang Secara Rutin: Tubuh jadi Sehat dan Bugar!

10 Manfaat Berenang Secara Rutin: Tubuh jadi Sehat dan Bugar!
Manfaat berenang, photo by Ivan Cheremisin/Shutterstock

Renang adalah salah satu kegiatan olahraga yang populer dan disenangi banyak orang. Kegiatan olahraga yang satu ini dapat dilakukan oleh semua orang dari segala usia: anak kecil, remaja, orang dewasa, hingga lansia pun bisa melakukannya. Selain itu, kalau kegiatan olahraga lainnya cenderung membuat kita berkeringat dan panas, berenang justru membuat tubuh kita tetap “dingin” karena terus berada di dalam air.

Manfaat berenang bagi tubuh

Olahraga yang menggunakan hampir semua otot pada bagian tubuh kita ini biasanya dikaitkan dengan manfaatnya yang dapat menambah tinggi badan, terutama jika rutin dilakukan di masa pertumbuhan. Selain itu, berenang juga merupakan olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung dan dikenal sebagai salah satu olahraga yang dapat membakar banyak kalori. Namun, masih ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan berenang yang rutin. Berikut 10 manfaat berenang untuk kesehatan kamu:

1. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Sebagai olahraga kardio, berenang bermanfaat untuk memperkuat sistem kardiovaskular tubuh. Berenang dapat memelihara kesehatan jantung dan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam memakai oksigen. Dengan berenang secara rutin, jantung dan sistem kardiovaskular menjadi lebih kuat sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2.  Membentuk dan menguatkan otot

Salah satu manfaat terbesar berenang adalah efeknya terhadap otot di seluruh tubuh, dari kepala hingga kaki. Oleh karena menggunakan banyak otot tubuh untuk bergerak di dalam air, berenang bisa membentuk otot dan menambah kekuatan otot. Berbagai gerakan renang sama-sama baik untuk melatih otot tubuh.

Coliving dengan Fasilitas Kolam Renang

3. Membakar banyak kalori

Selain membentuk otot, berenang juga efektif untuk membakar kalori sehingga bisa jadi pilihan olahraga untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Tentunya, pembakaran kalori ini tergantung pada durasi, frekuensi, intensitas, serta bagaimana gerakan renang dilakukan. Baiknya, berenang dilakukan secara rutin dan efisien. Nah, kalau kamu mau menjaga berat badan supaya tetap ideal, disarankan berenang secara rutin!

4.  Menambah tinggi badan

Ini adalah salah satu manfaat berenang yang paling dikenal. Anak-anak sering kali didorong untuk berenang supaya menambah tinggi badan. Berenang dapat memperkuat tulang dan membantu membentuk postur tubuh yang baik sehingga tubuh lebih tegap. Namun, untuk menambah tinggi badan, berenang baiknya memang dilakukan saat masa pertumbuhan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi pada orang dewasa yang mengalami gangguan tidur berupa insomnia menunjukkan bahwa berolahraga aerobik secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur mereka. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh banyak orang dengan masalah kesehatan fisik dan segala usia, tidak seperti berlari atau bersepeda. Oleh karena itu, berenang cocok untuk orang dewasa hingga lansia yang memiliki gangguan tidur. Kalau kamu juga merasa sulit tidur, coba olahraga renang untuk tidur lebih nyenyak.

Menjaga kesehatan dengan berenang, photo by Unsplash

6. Membantu mengendalikan stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Berenang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah survey terhadap sekelompok perenang sebelum dan setelah berenang menunjukkan bahwa setelah berenang, jumlah perenang yang sebelumnya merasa stres jadi menurun. Walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, berenang bisa jadi salah satu cara cepat untuk melepaskan stres.

7. Meningkatkan suasana hati

Ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon yang berperan untuk meningkatkan suasana hati dan memberikan energi positif. Olahraga renang dapat memperbaiki mood bahkan mengurangi rasa sakit. Jadi, selain untuk fisik atau kebugaran, olahraga renang juga baik untuk kesehatan mental.

8. Memiliki resiko cedera lebih kecil

Berenang juga dapat mengurangi rasa nyeri atau mempercepat penyembuhan dari cedera. Bagi penderita radang sendi, osteoporosis, sedang mengalami cedera atau rentan terhadap cedera, berenang menjadi pilihan olahraga yang aman karena memiliki risiko cedera yang lebih kecil. Berbeda dengan olahraga lari, misalnya, sendi-sendi kaki lebih berisiko mengalami cedera karena kaki menjadi tumpuan dan menopang berat badan. Sementara saat berenang, persendian tidak langsung terkena tekanan atau benturan keras.

9. Melatih pernapasan bagi pengidap asma

Latihan pernapasan yang dilakukan selama berenang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu mengontrol napas, sehingga baik untuk pengidap asma. Namun, harus tetap berhati-hati akan bahan kimia berupa kaporit yang digunakan sebagai desinfektan kolam renang. Oleh sebab itu, sebaiknya pastikan kolam renang aman atau tidak menghabiskan waktu lama saat berenang dalam kolam yang mengandung kaporit.

10. Meringankan nyeri dan otot ibu hamil

Berat badan yang bertambah secara signifikan selama masa kehamilan bisa membuat ibu hamil merasa pegal dan nyeri pada bagian otot dan sendi. Untuk mengurangi keluhan itu, berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman dan rendah risiko supaya ibu hamil tetap sehat. Namun, perhatikan bahwa mungkin tidak semua ibu hamil dapat berenang, karena mungkin ada larangan terkait komplikasi saat kehamilan. Bicarakan dengan dokter sebelum mengikuti program renang untuk ibu hamil.

Kost dengan fasilitas kolam renang di Jakarta

Cove Proklamasi, kost dengan kolam renang di Jakarta

Kalau kamu hobi berenang dan ingin tempat tinggal yang memiliki fasilitas kolam renang di Jakarta Pusat, Cove Proklamasi jawabannya! Terletak tepatnya di Jl. Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, kost eksklusif ini berada di salah satu area pemukiman mewah dan berkelas di Jakarta. Didukung dengan infrastruktur lengkap, akses yang mudah ke kawasan bisnis, dan hanya 11 menit jalan kaki ke Stasiun Cikini, Cove Proklamasi adalah kost yang strategis bagi kaum profesional atau eksekutif muda.

Cove Proklamasi, kost eksklusif di Jakarta Pusat

Cove Proklamasi menawarkan dua tipe kamar: Premium dan Premium Plus. Setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan tempat tidur, meja kerja, lemari pakaian besar, dan kamar mandi dalam. Untuk fasilitas bersama terdapat wifi, kolam renang, dapur bersama, ruang makan, dan lobby. Kamu juga sudah mendapatkan fasilitas pembersihan kamar rutin, laundry, termasuk air dan listrik sehingga tidak perlu membayar terpisah. Kalau kamu memiliki kendaraan, ada tempat parkir yang bisa berlangganan bulanan serta petugas keamanan. Lengkap banget, kan? Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove Proklamasi!


Temukan kost eksklusif Jakarta Selatan hanya di Cove!