8 Tips Belajar Masak untuk Pemula yang Mudah Diikuti

Apakah kamu sedang ingin belajar memasak? Coba intip tips belajar masak untuk pemula di sini supaya masakan kamu semakin oke.

8 Tips Belajar Masak untuk Pemula yang Mudah Diikuti
Tips Belajar Masak untuk Pemula, photo by Vox.com

Memasak bukan hanya menjadi suatu kebutuhan yang dilakukan, tapi bisa juga menjadi hobi dari sebagian orang. Apabila kamu belum pernah memasak, kamu mungkin mengalami beberapa kesulitan di awal percobaan memasak. Selain itu, kamu juga mungkin saja mengalami kecelakaan di dapur seperti kecipratan minyak panas atau teriris ketika memotong bawang dan sayuran. Tapi, tenang saja. Kalau kamu mengikuti tips belajar masak untuk pemula dengan benar, kamu akan terselamatkan dari hal-hal ini, kok.

Terkadang, mengalami kecelakaan-kecelakaan kecil yang terjadi di dapur dapat membuat seseorang enggan untuk mencoba memasak kembali. Tapi, jangan khawatir. Mungkin saja, setelah membaca tips belajar masak untuk pemula ini, kamu jadi tertarik untuk menjadi koki bagi orang-orang terdekat kamu.

Yuk, langsung simak artikel lengkapnya di sini!

8 Tips Belajar Masak untuk Pemula

1. Hilangkan Keraguan untuk Memulai

Jangan takut untuk belajar memasak, photo by HuffPost.com

Kalau kamu ingin belajar memasak, hal yang paling penting harus kamu ingat adalah kamu harus berani mencoba. Artinya, kamu harus berani memasak apa saja yang ingin kamu masak atau memasak masakan favorit orang-orang yang kamu sayangi.

Meskipun di awal mungkin hasil masakan kamu tidak sesuai dengan ekspektasi, tapi kamu bisa mengulanginya lagi dan yang paling penting, kamu sudah pernah mencobanya. Jadi, jangan pernah takut untuk mulai mencoba!

2. Kenali dan pastikan kamu menggunakan alat masak yang tepat

Kenali alat memasak kamu, photo by theasiantelegraph.com

Apabila kamu akan memasak, sudah pasti kamu harus mengenal alat-alat yang akan kamu gunakan saat kamu memasak. Ada beragam jenis alat masak dengan fungsi yang berbeda-beda, dan hal tersebut harus dipahami sebagai seorang pemula.

Perlu diingat, kamu tidak membutuhkan alat yang mahal agar bisa menciptakan hidangan yang lezat. Karena yang terpenting adalah kamu menggunakan alat masak yang memiliki kualitas baik dan dapat digunakan tanpa halangan.

2. Kenali bahan-bahan makanan

Kenali bahan masakan, photo by CDC.gov 

Setelah mengenal berbagai alat memasak, kamu juga harus bisa mengenali jenis bahan-bahan makanan. Bukan hanya sebatas bahan masakan, tapi kamu juga harus bisa membedakan fungsi bumbu antara satu dan lainnya.

Maka dari itu, para pemula harus mulai belajar dalam membedakan antara rempah satu dan lainnya, apalagi untuk jenis rempah yang memiliki tampilan hampir serupa. Untuk mempermudah proses ini, kamu bisa memberikan label untuk tiap bumbu yang kamu gunakan di dapur agar kamu tidak akan tertukar saat menggunakannya ketika memasak.

BACA JUGA: 10 Restoran di Pondok Indah Mall, Favorit untuk Lunch!

3. Baca buku resep atau tonton tutorial memasak

Jangan ragu untuk ikuti resep, photo by Kitchn.com

Kalau kamu sudah dapat mengenali peralatan memasak dan bahan masakannya, maka kamu dapat mulai bergerak untuk memasak, nih. Kamu bisa memulai dengan cara melihat resep-resep yang ada pada buku masakan atau melihat tutorialnya secara langsung di ponsel kamu.

Berhubung kamu adalah seorang pemula dalam hal masakan, cobalah untuk membuat masakan yang sederhana, mudah di buat, dan yang pasti cocok dengan selera kamu. Misalnya, kamu bisa coba merebus atau menggoreng telur, dan jika sudah mahir kamu bisa mencoba membuat orak-arik telur dengan bumbu-bumbu yang gampang seperti garam dan merica.

4. Teliti Resep

Baca baik-baik resep kamu, photo by iStock.com

Ketika kamu memasak mengikuti resep, sebaiknya kamu membaca atau mengikuti langkah tutorial memasak dengan teliti. Kamu pastinya tidak mau kan, ketika sedang asik memasak, ternyata kamu kelupaan bahan atau alatnya?

Makanya, kamu harus membaca resep dengan teliti, cermat, dan tepat agar masakan kamu bisa jadi sukses.

5. Pilihlah bahan-bahan masakan yang segar

Pilih bahan yang segar, photo by goodhousekeeping.com

Sebelum kamu mulai memasak, sebaiknya kamu memilih bahan-bahan masakan yang segar agar masakan kamu semakin lezat dan tentu saja akan disukai oleh orang-orang kesayangan kamu.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang masih segar, hasil masakan kamu pastinya akan menjadi jauh lebih baik. Maka dari itu, sebelum memasak, sebaiknya kamu mengecek isi kulkas kamu terlebih dahulu. Kalau kamu menemukan bahan-bahan yang sudah tidak segar, segerlah berbelanja ke pasar atau supermarket terdekat kamu.

BACA JUGA: 10 Cafe di SCBD yang Pas untuk Makan Ganteng Minum Cantik

6. Mulailah dengan masakan yang mudah

Masak hidangan yang mudah, photo by esmmweighless.com 

Apabila kamu sudah memahami langkah-langkah dalam memasak, maka kamu dapat memulai dengan masakan yang mudah terlebih dahulu. Tentunya, akan ada tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan agar nantinya kamu tidak akan kaget saat memasak.

Dengan memulai dari resep yang mudah, maka kamu akan beradaptasi dengan suasana dapur dan dapat mempersiapkan diri untuk menu yang lebih kompleks atau rumit ke depannya nanti.

7. Cicipi sebelum di hidangkan

Cicipi hasil masakan kamu, photo by Freepik.com ‌ ‌

Karena kamu masih pemula, ada baiknya kamu mencicipi hasil masakan kamu terlebih dahulu sebelum menyajikan masakan kamu di meja makan. Teliti hasil masakan kamu dengan baik, apakah rasanya masih kurang asin, manis, atau masih kurang bumbu lainnya?

Dengan mencicipi hasil masakan kamu sebelum menyajikan makanan, ke depannya kamu akan lebih terlatih dengan takaran bumbu yang dibutuhkan untuk setiap masakan kamu baik untuk menu yang sama atau untuk menu lainnya.

8. Terus berlatih dan jangan menyerah

Terus belajar memasak, photo by Unsplash.com 

Perlu kamu ingat, kegagalan bisa saja terjadi ketika kamu memasak. Tidak perlu berkecil hati, kok. Bahkan seorang koki professional pasti pernah mengalami kegagalan ketika memasak saat mereka baru mulai belajar memasak. Maka dari itu, kamu bisa terus mencoba dan beradaptasi dengan suasana memasak agar kamu mulai fasih dengan kegiatan memasak itu sendiri.

Setelah memahami beberapa menu masakan, kamu harus terus berlatih dengan menu masakan yang sama atau mirip-mirip agar kamu bisa menciptakan menu masakan yang lezat.

Kamu juga bisa secara perlahan meningkatkan level kesulitan masakan kamu apabila kamu sudah terbiasa dengan menu-menu masakan yang mudah sebelumnya.

Kost dilengkapi dengan fasilitas dapur di Jakarta, Tangerang, dan Depok

Buat kamu yang sedang belajar memasak, pastinya kamu membutuhkan tempat tinggal dengan dapur memadai, dong. Dengan fasilitas dapur pribadi yang lengkap dan nyaman, siapapun pasti jadi lebih nyaman belajar masak! Makanya, kalau kamu sedang mencari hunian dengan fasilitas dapur yang lengkap, Cove adalah jawabannya!

Tersebar di berbagai kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Depok, kost eksklusif Cove berlokasi di area strategis yang mendukung kehidupan kuliah atau profesional kamu. Dengan desain modern dan stylish, kost eksklusif ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kamu huni. Cove menawarkan kamar kost siap huni dengan fasilitas lengkap yang kamu butuhkan untuk mendukung produktivitas dan kenyamanan kamu seperti dapur bersama, area lounge, bahkan rooftop dan gym!

Sistem pembayarannya yang fleksibel juga dapat mempermudah kamu dalam penyewaan. Kamu bisa merasakan pengalaman rental yang mudah dan tanpa repot, karena prosesnya bisa kamu selesaikan hanya dalam beberapa hari! Mulai dari 2 jutaan / bulan, kamu bisa menikmati semua fasilitas kost eksklusif di atas. Tunggu apa lagi? Segera cek hunian Cove dan book untuk melihat tempatnya!