5 Cara menghemat tagihan listrik selama pandemi, wajib dicoba!

Tagihan listrik membengkak saat pandemi Covid-19? Simak dan terapkan 5 tips efektif di bawah ini yuk!

5 Cara menghemat tagihan listrik selama pandemi, wajib dicoba!

Pandemi Covid-19 yang mewajibkan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari di dalam rumah.

Berada di rumah sepanjang hari tentunya membuat kita lebih sering menggunakan alat-alat elektronik. Misalnya saja nih, kalau dulu AC atau lampu hanya dinyalakan saat pulang dari kantor, sekarang bisa digunakan selama 24 jam. Kalau hal ini dibiarkan terus menerus, tentunya tagihan listrik kamu bisa membengkak, lho!

Tapi jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa trik untuk menghemat tagihan listrik selama melakukan kegiatan di rumah aja. Penasaran apa saja triknya? Simak tips dari Cove berikut ini, yuk!

Gunakan alat elektronik sesuai kebutuhan dan kapasitas

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat daya listrik adalah dengan mengatur pemakaian peralatan elektronik secara efektif dan bijak.

Perhatikan alat elektronik di hunian kamu yang membutuhkan daya listrik besar untuk pengoperasiannya seperti AC, TV, hingga mesin cuci.

Cobalah untuk meminimalisir penggunaannya dengan menggunakan alat elektronik yang memiliki kapasitas daya lebih kecil.Misalnya jika ingin menonton sesuatu, kamu bisa memanfaatkan smartphone sebagai alternatif untuk TV.

Memasang lampu hemat energi

Menggunakan lampu hemat energi seperti lampu LED bisa menjadi salah satu cara menghemat penggunaan listrik agar tidak terlalu besar. Lampu LED juga bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau di E-commerce.

Buat anggaran listrik

Untuk menghemat penggunaan listrik, kamu juga bisa membuat anggaran. Misalnya setiap bulan pembelian token listrik tidak boleh dari 100 ribu. Kamu juga harus rutin mengecek meteran listrik agar lebih bisa memperhatikan pemakaian.

Kurangi pemakaian lampu di siang hari

Ada baiknya kamu memanfaatkan cahaya alami di siang hari. Apabila hunian-mu memiliki natural lighting, maka matikan lampu di siang hari dan cukup dinyalakan saat malam hari. Anda juga bisa membuka beberapa jendela dan ventilasi untuk mendapatkan cahaya lebih.

Cabut kabel dari stop kontak

Ini memang paling sering dianggap remeh, padahal tanpa disadari hal ini dapat membuat konsumsi listrik meningkat, lho karena kabel charger tetap mengalirkan arus listrik walaupun tidak digunakan jika tidak dicabut dari stopkontak.

Jadi biasakan untuk mencabut kabel dari stopkontak agar daya listrik tidak terbuang dengan sia-sia.

Nah, itu dia beberapa solusi buat kamu yang pusing dengan tagihan listrik yang membengkak pasca pandemi.

Memang tidak mudah untuk menghemat pengeluaran listrik, apalagi untuk kamu yang lagi WFH. Tapi kalau tinggal di Cove, kamu tak perlu khawatir lagi soal biaya listrik, lho, karena di beberapa properti Cove, sudah termasuk dalam biaya sewa yang tentunya terjangkau!

Cove Sky, Cilandak

Selain listrik, biaya sewa bulanan juga sudah termasuk biaya air, internet, sampai housekeeping mingguan. Mau cari dimana lagi yang seperti ini? Untuk kamu yang ingin mendapatkan keuntungan berikut, cek info selengkapnya disini!