5 Kebun Binatang di Bandung, Yuk Mampir!

5 Kebun Binatang di Bandung, Yuk Mampir!
Photo from Masagipedia

Bandung memang menjadi kota favorit untuk healing di akhir pekan. Selain memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari Jabodetabek, Bandung memiliki banyak tempat wisata mulai dari mall, kafe aesthetic, hingga tempat piknik dan berbagai museum yang seru untuk dikunjungi bersama teman-teman atau keluarga.

Selain tempat wisata tersebut, kamu juga bisa lho mampir ke beberapa kebun binatang yang ada di Bandung bersama orang-orang tersayang. Berikut daftar lengkapnya!

Lembang Park and Zoo

Photo from Bali Safari

Kebun binatang di Bandung pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Lembang Park and Zoo. Sesuai namanya, tempat ini berlokasi di Lembang, menawarkan wisata satwa yang bisa kamu lihat, juga berbagai wahana permainan yang menarik.

Lembang Park and Zoo memiliki banyak area yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Big Bird Aviary, Brown Hyena, Wahana Carnival Game, hingga Adventure Island. Di sini, kamu bisa melihat 350 spesies satwa yang beragam mulai dari unggas, mamalia, primata, hingga reptil.

Selain bisa mengikuti aktivitas seru seperti naik kano, menunggang kuda, hingga berkeliling area kebun binatang dengan scooter, kamu juga bisa melihat hewan seperti alpaca, harimau benggala, burung kasuari, dan masih banyak lagi!

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 15.00
Tiket Masuk: Mulai dari Rp50.000/orang

Grafika Bird Park

Photo from Spiritnews 

Jika kamu mendengar Cikole, pasti kamu langsung ingat area camping yang terletak di hutan pinus. Namun siapa sangka, area ini mempunyai kebun binatang, tepatnya bird park yang bisa kamu kunjungi, lho!

Bernama Grafika Bird Park, di sini, kam bisa memberi makan, berinteraksi, hingga berfoto-foto bersama burung. Di sini kamu bisa berfoto dengan burung beo, dan berinteraksi dengan burung beo yang bisa mengikuti kata-kata yang kamu bicarakan.

Oh ya, selain berinteraksi dengan burung, kamu juga bisa mengunjungi penangkaran rusa dan memberinya makan langsung!

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.30
Tiket Masuk: Rp50.000/orang

Bandung Zoo

Photo from Masagipedia

Jika Jakarta punya Ragunan, maka Bandung punya Bandung Zoo atau dikenal juga dengan Kebun Binatang Bandung. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis binatang mulai dari binatang yang sering kita jumpai mau pun yang langka seperti gajah, unta, jerapah, hingga harimau. Tak hanya itu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan berbagai hewan seperti ular dan harimau yang sudah jinak.

Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 16.00
Tiket Masuk: Rp50.000 - Rp60.000/orang

Lactasari Mini Farm and Bird Park

Photo from Paket Wisata Bandung

Kebun binatang yang satu ini cukup unik, karena berlokasi di rooftop mall salah satu kota Bandung, yaitu Paris Van Java. Kebun binatang ini cocok sebagai edukasi untuk balita dan anak-anak. Dengan harga tiket masuk Rp60.000 saja, anak-anak akan mendapatkan peralatan seperti celemek, satu keranjang sayur mentah, serta minuman yang akan digunakan untuk memberikan makan hewan seperti sapi dan kambing.

Tidak hanya bisa menjumpai hewan ternak, di sini juga ada taman burung di mana kamu bisa berfoto dengan burung hantu, merpati, hingga burung jalak.

Alamat: Paris Van Java, Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp60.000/orang

Happy Farm Ciwidey

Photo from Kompas

Happy Farm Ciwidey menjadi tempat wisata “all in” yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Di sini, kamu bisa mengajak anak-anak untuk berinteraksi dan memberi makan banyak hewan seperti kelinci, domba, hingga sapi. Selain itu, anak-anak juga bisa berkeliling Happy Farm dengan menunggangi kuda sambil melihat hamparan rumput hijau dan bunga-bunga yang cantik. Oh ya, nggak perlu bosan menunggu anak-anak yang berinteraksi dengan hewan-hewan lucu, di sini kamu juga bisa kok kulineran sambil memandangi pemandangan gunung yang cantik!

Alamat: Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp10.000 per orang

Seru banget ya pasti, jalan-jalan ke Bandung dan mampir ke kebun binatang di atas! Tempat wisata di atas cocok banget kamu kunjungi bersama teman-teman, keluarga, atau untuk outing acara kantor. Setelah puas berlibur di Bandung, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Bandung yang nggak boleh kamu lewatin, ya!