14 Cafe di Depok yang Cozy untuk Nongkrong atau WFC!

14 Cafe di Depok yang Cozy untuk Nongkrong atau WFC!
Cafe di Depok, photo by Djavatoday

Area perbatasan di Selatan Jakarta, yakni Depok memang terkenal punya banyak cafe cozy dan keren untuk hangout. Gak heran kalau anak Depok selalu punya tempat nongkrong seru. Apalagi di area Depok banyak anak muda yang berkuliah karena wilayah sekitarnya ada berbagai kampus ternama, seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gunadarma (Gundar). Nah, cafe-cafe di Depok tersebut menjadi tempat untuk anak kuliah nongkrong dan bercengkrama bersama teman. Bahkan, banyak juga yang menghabiskan waktu di cafe untuk mengerjakan tugas karena suasana cozy serta fasilitasnya yang mendukung.

Deretan cafe di Depok berikut ini punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Namun, kamu tenang aja, karena seluruh cafe dijamin cozy dan bikin kamu betah menghabiskan waktu baik untuk nongkrong maupun work from cafe (WFC). Kalau kamu kepo dengan nama cafenya, scroll kelanjutan artikel di bawah ini ya!

14 Cafe Cozy di Depok

Oi Coffee and Eatery

Bar Oi Coffee, photo by Oi Coffee & Eatery

Cafe dengan konsep minimalis memberikan kesan nyaman bagi para pengunjungnya. Kalau di Depok, kamu dapat menemukan nuansa tersebut di Oi Coffee and Eatery. Cafe ini terdiri dari 4 lantai, di mana lantai paling atas merupakan area rooftop outdoor. Kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan Kota Depok. Nah, untuk lantai 1 - 3 pun terdapat seating area berupa indoor dan outdoor. Kalau kamu suka foto-foto, beberapa spot di cafe ini sangat Instagramable, deh! Di samping itu, Oi Coffee punya area coworking space yang bisa kamu coba. Suasananya dijamin nyaman dengan harga terjangkau.

Oi Coffee and Eatery punya berbagai varian menu yang bisa kamu cicip. Mulai dari coffee, non-coffee, artisan tea, appetizer, pastry, main course berupa pasta dan beberapa menu nusantara. Kalau mau coba menu andalannya, kamu bisa pesan menu signature, yakni Es Kopi Susu Oi. Nah, untuk makanan, Brunch Matah Sausage merupakan favorit banyak orang. Penasaran mau coba?

Suasana di Oi Coffee & Eatery

Cafe ini didominasi dengan warna putih yang warm dan bikin betah untuk nongkrong. Di area rooftop, kamu bisa menikmati kopi dan menu yang tersedia sambil melihat pemandangan city lights Kota Depok, sekaligus people watching kegiatan orang yang sedang lalu lalang di bawah. Psst..mau datang sendiri ke sini juga oke banget, karena tempatnya mendukung untuk bengong! Hihi.

Alamat: Ruko AVI River View, Jl. Komjen.Pol.M.Jasin No.1, Cimanggis, Kota Depok, 16451
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp75.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 22.00)

Kopi Koti

Indoor Area Kopi Koti

Cocok untuk work from cafe (WFC), Kopi Koti terletak di Jalan Nusantara Raya, Depok yang dekat dengan beberapa kampus. Di Kopi Koti, kamu bebas pilih untuk duduk di area indoor atau outdoor. Fasilitas yang mendukung cafe satu ini untuk WFC ialah stop kontaknya yang tersebar di berbagai kursi. Jadi, kamu tidak perlu takut kehabisan baterai laptop saat menghabiskan waktu di sini. Selain cocok untuk WFC, Kopi Koti juga bisa menjadi pilihan tempat hangout kamu bareng teman-teman.

Kalau datang ke Kopi Koti, kamu patut coba Es Kopi Koti yang merupakan signature mereka. Selain kopi, tersedia minuman lain seperti teh, latte ice, dan soft drink. Eits, bukan hanya itu, Kopi Koti pun memiliki berbagai varian donat yang bisa kamu jadikan snack pendamping kopi atau kamu bisa pesan main course mulai dari pasta, mac and cheese, dan masakan khas nusantara.

Review Menu Andalan Kopi Koti

Ice Long Black (Rp30.000): Ice Long Black di Kopi Koti dibuat dari campuran kopi arabika dan robusta. Saat menyesap kopi ini, kamu akan merasakan rasa asam khas arabika, dengan sentuhan rasa dark chocolate yang tebal dan manis di akhir. Nikmat banget!
Hot Cappuccino (Rp25.000): Hot Cappuccino di Kopi Koti memiliki rasa kopi yang tidak terlalu kuat, dengan foam yang melimpah. Cocok untuk kamu yang menyukai kopi dengan rasa yang tidak terlalu pahit.

Alamat: Jl. Nusantara Raya No.282, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16432
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp75.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Kamis (09.00 - 22.00), Jumat - Minggu (09.00 - 23.00)

Louis Cafe

Outdoor Area Louis Cafe, photo by Kitalulus

Louis Cafe punya vibes yang lebih homey untuk ukuran coffee shop. Look ini terlihat dari bangunan utamanya yang punya kesan vintage ala rumah zaman Belanda. Ditambah, penggunaan kayu sebagai furnitur outdoornya semakin menambah kesan homey. Meski Louis Cafe hanya punya satu lantai, tetapi areanya cukup luas baik dari indoor ataupun outdoor. Sehingga tetap cozy dong buat nongkrong.

Saat datang ke Louis Cafe ada banyak menu yang bisa kamu coba, dari minuman hingga makanan. Eits, gak perlu bingung, kamu bisa coba menu andalan dari Louis Cafe, yakni Es Kopi Loco, rasanya yang creamy cocok buat pecinta kopi dengan citarasa light.

Alamat: Jl. Mawar No. 22, Pancoran Mas, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp75.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 24.00)

Dadi’s Coffee Garden

Outdoor Area Dadi’s Coffee Garden, photo by PergiKuliner

Mencari cafe dengan ambience adem dan menyejukkan? Datang aja ke Dadi’s Coffee Garden. Sesuai namanya, cafe ini berkonsep garden dengan area outdoor dan indoor yang luas. Sehingga kamu bisa nongkrong bareng gank kamu di Dadi’s Coffee Garden. Kamu suka foto-foto? Tenang aja karena setiap sudut dari Dadi’s Coffee Garden super Instagramable.

Beda dari yang lain, menu andalan dari Dadi’s Coffee Garden ialah mini chiffon cake yang harganya dibawah Rp50 ribu. Kamu juga bisa pesan pastry, snacks, dan main course lain di sini. Sementara itu, untuk minumannya kamu bisa coba Dadi’s Signature Latte ataupun menu Dadi’s Tropical yang menyegarkan.

Suasana di Dadi’s Coffee Garden

Dadi’s Coffee Garden menghadirkan suasana yang berbeda dibandingkan cafe lainnya. Saat kamu memilih area outdoor untuk nongkrong, kamu bisa menikmati kopi ditemani dengan kicauan-kicauan burung yang merdu, berasal dari sangkar raksasa yang berada di tengah area duduk.

Selain menikmati kopi dengan kicauan burung, kamu bisa juga mencoba Nasi Goreng Kecombrang, menu andalan cafe ini, yang dilengkapi dengan ayam dan telur sebagai topping, serta acar. Nasi goreng ini memiliki aroma dan rasa khas dari bunga kecombrang. Nagih banget, deh.

Alamat: Jl. Siliwangi No. 7, Pancoran Mas, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Kamis (10.00 - 22.00), Jumat - Minggu (10.00 - 23.00)

Jacob Koffie Huis

Jacob Koffie Huis, photo by Tabloid Bintang

Cafe dengan suasana homey memang bikin betah. Gak heran deh kalau sebagian cafe di Depok mengusung konsep ini, termasuk di Jacob Koffie Huis. Vibes homeynya sangat kental karena berada di area perumahan yang jauh dari jalan raya dan bangunannya pun khas rumah lama. Selalu ramai didatangi pengunjung lantas tidak membuat cafe ini jadi berisik. Sebaliknya, meski ramai cafe ini tetap terasa menenangkan.

Supaya lebih praktis, Jacob Koffie Huis menyediakan menu botolan yang bisa kamu pesan. Menu ini pun menjadi andalan mereka, yaitu Kopitamu dan Kopidingin. Bagi kamu yang ingin mengisi perut, cafe ini pun memiliki menu makanan sangat beragam.

Rekomendasi Minuman di Jacob Koffie Huis

Kopi Kamu (Rp20.000): Kopi Kamu merupakan kopi susu yang disediakan di botol. Kopi ini memiliki rasa yang unik, dengan sensasi creamy dan caramel yang terasa di lidah. Kopi ini juga memiliki kadar manis yang pas, tidak terlalu manis atau tidak terlalu pahit. Banyak yang bilang, Kopi Kamu dari Jacob Koffie Huis mirip permen Kopiko!
Hot Cappuccino (Rp20.000): Dengan aroma yang kuat, hot cappuccino di sini menjadi teman yang pas untuk mengawali hari. Rasanya tidak terlalu manis, dengan latte art yang unik di atasnya.

Alamat: Jl. Kemuning No. 1, Pancoran Mas, Depok
Kisaran Harga: <Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 22.00)

Temu Kamu

Temu Kamu, photo by hellocoffeespace

Konsep minimalis atau industrial pada cafe memang sering terlihat. Nah, Temu Kamu buka dengan konsep berbeda dari cafe lain. Interior dan dekorasinya dibuat lebih ramai ala cafe-cafe yang ada di Bali. Kalau kamu kangen dengan suasana Bali, datangi aja cafe Temu Kamu. Saat datang, kamu bisa pilih untuk duduk di area indoor atau outdoor yang luas.

Jangan lupa untuk coba gelato saat datang di Temu Kamu. Harga gelatonya cukup terjangkau, yakni Rp35 ribu. Punya vibes yang mirip dengan Bali, cafe ini juga punya menu lobster yang wajib kamu coba.

Alamat: Jl. Raya Bogor KM 29.5, Cimanggis, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Jumat (10.30 - 22.30), Sabtu - Minggu (08.00 - 22.30)

Suar Ruang Coffee Ground

Menu Suar Ruang, photo by Pergikuliner

Berlokasi di belakang kampus UI tepatnya di kawasan Kukusan Teknik (Kutek), Suar Ruang Coffee Ground bisa banget kamu jadikan destinasi untuk mengerjakan tugas bareng teman. Dengan desain industrial ala cafe kekinian, Suar Ruang bisa dikatakan nyaman untuk jadi tempat nongkrong harian sampai menghabiskan waktu berjam-jam. Di cafe ini, seating area outdoor lebih banyak dibandingkan dengan area indoor. Namun, kamu tetap bisa nyaman duduk di area outdoor karena terdapat kipas serta tanaman yang bikin suasana sejuk.

Menu yang disajikan di Suar Ruang terdiri dari coffee, non-coffee, snacks, dan main course. Namun, ada yang jarang ditemukan di cafe lain karena Suar Ruang memiliki seasonal menu bernama Tropical Mamba, loh! Menu ini merupakan perpaduan kopi dan mocktail sehingga rasanya menyegarkan. Untuk makanannya, kamu bisa coba cinnamon roll. Buat kamu yang hobi nongkrong, gak perlu khawatir! Karena seluruh menu dari Suar Ruang Coffee Ground ini ramah dikantong pelajar.

Alamat: Jl. H. Amat No. 2, Beji, Depok
Kisaran Harga: <50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 23.00)

Forque

Outdoor Forque, photo by Wisata Info

Forque merupakan cafe di Depok bertemakan industrial dengan area outdoor yang sangat luas. Yap, Forque bisa dikatakan cafe yang baru buka beberapa bulan lalu, tetapi cukup ramai didatangi anak muda untuk nongkrong. Nah, kamu yang hobi ngopi wajib datangi tempat ini ya.

Keunikan dari Forque ialah penggunaan nama band untuk menu mereka. Sebut saja ada Arctic Monkeys, Skyline, Coldplay, Zeppelin, Westlife, sampai Black Sabbath. Kalau kesukaanmu adalah kopi susu, kamu bisa pesan Arctic Monkey. Menarik kan?

Alamat: Jl. Jagal No. 3A, Pancoran Mas, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp80.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (09.00 - 22.00)

Emily Listening Space

Pastry dan Waffle Emily Listening Space, photo by Emily Listening Space

Cafe ini merupakan listening space pertama di Kota Depok. Lokasinya cukup tersembunyi dari hiruk pikuk kemacetan Depok. Enggak heran kalau cafe satu ini dijuluki sebagai hidden gem. Jika dibandingkan dengan cafe sebelumnya, Emily Listening Space cukup mungil untuk ukuran cafe. Namun, ambiencenya sangat homey dan bikin kamu betah. Area outdoornya lebih luas dari indoor. Keunikan cafe ini terletak pada listening spacenya karena terdapat beberapa vinyl yang bisa diputar. Bagi pecinta musik tentu hal ini sangat menyenangkan dong!

Kebanyakan cafe atau coffee shop memiliki menu kopi susu gula aren sebagai signature. Di Emily Listening Space kamu tidak akan menemukan menu-menu tersebut. Berbeda dan lebih unik, untuk menu kopi di sini dicampur dengan mocktail sehingga terdapat hint menyegarkan. Terdapat dua menu kopi signature dari Emily Listening Space, yakni Dessert Cloud dan Kings & Queen. Nah, untuk makanannya kamu bisa cicip deretan pastry of the day yang berada di display kasir saat memesan minum atau kamu juga bisa memesan waffle.

Suasana di Emily Listening Space

Emily Listening Space bisa dibilang menjadi hidden gem depok. Di sini, kamu tidak hanya bisa menikmati minuman dan makanan yang lezat, namun juga memanjakan telinga dengan piringan hitam yang diputar dari turntable, dengan speaker bersuara renyah dan berkualitas tinggi. Cocok banget deh tempat ini untuk kamu yang audiophile!

Alamat: Jl. Jambu No. 2, Pancoran Mas, Depok
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp70.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)

Toko Kopi Tuku

Toko Kopi Tuku Depok, photo from Radar Depok

Siapa sih, yang nggak tau Kopi Tuku? Pelopor kopi susu yang fenomenal ini akhirnya membuka cabang di Depok, setelah menyapa tetangga Tuku di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya. Tempatnya yang berseberangan dengan Universitas Gunadarma menjadikan kedai kopi ini ramai oleh kalangan mahasiswa dan dosen, sehingga jika kamu berencana mampir, perlu siap-siap mengantre, ya. Soal rasa sih, nggak perlu diragukan lagi. Cove merekomendasikan kamu untuk memesan Kopi Susu Tetangga yang menjadi andalan mereka!

Rasa Kopi Tuku & Suasana Cabang Depok

Area tempat duduk yang cukup terbatas di Toko Kopi Tuku Depok menjadikan tempat ini lebih cocok sebagai shop and go untuk kamu yang ingin meminum kopi. Namun uniknya, meski tempatnya cukup sempit, di cabang ini, Toko Kopi Tuku menyediakan “mading” yang menceritakan perjalanan Toko Kopi Tuku, menjadikan kedai kopi kecil ini tempat yang hangat dan terbuka bagi semua orang.

Oh ya, untuk menu andalannya sendiri, Kopi Susu Tetangga memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp20.000 per gelas. Kopi Susu Tetangga memiliki kandungan kopi dan susu yang seimbang, dengan rasa manis yang tidak terlalu mendominasi. Jadi, jika kamu menyukai kopi susu yang cenderung pahit, menu ini pas banget untuk kamu!

Alamat: Jl. Komjen.Pol.M.Jasin No.33, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451
Kisaran Harga: Rp20.000 - Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu, 07.00 - 21.00

Kopi Kotak

Kopi Kotak, photo from Traveling Yuk!

Kalau lagi ada di area Margonda, jangan lupa untuk mampir ke Kopi Kotak! Tempat kopi ini memiliki area outdoor yang luas dan estetik, dilengkapi dengan tema ala Santorini. Untuk mendapatkan view yang cantik, paling pas datang sore-sore menuju jam sunset, deh!

Oh ya, di sini, kamu bisa mencoba beberapa menu favorit Kopi Kotak yaitu Kopi Gula Aren dan Kopi Salted Caramel, ya.

Suasana di Kopi Kotak

Kopi Kotak merupakan kedai kopi yang bergabung bersama restoran bernama Dapoer Djoeang. Di sini, kamu bisa nongkrong dengan asyik di area rooftop sambil berburu sunset. Oh ya, nggak perlu kepanasan, karena di sini, kamu bisa menemukan banyak pohon-pohon tinggi yang melindungi kamu dari terik matahari. Selain nongkrong bersama teman-teman, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini mulai hunting foto, hingga mendengarkan live music.

Alamat: Jl. Margonda No.488, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00

Bin House

Bin House, photo from Travelerien

Jika kamu mencari cafe yang memiliki pencahayaan natural sehingga cocok untuk foto-foto, maka Bin House adalah tempat yang tepat! Coffee shop ini sebenarnya tidak terlalu luas, tapi memiliki bangunan modern yang tentunya menjadi daya tarik utama cafe ini. Terlihat seperti rumah kaca dari luar, Bin House memiliki interior dengan unsur kayu yang dipadukan dengan tema industrial. Lucu dan aesthetic banget!

Bin House memiliki dua menu andalan yang bisa kamu coba, yaitu:

Spaghetti Aglio Olio (Rp30.000): Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu bisa menikmati sepiring Aglio Olio dengan rasa yang cukup pedas dan oily, namun masih nyaman di mulut. Menu ini dilengkapi dengan topping beef bacon dan jamur, memberikan sentuhan gurih di setiap kunyahan. Enak banget, deh.

Chicken Teriyaki Rice (Rp30.000): Chicken Teriyaki di Bin House dilengkapi dengan nasi hangat putih yang pulen, juga selada serta salad yang dilumuri mayonaise. Rasanya yang gurih, manis, dan creamy, cocok banget deh menjadi santapan andalan saat perut lapar.

Alamat: Jl. Margonda, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00

SIliwangi Social Space

Siliwangi Social Space, photo from PergiKuliner

Berada di area Sawangan, jangan lupa mampir ke Siliwangi Social Space! Cafe ini memiliki ambience yang cozy, dengan area outdoor luas dengan banyak kursi, sehingga cocok untuk tempat hangout bersama teman-teman.

Siliwangi Social Space didominasi dengan ruang terbuka dan pepohonan rimbun, dilengkapi dengan furnitur dengan aksen kayu. Makin estetik, cocok banget buat foto-foto, hihi.

Suasana Malam di Siliwangi Social Space

SIliwangi Social Space memiliki harga menu yang sangat terjangkau, mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000. Cafe yang memiliki area outdoor dan indoor ini tidak hanya cocok didatangi di sore hari, tapi juga malam hari, lho. Di saat malam, cafe ini memiliki suasana yang romantis dengan lampu-lampu kuningnya. Oh ya, jika kamu datang di hari Selasa dan Jumat malam, bisa menikmati live music juga, lho!

Alamat: Jl. Anggrek, Cinangka, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16516
Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp50.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu, 08.00 - 22.00

Ouwie Coffee & Eatery

Ouiwe Coffee & Eatery, photo from Guiden

Ouwie Coffee & Eatery berlokasi di kawasan Grand Depok City. Cafe yang satu ini cukup ramai dikunjungi oleh banyak orang, mulai dari pengunjung yang WFC (Work from Cafe) atau sekedar hangout bersama teman-teman. Cafe ini memiliki tempat yang cukup luas dengan dua lantai, dan tersedia area outdoor di rooftop atau indoor full AC.

Lychee Mojito (Rp35.000): Lychee Mojito merupakan menu minuman di Ouiwe Coffee & Eatery yang pas jika kamu mencari minuman segar manis dengan sentuhan sedikit asam. Kamu juga akan mendapatkan buah leci murni di dalamnya, lho.

Black Pepper Chicken Rice (Rp45.000): Pecinta pedas wajib cobain menu ini! Seperti namanya, kamu akan mendapatkan ayam bumbu lada hitam yang pedas dan terasa panas di mulut, dibarengi dengan nasi putih hangat dan sayuran yang menggugah selera.

Alamat: Jl. Boulevard Grand Depok City Grand No.16, Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16412
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp75.000 per orang
Jam Operasional: Senin - Minggu, 07.00 - 22.00 

Kost Eksklusif di Depok

Lokasi Depok yang strategis tidak hanya membuat kota ini punya banyak cafe seru, tetapi juga kost-kostan karena berada di pinggir Jakarta. Budgetnya pun relatif terjangkau ditambah akses transportasi, terutama kereta yang sangat mudah. Cove punya rekomendasi kost eksklusif, nih, buat kamu yang ingin tinggal di Depok. Cove 103 berada di lokasi strategis Kota Depok, dekat dengan berbagai tempat seperti kampus UI, Stasiuin Pondok Cina, Stasiun UI, Margo City, dan cafe-cafe tersebut. 

Kost ini sangat cocok buat kamu para mahasiswa UI yang ingin menghemat waktu dengan tinggal di Depok. Enggak hanya itu, fasilitasnya yang lengkap dijamin bakal bikin kamu betah karena masing-masing kamar sudah fully furnished. Dilengkapi dengan kasur, kamar mandi dalam, lemari, dan set meja kerja beserta kursi. Eits, ada tambahan fasilitas lagi, nih! Kamu bisa masak-masak di dapur bersama dan bersantai di area lounge. Plus ada tambahan laundry gratis dan pembersihan kamar. Tinggal di Cove 103 pokoknya all in one. Yuk, pindah ke Cove sekarang. Jangan lupa untuk book sebelum kehabisan ya!

Mulai dari Rp1juta per bulan 

Selengkapnya tentang Cove 103