10 Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna

10 Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna
Cara Menghilangkan Noda di Baju Berwarna, photo from Shutterstock

Siapa sih, yang nggak terganggu dengan adanya noda di baju? Tidak hanya pada baju berwarna putih, noda di baju berwarna juga bisa membuat baju tampak kusam dan lusuh. Berbagai macam noda mulai dari noda saus, makeup, hingga noda tinta seringkali menempel pada baju kesayangan kita.

Nggak usah terburu-buru untuk membuang baju kamu yang terkena noda, karena Cove punya beberapa cara menghilangkan noda di baju berwarna yang bisa kamu coba. Simak sampai habis, ya!

Rendam dengan Air Panas dan Deterjen

Photo from SehatQ

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda di baju berwarna adalah merendamnya dengan campuran air panas dan deterjen. Caranya, siapkan air panas secukupnya, lalu campurkan dengan deterjen pilihan kamu. Aduk cairan hingga berbusa, lalu masukkan baju yang terkena noda dan biarkan selama 1 jam. Baju yang sudah direndam bisa kamu bilas menggunakan air bersih dingin sambil digosok untuk melunturkan noda.

Gunakan Cairan Pemutih

Photo from Liputan6

Tahukah kamu, bahwa beberapa cairan pemutih baju juga aman digunakan pada baju berwarna? Well, kamu bisa mencarinya di supermarket terdekat untuk menghilangkan noda yang membandel di baju berwarna kamu. Mulai dari noda makanan, makeup, hingga tinta, kamu bisa menghilangkannya dengan cairan pemutih ini. Namun, pastikan kamu mengikuti petunjuk pemakaian pada kemasan cairan pemutih yang kamu miliki, ya! Jangan sampai kamu menggunakan cairan pemutih khusus untuk menghilangkan noda kuning di baju putih.

Campuran Vetsin dan Deterjen

Photo from AloDokter

Punya vetsin atau biasa dikenal dengan MSG di dapur? Penyedap makanan satu ini bisa menjadi campuran bersama deterjen untuk melunturkan noda yang menempel di baju kamu. Caranya, campurkan vetsin atau MSG dengan deterjen merk apa saja dalam perbandingan 3:2, lalu larutkan dengan air hangat secukupnya. Rendam baju pada larutan tersebut selama 30 menit sambil dikucek, lalu bilas dengan air bersih suhu dingin. Lanjutkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kering.

Siram dengan Air Soda

Photo from JawaPos

Air soda yang biasa dijadikan sebagai campuran minuman juga bisa melunturkan noda di baju berwarna, lho. Cara ini paling pas kamu aplikasikan jika noda menempel di baju lebih dari 24 jam. Caranya, campurkan air soda dengan air bersih di dalam wadah, lalu rendam baju selama semalaman. Dijamin deh, besoknya, noda akan luntur dengan mudah saat kamu kucek!

Coba dengan Sari Belimbing Wuluh

Photo from AloDokter

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Buah ini terkenal karena sifat asamnya yang dapat berfungsi sebagai penghapus noda luntur.

Caranya sangat sederhana, Anda cukup memotong belimbing menjadi dua bagian. Gosokkan bagian daging buahnya ke noda pada baju dan biarkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, cucilah pakaian seperti biasa dengan menggunakan detergen dan air, lalu jemurlah di bawah sinar matahari.

Air Perasan Jeruk Nipis

Photo from Tokopedia

Kamu juga dapat mencoba menggunakan jeruk nipis sebagai opsi alternatif. Caranya cukup sederhana, cukup gosokkan potongan jeruk nipis ke area noda selama lima menit, kemudian biarkan sebentar sebelum mencuci baju seperti biasa dengan deterjen.

Dengan metode ini, noda yang menempel di baju akan perlahan terangkat dari permukaan pakaian, mengembalikan warnanya seperti semula. Selain noda makanan, makeup, dan lainnya, larutan jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur pada baju kamu.

Gunakan Tepung Maizena

Photo from Grid Kids

Salah satu bahan dapur yang dapat diandalkan untuk menghilangkan noda pada baju, terutama noda yang mengandung minyak pada baju berwarna, adalah tepung maizena. Tepung yang terbuat dari jagung ini memiliki kemampuan untuk menyerap noda berminyak dan menghilangkannya. Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menaburkan tepung maizena pada noda berminyak dan membiarkannya selama 10 menit sebelum menggosoknya dan membilasnya dengan air bersih.

Air Cuka

Photo from Kompas

Air cuka memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda kuning dan bau keringat pada area ketiak, mengatasi noda jamur, serta memberikan efek pencerahan pada baju berwarna. Selain itu, penggunaan air cuka lebih baik dan aman dibandingkan dengan produk pemutih konvensional. Kamu dapat menambahkan 1 cangkir cuka putih ke dalam bilasan terakhir saat mencuci baju untuk memberikan kelembutan dan aroma segar. Manfaat lainnya adalah kemampuan air cuka untuk membersihkan mesin cuci dan menghilangkan bau yang tidak sedap.

Semprotkan dengan Hairspray

Photo from Housewife How-Tos

Sering melakukan styling rambut sendiri di rumah dan memiliki hairspray? Siapa sangka, ternyata hairspray juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna, lho.

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan hairspray pada bagian yang terdapat noda luntur, dengan jumlah yang secukupnya. Setelah itu, biarkan selama 15 - 20 menit. Biasanya, noda luntur akan sedikit menghilang pada tahap ini. Kemudian, lanjutkan dengan menggosok-gosok noda tersebut. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan cuci seperti biasa.

Tuangkan Cairan Alkohol

Photo from Mother and Beyond

Cara menghilangkan noda di baju berwarna yang terakhir adalah menggunakan alkohol sebagai cairan peluruh noda. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu meneteskan beberapa tetes alkohol di atas noda pada baju kamu. Kemudian, biarkan selama beberapa menit. Noda yang menempel seharusnya akan menghilang perlahan-lahan. Setelah itu, bilas baju dengan air hangat dan cucilah seperti biasa.