5 Ide Staycation yang Dijamin Nggak Ngebosenin!

5 Ide Staycation yang Dijamin Nggak Ngebosenin!
Ide kegiatan buat staycation, photo by Unsplash

Anak muda saat ini pasti sudah familiar dengan kata staycation. Belakangan ini, kata staycation jadi sering muncul dan disebut di mana-mana. Terlebih lagi, di era pandemi ini, berlibur ke luar kota atau luar negeri dan jalan-jalan berkeliling jadi sesuatu yang sulit dilakukan karena tidak sebebas dulu. Oleh sebab itu, staycation jadi salah satu solusi untuk orang-orang yang merasa suntuk di rumah, tapi terhalang peraturan untuk jalan-jalan.

Sebutan staycation terdiri dari kata stay yang artinya ‘tinggal’ dan vacation yang berarti ‘liburan’, sehingga arti dari staycation adalah “berlibur dengan cara tinggal (diam) di tempat”. Nah, tempat yang dimaksud ini bisa merupakan hotel berbintang atau mungkin kamar apartemen yang bisa disewa harian. Tujuannya, untuk berhenti sejenak dari rutinitas seperti bekerja dan mengambil waktu untuk bersantai.

Ide kegiatan staycation supaya tetap seru

Karena tidak bisa banyak jalan-jalan keliling kota dan menjelajah banyak tempat, kamu bisa saja dapat merasa bosan saat berada di dalam kamar untuk beberapa waktu. Walaupun mungkin awalnya merasa lega karena punya waktu berdiam diri dan beristirahat, tidak dipungkiri kalau rasa bosan mungkin mengganggu staycation-mu. Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat staycation, baik sendiri atau pun dengan teman-teman supaya lebih seru.

1. Nonton film atau series

Menonton film bareng teman, photo by Unsplash

Nonton memang nggak pernah salah untuk jadi salah satu kegiatan mengisi waktu luang. Apalagi, film yang seru bisa membuat penonton nggak merasakan waktu yang terlewat. Saat staycation, kamu bisa menghabiskan waktu menonton film yang belum sempat ditonton.

Kalau kamu staycation bersama teman-teman, bisa coba menonton film horor supaya nggak takut sendirian. Menonton sama teman-teman cenderung bikin suasana jadi lebih seru! Selain film, kamu juga bisa binge-watch series yang memiliki alur lebih panjang.

2. Masak resep baru

Masak resep baru bareng teman, photo by iStock

Mumpung ada waktu kosong, kamu bisa coba memasak resep baru atau resep yang sudah lama ingin dicoba, tapi belum sempat. Kamu nggak perlu terburu-buru dikejar waktu saat memasak, karena tidak harus mengejar kerjaan atau deadline seperti hari biasanya.

Kegiatan memasak ini juga bisa dilakukan bersama teman-teman, lho. Memasak bersama teman bisa jadi kegiatan bonding yang menyenangkan. Bisa bagi-bagi tugas memasak dan hasilnya bisa dimakan bareng-bareng. Terasa kebersamaannya, kan?

3. Main game

Main games bareng teman, photo by Unsplash

Main games merupakan salah satu kegiatan untuk killing time dan mengusir kebosanan. Kamu pasti tau gimana banyak orang bisa keasikan main game hingga lupa waktu, kan? Selama staycation, kamu bisa menyiapkan game sesuai kesukaan, misalnya board game seperti monopoli, kartu, atau mungkin game yang membutuhkan perangkat seperti Nintendo Switch atau PlayStation.

Kalau permainan seperti PlayStation bisa dimainkan sendiri, ada juga tipe game yang harus dimainkan bersama orang lain. Bahkan nggak jarang, game terasa lebih seru jika dimainkan bersama orang lain. Oleh sebab itu, kalau kamu staycation dengan teman-teman, bisa banget main game sebagai kegiatan kalian. Pilih beberapa game yang bisa dimainkan bergantian untuk variasi, ya.

4. Pesan makanan

Pesan makanan saat staycation, photo by Unsplash

Jika kamu bukan tipe yang senang memasak atau nggak mau repot, bisa memesan makanan untuk dimakan di kamar, sendiri atau bersama teman-teman. Selain nggak capek memasak, kamu juga bisa mencoba makanan sekitar tempat staycation yang belum pernah dicoba. Kalau staycation bersama teman, lebih enak, nih. Kamu dan teman-teman jadi bisa memesan beberapa jenis makanan berbeda untuk kemudian saling sharing makanan.

5. Olahraga

Berenang bareng teman, photo by Unsplash

Kegiatan yang satu ini mungkin terdengar kurang menarik, ya? Namun, buat kamu yang jarang olahraga karena kesibukan biasanya coba luangkan waktu untuk berolahraga sebentar, deh! Olahraganya tidak harus yang berat, tetapi bisa mencoba yoga atau stretching dengan panduan video YouTube. Aktivitas ini juga lebih asik kalau dilakukan bersama teman-teman.

Kalau tempat staycation kamu memiliki kolam renang, kamu bisa berenang sendirian atau bareng teman lainnya. Berenang adalah salah satu olahraga yang cenderung menyenangkan karena terasa seperti bermain air. Pergi ke kolam renang juga bisa menghilangkan suntuk karena berada di dalam kamar terus-menerus.

Tempat staycation di sekitar Jakarta

Interior kamar, Cove Hillcrest - Karawaci, Tangerang

Memilih tempat staycation memang bisa membingungkan karena ada begitu banyak pilihan. Lokasi, fasilitas, akses, harga, hingga interior yang estetik pun bisa jadi salah satu bahan pertimbangan. Belum lagi dengan banyaknya opsi tempat untuk staycation di Jakarta. Namun, kalau kamu bosan di Jakarta dan ingin melipir keluar sedikit, ada rekomendasi tempat staycation di Karawaci, Tangerang: Cove Hillcrest!

Lounge, Cove Hillcrest - Karawaci

Terletak di Bulevar Raya, Boulevard, Kelapa Dua, Tangerang, kost eksklusif ini juga bisa disewa harian. Di sini, kamu bisa masak di dapur bersama yang bersih, makan di ruang makan yang luas, dan bersantai di lounge yang desainnya estetik. Kalau membawa kendaraan, ada tempat parkir yang juga dilengkapi dengan keamanan. Kamu juga bisa mengakses wifi dan mendapatkan layanan pembersihan kamar, lho.

Dapur bersama, Cove Hillcrest - Tangerang

Dengan lokasi strategis di Karawaci, fasilitas lengkap, desain interior yang Instagrammable, dan harga mulai dari 400 ribuan / malam, Cove Hillcrest jadi tempat yang cocok banget untuk siapa pun yang mau staycation di daerah Karawaci, Tangerang. Nggak hanya staycation, kamu juga bisa menyewa secara bulanan untuk tinggal di sini. Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove Hillcrest!


Temukan kost eksklusif di Tangerang hanya di Cove!