UPH College Tangerang: SMA dengan Sistem Pembelajaran Unik, Persiapkan Siswa Menuju Jenjang Universitas

UPH College Tangerang: SMA dengan Sistem Pembelajaran Unik, Persiapkan Siswa Menuju Jenjang Universitas
UPH College

UPH College Tangerang merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dibangun secara khusus membantu menyiapkan siswa ke jenjang universitas. Dibentuk sejak 2010 UPH College Tangerang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH).

Ada sekitar 1200an siswa setiap tahunnya yang berasal dari hampir seluruh provinsi di Indonesia bersekolah di UPH College Tangerang.

Fasilitas UPH College Tangerang

Untuk mendukung anak didiknya berprestasi dan unggul di tengah persaingan global, UPH College Tangerang menyediakan akses fasilitas kelas dunia kepada siswa untuk membantu menemukan dan mengembangkan talenta atau bakat yang mereka miliki.

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di antaranya dapur berstandar hotel bintang 5, lapangan basket, kolam berenang, fitness center, ruang musik, student lounge, perpustakaan, dan lainnya.

SMA yang berada di Kampus Global UPH Karawaci, ini memungkinkan siswa untuk memilih melanjutkan kuliah di Universitas Pelita Harapan, namun ada juga yang melanjutkan pendidikan dan bekerja di luar negeri.

Pengajar UPH College

UPH College Tangerang dilengkapi dengan pengajar yang memiliki pengalaman, kompetensi, dan dedikasi tinggi di bidangnya. Pemilihannya juga melalui proses seleksi yang ketat, lho. Pengajarnya juga dibekali dengan berbagai macam pelatihan sesuai bidang dan minat terkait. Selain mengajar untuk mengembangkan pengetahuan serta keterampilan, namun guru di sini juga dilatih untuk membantu membentuk karakter siswa.

Dua Sistem Pembelajaran yang Dapat Dipilih

UPH College Full Program via uphcollege.com/

UPH College Tangerang menerapkan dua sistem pembelajaran yang dapat kamu pilih. Program tersebut yaitu UPH College Full Program dan UPH College Online. UPH College Full Program merupakan sistem pembelajaran tatap muka antara guru dan siswa di mana siswa datang ke kampus UPH College Karawaci untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal dan waktu yang sudah ditentukan.

Sedangkan UPH College Online lebih fleksibel karena siswa yang berlokasi di daerah selain JABODETABEK bisa belajar sesuai dengan waktu dan tempat yang mereka inginkan tanpa perlu hadir di Kampus UPH College Karawaci.

Baik UPH College Full Program dan UPH College Online sama-sama diperuntukkan bagi kelas 10 hingga 12. Keduanya juga sama-sama memfasilitasi seluruh siswa di Indonesia agar tetap dapat memperoleh materi pembelajaran berkualitas dengan fokus kepada penguasaan kecakapan global abad 21 di masa pandemik Covid-19.

Menariknya lagi, yang membedakan siswa UPH College dengan lulusan SMA lainnya, di sini kamu memiliki hak istimewa untuk melakukan transfer nilai di beberapa mata kuliah tertentu bila melanjutkan kuliah di Universitas Pelita Harapan (UPH). Dengan begini, saat kuliah kamu tidak perlu mengulang mata kuliah yang sudah dipelajari di UPH College.

Baca Juga:11 Universitas di Tangerang yang Paling Diminati Calon Maba

Jalur Khusus

Yang mungkin nggak akan kamu dapatkan dari SMA lainnya, di UPH College Tangerang memberikan kesempatan bagi siswa kelas 11 dan 12 untuk menempuh jalur khusus yang dibimbing oleh pakar di bidangnya agar membantu mempersiapkan siswa yang ingin masuk ke bidang tertentu seperti dunia bisnis, medis, musik, seni, atau yang mau meneruskan studinya di Amerika.

Meskipun Jenjang Pendidikannya Setaraf SMA, Tapi Mengapa UPH College disebut "College”?

Karena dalam penerapan sistem pembelajarannya sekolah ini bukan hanya memberikan pembelajaran layaknya sekolah SMA lainnya. Namun, juga diberikan bekal sebagai persiapan siswa untuk masuk ke jenjang universitas melalui sistem pengajaran dan tugas layaknya sistem perkuliahan yang diberikan serta melatih kebiasaan untuk berpikir kritis dan membiarkan mereka untuk menuangkan pemikirannya dalam bentuk karya tulis.

Terkait tugas yang diberikan berupa essay atau karangan paper. Gunanya agar siswa terbiasa melakukan riset, menganalisa, berpikir sistematis dan lebih kritis. Tujuan diterapkan sistem ini untuk membantu siswa lebih siap dan mudah beradaptasi saat masuk ke dalam jenjang universitas dan mereka lebih fokus untuk menghasilkan prestasi.

Nggak perlu khawatir. Meski agak berbeda dengan SMA pada umumnya, tapi UPH College juga mendapatkan peringkat akreditasi A dan terdaftar sebagai sekolah yang menerapkan kurikulum nasional.

Persyaratan untuk Masuk ke UPH College

Siswa UPH College Tangerang via uphcollege.com

1. Menyelesaikan pendidikan SMP/setingkat
2. Mengikuti serangkaian test masuk
3. Memiliki track record prestasi yang sesuai kriteria penerimaan murid baru UPH College.

Namun, jika kamu nggak memiliki ijazah nasional SMP atau sedang menempuh sekolah dengan sistem selain kurikulum nasional karena mungkin berasal dari sekolah internasional/ IB /IGCSE/ sekolah di luar negeri ada dua cara yang dapat dipilih, yaitu:

Syarat 1: Perlu mengikuti ujian paket B agar dapat memperoleh ijazah SMP. Pemerintah Indonesia sendiri menyediakan Ujian Paket B yang dapat dilakukan 2x dalam satu tahun untuk mendapatkan ijazah SMP. Kamu dapat mengikutinya di bulan Juni dan November.

Salah satu syarat untuk mengikuti ujian paket B ini dengan mendaftar langsung ke departemen pendidikan serta menunjukkan ijazah SD. Bila siswa lulus tes paket B tersebut, maka siswa akan mendapatkan ijazah SMP nasional.

Syarat 2: Dengan melakukan penyetaraan ijazah yang dimiliki siswa dari sistem penilaian internasional ke sistem nasional. Bila sudah lolos pada proses penyetaraan dan mendapat surat yang menyatakan jika penyetaraan berhasil, maka kamu dapat menjadikan surat penyetaraan sebagai pengganti ijazah SMP siswa dan melanjutkan pendidikan di UPH College Tangerang.
Bila setelah hasil penyetaraan keluar dan hasilnya belum mencukupi nilai yang sudah ditentukan oleh UPH College Tangerang, jangan pesimis dulu ya. Sebab pihak UPH College Tangerang akan mencoba me-review ulang.

3 Level Pembelajaran UPH College

Sistem Pembelajaran UPH College Tangerang via uphcollege.com

UPH College Tangerang memberlakukan Level Basic, High, dan Honors. Level-level tersebut bertujuan agar sistem pembelajaran menjadi lebih optimal untuk masing-masing siswa. Lalu apa ya yang membedakan di masing-masing level tersebut?

Perbedaannya terletak pada beberapa aspek seperti jenis mata kuliah UPH yang bisa siswa ambil selama bersekolah di UPH College, tingkat kedalaman materi yang dipelajari, dan jumlah kredit yang bisa ditransfer ke UPH.

Level Basic, materi pada level ini sesuai dengan ketentuan kurikulum nasional SMA dengan standar yang lebih tinggi. Di level ini siswa level Basic hanya berkesempatan untuk mengambil mata kuliah UPH yang dihubungkan ke mata pelajaran UPH College saja.

Level High, pada level ini materi pengajaran akan diperdalam secara bertahap. Keuntungannya, siswa bisa mengambil mata kuliah yang ada di UPH jika nggak bentrok dengan jadwal kelas yang sudah ada di UPH College.

Level Honors lebih ditekankan pada kedalaman dan kerumitan materi. Siswa yang ada di level ini perlu memiliki tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Soalnya, di level ini siswa boleh mengambil mata kuliah yang ada di UPH dan berbarengan dengan tanggung jawab untuk menyelesaikan mata pelajaran di UPH College sesuai dengan ketentuan dan jadwal yang berlaku.

Salah satu keuntungan lainnya, siswa yang masuk pada level Honors dapat merasakan kelas perkuliahan yang sesungguhnya lebih dulu dari teman-temannya yang lain, karena ia bergabung di kelas yang sama dengan mahasiswa UPH pada beberapa mata kuliah tertentu.

Bagaimana sudah nggak ragu lagi kan untuk menempuh tingkat pendidikan SMA di UPH College? Jika kamu tertarik, silakan kunjungi UPH College Tangerang di alamat UPH Gedung E Jl. MH Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15811 dan Telepon: (021) 54212555.

Baca juga: 5 Keuntungan tinggal di coliving space bagi mahasiswa

Kost Dekat UPH College

Karena tempatnya cukup strategis, di Lippo Village selain terdapat UPH University dan UPH College, kamu juga bisa nih menemukan hunian nyaman, aman, dan bersih dengan fasilitas lengkap di Cove Hillcrest.

Cove Hillcrest sangat cocok sebagai tempat tinggal bagi kamu yang sedang menuntut ilmu di sekitar Karawaci, Tangerang. Di Cove Hillcrest, kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dan memaksimalkan kamar loft dan area bersama yang sengaja dirancang secara khusus untuk menunjang kegiatan belajarmu.

Nggak cuma itu, lho. Ada juga fasilitas lain yang dapat kamu rasakan seperti air, dapur bersama, dispenser air, keamanan, listrik, ruang makan, lobby, lounge, pembersihan kamar, tempat parkir, pusat kebugaran, rooftop untuk bersantai, ruang komunal untuk bersosialiasi dan bekerja, dan wifi.

Kamu nggak hanya dimanjakan sama fasilitas yang keren dan modern seperti di atas. Kamu dapat menikmati keindahan desain dari tiap kamar Cove Hillcrest yang dirancang dengan loft dan industrial kekinian. Memilih kamar Cove Hillcrest juga tersedia dalam beragam jenis kamar yang bisa kamu pilih sendiri.

Cove Hillcrest

Cove Hillcrest memiliki empat tipe kamar yang dapat dipilih yaitu:

1. Kamar Superior berukuran 12-14m2 yang bisa dihuni sendiri atau dua orang. Di dalamnya terdapat berbagai furnitur dan perlengkapan seperti kasur, jendela eksternal, kamar mandi pribadi. Di dalamnya juga sudah dlengkapi dengan lemari, AC, dan meja kerja.

Range harga: Dari Rp4.2 juta hingga 5.4 juta per bulan.

2. Kamar Deluxe yang berukuran 16m2 akan membuatmu makin nyaman karena sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti jendela internal, kamar mandi pribadi, kasur queen. Kamar ini cocok utnuk penghuni single or double. Di dalamnya juga sudah dlengkapi dengan meja kerja, AC, dan lemari.

Range harga: Rp5.2 juta hingga 5.85 juta per bulan.

3. Kamar Premium berukuran 18m2 yang cocok untuk kamu sendiri atau double. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi pribadi, kasur single atau queen, jendela external, dan pemandangan indah. Kamu juga akan mendapatkan furnitur tambahan seperti meja kerja, Air Conditioner (AC), lemari, atau meja tidur.

Range harga: Rp6,05jt hingga Rp6,3jt per bulan.

4. Kamar Suite berukuran 20m2 dengan desain studio. Kamar ini bisa dihuni satu hingga dua orang. Air Conditioner (AC), kasur queen, jendela internal, kamar mandi pribadi, dapur, meja kerja, lemarI, dan meja tidur.

Range harga: Rp6,4jt hingga 6,75jt per bulan.

Gimana rekomendasi hunian Cove Hillcrest di atas? Kalau kamu masih bingung, bisa melakukan book viewing di situs resmi kami ya.  Bisa juga bertanya melalui chat via WhatsApp di nomor 021- 50996923 untuk temukan kamar yang tepat untuk kamu. Kira-kira dari empat tipe kamar Cove Hillcrest di atas mana yang bakal kamu pilih?