Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih
Photo from Pexels/Leticia Ribeiro

Memiliki baju putih memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang, pria maupun wanita. Pasalnya, selain merupakan warna netral yang dapat dipadukan dengan warna lain atau berbagai fashion item apa pun, baju berwarna putih juga bisa membuat kita tampil lebih cerah dan segar. Namun sayangnya, baju putih menjadi salah satu fashion item yang cukup sulit untuk dirawat. Pasalnya, seiring waktu berjalan, baju putih yang kita miliki bisa menguning dan tampak kusam.

Kamu tidak perlu khawatir karena dengan perawatan yang tepat, kamu bisa kok menjaga baju putih tetap seperti baru. Yuk simak 10 cara menghilangkan noda kuning di baju putih lewat artikel ini!

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Noda Kuning pada Baju, Photo from Yates Street Taphouse

Noda kuning pada baju putih bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama ketika kita tidak tahu cara untuk menghilangkannya. Sebelum membahas tentang cara untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih, ketahui dulu yuk apa saja hal yang bisa menjadi penyebab noda kuning muncul di baju kita.

Noda kuning pada baju putih biasanya disebabkan oleh keringat, minyak, dan seringkali bahan deterjen yang digunakan juga dapat menjadi penyebabnya. Selain itu, noda kuning juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan pada pakaian. Jadi, ketika terkena sinar matahari terus-menerus, maka noda kuning dapat muncul di sekitar leher dan ketiak.

Munculnya noda kuning pada baju putih tentu saja terjadi secara perlahan dan tidak tiba-tiba begitu saja dengan noda yang pekat. Supaya kamu bisa mencegahnya lebih awal, berikut beberapa ciri terdapat noda kuning di baju putih kamu:

  • Baju Terlihat Kusam

Baju putih yang terlihat kusam bisa menjadi tanda awal noda kuning muncul. Hal ini menjadi tanda awal juga bahwa pakaian putih kamu tidak seperti baru lagi.

  • Terdapat Bercak Noda

Bercak noda berwarna kuning atau coklat muda biasanya muncul di area ketiak, kerah, dan punggung. Perhatikan baik-baik supaya bisa mendapatkan penanganan secepatnya, ya!

Berikut beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju putih:

Larutan Air Cuka

Photo from Shutterstock

Menghilangkan noda kuning di baju putih bisa menggunakan bahan-bahan dapur yang ada di rumah lho, salah satunya adalah air cuka. Bahan dapur yang memiliki sifat asam ini mampu membersihkan noda kuning dan juga menghilangkan bau tidak sedang yang menempel di pakaian. Untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap, kamu bisa mencampurkan ½ cangkir cuka putih dengan ½ air, lalu gosokkan campuran tersebut ke area terkena noda, dan biarkan selama 30 menit. Saat membilas, kamu bisa menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih optimal, ya!

Gunakan Deterjen Khusus Pakaian Putih

Photo from ThoughtCo

Beberapa bahan pembersih baju seperti detergen memiliki edisi khusus diperuntukkan untuk pakaian putih. Deterjen khusus untuk pakaian putih tentunya memiliki formula yang berbeda dan dapat membantu menghilangkan noda kuning pada baju putih. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Kamu bisa mengikuti arahan yang ada di kemasan deterjen tersebut, ya. Oh ya, pastikan kamu memilih deterjen dengan bahan kimia yang tidak terlalu kuat, karena dapat merusak serat pada baju yang kamu miliki.

Bersihkan dengan Pasta Gigi

Photo from The Spruce

Tahukah, kamu? Pasta gigi tidak hanya mampu membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak yang menempel. Namun, alat kebersihan diri ini juga bisa membantu menghilangkan noda kuning pada baju putih. Caranya, ambil sedikit pasta gigi dan oleskan pada area yang terkena noda kuning. Gosok dengan lembut dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan cuci baju seperti biasa. Jika noda kuning belum hilang, kamu bisa mengulang cara ini 2-3 kali lagi.

Gunakan Larutan Air dan Garam

Photo from Halodoc

Garam bisa menjadi solusi alternatif untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih kamu. Caranya, kamu bisa mencampurkan ½ cangkir garam dengan 1 liter air panas, lalu rendam baju putih kamu selama beberapa jam. Setelah itu, kamu bisa membilas baju kamu dan mencucinya menggunakan deterjen seperti biasa.

Rendam dengan Perasan Lemon

Photo from Kompas

Tidak hanya mengandung tinggi vitamin C yang baik untuk kesehatan, buah lemon juga bisa nih kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda kuning di baju putih kamu. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang mampu mengangkat noda membandel termasuk noda kuning pada pakaian putih.

Untuk menghilangkan noda kuning menggunakan air lemon, kamu bisa memeras tiga buah lemon lalu campurkan dengan air panas. Ketika kedua cairan tersebut sudah tercampur, kamu bisa merendam baju putih kamu selama 60 menit lalu melanjutkannya dengan mengucek pakaian kamu.

Manfaatkan Baking Soda

Photo from Baking Soda

Tahukah, kamu? Baking soda memiliki sifat abrasif lembut dan dapat membantu mengangkat noda kuning pada baju putih yang disebabkan oleh keringat atau bahan kimia yang menempel. Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda kuning menggunakan baking soda? Caranya cukup mudah, kamu bisa mencampurkan 4 sendok makan baking soda dengan ¼ air panas. Lalu, oleskan larutan baking soda pada noda kuning dan biarkan selama 60 menit. Setelah itu, gosok lembut noda kuning dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Lanjutkan dengan mencuci baju seperti

Gunakan Sabun Cuci Piring

Photo from Kompas

Selain mampu membersihkan noda membandel pada alat makan, sabun cuci piring juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. Kamu hanya perlu mengoleskan sabun pencuci piring ke noda pakaian, lalu mendiamkannya beberapa saat sebelum disikat dan dibilas hingga bersih.

Rendam dengan Aspirin

Photo from Very Well Today

Aspirin seringkali dikonsumsi sebagai obat pereda nyeri. Namun, jenis obat satu ini juga mampu menghilangkan noda kuning pada baju, lho. Caranya, campurkan 5 tablet aspirin berdosis 325mg dengan air panas, lalu rendam baju selama 12 jam atau lebih. Dijamin deh, baju kamu bisa kembali putih seperti baru tanpa noda satupun.

Oleskan Penyedap Masakan atau MSG

Photo from Tabloid Sinar Tani

Monosodium Glutamat atau MSG merupakan bahan penyedap makanan yang sering dicampurkan pada berbagai masakan Asia. Siapa sangka, bahan dapur ini dinilai efektif melunturkan noda yang menempel pada baju putih. Caranya kamu bisa mencampurkan MSG dan deterjen dengan air panas, lalu rendam pakaian selama 60 menit atau lebih.

Menggunakan Aseton

Photo from Halodoc

Aseton atau pembersih cat kuku bisa menjadi alternatif kamu untuk menghilangkan noda kuning pada baju, nih. Caranya juga cukup mudah, kamu cukup mengoleskan aseton pada noda di baju dan mendiamkannya selama beberapa saat.

Namun, sebelum menggunakan aseton untuk membersihkan noda pada baju putih, pastika kamu melakukan  uji coba terlebih dahulu pada area yang tidak terlihat pada baju untuk memastikan bahwa aseton tidak merusak atau memudarkan warna pada baju tersebut. Perlu diingat jangan gunakan aseton pada bahan yang sensitif seperti sutra atau wol, ya!

Bagaimana, teman-teman? Dari kesepuluh cara menghilangkan noda kuning di baju putih, mana cara yang akan kamu lakukan? Apa pun cara yang kamu pilih, jangan lupa membaca label petunjuk perawatan pakaian agar kamu bisa memilih cara yang tepat, ya!