Kenalan dengan Laklak Bali, Makanan Tradisional yang Lezat!

Kenalan dengan Laklak Bali, Makanan Tradisional yang Lezat!
Laklak Bali, photo from Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tidak hanya kaya akan alam dan budayanya, Bali juga memiliki banyak makanan tradisional yang lezat dan bikin ketagihan, lho. Salah satunya adalah Laklak Bali, yang sering ditemukan di pasar tradisional atau pusat jajanan pinggiran.

Buat kamu yang belum kenal dengan Laklak Bali, yuk lihat detailnya tentang makanan ini!

Serba-serbi Laklak Bali

Apa Itu Laklak Bali?

Photo from Tribun

Laklak adalah sejenis makanan tradisional yang berasal dari Bali, Indonesia. Makanan ini merupakan sejenis kue atau pancake, mirip dengan serabi, yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula kelapa, dan adonan lainnya. Laklak umumnya disajikan dengan taburan gula kelapa dan sering menjadi hidangan penutup atau camilan di Bali. Makanan ini sangat populer di pulau Bali dan merupakan bagian penting dari warisan kuliner Bali.

Rasa dan Tekstur

Laklak Bali memiliki rasa manis yang lezat dengan sentuhan aroma khas dari adonan tepung beras dan daun pandan. Gula kelapa yang ditaburkan di atasnya memberikan rasa manis yang alami dan kaya.

Tekstur Laklak Bali umumnya kenyal dan lembut. Adonan tepung beras yang dipanggang menghasilkan lapisan luar yang agak renyah, sementara bagian dalamnya tetap lembut dan chewy. Saat menggigit Laklak, Anda akan merasakan kelembutan kuenya dengan sedikit kekenyalan yang menggemaskan.

Taburan kelapa parut memberikan tambahan tekstur yang sedikit renyah dan memberikan sentuhan gurih pada setiap gigitan. Gabungan antara rasa manis, tekstur kenyal, dan aroma pandan membuat Laklak Bali menjadi camilan yang sangat nikmat dan menggoda.

Cara Membuat Laklak Bali

Proses Membuat Laklak Bali, photo from Kintamani.id‌ ‌

Makanan tradisional yang satu ini bisa dibuat dengan mudah di rumah, dengan bahan-bahan yang tidak terlalu rumit dan mudah ditemukan. Berikut langkah-langkah membuatnya:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung beras
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 500 ml air matang
  • 1/2 sendok teh air daun pandan (dapat diganti dengan pewarna makanan hijau)
  • Gula kelapa secukupnya
  • Kelapa parut secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Campurkan tepung beras dan tepung sagu dalam wadah besar.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang halus dan tidak bergerindil.
  3. Tambahkan air daun pandan atau pewarna makanan hijau ke dalam adonan dan aduk rata hingga adonan berwarna hijau.
  4. Panaskan panci datar anti lengket atau wajan datar dengan api sedang.
  5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan berlubang kecil (serupa dengan cetakan serabi atau pancake) hingga mencapai setengah dari ketinggian cetakan.
  6. Tutup panci atau wajan dan biarkan adonan matang selama beberapa menit hingga bagian bawah Laklak Bali berwarna kecokelatan dan permukaannya mengeras.
  7. Balik Laklak Bali menggunakan spatula atau tusuk gigi dan biarkan matang secara merata hingga kedua sisi menjadi kecokelatan.
  8. Angkat Laklak dari cetakan dan biarkan dingin sejenak.
  9. Laklak Bali siap disajikan. Taburkan gula kelapa dan kelapa parut di atasnya sebagai hiasan.

Laklak Bali bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin, sesuai dengan preferensi kamu, ya! Kamu juga bisa menikmatinya bersama kopi atau teh di sore hari.

Rekomendasi Tempat yang Menyediakan Laklak Bali

Laklak Men Gabrug, Denpasar

Photo from Pemkot Denpasar 

Rekomendasi tempat untuk menikmati Laklak Bali yang pertama adalah Laklak Men Gabrug, yang terletak di Denpasar. Di sini, kamu bisa menikmati Laklak Bali yang dibuat dengan tradisional, yaitu menggunakan tungku berbahan bakar kayu pohon kopi untuk menghadirkan rasa yang otentik. Tenang saja, di tempat ini, Laklak hanya dibuat sesuai dengan pesanan, jadi kamu tetap bisa menikmati Laklak selagi masih hangat!

Alamat: Tanjung Bungkak Kelod, Denpasar Timur, Jl. Hayam Wuruk No.269 XX, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80239
Jam Buka: 08.00 - 18.00 WITA
Harga: Rp10.000/porsi

Laklak Pak Kuncir, Denpasar

Laklak Pak Kuncir, photo from Tempat Wisata Bali 

Masih di Denpasar, kamu bisa mampir ke Laklak Pak Kuncir untuk mencoba makanan tradisional khas Bali ini. Laklak Pak Kuncir menyediakan Laklak Bali dengan toping parutan kelapa dan gula yang manisnya dan gurihnya seimbang. Oh ya, selain Laklak Bali, tempat makan ini juga menyediakan Nasi Jinggo yang sangat terjangkau.

Alamat: Jl. Tantular Komplek Metro Futsal,Sumerta,Kelod,Denpasar, Timur Denpasar, Bali 8023, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80234
Jam Buka: 08.00 - 20.00 WITA
Harga: Rp15.000/porsi

Warung Laklak Bali Laku 168, Canggu

Warung Laklak Bali Laku, photo from TribunBali

Jika kamu sedang berada di daerah Canggu, maka kamu bisa mampir ke Warung Laklak Bali Laku! Laklak di sini dibuat dalam tungku api, sehingga rasanya masih otentik. Selain Laklak yang berbentuk bulat, kamu bisa menambahkan berbagai topping seperti parutan kelapa, gula merah, dan kacang. Nikmat banget, dan harganya juga cukup murah, yaitu Rp5.000/porsi.

Alamat: Jl. Raya Canggu, Kerobokan, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361, Kerobokan, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: 06.00 - 18.00 WITA
Harga: Rp5.000/porsi

Itu dia serba-serbi seputar Laklak, makanan tradisional khas Bali yang manis dan gurih, tentunya bikin ketagihan. Oh ya, selain Laklak, kamu juga bisa mencoba makanan khas Bali lainnya seperti Pie Susu Bali dan Pia Bali yang nggak kalah lezat!