Rekomendasi 12 Lapangan Badminton di Jakarta Pusat!

Rekomendasi 12 Lapangan Badminton di Jakarta Pusat!

Olahraga sangat penting dan harus ada di samping padatnya rutinitas kita. Tidak hanya gym, badminton atau bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati berbagai kalangan dan usia.

Hal ini menjadikan banyak lapangan bulu tangkis yang tersebar untuk disewakan sebagai arena latihan. Nah, salah satunya bisa kamu temukan di lapangan badminton Jakarta Pusat yang menawarkan fasilitas hingga harga yang beragam.

Kalau kamu sedang menggeluti olahraga ini dan mencari tempat untuk latihan, Cove akan memberikan beberapa rekomendasi lapangan badminton yang bisa menjadi salah satu opsi untuk kamu.

Daftar Lapangan Badminton Jakarta Pusat

1. Gelanggang Remaja Jakarta Pusat

Lapangan badminton di Gelanggang Remaja Jakarta Pusat
Gelanggang Remaja Jakarta Pusat, photo by dispora.jakarta.go.id

Tepat di tengah Kota Jakarta yaitu daerah Senen, ada lapangan badminton yang bisa kamu sewa untuk bermain bulutangkis bersama teman-teman. Salah satunya Gelanggang Remaja.

Tempat ini cukup strategis karena dekat dengan Pasar Senen dan Stasiun Pasar Senen (PSE). Nah, supaya lebih sehat dan hemat, kamu bisa datang ke Gelanggang Remaja menggunakan transportasi umum lho, mulai dari angkot hingga kereta api.

Selain menawarkan lapangan badminton, GOR Remaja juga menyediakan berbagai fasilitas olahraga, seperti untuk panjat dinding, berenang, basket, dan voli. Tapi kalau kamu hanya ingin bermain bulu tangkis, kamu bisa menyewa lapangannya seharga Rp 30.000/jam.

Alamat: Jl. St. Senen No.1, RW.3, Senen, Kec. Senen, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (06.00 – 18.00 WIB)
Nomor kontak: 021-4250439

2. Lapangan Badminton Garuda

Garuda badminton hall
Lapangan Badminton Garuda, photo by Kompas.com

Tidak jauh dari Gelanggang Remaja, ada juga nih Lapangan Badminton Garuda yang berlokasi di Jalan Garuda, Kemayoran. Lapangan Badminton Garuda memiliki 5 lapangan indoor bersih dengan bahan kayu dan pencahayaan lampu yang cukup. Untuk akses ke lokasi lapangan badminton Jakarta Pusat ini juga sangat mudah karena berdekatan dengan Stasiun Kemayoran.

Alamat: Jl. Garuda No.18 4, RT.4/RW.8, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam operasional: Senin – Jumat (15.00 – 22.00 WIB), Sabtu – Minggu (14.00 – 18.00 WIB)
Nomor kontak: 08176333178

3. GOR Cempaka Putih

GOR Cempaka Putih
GOR Cempaka Putih, photo by Kompas.com

GOR Cempaka Putih terletak sekitar 200 meter dari Rumah Sakit Islam Jakarta, tepatnya dekat dengan Akademi Pariwisata Jakarta. GOR Cempaka Putih memiliki tempat yang cukup besar dan nyaman dengan lapangan badminton yang bersih terawat.

Untuk harga sewanya juga sangat terjangkau, hanya saja kamu bisa langsung menghubungi pengelola ya karena tarifnya bervariasi, tergantung hari dan jam.

GOR Cempaka Putih, photo by independensi.com

Lokasinya yang cukup strategis menjadi salah satu pilihan kamu untuk bermain badminton di GOR Cempaka Putih. Yang seru nya lagi, apabila kamu sudah lelah bermain badminton dan ingin mengisi perut, kamu bisa menjumpai beberapa banyak tempat makan, cafe, atau restoran yang ada di sekitar Rumah Sakit Islam.

Alamat: GOR Badminton Cempaka Putih, Jl. Cempaka Putih Tengah XXXI No.31 9, RT.9/RW.7, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (06.00 – 21.00 WIB)

4. Lapangan Bulutangkis Industri

Lapangan badminton Jakarta Pusat berikutnya adalah Lapangan Bulu Tangkis Industri yang berada di sebelah Hotel Grand Orchard. Tempatnya cukup nyaman karena terdiri dari 4 lapangan indoor yang menggunakan alas karpet. Dengan harga sewa lapangan Rp 35.000/jam, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitasnya yang cukup lengkap, seperti toilet, kantin, hingga mushola.

Hanya saja area parkirnya memang tidak begitu luas karena diperkirakan hanya bisa menampung 3 mobil. Jadi, disarankan menggunakan sepeda motor ya kalau kamu ingin bermain bulu tangkis disini.

Alamat: Jl. Industri Raya No.10, RT.17/RW.3, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam operasional: Senin – Jumat (08.00-11.00 WIB), Sabtu (08.00 – 17.00 WIB)
Nomor kontak: 0216591330

5. ZSC Badminton

ZSC Badminton adalah perusahaan di Jakarta
ZSC Badminton, photo by Jakartacatalog.com

Berlokasi tidak jauh dengan Pasar Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, tepatnya berada di Jalan Serdang Raya, tempat badminton Jakarta Pusat satu ini memiliki fasilitas yang cukup bagus. Dengan area yang bersih, luas, nyaman, serta lapangan yang tidak licin dan terawat menjadi nilai tambah disini.

Begitu juga dengan parkirannya yang cukup luas menjadi salah satu alasan mengapa kamu boleh mempertimbangkan untuk bermain di ZSC Badminton. Nah, untuk bisa menyewa lapangan di sini, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 45.000/jam saja ya.

Alamat: Jl. Serdang Raya No.11, RT.3/RW.4, Serdang, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (08.00 – 23.00 WIB)
Nomor kontak/website: 0813-8966-9139 (https://zscbadminton.xyz)

6. GOR Johar Baru

GOR Johar Baru - Sports complex - Central Jakarta City, Jakarta - Zaubee
GOR Johar Baru, photo by Zaubee

GOR Johar Baru merupakan salah satu tempat kegiatan olahraga milik Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta yang dirobohkan di tahun 2022, tetapi akan direvitalisasi dan dibangun kembali pada tahun 2023.

Dengan adanya revitalisasi tersebut, GOR Johar Baru diharapkan bisa menjadi lapangan badminton Jakarta Pusat yang juga digunakan untuk pusat kegiatan olahraga lainnya, seperti basket dan futsal.

Maka itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Dhani Sukma, mengajak warga sekitar untuk semakin aktif berolahraga karena fasilitas GOR Johar Baru nantinya akan lebih nyaman.

Alamat: Jl. Rawa Selatan IV No.2A, RT.16/RW.3, Johar Baru, Kec. Johar Baru, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (08.00 – 22.00 WIB)
Nomor kontak: 0813-1003-0837

7.  FKS Sport Center 2

FKS Sport Center 2, photo by Harian Inhua Online

FKS Sport Center 2 berlokasi di sekitaran Sudirman adalah lapangan badminton Jakarta Pusat yang mudah dijangkau karena tempatnya cukup strategis. Lapangan badminton ini merupakan salah satu lapangan yang mempunyai fasilitas cukup lengkap, bersih, dan nyaman dengan lapangan yang tidak licin.

Di sini juga tersedia ruang ganti atau kamar mandi yang bersih jadi kamu bisa langsung membersihkan badan setelah bermain.

Untuk area parkir, parkiran di FKS Sport Center 2 cukup luas. Nah, kalau ingin bermain di sini sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu ya.

Alamat: Jl. Karet Pasar Baru Barat VII No.8, RT.3/RW.2, Karet Tengsin, Tanah Abang
Jam operasional: Setiap hari (09.00 – 22.00 WIB)
Nomor kontak/website: 0852-6822-4899 (Sportcenter.123)

8. GBK Arena Badminton

GBK Arena Badminton, Main Badminton Serasa Tampil di Turnamen Internasional  | kumparan.com
GBK Arena Badminton, photo by Kumparan

Kamu sudah ngga asing lagi kan dengan GBK? Iya, Gelora Bung Karno yang bertempat di Senayan dan biasa dipakai atlet-atlet untuk latihan bahkan turnamen. Gelora Bung Karno merupakan salah satu bagian dari GBK Arena yang sudah menggunakan ukuran standar internasional untuk bulu tangkis.

Lapangan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti musholla, AC, dan toilet. Di GBK kamu juga bisa sewa lapangan nya lho, tapi kamu harus melakukan reservasi terlebih dulu.

Dengan lapangan badminton Jakarta Pusat yang memiliki standar internasional, kamu tidak perlu ragu dengan kualitasnya. Namun, sebanding dengan hal tersebut, membuat harga sewa di GBK cukup lumayan mahal, yaitu Rp 350.000 per 2 jam untuk 1 lapangan.

Alamat: Jl. Gelora No. 1, RT.1/RW.3, Senayan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (08.00 – 22.00 WIB)
Nomor kontak/website: 021-29888555 (www.gbk.id dan https://reservation.gbk.id)

9. Hall Parahyangan Jatibaru

Hall Parahyangan Jatibaru adalah perusahaan di Jakarta
Hall Parahyangan Jatibaru, photo by Jakartacatalog.com

Lapangan Badminton Hall Parahyangan terletak tidak jauh dari Polsek Metro Gambir. Karena masih satu area dengan perusahaan ekspedisi, tentunya Hall Parahyangan Jatibaru memiliki lahan parkir yang cukup luas. Akses jalannya juga cukup mudah karena dekat dengan Stasiun Tanah Abang.

Bermain bulu tangkis di sini akan sangat nyaman lho karena pencahayaan yang digunakan di lapangan cukup baik dan lapangannya tidak licin. Selain itu, terdapat billiard, toilet, dan musholla yang bersih.

Alamat: Jl. Taman Jati Baru Timur No.24, RT.14/RW.1, Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (09.00 – 22.00 WIB)
Nomor kontak: 0877-8293-0957

10. GOR Bendungan Hilir

GOR Bendungan Hilir, photo by Jakartacatalog.com

Tidak hanya memiliki banyak kuliner enak, Bendungan Hilir juga menyediakan lapangan badminton Jakarta Pusat yang bisa disewa, yaitu GOR Bendungan Hilir. Tempatnya cukup strategis karena berada di dekat SMA Negeri 35 Jakarta Pusat.

Lapangan badminton di GOR Benhil memiliki lapangan karpet yang terawat, bersih dan luas, dengan pencahayaan yang terang dan sirkulasi udara yang baik. Dengan semua fasilitas yang disediakan, GOR Benhil ini terbilang murah lho karena kamu sudah bisa bermain selama 2 jam dengan membayar Rp 60.000 saja.

Nah untuk reservasi lapangan, alangkah baiknya kamu langsung datang saja ya ke GOR untuk menghindari adanya penipuan.

Alamat: Jl. Mutiara No.4, RT.15/RW.5, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (08.00 – 21.00 WIB)
Nomor kontak: (021) 5719232

11.  PD Pasar Jaya Metro Atom Plaza Futsal & Bulutangkis

PD Pasar Jaya Metro Atom Plaza Futsal & Bulutangkis
PD Pasar Jaya Metro Atom Plaza Futsal & Bulutangkis, photo by Jakartacatalog.com

Metro Atom Plaza atau yang biasa dikenal dengan Pasar Baru menyediakan aneka sport center, mulai dari billiard, futsal, hingga badminton. Nah, tempat badminton yang bernama PD Pasar Jaya Metro Atom Plaza Futsal & Bulutangkis ini memang agak hidden karena terletak di dalam gedung parkir.

Namun, kamu bisa langsung naik ke lantai 8 dan menemukan 3 lapangan badminton dan 1 lapangan futsal. Hanya saja, tempatnya memang tidak terlalu besar, sehingga kalau ingin bermain di sini sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu ya.

Alamat: PD. Pasar Jaya Pasar Baru Metro Atom Plaza Lt. 8 Gedung Parkir, RT.1/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (08.00 – 00.00 WIB)
Nomor kontak: 0878-9648-9090

12.  Gedung Olahraga Mitra Utama

Booking Lapangan Mitra Utama Badminton Hall - Ayo Indonesia
Gedung Olahraga Mitra Utama, photo by Ayo Indonesia

Gedung Olahraga Mitra Utama merupakan salah satu lapangan badminton Jakarta Pusat yang bisa kamu pertimbangkan kalau ingin bermain bulu tangkis dengan keluarga atau teman. Pelayanannya sangat baik dan ramah dengan tempat yang luas karena terdapat 9 lapangan badminton yang bisa disewa.

Hanya saja, beberapa lapangannya perlu perawatan lebih karena menggunakan bahan kayu. Untuk harga memang terbilang murah, mengingat fasilitas yang ditawarkan khusus untuk sekedar bermain santai dan mencari keringat.

Alamat: Jl. Kali Baru Timur III No.21, RT 01 RW 07, Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari (07.00 – 22.00 WIB)
Nomor kontak: 021-4202314

Demikian beberapa rekomendasi lapangan badminton Jakarta Pusat yang bisa dipilih dengan menyesuaikan budget dan preferensi kamu. Ada baiknya jika kamu melakukan reservasi tempat terlebih dahulu, tapi tetap berhati-hati dan pastikan untuk menghubungi kontak resmi ya.

Apabila kontak yang tercantum sudah tidak dapat dihubungi atau tidak aktif, kamu bisa datang langsung ke tempatnya karena data yang ada dapat berubah sewaktu-waktu.