Wajib Dicoba, 7 Cafe Dekat UI untuk Hangout Affordable

Wajib Dicoba, 7 Cafe Dekat UI untuk Hangout Affordable
Cafe Dekat UI, photo by Uzone.id

Universitas Indonesia (UI) merupakan kampus top tier di Indonesia yang selalu menjadi incaran mahasiswa baru setiap tahunnya. Dengan kualitas pendidikan berstandar tinggi, UI berhasil mencapai peringkat 18 dalam World University Impact Rangkings tahun 2022. Selain jadi universitas terbaik, terdapat berbagai cafe dekat UI yang bisa kamu jadikan tempat hangout setelah kuliah.

Lokasi strategis dari kampus UI membuat area ini dikelilingi berbagai tempat makan, cafe, serta kos-kosan. Bagi sebagian besar mahasiswa, cafe sudah jadi kebutuhan. Bahkan, ada yang menjadikan cafe sebagai tempat wajib untuk nugas. Apakah kamu salah satunya? Kalau penasaran, langsung aja, deh, cek rekomendasi cafe dekat UI berikut ini. Tentunya punya harga affordable yang ramah untuk kantong mahasiswa. Check this out!

Kopi Brumbun

Kopi Brumbun, photo by PergiKuliner

Kopi Brumbun cocok buat kamu para pecinta olahraga. Pasalnya, cafe satu ini berada satu area dengan lapangan futsal yang bisa juga kamu sewa. Kopi Brumbun memiliki desain minimalis industrial dengan area outdoor, dan indoor. Meski begitu, area open space di Kopi Brumbun lebih luas dibandingkan dengan indoor area.

Sebagai cafe yang dekat dengan UI, lokasi Kopi Brumbun hanya berjarak 5 menit berkendara. Jadi, cafe ini cocok banget untuk dijadikan tempat kamu hangout selepas kuliah. Kopi Brumbun pun menyediakan berbagai variasi menu mulai dari minuman sampai main course. Kamu bisa coba menu andalan dari Kopi Brumbun, yaitu Kopi Susu Brumbun. Untuk pelengkap minum kopi, jangan lupa untuk pesan pisang goreng dan cirengnya.

Alamat: Jl. Pipa Gas No. 8, Beji, Depok
Kisaran Harga: <Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 23.00)

Bin House

Bin House, photo by PergiKuliner

Sepanjang jalan Margonda Raya memang terdapat banyak sekali cafe. Salah satunya Bin House yang juga dekat dengan UI. Konsep cafe minimalis, cocok untuk kamu yang ingin hangout sambil nugas. Meski berada di pinggir jalan raya, Bin House cukup sunyi dan jauh dari kebisingan.

Menu andalan di Bin House cukup beragam. Kamu bisa pesan es kopi bin, cafe mocca, dan cafe latte. Nah, kalau lapar kamu bisa coba aglio olio yang sering menjadi best seller. Pada saat weekend, kamu bisa nongkrong sambil menikmati live music dari Bin House, loh! Makin betah karena bisa sing along bareng teman.

Alamat: Jl. Margonda Raya No. 35, Beji, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)

Baca Juga: 9 Cafe di Depok yang Cozy untuk Nongkrong atau WFC!

KopiBar

KopiBar, photo by Zomato

Sangat dekat dengan UI, KopiBar merupakan cafe yang bisa kamu tempuh dengan berjalanan kaki lewat Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia. Lokasi tepatnya berada di pinggir jalan raya dekat dengan Stasiun Pondok Cina, Depok. Nuansa interior penuh kayu cukup membuat kamu nyaman untuk duduk berlama-lama di KopiBar. Ditambah jam bukanya hingga larut malam, cocok untuk kamu yang sedang ngejar deadline.

Menu makanan dan minuman di KopiBar cukup bervariasi. Kamu bisa memesan makanan ringan atau berat saat hangout di cafe ini. Salah satu yang paling diminati orang saat datang ke KopiBar adalah waffle choco dan caramel. Sementara itu, untuk minuman yang patut kamu coba ada piccolo dan green tea latte. Penasaran?

Alamat: Jl. Margonda Raya No. 417, Beji, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Kamis (10.00 - 00.00), Jumat - Minggu (10.00 - 02.00)

Javaroma Bottega del Caffe

Javaroma UI, photo by Qraved

Perpustakaan Universitas Indonesia terkenal dengan bangunan megahnya. Tak hanya menyediakan berbagai buku yang bisa kamu pinjam sebagai mahasiswa UI, Perpustakaan UI pun memiliki tempat hangout. Kamu yang mau nongkrong di area kampus bisa datang ke perpustakaan. Salah satu cafe paling populer yang ada di Perpustakaan UI ialah Javaroma Bottega del Caffe atau dikenal dengan Javaroma UI. Kamu bisa nongkrong di sini sambil menunggu kelas selanjutnya dan menikmati pemandangan danau UI.

Nuansa Javaroma UI ini penuh dengan warna putih. Sehingga terlihat clean dan minimalis. Menu dari Javaroma sendiri menyediakan coffee, pastry, dan pasta. Beberapa menu andalan dari Javaroma, seperti Coffee Au Lait dan Almond Croissant. Kamu gak perlu khawatir kalau datang ke Javaroma, meski interior cafe dalam kampus ini cukup mewah, harganya tetap affordable di kantong mahasiswa.

Alamat: Perpustakaan Pusat UI Lantai 1, Jl. Lingkar Kampus Raya, Beji, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Kamis (10.00 - 20.00), Jumat (10.00 - 21.30), Sabtu (10.00 - 20.00)

Moses Coffee

Open Space Moses Coffee, photo by Moses Coffee

Sering jadi incaran anak kampus untuk hangout, Moses Coffee merupakan cafe yang berada dekat dengan UI. Cafe ini hanya berjarak 10 menit berkendara dari area kampus UI. Cafe ini termasuk baru dengan area indoor dan open space yang luas. Memiliki desain kombinasi minimalis dan industrial. Cafe satu ini tetap cozy untuk jadi pilihan tempat bercengkrama dengan teman.

Sebagai cafe yang dekat dengan kampus, harga makanan dan minuman di Moses Coffee sangat kantong mahasiswa friendly. Seluruh menunya berada di kisaran harga Rp20.000 - Rp35.000. Kamu patut coba berbagai varian signature drinks dari Moses Coffee, seperti Glommy Mile, Sunset Breeze, Shark Bite. Nah, untuk makanannya, terdapat menu kolaborasi antara Lamak dan Moses Coffee yang bisa kamu pilih.

Alamat: Jl. Ketapang No. 6, Beji, Depok
Kisaran Harga: <Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 23.00)

Baca Juga: 6 Rekomendasi Cafe Hits di Antasari, Jakarta Selatan untuk Nongkrong atau WFC!

Walking Drums

Walking Drums, photo by Qraved

Terletak di Jalan Margonda Raya, Walking Drums memang jadi cafe pilihan anak-anak UI. Lokasinya yang mudah dijangkau serta tempat yang nyaman bikin hangout lebih seru. Di Walking Drums terdapat area indoor dan open space. Namun, tempat ini memang lebih mengandalkan area open space. Desainnya cukup unik karena bertingkat seperti tangga, buat kamu yang ingin santai bisa memilih duduk di spot ini. Terdapat juga tempat duduk ala bar memanjang, cocok untuk buka laptop sambil mengerjakan tugas.

Varian menu dari Walking Drums cukup banyak, mulai dari menu nusantara hingga international food. Nah, salah satu yang jadi rekomendasi menu Walking Drums adalah Crispy Pizza Mushroom & Smoked Beef. Sementara itu, untuk minumannya ada pilihan kopi yang bisa kamu nikmati, seperti Flat White, Caramel Macchiato, atau Coffee Avocado.

Alamat: Jl. Margonda Raya No. 426, Beji, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Minggu - Kamis (08.00 - 22.00), Jumat - Sabtu (08.00 - 23.00)

DJournal Coffee Margo City

Djournal Margo City, photo by PergiKuliner

Cafe yang satu ini sudah memiliki cabang di mana-mana. Yap, Djournal Coffee yang baru saja buka di Depok memiliki lokasi yang dekat dengan UI. Cafe satu ini berlokasi di Mall Margo City. Memiliki desain interior khas ala Djournal yang pastinya cozy sehingga bikin kamu betah. Kamu bisa banget hangout ke Djournal Coffee Margo City setelah kuliah karena jaraknya hanya 10 menit berkendara.

Menu dari Djournal Coffee tidak jauh berbeda satu sama lain. Kalau kamu pecinta cita rasa nusantara, cukup pesan Kopi Susu Batavia. Sementara itu, pecinta minuman non-coffee bisa memesan Ice Chocolate/Hot Chocolate.

Alamat: Margo City, Lantai Lower Ground, Jl. Margonda Raya, Beji, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 21.00)

Kost Eksklusif Dekat dengan Kampus UI

Kamar Cove 103, photo by Cove

Setelah melihat rekomendasi cafe dekat UI, Cove punya rekomendasi kost eksklusif bagi kamu yang ingin tinggal dekat kampus. Cove 103 merupakan kost eksklusif yang berada dekat dengan UI. Tentunya, kost ini memberikan kenyamanan dan fasilitas lebih dibandingkan kost pada umumnya.

Cove 103 menyediakan kamar fully furnished, lengkap dengan kasur, set meja belajar, lemari, AC, dan kamar mandi dalam. Selain fasilitas pribadi tersebut, kamu bisa menikmati fasilitas bersama, seperti lounge, dapur, ruang makan, keamanan, listrik, air, serta laundry. Sangat lengkap bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk, tinggal lebih nyaman di Cove 103. Kamu bisa melakukan booking langsung dengan Sales Cove via Whatsapp. Book sekarang sebelum kehabisan.


Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!