10 Makanan Rendah Kalori, Bikin Cepat Kenyang!

10 Makanan Rendah Kalori, Bikin Cepat Kenyang!
Makanan Rendah Kalori, photo from Greatist

Memiliki berat badan ideal memang menjadi idaman bagi setiap orang. Karena, tidak hanya mendorong rasa percaya diri, memiliki berat badan yang ideal juga memiliki banyak dampak baik bagi kesehatan mulai dari terhindar dari penyakit obesitas dan jantung, penampilan yang awet muda, serta terhindar dari penyakit gula.

Salah satu cara menjaga berat badan agar tetap ideal adalah mengonsumsi makanan rendah kalori dan memiliki protein yang tinggi. Kalori merupakan kandungan dalam makanan yang akan diolah oleh tubuh menjadi sumber energi untuk mendukung kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tentunya, tanpa kalori yang cukup, tubuh akan terasa lemas dan kurang fokus dalam melakukan kegiatan. Tapi, perlu diingat, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga tidak boleh berlebihan karena bisa menjadi lemak.

Mengonsumsi makanan rendah kalori merupakan salah satu solusi untuk kamu yang ingin menjaga berat badan ideal atau menurunkan berat badan. Yuk lihat daftarnya di sini!

Telur Ayam

Telur Ayam, photo from Detik

Telur ayam merupakan salah satu makanan yang praktis dan mudah didapat. Siapa sangka, makanan ini juga padat nutrisi dan mampu membuat perut lebih kenyang. Hal ini tentu penting banget, karena dengan perut yang kenyang, kamu bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi kalori terlalu banyak di waktu makan berikutnya. Telur ayam kaya akan gizi makro serta asam amino, antioksidan, dan lemak sehat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jumlah Kalori: 74kal per butir
Lemak: 4,97gram per butir
Karbohidrat: 0,38gram per butir
Protein: 6,29gram per butir 

Brokoli

Brokoli, photo from The Old Farmer’s Alamanac

Tahukah kamu, sayuran menjadi peran penting untuk menjaga kesehatan pencernaan kita, lho. Kamu bisa mengonsumsi sayur brokoli yang tak hanya enak, namun juga dinyatakan sebagai sayuran paling bernutrisi yang ada di dunia, serta memiliki kalori yang rendah. Sayuran ini dipercaya mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian rata-rata orang, dan dikatakan dapat membantu melawan penyakit kanker.

Jumlah Kalori: 31kal per porsi (100gram)
Lemak: 0,4gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 7gram per porsi (100gram)
Protein: 2,8gram per porsi (100gram)

Salmon

Ikan Salmon, photo from Radio Sai 1000 FM

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang sering digunakan sebagai bahan baku makanan khas Jepang, Sushi. Nah, untuk kamu penggemar salmon, wajib tau nih! Tidak hanya rasanya yang segar, ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang tidak diproduksi oleh tubuh. Studi dari International Journal of Obesity juga menunjukkan bahwa ikan salmon mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh asam lemak yang dimiliki salmon dapat memberi sinyal pada sel tiroid di hari untuk membakar lebih banyak lemak. Kalorinya juga rendah, kok!

Jumlah Kalori: 146kal per porsi (100gram)
Lemak: 13gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 0gram per porsi (100gram)
Protein: 20gram per porsi (100gram)

Udang

Shrimp, photo from Spark Recipes

Makanan laut yang sering disajikan dengan cara direbus ini, merupakan sumber protein yang memiliki kalori rendah. Selain itu, udang juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti fosfor, seng, dan vitamin B12.

Jumlah Kalori: 85kal per porsi (100gram)
Lemak: 0,3gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 0,2gram per porsi (100gram)
Protein: 18gram per porsi (100gram)

Dada Ayam

Dada Ayam, photo from Alodokter

Tidak hanya mudah didapatkan dan lezat untuk berbagai jenis masakan, dada ayam juga termasuk sebagai makanan rendah kalori dan sehat untuk dikonsumsi, lho. Makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memberikan energi pada tubuh, menjaga massa otot, dan mampu menjaga sistem sel saraf agar tetap sehat. Oh ya, untuk nutrisi yang maksimal, kamu bisa memanggang atau merebus dada ayam tanpa kulit, dan sebaiknya hindari menggorengnya dengan minyak yang berlimpah, ya!  

Jumlah Kalori: 165kal per porsi (100gram)
Lemak: 3,6gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 0gram per porsi (100gram)
Protein: 31gram per porsi (100gram)

Greek Yogurt

Greek Yogurt, photo from CNN Indonesia

Cemilan dengan rasa asam yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sehat untuk tubuh. Pastikan, kamu memilih yogurt yang tidak memiliki rasa dan bebas kandungan gula untuk mendapatkan manfaat optimal dari greek yogurt.

Greek yogurt merupakan cemilan rendah kalori, sumber kalsium, sumber probiotik, dan sumber vitamin B12 untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu menurunkan berat badan.

Jumlah Kalori: 70kal per porsi (100gram)
Lemak: 1,9gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 4gram per porsi (100gram)
Protein: 10gram per porsi (100gram) 
15 Snack Rendah Kalori yang Enak dan Cocok untuk Diet
Jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi snack rendah kalori. Enak dan menyehatkan, simak 15 rekomendasinya di sini!

Oatmeal

Oatmeal, photo from Detik

Oatmeal adalah jenis sereal yang terbuat dari biji oat yang dihaluskan atau dipotong-potong. Oatmeal kaya akan serat, protein, vitamin B, dan mineral seperti zat besi dan magnesium. Oatmeal juga diketahui memiliki beberapa manfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat tinggi, mampu meningkatkan metabolisme, menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, tinggi protein, dan tentunya rendah kalori.

Jumlah Kalori: 67,6kal per porsi (100gram)
Lemak: 1,4gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 12gram per porsi (100gram)
Protein: 2,4gram per porsi (100gram)

Bayam

Bayam, photo from Harvard Health

Sayuran hijau yang satu ini tidak hanya mampu mempercantik piring makanmu, namun juga memiliki segudang kebaikan untuk tubuh. Mulai dari rendah kalori, mengandung serat dan kadar air yang tinggi, serta memiliki nutrisi penting seperti Vitamin A, C, K, dan folat untuk membantu meningkatkan kesehatan dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Jumlah Kalori: 23,2kal per porsi (100gram)
Lemak: 0,4gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 3,6gram per porsi (100gram)
Protein: 2,9gram per porsi (100gram)

Nasi Merah

Nasi merah, photo from Erasional

Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok/sumber karbohidrat utama setiap harinya. Namun, seperti yang kita tahu, mengonsumsi nasi putih terlalu banyak juga mampu meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas.

Nah, sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi nasi merah, salah satu jenis nasi yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih biasa. Nasi merah memiliki beberapa peran yang dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, tinggi serat, dan mampu menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Jumlah Kalori: 110,9kal per porsi (100gram)
Lemak: 0,9gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 23gram per porsi (100gram)
Protein: 2,6gram per porsi (100gram)

Terong

Terong, photo from Halodoc

Terong merupakan sayuran yang tidak hanya rendah kalori, namun juga kaya serat dan nutrisi untuk membantu berat badan agar tetap terjaga. Kamu bisa mengolah terong dengan menumisnya, merebusnya, hingga dijadikan lalapan dengan dimakan langsung.

Jumlah Kalori: 24,9kal per porsi (100gram)
Lemak: 0,2gram per porsi (100gram)
Karbohidrat: 6gram per porsi (100gram)
Protein: 1gram per porsi (100gram) 

Itu dia 10 makanan rendah kalori yang siap membantu kamu menurunkan berat badan! Meskipun demikian, jangan lupa juga tetap menjaga tubuh sehat dengan melakukan olahraga ringan serta memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya, ya!