10 Cafe di Pasar Minggu yang Nyaman untuk Nongkrong

10 Cafe di Pasar Minggu yang Nyaman untuk Nongkrong
Cafe di Pasar Minggu, photo by freepik.com

10 Cafe di Pasar Minggu yang Nyaman untuk NongkrongJakarta Selatan menjadi salah satu wilayah yang menjadi tempat nongkrong banyak orang, khususnya para anak muda. Tidak heran kalau banyak berdiri cafe di Jakarta Selatan yang selalu ramai dikunjungi. Sebagai salah satu wilayah yang strategis, Pasar Minggu pun memiliki banyak sekali cafe yang nyaman untuk jadi tempat nongkrong. Kalau kamu ingin nongkrong di kawasan Pasar Minggu, inilah 10 rekomendasi cafe di Pasar Minggu yang bisa kamu datangi! Baca sampai selesai ya!

Pejaten Huis Coffee

Pejaten Huis Coffee, photo by cove.id

Pertama, ada Pejaten Huis Coffee jika kamu mencari cafe yang nyaman untuk nongkrong atau work from cafe. Tempat ini memiliki suasana yang menenangkan. Kamu bisa nongkrong di sini sampai malam.

Tempatnya memang tidak terlalu besar, namun tata ruang yang apik membuatnya disukai banyak pengunjung, terutama kalangan anak muda. Berbagai hiasan seperti mural di dinding dan quote menjadi daya tarik tersendiri yang membuat cafe ini terlihat estetik.

Alamat: Jl. Pejaten Raya No. Kav. 30 RT5/RW6, Pejaten Barat, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 12.00-00.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Cafe Brown Fox Waffle & Coffee

Selanjutnya, ada Brown Fox Waffle & Coffee yang bisa jadi tempat nongkrong seru. Suasana di cafe ini sangat mendukung untuk berlama-lama di sana. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman kalau mau nongkrong, wfc, atau bahkan mengerjakan tugas. Lokasinya cukup strategis, tidak jauh dari Salihara. Konsep yang diusung di sini adalah suasana ala Jepang yang hits. Bisa menjadi salah satu list cafe yang kamu kunjungi di sekitar Pasar Minggu.

Untuk menu di Brown Fox Waffle & Coffee, ada banyak varian yang biasa kamu coba. Tapi untuk menu favorit, kamu bisa coba Oyako Don Ricebowl, yaitu nasi yang ditambahkan scramble egg dan potongan daging ayam. Lalu dicampur dengan irisan bawang. Bisa juga coba salted egg shrimp yang bumbunya bukan kaleng-kaleng. Sedangkan untuk minumannya, kamu bisa coba Pink Drink, yaitu campuran susu, stroberi, dan soft cream yang rasanya nagih.

Alamat: Jl. Taman Margasatwa Raya No. 9 RT6/RW1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Jam Buka: 08.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

KopiBar Pejaten Barat

KopiBar Pejaten Barat, photo by kumparan.com

KopiBar di daerah Pejaten Barat ini banyak dikunjungi mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas. Sudah buka dari pagi, sehingga bisa didatangi untuk sekalian breakfast. Tempatnya juga nyaman untuk work from coffee atau sekadar nongkrong. Tempatnya luas yang terdiri dari dua lantai. Meskipun harga makanan dan minuman di sini agak pricy, namun citarasa makanan dan fasilitas tempatnya juga sesuai.

Berikut ini beberapa menu di KopiBar yang bisa kamu coba.

  • Es Kopi Susu, memiliki rasa yang berbeda dari es kopi susu pada umumnya. Di atasnya ditambahkan foam dan taburan granula yang menambah kenikmatan, terutama ketika sudah larut.
  • Vanilla Latte, memiliki rasa espresso yang dicampur dengan sirup vanilla. Tidak terlalu manis dan creamy.
  • The Kopibar, masih sejenis es kopi susu. Campuran susu dan gula aren di dalamnya pas. Taburan brown sugar di atasnya juga menambahkan citarasa manis.
  • Pisang Bakar Keju, bisa menjadi teman ngopi jika tidak ingin makanan berat. Taburan keju di atas pisangnya tidak pelit. Pisangnya terasa manis.
Alamat: Jl. Pejaten Raya No. 09C, RT1/RW7, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 07.00-00.00 WIB
Kisaran Harga: Rp50.000-Rp100.000

Canary Coffee Shop

Canary Coffee Shop, photo by tripadvisor.co.id

Cafe di Pasar Minggu yang tidak kalah nyaman untuk kamu dan teman-temanmu nongkrong adalah Canary Coffee Shop. Tempat ini mempunyai suasana cozy dan nuansa yang berbeda dari cafe kebanyakan. Di sini ada kolam renang yang bisa kamu nikmati pemandangannya kalau duduk di dekat jendela. Sekilas memang terlihat mewah karena ada di kawasan ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center. Area parkirnya cukup luas dan pengamanan di lobby hotel.

Makanan di Canary Coffee Shop

Canary Coffee Shop memiliki beragam pilihan menu. Salah satu menu terbaik yang harus dicoba adalah Pizza Quatro Formagi, pizza khas Italia yang bentuknya tipis dan renyah. Selain itu, ada juga menu lain yang menjadi favorit di sini, yaitu Pepes Tenggiri dan Rendang SApi yang memiliki citarasa spicy dan juicy. Ada pula dessert yang sangat beragam, seperti klepon, puding, dan lapis legis. Untuk makanan berat, kamu bisa memesan capcay, sop buntut, dan ikan dori bumbu kuning.

Alamat: No. Kav. 9, Jl. Let. Jend. TB Simatupang No. 2 RT2/RW2, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 10.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000

Bruno Cafe in The Park

Bruno Cafe in The Park, photo by sikidang.com

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu datangi untuk nongkrong atau bersantai adalah Bruni Cafe in The Park. Tempatnya yang sedikit tersembunyi, membuat suasana di sekitarnya tidak terlalu bising. Lokasinya bykan di jalur utama. Kamu harus memasuki salah satu gang yang ada di Jalan Taman Margasatwa. Areanya juga ada di dalam perumahan. Tapi tempatnya sangat luas dan asri.

Di sini juga pet friendly. Jadi sangat cocok untuk para pencinta hewan. Ada dua lantai yang menjadi bagian cafe. Di sini ada banyak bunga warna-warni yang menghiasi cafe. Ada pula area outdoor yang rimbun oleh pepohonan dan memiliki hamparan rumput hijau.

Di sini, ada berbagai menu kopi dan makanan ringan. Untuk rekomendasi minuman, kamu bisa mencoba The Dutch Iced Coffee, Iced Sunset, Air yang dicampur dengan redaman nanas, stroberi, dan lemon, kopi susu, dan lainnya.

Di sini juga ada salad yang memiliki isian sayuran hijau, tomat, bawang bombai, dan sedikit siraman italian herb dressing dan taburan permesan. Kesegaran sayuran yang renyah akan semakin kaya rasa dengan campuran dressing dan keju yang creamy. Menu favorit lainnya ada curly fries yang terdiri dari kentang goreng keriting yang renyah dan lembut.

Alamat: Gripta Studio, Jl. Taman Margasatwa 9G, Warung Jati Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 09.00-19.00 WIB
Kisaran Harga: Rp50.000-Rp100.000

Suwe Ora Jamu

Suwe Ora Jamu, photo by pergikuliner.com

Kalau kamu mau coba nongkrong sambil menikmati citarasa minuman tradisional, kamu harus datang ke Suwe Ora Jamu. Menu yang unik di sini menjadi daya tarik tersendiri, di tengah maraknya cafe yang menghidangkan kopi, di sini justru  menghidangkan jamu yang disajikan secara modern. Tempatnya juga tidak kalah unik dan nyaman. Jadi kamu bisa nongkrong sambil minum jamu.

Ada banyak sekali variasi menu di Suwe Ora Jamu. Hampir semuanya terbuat dari minuman tradisional namun dengan pengemasan dan citarasa yang lebih modern. Di antara menu-menu itu ada minuman yang dipercaya khasiatnya seperti sari anggur sehat, susu jahe, bandrek, dan bajigur. Ada juga jamu bergas waras mulai dari 7 Angin Mint, Kemanden Silokarang, Sehat Pria, Galian Rapat, Sekalor, dan lainnya.

Kemudian untuk aneka camilan, kamu bisa menikmati pisang goreng krispi, singkong goreng, tempe mendoan, tape bakar, pempek, kentang goreng, dan lainnya. Kalau kamu pencinta olahan matcha, di sini juga ada beberapa minuman seperti Matcha Honey, Matcha Lemon, Matcha Ginger, Matcha Latte, hingga Matcha Ginger Latte.

Alamat: Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 10.30-19.30 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

HaloNiko! Mini

HaloNiko! Mini, photo by pergikuliner.com

HaloNiko! Mini memiliki tempat yang keren dan unik. Mengusung konsep ala Yunani dengan hamparan kolam renang cantik di dalamnya. Kamu bisa memilih area indoor ataupun outdoor di cafe satu ini. Kamu juga bisa bawa hewan peliharaan. Nyaman sekali untuk sekadar nongkrong atau mengerjakan tugas. Banyak juga orang yang sengaja work from cafe di HaloNiko! Mini. Di sini juga kids friendly, Lho!

HaloNiko! Mini memiliki menu makanan khas Italia. Taste makanannya sangat lezat dan sangat terasa italian foods, seperti pada Creamy pasta dan sunday morning pizza. Untuk rekomendasi minuman, kamu bisa mencoba menu Monggo yang segar. Terdiri dari buah mangga, strawberry, dan yoghurt.

Alamat: Jl. Pejaten Barat Raya No. 16A RT1/RW10, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 10.00-20.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

Ruang Setara

Ruang Setara, photo by yummyadvisor.com

Satu lagi cafe di Pasar Minggu yang bisa jadi list untuk kamu kunjungi, yaitu Ruang Setara. Cafe ini memiliki konsep industrial. Tempatnya selalu ramai, terutama dikunjungi para anak muda yang senang nongkrong. Malam hari, bahkan tempat ini selalu penuh oleh anak-anak muda yang nongkrong dengan teman atau pasangan. Sebaiknya kamu datang lebih awal agar tidak terlalu ramai.

Tempatnya mirip dengan cafe pada umumnya. Di sini ada area indoor dan outdoor. Kalau kamu senang merokok, bisa memilih area outdoor.

Ruang Setara menyediakan berbagai menu kopi. Menu signature di sini adalah Madu Setara, Aren Setara, Pinkk Beach, dan Freak Mocha. Untuk menu favorit, kamu bisa coba Matcha Coffee dan Creamy Pale. Menu lainnya ada Espresso, Crema Freddo, Cafe Latte, Americano Nerd. Flat White, Affogate, Hot Mocha. Picollo.

Bagi kamu yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi, Ruang Setara juga menyediakan menu nonkopi seperti Matcha, Chocolate, dan Charcoal. Lalu ada juga aneka olahan teh seperti Apple Tea, Lemon Tea, dan Lychee Tea.

Alamat: Pejaten Raya No. 14A, RT10/RW2, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 09.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

KOCIL Specialty Coffee Sunday Market

Cafe yang satu ini sudah sangat terkenal di kawasan Jakarta dan memiliki beberapa cabang. Salah satu cabangnya ada di gedung milik Komunitas Salihara. Cafe ini selalu didatangi oleh para pencinta kopi. Menu kopi yang dimiliki KOCIL Specialty Coffee Sunday Market memang memiliki ciri khas yang membedakannya dengan cafe lain. Kalau kamu pencinta kopi, tidak akan menyesal datang ke cafe ini.

Hidangan kopi di sini memakai bahan-bahan premium dan berkualitas. Berbagai jenis biji kopi diolah hingga menghasilkan minuman yang unik. Salah satu kopi yang harus kamu coba di sini adalah es kopi susu manis. Kopinya sangat terasa strong, namun memiliki rasa manis yang pas. Menu lainnya, kamu bisa juga mencoba Hot Mocha, Hot Matcha, Iced Red Velvet, Iced Kopi Susu, Hot Thai Tea, Hot Latte, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Salihara No.16, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 07.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

Resume Coffee

Resume Coffee, photo by pergikuliner.com

Satu lagi cafe yang selalu ramai dan menjadi tempat nongkrong adalah Resume coffee yang berlokasi di kawasan Pejaten. Tempatnya tidak sulit dicari karena ada di pinggir jalan. Tempatnya memang tidak terlalu luas jika dilihat dari luar, namun nyaman. Tempatnya instagramable, sehingga cocok untuk foto atau membuat konten. Uniknya, di sini juga menjual berbagai macam mesin coffee.

Berikut ini beberapa rekomendasi menu yang bisa kamu coba di Resume Coffee.

  • Hot Latte, rasanya smooth dan tidak terlalu manis.
  • Es Kopi, rasa manisnya pas dan tidak terlalu bold. Memiliki dasar kopi susu gula aren. Tidak terlalu creamy.
  • Nasi Goreng Kampung, berisi kondimen yang lengkap, mulai dari ayam goreng hingga telur dadar. Rasanya lumayan pedas dan ada pula ati ampela di dalamnya.
Alamat: Jl. Pejaten Barat No. 100, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: 09.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Nah, itulah 10 rekomendasi cafe di Pasar Minggu yang bisa jadi opsi kamu untuk nongkrong atau work from cafe. Cafe-cafe di sini memang ada banyak dan nyaman untuk jadi tempat nongkrong. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi memilih tempat untuk bertemu teman-teman. Tinggal ke Pasar Minggu yang lokasinya sangat strategis, lalu pilih cafe yang paling sesuai dengan selera kamu.