Pengertian dan Ciri Love Language Words of Affirmation

Pengertian dan Ciri Love Language Words of Affirmation
Words of Affirmation, photo by Kudoboard

Bahasa cinta atau love language merupakan cara kamu dalam mengekspresikan perasaan kepada pasangan dan orang sekitar. Salah satu dari lima love language yang saat ini ada ialah words of affirmation. Apabila kamu atau pasanganmu memiliki bahasa cinta words of affirmation, artikel Cove yang satu ini wajib dibaca sampai habis ya!

Love Language Words of Affirmation

Definisi Words of Affirmation

Definisi Words of Affirmation, photo by Psych Central

Pernah mendengar kalimat “action speaks louder than words”? Kalimat tersebut tidak berlaku bagi pemilik love language words of affirmation. Bagi orang dengan love language words of affirmation, kalimat afirmasi adalah segalanya.

Lalu, apa itu words of affirmation dalam love language? Love language words of affirmation adalah seseorang yang mengekspresikan rasa cintanya melalui kalimat pujian atau apresiasi, baik yang diutarakan lewat lisan atau tulisan. Pemilik love language ini akan sangat senang apabila diberikan semangat, quotes, surat cinta, ataupun pesan teks yang membahagiakan. Cara menyenangkan orang dengan bahasa cinta ini dengan memberikan pujian atas hal yang telah mereka lakukan.

Ciri-Ciri Orang dengan Love Language Words of Affirmation

Ciri Orang dengan Love Language Words of Affirmation, photo by The Muse

Lebih sering mengungkapkan ekspresi dengan kata-kata

Ciri pertama dari orang dengan love language words of affirmation ialah seringkali mengungkapkan ekspresinya lewat kata-kata. Apabila kamu atau pasanganmu kerap berkata “I miss you, I love you, atau I’m proud of you” kepada orang tersayang, kemungkinan bahasa cintanya adalah words of affirmation. Dengan memberikan afirmasi positif kepada orang lain, pemilik love language words of affirmation akan merasa lebih senang.

Menjalankan aksi berbentuk tulisan

Pemilik bahasa cinta words of affirmation akan lebih senang ketika menjalankan aksinya bukan dengan aksi langsung, melainkan melalui tulisan. Dibandingkan kehadiran, support berbentuk tulisan bagi seseorang dengan love language words of affirmation sama berartinya, loh!

Memberikan selamat atas pencapaian orang lain

Apabila orang disekitar kamu memperoleh pencapaian baru, orang dengan love language words of affirmation pasti akan langsung memberikan selamat. Begitupun sebaliknya, orang dengan love language ini sangat menghargai ucapan selamat dari orang-orang sekitar apabila mereka berhasil melakukan sesuatu.

Senang memuji penampilan orang

Pujian dapat dikatakan sebagai keseharian dari orang dengan love language ini. Nah, kalau kamu memperhatikan ada orang disekitarmu yang sering memberikan pujian mengenai penampilan seseorang, bukan berarti mereka gombal. Bisa jadi mereka punya bahasa cinta words of affirmation. Selain senang memuji, orang dengan love language ini juga suka sekali jika diberikan pujian. Mereka akan dengan mudah tersipu malu apabila ada seseorang yang memberikan pujian terhadap penampilan mereka.

Berterima kasih kepada pasangan

Bagi orang dengan love language yang satu ini, ucapan terima kasih yang diberikan bisa amat berarti, loh! Mungkin, beberapa orang mengira ucapan terima kasih adalah hal yang biasa saja. Namun, berterima kasih kepada pemilik bahasa cinta words of affirmation dapat menjadi tanda bahwa orang tersebut benar-benar mencintaimu.

Contoh Perilaku Words of Affirmation

Contoh Perilaku Words of Affirmation, photo by Vintage Circle

1. Suka Mengobrol

Mengobrol adalah aktivitas yang paling disenangi oleh orang dengan love language words of affirmation. Dengan banyak mengobrol, akan lebih mudah mengekspresikan perasaan mereka melalui kata-kata secara langsung kepada pasangan atau lawan bicara.

2. Senang Menulis Surat Cinta

Tak hanya secara lisan, perasaan banyak disampaikan melalui tulisan-tulisan afirmasi positif kepada lawan bicara. Gak jarang kalau words of affirmation senang menuangkan perasaannya lewat surat cinta yang diberikan kepada pasangan.

3. Mengungkapkan Perasaannya secara Tulus

Perilaku lain dari pemilik bahasa cinta words of affirmation ialah sangat mudah mengungkapkan perasaannya secara tulus, baik melalui lisan atau tulisan. Apapun yang dirasakan, orang dengan love language ini akan menyampaikannya kepada pasangan sebagai bentuk rasa sayang dan cinta mereka.

4. Menggunakan Kalimat Bijak dan Positif

Sebisa mungkin, apapun yang akan disampaikan ke orang lain tidak menyinggung atau menyakiti perasaan mereka. Oleh karena itu, pemilik love language words of affirmation akan menggunakan kalimat bijak dan positif ketika berbicara atau mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Menurut pemilik love language ini, kata-kata bisa jadi dua hal berbeda, menyenangkan atau menyakitkan ketika tidak disampaikan dengan baik.

5. Memberi Perhatian kepada Pasangan

Senang memberikan perhatian-perhatian kecil kepada pasangan lewat ucapannya, ialah contoh perilaku dari love language words of affirmation. Yap, mereka akan memberikan perhatian sederhana seperti mengingatkan makan, memberikan semangat, memuji penampilan, dan lainnya hingga pasangan merasa tersipu malu.

Cara Mengungkapkan Cinta dengan Words of Affirmation

Cara Mengungkapkan Cinta dengan Words of Affirmation, photo by Daily Sabah

Mengandalkan kata-kata dalam mengungkapkan perasaannya mungkin terdengar mudah. Apalagi kalau pasanganmu ialah pemilik love language words of affirmation. Untuk mengungkapkan perasaan atau cinta lewat bahasa cinta ini, kamu hanya perlu merasakan dan mengekspresikan apa yang sebenarnya kamu rasakan kepada lawan bicaramu.

Adapun di bawah ini merupakan beberapa cara mengungkapkan cinta dengan bahasa words of affirmation:

  • Aku sangat senang bisa bertemu dan mengobrol denganmu
  • Aku sangat bangga kepadamu karena telah berhasil mencapai ….
  • Kamu terlihat cantik/ganteng menggunakan baju tersebut
  • Terima kasih sudah mau menemani aku hari ini, kamu bikin aku merasa sangat spesial
  • Terima kasih sudah mendengarkan ceritaku hari ini
  • Aku bersyukur bisa bersamamu
  • Keberadaanmu sangat berarti untukku
  • Kamu bisa menjalani hari yang berat ini, aku akan ada selalu untukmu!
  • Aku sangat rindu kepadamu sekarang

Jadi, jangan anggap ungkapan sayang atau cinta dari seseorang adalah hal gombal ya. Bisa jadi love languagenya adalah words of affirmation yang mengungkapkan isi hati lewat kata-kata. Kini, gak perlu malu lagi deh untuk mengungkapkan perasaanmu karena mungkin kamu si pemilik love language words of affirmation.