Kondominium: Pengertian, Ciri-ciri, dan Desain Khasnya!

Kondominium: Pengertian, Ciri-ciri, dan Desain Khasnya!
Kondominium, photo from Getty Images

Apakah kamu pernah mendengar tempat tinggal berupa kondominium? Jika umumnya kita memiliki tempat tinggal di rumah, apartemen, hingga coliving, kondominium menawarkan konsep yang berbeda, lho.

Kondominium adalah jenis hunian yang dikelola secara kolektif oleh sekelompok pemilik yang memiliki unit-unit hunian di dalamnya. Kondominium juga sering disebut sebagai flat, dengan perbedaan dalam bentuk kepemilikan, manajemen, dan pengelolaannya. Biasanya, kondominium lebih sering dihuni oleh orang-orang yang mencari tempat tinggal yang lebih eksklusif dan mewah, tetapi juga dapat menjadi pilihan bagi mereka yang mencari alternatif rumah tangga dengan lebih sedikit tanggung jawab.

Seringkali, kondominium disamakan dengan apartemen. Namun ternyata, kedua jenis tempat tinggal ini berbeda, lho. Yuk, kita simak apa saja perbedaan serta ciri-ciri dari kondominium pada artikel ini!

Perbedaan Kondominium dan Apartemen Beserta Ciri-cirinya

Perbedaan Kondominium dan Apartemen, photo from Shutterstock

Sebelum mengetahui perbedaan kondominium dan apartemen, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondominium diciptakan. Pada awalnya, jenis tempat tinggal ini ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1960-an sebagai alternatif rumah tangga yang lebih ekonomis bagi keluarga-keluarga yang ingin tinggal di daerah perkotaan. Dibandingkan dengan rumah tradisional atau apartemen sewa, kondominium menawarkan banyak keuntungan, seperti kepemilikan sendiri atas unit yang ditempati dan kemudahan pengelolaan bersama.

Lalu, apa bedanya kondominium dengan apartemen?

Kondominium dan apartemen adalah dua jenis hunian vertikal yang sering digunakan secara bergantian. Namun, meskipun serupa dalam banyak hal, ada beberapa perbedaan antara kondominium dan apartemen dalam hal kepemilikan, pengelolaan, dan fasilitas.

Kepemilikan

Salah satu perbedaan paling signifikan antara kondominium dan apartemen adalah kepemilikannya. Di kondominium, setiap unit di dalam gedung dimiliki oleh pemilik individu. Pemilik kondominium memiliki hak penuh atas unit yang mereka miliki dan dapat menjualnya atau menyewakannya sesuai keinginan mereka. Di sisi lain, di apartemen, seluruh bangunan dimiliki oleh satu pemilik atau perusahaan, yang juga bertanggung jawab untuk mengelola, memelihara, dan merawat seluruh gedung dan fasilitasnya.

Manajemen

Karena kepemilikan individu, pengelolaan kondominium biasanya dilakukan oleh asosiasi pemilik. Asosiasi ini terdiri dari para pemilik unit yang memilih dewan pengurus untuk mengelola gedung dan fasilitas umum yang terkait. Di apartemen, manajemen dilakukan oleh perusahaan pengelola yang disewa oleh pemilik gedung. Perusahaan pengelola bertanggung jawab untuk mengurus operasi sehari-hari gedung dan menyediakan layanan dan fasilitas untuk para penyewa.

Biaya

Biaya yang terkait dengan tinggal di kondominium dan apartemen juga berbeda. Pemilik kondominium biasanya membayar biaya asosiasi bulanan, yang mencakup biaya pengelolaan dan perawatan fasilitas umum. Biaya ini dibagi di antara semua pemilik unit dalam kondominium. Di apartemen, biaya yang terkait dengan operasi gedung, seperti biaya pemeliharaan, keamanan, dan utilitas, ditanggung oleh perusahaan pengelola dan ditambahkan ke biaya sewa yang harus dibayar oleh penyewa.

Fasilitas

Kondominium dan apartemen juga dapat berbeda dalam hal fasilitas yang disediakan. Kondominium umumnya lebih mewah dan menawarkan fasilitas yang lebih lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, ruang rapat, dan taman bermain anak. Sementara itu, apartemen biasanya menawarkan fasilitas yang lebih sederhana seperti area parkir, area rekreasi, dan laundry.

Fleksibilitas

Karena pemilik kondominium memiliki hak penuh atas unit mereka, mereka memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam memodifikasi unit mereka sesuai keinginan mereka. Mereka juga dapat menjual unit mereka kapan saja atau menyewakannya jika mereka tidak tinggal di dalamnya. Di apartemen, penyewa umumnya tidak memiliki fleksibilitas yang sama, karena mereka hanya menyewa unit tersebut dan tidak memiliki hak kepemilikan atasnya.

Keuntungan Tinggal di Kondominium

Photo from Intact Insurance

Meskipun memiliki beberapa persamaan dengan apartemen, kondominium dinilai memiliki lebih banyak keuntungan, lho. Apa saja, sih?

Fasilitas Lebih Lengkap

Beberapa kondominium memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan apartemen. Mulai dari area BBQ, area komunal, hingga bioskop dan beberapa toko kebutuhan sehari-hari, umumnya bisa kamu temukan di kondominium, lho!

Keamanan Lebih Ketat

Kondominium biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan rumah atau apartemen. Hal ini karena ada penjaga keamanan, sistem keamanan 24 jam, CCTV, dan sistem kunci elektronik yang dapat mencegah pencurian atau akses ilegal ke dalam gedung.

Lokasi Strategis

Kondominium biasanya dibangun di lokasi yang strategis, seperti di pusat kota atau dekat dengan pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, dan transportasi umum. Hal ini membuat kamu lebih mudah dan cepat mengakses berbagai fasilitas tersebut.

Komunitas di Tempat Tinggal

Tinggal di kondominium memungkinkan kamu untuk bergabung dengan komunitas yang solid dan saling mendukung. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup kamu dan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang baru.

Tinggal di Kondominium dengan Cove!

Cove West Vista memiliki lokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, menawarkan kamu untuk memiliki tempat tinggal di kondominium mewah. Nikmati pemandangan menakjubkan dan fasilitas lengkap mulai dari ruang bioskop, ruang komunal, kolam renang hingga gym selama 24/7 tanpa tambahan biaya!

Mulai dari Rp3jutaan per bulan.

Selengkapnya tentang Cove West Vista