9 Tahap Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah dan Efisien

9 Tahap Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah dan Efisien
Cara Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu area rumah yang paling mudah kotor dengan cepat. Selain itu, kamar mandi pastinya akan digunakan secara rutin untuk membersihkan tubuh, makanya, kamu harus secara rutin membersihkan area ini dengan menyeluruh.

Bukan hanya untuk memastikan kamar mandi terlihat bersih, tapi kamu perlu membersihkan kamar mandi secara rutin agar kamu terhindar dari segala kuman penyakit. Kalau kamar mandi  kamu bersih, kamu pun akan terjaga dari penyakit dan bakteri yang dapat menganggu kesehatan tubuh kamu.

Berikut ini adalah beberapa tips jitu cara membersihkan kamar mandi secara menyeluruh yang perlu kamu ketahui. Mulai dari alat-alat yang kamu perlukan, sampai tahap-tahap yang harus kamu lakukan akan dibahas secara lengkap di sini.

Alat-alat yang diperlukan

Untuk membersihkan kamar mandi, kamu akan membutuhkan:

  • Sikat WC
  • Sikat ubin kamar mandi
  • Cairan pembersih WC
  • Cairan pembersih karat
  • Cairan pembersih kerak kamar mandi
  • Cairan pembersih kaca dan cermin kamar mandi
  • Baking soda
  • Karbol

Nah, kalau kamu bingung harus memulai dari mana, kamu bisa mengikuti cara membersihkan kamar mandi yang akan dibagikan di bawah ini.

Sebelum memulai membersihkan kamar mandi, pastikan kamu memiliki waktu luang yang cukup lama agar kamu dapat membersihkan kamar mandi kamu dengan baik dan menyeluruh. Selain itu, gunakan pakaian yang nyaman agar kamu tidak terganggu saat bersih-bersih.

Yuk, kita mulai bersih-bersih kamar mandi!

Cara Membersihkan Kamar Mandi di Setiap Bagian

1. Keluarkan semua barang dalam kamar mandi

Keluarkan peralatan kamar mandi dan siapkan alat bersih-bersih, photo by thejakartapost.com 

Pertama-tama, masukkan pakaian dan handuk kotor ke dalam keranjang baju kotor untuk kamu cuci nantinya. Kemudian, keluarkan shampoo, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan alat mandi lainnya dari kamar mandi agar barang-barang tersebut tidak menghalangi kamu saat kamu menerapkan cara membersihkan kamar mandi.

Sambil mengeluarkan barang-barang tersebut, cobalah untuk sekalian membersihkan kotoran yang terselip. Jangan lupa untuk isi kembali botol atau shampoo yang mulai habis, serta buang barang-barang yang sudah tidak terpakai.

2. Hilangkan sarang laba-laba di toilet

Bersihkan sarang laba-laba, photo by tatarumah.com

Tidak jarang, kamu akan menemukan sarang laba-laba dan debu pada langit-langit. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sapu khusus pembersih langit-langit atau sapu biasa.

Kamu bisa mulai dari sudut langit-langit hingga bagian tengah langit-langit untuk memastikan tidak ada kotoran yang tersisa. Pastikan juga tidak ada kotoran yang melayang dan mengotori kamar mandi nantinya.

Baca juga: 12 Tips Membersihkan Kos yang Wajib Diketahui Anak Kos!

3. Mulai dari membersihkan toilet

Bersihkan toilet dari kotoran, photo by Grid.ID 

Sudah bukan rahasia lagi kalau toilet adalah salah satu tempat terkotor di rumah. Menurut studi dari Journal of Hospital Infection, saat kamu menekan tombol flush sehabis memakai toilet, bakteri berisiko menyebar ke tempat atau benda lainnya.

Maka dari itu, pastikan kamu menjaga kebersihan toilet dengan cara membersihkan bagian dudukannya maupun bagian dalam toilet.

Gosok toilet dengan sikat WC dengan cairan pembersih khusus toilet dalam 1 sampai 2 kali seminggu. Kamu juga bisa menggunakan desinfektan untuk memastikan semua bakteri dan virus terbasmi.

4. Rajin membersihkan dinding kamar mandi

Sikat kamar mandi dengan cairan khusus, photo by 99.co 

Ketika kamu sedang mandi, tanpa disadari ada begitu banyak air yang bercampur shampoo dan sabun yang terciprat ke dinding kamar mandi. Nah, cipratan air inilah yang sering kali memicu timbulnya kerak di dinding. Untungnya, cara membersihkan kerak kamar mandi tidak begitu sulit.

Untuk noda yang ringan, kamu bisa menghilangkan dengan cara mengguyur air dan mengelapnya. Namun, kamu juga bisa menggunakan sikat dan sabun atau cairan khusus pembersih kerak apabila nodanya cukup membekas.

5. Mengelap kaca pembatas dan cermin kamar mandi

Bersihkan kaca kamar mandi dengan rutin, photo by 99.co

Kalau kamar mandi kamu memiliki kaca pembatas, sebaiknya kamu menjaga kaca-kaca di kamar mandi agar tetap bersih supaya kamar mandi kamu senantiasa terlihat rapi.

Apabila kamu menggunakan shower yang dibatasi pembatas kaca, perhatikan area yang sering terkena cipratan air. Nah, pada bagian cipratan air ini pasti akan sering meninggalkan bekas noda. Jadi, pastikan kamu rutin mengelap area ini seminggu sekali menggunakan cairan pembersih kaca.

Selain itu, kamu juga harus membersihkan kaca kamar mandi dengan rutin. Cermin rentan terlihat kotor apabila diletakkan dekat wastafel dan sering terkena percikan air.

6. Bersihkan sisa sabun yang menempel

Bersihkan sisa sabun yang menempel di wastafel, photo by supar.com

Apabila kamu sering menggunakan sabun batang, kamu harus memperhatikan tempat kamu meletakkan sabun batang. Soalnya, kamu pasti akan menemukan sisa-sisa sabun yang menjadi kerak dan susah dibersihkan.

Makanya, jangan tunda waktu untuk membersihkan sisa sabun batang di kamar mandi. Pastikan kamar mandi kamu sudah dibilas dengan bersih sesudah menggunakannya agar kamu tidak melihat sisa sabun yang menjadi kerak di kamar mandi.

7. Basmi noda karat di keran atau shower

Basmi karat yang berkerak di kepala shower, photo by kompas.com

Tips berikutnya dalam cara membersihkan kamar mandi yang perlu kamu ketahui adalah memperhatikan bagian shower.

Terkadang, kamu bisa menemukan noda karat di sekitar keran atau shower. Karat ini bukan hanya menempel di keran, tapi bisa meluber hingga ke dinding. Kamu bisa membersihkan noda ini dengan cara menggunakan cairan pembersih karat.

Namun, alternatifnya adalah dengan cara memanfaatkan baking soda alias soda kue. Dengan menggosokkan baking soda, kandungan natrium bikarbonat di dalam soda kue dapat mengurangi noda karat secara drastis.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Loft Bed yang Bisa Ditiru

8. Bersihkan celah antara lantai kamar mandi

Bersihkan celah kamar mandi agar maksimal, photo by suara.com 

Sewaktu membersihkan kamar mandi, kamu juga harus melihat kondisi celah antara ubin atau lantai. Area tersebut berukuran relatif kecil, tapi rentan menjadi tempat kotoran bersarang. Apabila dibiarkan, bisa-bisa lumut atau jamur tumbuh di celah lantai kamar mandi.

Maka dari itu, pastikan kamu menyikat lantai kamar mandi secara menyeluruh, khususnya di bagian celah-celah ubin. Saat menyikat, kamu bisa menggunakan sabun, karbol, atau produk pembersih kerak lainnya.

9. Jangan lewatkan saluran air

Jangan sampai melewatkan saluran air, photo by dekoruma.com

Cara selanjutnya dalam membersihkan kamar mandi adalah dengan mengambil kotoran yang tersangkut di pembuangan air. Misalnya, seperti sisa rambut rontok atau kotoran lain yang tersumbat di saluran air.

Apabila dibiarkan terlalu lama, kotoran ini akan menumpuk dan salurannya tersumbat. Akibatnya, air di kamar mandi akan lebih mudah mengambang dan membuat lumut cepat berkembang di kamar mandi kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kamar mandi secara menyeluruh. Dengan menggunakan cara yang tepat, kamu bisa membersihkan kamar mandi kamu secara efisien dan menjaganya bebas dari kuman dan sumber penyakit lainnya.

Tinggal di Cove

Nah, kalau kamu mau punya tempat tinggal yang memiliki kamar mandi bersih, kamu harus coba intip Cove W Suites. Berlokasi di pusat Tebet, kamu nggak perlu lagi ribet bersih-bersih kalau tinggal di sini. Karena di Cove sudah ada housekeeping mingguan. Jadi keadaan kamar kamu akan selalu bersih dan nyaman untuk ditinggali!

Cove W Suites

Apakah kamu tertarik untuk booking Cove W Suites? Kalau iya, langsung booking Cove W Suites, yuk.