12 Tips Membersihkan Kos yang Wajib Diketahui Anak Kos!

12 Tips Membersihkan Kos yang Wajib Diketahui Anak Kos!
Tips membersihkan kos, photo by Unsplash

Buat anak kos, kamar kos menjadi satu-satunya tempat beristirahat dari kesibukan di luar. Kamar kos yang bersih pasti membuat kamu nyaman untuk beristirahat dan menghabiskan waktu di situ. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan yang banyak di luar selama seharian sering membuat kita lelah saat pulang ke kos dan tidak lagi berenergi untuk membersihkan kamar. Padahal, kamar kos harus rutin dibersihkan supaya nyaman untuk kamu tinggali.

Ketika sudah meluangkan waktu untuk beres-beres, kamu mungkin dihadapi masalah baru: bingung membersihkan apa saja dan mulai dari mana. Nah, rasa bingung ini malah bisa membuat kamu jadi semakin menunda kegiatan bersih-bersih. Kalau kamu bingung mau mulai membersihkan kos dari mana dan apa saja yang perlu dibersihkan, berikut ini tips membersihkan kos yang efektif dan akan mempermudah kamu!

1. Rapikan tempat tidur setelah bangun tidur

Merapikan tempat tidur, photo by Unsplash

Tempat tidur adalah bagian dari kamar yang akan digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, usahakan tempat tidur selalu rapi supaya nyaman digunakan. Cara menjaganya tetap rapi adalah dengan merapikan kasur segera setelah bangun tidur, sebelum mulai melakukan aktivitas lainnya. Jangan ditunda, ya, karena ketika sudah melakukan hal lain, kamu akan semakin malas untuk merapikannya.

Cara merapikan tempat tidur cukup dengan menepuk-nepuk kasur, merapikan seprai, serta menata bantal dan guling. Ketika kamu pulang, tempat tidur jadi sudah rapi dan bersih sehingga bisa langsung digunakan untuk beristirahat dengan nyaman!

2. Buang sampah segera setelah penuh

Membuang sampah, photo by Unsplash

Tempat sampah adalah barang yang harus ada di kamar kos kamu. Baiknya, sediakan satu tempat sampah kering di dalam kamar dan satu tempat sampah basah di luar kamar. Membuang sampah adalah kegiatan bersih-bersih yang harus kamu lakukan segera setelah tempat sampah penuh. Dalam keseharian, pastikan tidak membuang sampah sembarangan di kost, melainkan langsung buang di tempat sampah.

Jika melihat tempat sampah sudah penuh, segera dibuang ke luar atau tempat pembuangan utama yang ada di kos, ya. Tempat sampah yang penuh kalau dibiarkan akan membawa banyak bakteri dan serangga seperti lalat atau kecoa. Selain itu, tempat sampah yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Nggak mau, kan, kamarmu bau?

3. Cuci peralatan makan setelah makan

Mencuci peralatan makan, photo by Unsplash

Mencuci peralatan makan seperti piring, sendok-garpu, dan gelas juga harus dilakukan segera setelah dipakai. Jangan menunda-nunda atau menumpuk peralatan makan kotor karena bisa menimbulkan bau bahkan tumbuhnya jamur. Piring kotor yang menumpuk juga akan memberatkan tugas bersih-bersih karena kamu pasti akan semakin malas jika melihat cucian menumpuk. Setelah mencuci peralatan makan, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik supaya tidak lembab dan simpan di tempat yang bersih.

4. Pisahkan pakaian kotor

Memisahkan pakaian kotor, photo by Unsplash

Selama di kos, apakah kamu mencuci pakaian sendiri atau menggunakan jasa laundry? Apa pun pilihannya, jangan sampai kamar jadi berantakan dengan pakaian kotor, ya. Selain tidak enak dilihat, pakaian kotor yang menumpuk atau berserakan bisa menjadi sarang nyamuk dan menimbulkan bau tidak enak.

Siapkan sebuah tempat seperti keranjang untuk menampung pakaian kotor. Kalau tempatnya sudah penuh, kamu bisa mengosongkannya dan langsung mencuci pakaian sendiri atau membawanya ke tempat laundry.

5. Sapu kamar 1-2 hari sekali

Menyapu kamar, photo by iStock

Menyapu termasuk kegiatan bersih-bersih yang harus rajin kamu lakukan. Setiap hari, pasti ada debu yang menempel di lantai kamarmu. Oleh sebab itu, kamu harus rutin membersihkan lantai, dimulai dari menyapu. Sapulah kamar setiap hari atau 2 hari sekali. Jangan lupa siapkan pengki untuk mempermudah kamu menyapu.

6. Pel kamar minimal 2 kali seminggu

Mengepel lantai, photo by Unsplash

Setelah menyapu, kegiatan membersihkan lantai selanjutnya yang wajib kamu lakukan secara rutin adalah mengepel lantai. Kamu bisa mengepel lantai minimal 2 kali seminggu untuk membasmi bakteri dan kuman di lantai. Gunakan karbol atau cairan pembersih supaya lantai lebih bersih dan wangi, ya.

7. Ganti seprei 1-2 minggu sekali

Mengganti seprei, photo by Unsplash

Sebagai alas tidur yang digunakan setiap hari, seprei di kamar kos kamu harus rutin dicuci dan diganti. Jangan khawatir, karena tidak perlu terlalu sering menggantinya, kok. Seprei tempat tidurmu cukup diganti 1-2 minggu sekali. Jangan terlalu lama, karena kebayang, kan, kotornya seprei yang setiap hari dipakai dan langsung menempel dengan kulit kamu?

8. Lap meja dan perabotan

Membersihkan meja, photo by Unsplash

Apakah meja di kamar kos kamu penuh dengan barang? Biasanya, meja jadi tempat belajar atau bekerja sehingga sering digunakan. Oleh sebab itu, kamu juga harus sering membersihkan meja dari debu dan kotoran dengan mengelapnya menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk menyingkirkan barang-barang di atas meja terlebih dahulu.

Selain meja, lap juga furnitur dan perabotan yang ada di kamar kos seperti kursi, lemari, atau rak. Kosongkan rak terlebih dahulu supaya mudah untuk dibersihkan secara menyeluruh. Jangan lupakan juga bagian atas lemari atau rak yang sering luput dari perhatian, karena biasanya debu menumpuk di situ.

9. Rapikan buku dan berkas

Merapikan buku dan berkas, photo by Unsplash

Sebagai anak kuliah atau kantoran, mungkin kamu menyimpan banyak buku dan berkas di kamar. Banyaknya buku dan berkas lain yang menumpuk bisa membuat kamar kamu terlihat berantakan dan berpotensi bikin debu menumpuk.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus merapikan buku dan berkas yang berserakan atau menumpuk. Kalau ada kertas yang sudah tidak dipakai, bisa langsung dibuang. Buku dan berkas yang tersusun rapi juga akan membuat kamu mudah mencarinya, kan?

10. Sortir barang-barang

Menyortir barang, photo by Unsplash

Kamar kos rata-rata tidak berukuran besar dan tidak bisa menampung banyak barang. Untuk menghemat ruang dan membuat penyimpanan lebih efektif, sortir barang-barang yang ada di kamar dan kelompokkan sesuai dengan jenis atau fungsinya. Pisahkan juga barang-barang yang sudah tidak dipakai untuk dibuang atau didonasikan. Kamar pasti akan terlihat lebih luas dan jauh lebih rapi!

11. Bersihkan kipas angin

Membersihkan kipas angin, photo by Shutterstock

Kalau kamar kos kamu memiliki kipas angin, kamu harus membersihkannya paling tidak sebulan sekali. Menggunakan kipas angin yang berdebu dan kotor tidak baik untuk kesehatanmu, lho. Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk di kipas angin juga bisa membuat kipas anginmu cepat rusak. Supaya kesehatan pernapasanmu terjaga dan menjaga mesin kipas angin lebih awet, jangan malas untuk membersihkannya.

12. Bersihkan kamar mandi

Membersihkan kamar mandi, photo by Unsplash

Jika kamar kos kamu memiliki fasilitas kamar mandi dalam, jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur. Membersihkan kamar mandi kecil tidak akan menghabiskan waktu lama, kok, mungkin sekitar 15-30 menit.

Gosok lantai, toilet, wastafel dengan sikat pembersih. Lap cermin dengan kain basah atau dengan bantuan cairan pembersih kaca. Kamar mandi yang bersih pasti akan membuat kamu puas melihatnya!

Cari kost dengan layanan kebersihan?

Untuk menghindari kondisi kamar kos yang kotor dan tidak nyaman, kamu perlu membersihkannya secara rutin. Kegiatan bersih-bersih kamar kos ada yang perlu dilakukan harian, mingguan, dan bulanan. Namun, kesibukan kerja atau kuliah mungkin membuat kamu sudah dalam keadaan lelah saat pulang ke kos dan tidak punya energi untuk bersih-bersih. Kalau ini adalah masalah yang kamu hadapi, Cove adalah solusinya!

Cove, kost eksklusif Jakarta

Kost eksklusif di Jakarta ini memiliki sistem sewa yang fleksibel, mudah, dan akses komunitas yang tidak terbatas. Cove menawarkan kamar dan kost siap huni dengan desain estetik di berbagai lokasi strategis di Jakarta. Tidak hanya itu, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Salah satunya, terdapat fasilitas housekeeping atau layanan kebersihan mingguan yang membuat kamu nggak perlu ribet membersihkan kos sendiri. Selain kamar kost siap huni dengan perabot lengkap, Cove juga dilengkapi wi-fi stabil dan pemeliharaan rutin. Hidup sebagai anak kos jadi lebih mudah, deh. Penasaran? Segera cek Cove untuk lihat-lihat dan book secepatnya!