11 Universitas di Tangerang yang Paling Diminati Calon Maba

11 Universitas di Tangerang yang Paling Diminati Calon Maba
Universitas di Tangerang

Memilih universitas yang tepat setelah lulus tingkat SMA memang perlu dilakukan secara matang. Tidak hanya masalah biaya, hal-hal seperti fasilitas umum, fakultas yang tersedia, serta sistem pembelajaran yang diadopsi juga penting untuk menunjang masa depan. Nah, jika kamu sedang mencari universitas yang cocok, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat, nih! Cove memiliki 11 rekomendasi universitas di Tangerang dengan fasilitas terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk, simak sampai akhir!

Universitas Bina Nusantara Alam Sutera

Binus University Kampus Alam Sutera via binus.ac.id

Universitas terbaik pertama yang berlokasi di Tangerang, lebih tepatnya Alam Sutera, adalah Universitas Bina Nusantara Alam Sutera. Ya, selain memiliki lokasi di beberapa kota seperti Jakarta Barat, Bekasi, dan Malang, universitas yang seringkali disingkat Binus University ini juga memiliki cabang kampus di Tangerang, lho!

Binus University Alam Sutera berlokasi di Jl. Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, dan mengusung konsep Modern, Smart, and Green Campus. Jadi, nggak heran kalau kamu akan menemukan banyak tanaman dan pohon rindang yang bikin mata sejuk di seluruh area kampus! Kampus ini memiliki 21 lantai dengan fasilitas seperti perpustakaan, WiFi di seluruh area kampus, ruang kelas yang nyaman, kantin dan gazebo, ruangan lab, hingga gedung olahraga yang bisa digunakan oleh mahasiswa.

Program pendidikan di Binus University Alam Sutera juga sangat lengkap, lho! Mulai dari kelas Sarjana dan Pascasarjana serta program kuliah yang beragam mulai dari Teknik Informatika, Sistem Informasi, Business Creation, DKV Animasi & New Media, Marketing Communication, Film, dan masih banyak lagi.

Alamat  : Kav 21, Alam Sutera Jalan Jalur Sutera Barat Panunggangan Timur, RT.001/RW.004, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143
Website  : www.binus.ac.id/alam-sutera-campus/  

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara via umn.ac.id

Kampus yang satu ini cukup dikenal dengan bangunannya yang unik. Ya, Universitas Multimedia Nusantara atau seringkali disingkat dengan UMN ini memiliki bangunan kampus berbentuk oval yang menyerupai telur jika dilihat dari jauh. Tidak hanya bangunannya yang unik, kampus yang didirikan oleh Kompas Gramedia pada tahun 2006 ini juga memiliki berbagai fasilitas dengan program studi yang cukup lengkap.

Banyak fasilitas kampus yang bisa kamu akses di sini, seperti WiFi Access with Green Environment, Collaborative Lab, Lecture Hall, Library, hingga berbagai laboratorium yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar sesuai dengan program pendidikan yang dipilih. Oh ya, program pendidikan di UMN juga cukup lengkap seperti Diploma, Sarjana, Pascasarjana, hingga Program Internasional dengan berbagai fakultas seperti Fakultas Perhotelan, Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Desain.

Psst, selain memiliki banyak fasilitas mahasiswa dan jurusan yang bisa dipilih, UMN juga memiliki banyak kegiatan mahasiswa yang bisa kamu ikuti seperti BEM, bidang olahraga, seni rupa, dan bidang ilmiah. Asyik banget, kan?

Alamat  : Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
Website  : www.umn.ac.id

Universitas Presetya Mulya

Universitas Prasetya Mulya via Quipper

Jika kamu bercita-cita menjadi pengusaha dan pebisnis, maka menempuh pendidikan tinggi di Universitas Prasetya Mulya merupakan pilihan yang tepat untukmu. Kampus ini adalah pelopor program Magister Business Administration (MBA) yang didirikan pada tahun 1982 oleh anggota pemimpin bisnis terkemuka di Indonesia.

Mengenai program pendidikan sendiri, Prasetya Mulya memiliki beberapa jurusan yang berkaitan dengan bisnis yaitu Business Management, Marketing Management, Finance Management, Accounting, dan Event Management untuk program Sarjana.

Oh ya, satu lagi hal yang wajib kamu tau, nih. Tidak hanya akan mempertajam skill entrepreneur kamu, Universitas Prasetya Mulya juga memiliki fasilitas seperti Counseling dan Career Development Center untuk mendukung perjalanan karirmu setelah menyelesaikan masa kuliah.

Alamat  : BSD City Kavling Edutown I.1, Jl. BSD Raya Utama No.1, BSD City, Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten 15339
Website : www.prasetiyamulya.ac.id/en/

Baca juga: 10 Universitas di Jakarta Barat yang Cocok Jadi Pilihanmu!

Swiss-German University

Suasana Kampus di Swiss-German University via Quipper

Terletak di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Swiss German University (SGU) adalah kampus yang disponsori oleh Yayasan Swiss German dan didirikan pada tahun 2000 sebagai usaha bersama antara investor swasta yang berasal dari Jerman dan Indonesia.

Pada kurikulumnya sendiri, SGU menawarkan menggabungkan teori dengan praktek (magang) di mana semua lulusannya akan memiliki gelar ganda. Nah, untuk memiliki gelar ganda ini, setiap mahasiswa di SGU wajib menyelesaikan program magang sebanyak dua kali, di mana program pertama diselesaikan di dalam negeri, dan program kedua akan dilaksanakan di luar negeri (biasanya berlokasi di Jerman atau Swiss). Wah, asik banget ya?

Nah, untuk program studinya sendiri, SGU memiliki beragam jurusan yang bisa disesuaikan dengan minatmu yaitu Industrial Engineering, Information Technology, Hotel & Tourism Management, International Culinary Business, Business Management, Food Technology, Accounting and Data Analytics, Sustainable Energy and Environment, dan masih banyak lagi.

Alamat  : The Prominence Tower Alam Sutera, Jl. Jalur Sutera Bar. No.Kav 15, RT.003/RW.006, Panunggangan Tim., Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143
Website : www.sgu.ac.id

Universitas Gunadarma Kampus K

Universitas Gunadarma Kampus K via gunadarma.ac.id

Berdiri sejak tahun 1981, Universitas Gunadarma (UG) atau bisa disebut Gundar merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, lho! Gundar sendiri memiliki beberapa kampus di lokasi berbeda, salah satunya adalah Kampus K yang terletak di Tangerang, sedangkan kampus utamanya sendiri berlokasi di Depok, Jawa Barat.

Meskipun bukanlah kampus utama, namun Kampus K juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti Perpustakaan, WiFi di seluruh penjuru kampus, Ruang Kelas dan Laboratorium, hingga Auditorium yang dapat menampung ratusan mahasiswa. Universitas Gunadarma juga membuka jenjang pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Doktor. Terdapat beberapa fakultas dengan banyak jurusan yaitu Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Alamat  : Jl. Kelapa Dua Raya No.93, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
Website  : www.gunadarma.ac.id

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan via uph.edu

Terletak di kawasan Karawaci dan berdiri sejak September 1994, Universitas Pelita Harapan (UPH) merupakan salah satu kampus swasta yang dikenal dengan fasilitas serta prestasinya di dunia pendidikan. Beberapa prestasi yang berhasil dicapai ialah dosen UPH yang dinominasikan sebagai Top 750 Scientists berdasarkan google Scholar Citations di tahun 2015, serta masuk ke dalam 30 besar Universitas Terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan universitas dunia, QS World University Rankings (WUR) dalam kategori Universitas Asia Terbaik pada QS Asia University Rankings tahun 2021.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, tentunya UPH memiliki beragam fasilitas yang lengkap untuk menunjang pendidikan seperti Ruang Kelas, Pusat Komputer, Pusat Lembaga Penelitian & Laboratorium, dan Studio Penyinaran. Beragam aktivitas mahasiswa juga disediakan mulai dari Olahraga & Kesehatan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Nusantara Dance, UPH Choir, dan masih banyak lagi.

Satu lagi, program studi yang ditawarkan oleh UPH juga cukup lengkap, lho! Jadi, kamu tidak perlu khawatir jurusan yang kamu minati tidak tersedia di UPH. Beberapa program studi yang tersedia untuk Sarjana ialah Akuntansi, Arsitektur, Bioteknologi, Bisnis & Manajemen, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Edukasi, Farmasi, Hubungan Internasional, Hukum, Kedokteran, da masih banyak lagi. Sedangkan, untuk program Pascasarjana, UPH menawarkan program studi Hubungan Internasional, Bisnis & Manajemen, Edukasi, Hukum, dan lainnya. Oh ya, UPH juga memiliki Kelas Internasional dengan proses pembelajaran Bahasa Inggris yang diperuntukkan untuk WNI dan WNA.

Salah satu kelebihan UPH yang tidak dimiliki oleh kampus swasta lain di Tangerang adalah lokasinya yang sangat strategis. Banyak fasilitas umum dengan jarak tempuh yang sangat singkat seperti pusat perbelanjaan, toko buku, bioskop, dan rumah sakit. Tidak hanya berbagai fasilitas umum, terdapat pula hunian coliving dengan berbagai fasilitas, Cove Hillcrest, yang berjarak 10 menit berjalan kaki dengan UPH. Jadi bisa pilihan tepat untuk tempat tinggalmu selama menempuh pendidikan di UPH, nih.

Alamat  :  MH Thamrin Boulevard 1100, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kota Tangerang, Banten 15811
Website  : www.uph.edu

Universitas Surya

Universitas Surya via Detik

Kampus terbaik di Tangerang selanjutnya adalah Universitas Surya, yang berlokasi di Gading Serpong. Berbeda dengan kampus lainnya yang umumnya milik yayasan, Universitas Surya merupakan kampur perorangan yang didirikan oleh fisikawan Indonesia, Yohanes Surya, yang didirikan pada tahun 2013.

Universitas Surya menyediakan tenaga pengajar dan profesional yang berdedikasi tinggi, dan memiliki 11 prodi yang bisa dipilih mahasiswa sesuai dengan minatnya. Kesebelas prodi tersebut ialah Agribusiness, Green Economy, Technopreneurship, Digital Communication, Physics-Energy Engineering, Chemical and Green Process Engineering, Environmental Engineering, Biotechnology and Neuroscience, Human Computer Interaction, Nutrition and Food Technology, dan Marine Science.

Alamat  :  F8 & F9 Grand Serpong Mall Jalan MH. Thamrin Panunggangan Utara Pinang Tangerang Banten 15143 ID Jalan MH. Thamrin Banten ID, Jl. MH. Thamrin, RT.007/RW.001, Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Website  : www.surya.ac.id

Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang via Kompasiana

Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) terletak di wilayah Kota Tangerang. Seperti namanya, kampus ini tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai jurusan, namun kampus ini juga mengajarkan nilai-nilai agama Islam untuk mahasiswa yang beragama Islam.

UNIS Tangerang menawarkan program studi untuk Sarjana dan Pascasarjana dengan beragam fakultas yaitu Fakultas FISIP, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi & Bisnis, FKIP, dan Fakultas Hukum.

Alamat  : Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kabupaten Tangerang, Banten 15118
Website  : www.unis.ac.id

Universitas Pramita Indonesia

Universitas Pramita Indonesia via unpri.ac.id

Universitas Pramita Indonesia (UNPRI) sebelumnya dikenal dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pramita dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi Pramita. Namun sejak tahun akademik 2001/2002, kampus yang terletak di Curug, Kabupaten Tangerang ini berubah menjadi universitas dengan tiga fakultas untuk program Sarjana dan satu fakultas untuk program Pascasarjana.

Untuk program Sarjana sendisir, fakultas yang tersedia ialah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Ilmu Teknik. Sedangkan untuk program Pascasarjana, fakultas yang tersedia ialah Fakultas Ilmu Pemerintahan.

Alamat  : Jl. Kampus Pramita, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
Website  : www.unpri.ac.id

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Universitas Muhammadiyah Tangerang via umt.ac.id

Satu lagi universitas Islam yang terletak di Kota Tangerang, yaitu Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Pada awalnya, UMT merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah yang didirikan pada tahun 1993 di bawah naungan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (DIKTILIBANG). Namun, seiring bertambahnya berbagai fakultas di luar ilmu ekonomi dan bisnis, STIE Muhammadiyah pun berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Kampus ini memiliki beragam fakultas unggulan untuk program Sarjana yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan masih banyak lagi.

Alamat  : Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33, RT.007/RW.003, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Website  : www.umt.ac.id

STMIK Bina Sarana Global

STMIK Bina Sarana Global via global.ac.id

Jika kamu memiliki minat di bidang Teknologi Informasi, STMIK Bina Sarana Global bisa jadi pilihan kamu untuk menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Kampus ini memiliki dua fakultas untuk program Sarjana yaitu Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Bisnis dengan berbagai fasilitas seperti ruang kelas yang nyaman dan WiFi di seluruh penjuru kampus untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Alamat  : Jl Merdeka Raya, No. 43-45, Margasari, Karawaci, RT.002/RW.001, Cimone Jaya, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15113
Website  : www.global.ac.id

Itu dia beberapa universitas pilihan terbaik di Tangerang yang bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan minat dan preferensi kamu. Selain dikelilingi oleh banyak perguruan tinggi ternama, Tangerang juga memiliki banyak pilihan hunian nyaman yang bisa kamu tinggali selama berkuliah di tangerang, lho.

Kost di Tangerang

Cove Hillcrest

Jika kamu mencari hunian tepat yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap, Cove Hillcrest yang terletak di kawasan Karawaci bisa jadi pilihanmu, nih! Cove Hillcrest adalah salah satu unit persembahan Cove, yang bertemakan coliving space di mana kamu bisa berinteraksi dan mengikuti berbagai kegiatan seru bersama teman kost-mu.

Jika berbicara soal fasilitas, Cove Hillcrest juga tidak perlu diragukan lagi! Selain memiliki desain kamar industrial dua lantai (mezzanine), setiap kamar di Cove Hillcrest juga dilengkapi dengan full furnish seperti meja kerja, AC, lemari, kamar mandi pribadi, serta kasur yang nyaman. Cove Hillcrest juga memiliki fasilitas umum seperti pusat kebugaran, dapur dan ruang makan, serta ruang komunal yang bisa kamu gunakan bersama dengan penghuni kost lainnya. Dijamin cozy, homey, dan tentunya aman!

Jika kamu ingin tau lebih banyak seputar Cove Hillcrest, kamu bisa lakukan book viewing melalui website atau chat langsung ke WhatsApp!