Universitas Trisakti: Jurusan, Akreditasi dan Fasilitas Kampusnya!

Universitas Trisakti: Jurusan, Akreditasi dan Fasilitas Kampusnya!
Gedung Universitas Trisakti, photo by Biaya Kuliah

Universitas Trisakti dikenal sebagai Kampus Pahlawan Reformasi. Selain Universitas Indonesia, Universitas Trisakti termasuk ke dalam kampus tertua. Perguruan tinggi swasta ternama ini punya kaitan erat dengan sejarah Indonesia, loh! Berkat nilai sejarahnya tersebut, gak heran kalau Universitas Trisakti menjadi incaran calon mahasiswa untuk menuntut ilmu.

Nama Universitas Trisakti sendiri diberikan langsung oleh Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno. Maknanya diambil dari pidato Sang Presiden, yakni berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Bagi kamu yang ingin berkuliah di Universitas Trisakti, ketahui dulu lokasi, jurusan, akreditasi, hingga fasilitas kampus yang disediakan. Seluruh informasi tersebut disajikan Cove lewat artikel ini, baca selengkapnya ya!

Lokasi Universitas Trisakti

Kampus Pahlawan Reformasi ini berada di wilayah Jakarta Barat, tepatnya di ​​Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol. Bisa dikatakan, lokasi Universitas Trisakti ini sangat strategis karena berada di jalan utama. Aksesnya pun mudah, kamu bisa gunakan transportasi umum seperti TransJakarta karena lokasi kampus dekat dengan Halte Busway Grogol.

Lokasi ini juga dekat dengan beberapa tempat nongkrong, loh! Setelah kuliah, kamu bisa langsung hangout ke coffeeshop sekitar kampus. Kalau hobi kamu ke mall, Universitas Trisakti juga dekat dengan Mall Taman Anggrek dan Central Park. Strategis banget ‘kan?

Baca Juga: Informasi Lengkap BINUS Syahdan, dari Lokasi, Fasilitas, sampai Jurusan!

Fakultas dan Jurusan

Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Trisakti, photo by Beelajar

Jurusan dan akreditasi dari universitas swasta kerap jadi pertimbangan sebelum masuk. Meski Universitas Trisakti merupakan kampus ternama dengan kualitas terbaik, penting juga, nih, untuk kamu mengetahui jurusan apa saja yang ada di Trisakti beserta akreditasinya.

Sampai saat ini, Universitas Trisakti memiliki 9 fakultas dengan 46 prodi di dalamnya. Nah, untuk jumlah mahasiswanya, Trisakti masih memiliki sekitar 18.000 mahasiswa aktif. Banyak ya? Kalau kamu mau jadi bagian dari mahasiswa Trisakti, ini dia beberapa jurusan dan akreditasi yang bisa menjadi pilihanmu!

Fakultas Hukum

Fakultas hukum dari Universitas Trisakti termasuk fakultas terpopuler yang punya banyak peminat. Layaknya universitas lain, Trisakti menyediakan program studi Ilmu Hukum mulai dari Sarjana hingga Doktoral. Akreditasi dari program studi Ilmu Hukum Trisakti pun mendapat penilaian A untuk program studi Strata 1 (Sarjana). Sementara itu, program studi Magister dan Doktoral Hukum mendapatkan akreditasi B.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Di Universitas Trisakti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi salah satu fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak. FEB Trisakti pun memiliki banyak jaringan kerjasama.

Nah, bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, FEB Trisakti menawarkan kelas internasional. Di kelas internasional ini kamu akan belajar di kampus Trisakti serta sati kampus lain di luar negeri. Deretan kampus tersebut, yakni Hogeschool Utrecht University of Applied Sciences (Belanda), Colorado State University (USA), dan The University of Northampton (United Kingdom). Bukan hanya itu, FEB Trisakti juga memiliki kelas malam sebagai kelas ekstensi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dari jenjang Diploma.

Program studi atau jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Trisakti cukup beragam, baik dari segi jenjang pendidikan ataupun studi yang dipelajari. FEB ini menyediakan program studi mulai dari jenjang Diploma (D3), Sarjana Terapan (D4), Sarjana (S1), Magister (S2), Doktoral (S3), dan Profesi. Program studi yang ditawarkan di antaranya, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Keuangan, Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, dan Keuangan Perbankan Syariah.

Fakultas Kedokteran

Bagi kamu yang ingin kuliah pendidikan dokter, Universitas Trisakti juga punya Fakultas Kedokteran, loh! Dengan akreditasi A, pendidikan Kedokteran di Universitas Trisakti boleh dibilang sangat bagus. Selain prodi Kedokteran, di fakultas ini pun terdapat prodi Profesi Dokter. Sebagai bentuk peningkatan pembelajaran, Fakultas Kedokteran dari Trisakti menyediakan berbagai fasilitas lengkap mulai dari laboratorium, manekin anatomi, auditorium, sampai mini theater. Lengkap kan?

Fakultas Kedokteran Gigi

Di samping adanya Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti pun menyediakan Fakultas Kedokteran Gigi. Di fakultas ini terdapat 4 program studi mulai dari Pendiidkan Dokter Gigi, Profesi Dokter Gigi, Magister Ilmu Kedokteran Gigi, dan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi.

Kuliah Kedokteran Gigi di Universitas Trisakti bisa kamu jadikan pilihan karena akreditasinya yang baik hingga mampu menyaingi kualitas pendidikan dokter gigi di beberapa universitas negeri. Selain itu, pendidikan dokter gigi di Trisakti pun mendapat pengakuan terakreditasi dari pemerintah Malaysia.

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Fakultas satu ini menyediakan 4 program studi dari 2 jenjang berbeda. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan memiliki program studi Arsitektur untuk S1 dan S2, serta Teknik Sipil untuk S1 dan S2. Jadi, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan secara cepat, kamu bisa lakukan ini di satu tempat sekaligus, yakni Universitas Trisakti.

Sistem pembelajaran dari fakultas ini menggunakan blended learning. Melalui sistem ini, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan mengombinasikan antara pembelajaran secara offline di kampus dan secara online. Fasilitas yang diberikan pun lengkap berupa ruang kelas, laboratorium, ruang gambar, hingga ruang minat bakat.

Fakultas Teknologi Industri

Fakultas Teknologi Industri (FTI) dari Universitas Trisakti merupakan hasil pengembangan dari Fakultas Teknik Trisakti. Saat ini FTI menawarkan pendidikan dari Sarjana (Reguler dan Kelas Ekstensi) serta Magister.

Kamu bisa memilih antara 5 program studi sarjana dari FTI, yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Sementara itu, untuk program magister hanya terdapat 3 prodi, yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.

Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan

Arsitektur merupakan prodi dari Fakultas Teknik Sipil dan Perecanaan. Nah, kamu pasti bertanya-tanya kan apa bedanya dengan Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan? Apabila Arsitektur mempelajari soal desain dari bangunan, Arsitektur Lanskap perlu terampil dalam menjaga estetika sebuah lanskap tempat (indoor dan outdoor).

Pada Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan, Universitas Trisakti menyediakan 3 program studi unggulan. Program studi tersebut ialah Arsitektur Lanskap, Teknik Lingkungan, serta Perencanaan Wilayah dan Tata Kota. Fakultas ini cocok jadi pilihan kamu yang memiliki minat lebih pada suatu perancangan kota.

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Mahasiswa yang mengandalkan kreativitas tinggi bisa memiliki Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Tentunya, kreativitas kamu bisa tersalurkan secara penuh lewat program studi yang ditawarkan. FSRD memiliki program pendidikan untuk Sarjana dan Magister. Terdapat 4 program studi jenjang S1, di antaranya Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, dan Fotografi. Namun, untuk jenjang S2 atau Magister hanya tersedia satu program studi yaitu Magister Desain Produk.

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) dulunya merupakan Fakultas Teknologi Mineral (FTM). Untuk menambah sumber daya manusia berkualitas di bidang perminyakan, FTKE didirikan agar mampu menciptakan SDM tersebut. Fakultas ini pun telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama, seperti PLN, Pertamina, TOTAL, Timah, Geo Science World, Bukit Asam, PGN, dan lain sebagainya.

Fakultas ini memiliki 3 program studi jenjang sarjana dan 1 program studi magister. Program studi sarjana ada di FTKE ialah Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, dan Teknik Pertambangan. Sementara itu, program pendidikan Magister hanya tersedia untuk program studi Teknik Perminyakan.

Baca Juga: Serba-serbi UPH University, Kampus yang Punya Segudang Keunggulan

Fasilitas Universitas Trisakti

Auditorium dan Mini Theater, photo by Universitas Trisakti

Untuk menunjang pembelajaran mahasiswa, Universitas Trisakti menyiapkan sejumlah fasilitas. Fasilitas-fasilitas ini disediakan tergantung dengan fakultas yang dipilih. Namun, secara dasar terdapat fasilitas yang memang ada pada setiap fakultas, seperti ruang kelas, laboratorium, serta perpustakaan. Berikut merupakan rincian fasilitas yang ada di berbagai fakultas di Universitas Trisakti.

Fakultas Hukum

Ruang Kelas, Laboratorium Hukum, Ruang Peradilan Semu, Perpustakaan, Ruang Pusat Studi, Ruang Auditorium, Musholla, dan Loket Administrasi Fakultas.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Laboratorium Bank Mini, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia, Pusat Studi, dan LMS FEBIOLA.

Fakultas Kedokteran

Ruang Kelas, Loker, Student Lounge, Laboratorium Mikroskopik, Laboratorium Biomekular, Auditorium, Laboratorium Anatomi, Fitness Center, Sports Hall, Ruang Seni dan Budaya, Student Hall, Ambulance, Laboratorium Komputer, dan Perpustakaan.

Fakultas Kedokteran Gigi

Laboratorium Biocore, Laboratorium Opadcore, Laboratorium Micore, Laboratorium DMT Care, dan Perpustakaan.

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Auditorium FTSP, Laboratorium Komputer, Lab. Teknologi Beton, Lab. Geoteknik, Lab. Keairan, Lab. Ilmu Ukur Tanah, Lab. Ilmu Fisika Bangunan, Lab. Teknologi Bangunan, Studio Gambar, Ruang Minat Bakat, dan Perpustakaan.

Fakultas Teknologi Industri

Laboratorium Fisika Dasar, FTI Student Lounge, Trisakti Smart Classroom, dan Perpustakaan.

Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan

Laboratorium komputer, Laboratorium Lingkungan, Laboratorium Mikrobiologi Lingkungan, Laboratorium Mekanika Fluida, Laboratorium Teknologi Lanskap, dan Perpustakaan.

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Laboratorium Bahan dan Proses, Laboratorium Gambar dan Ilustrasi, Laboratorium Komputer Desain, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Proses Cetak, dan Perpustakaan.

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Laboratorium Teknik Perminyakan, Laboratorium Teknik Geologi, Laboratorium Teknik Pertambangan, dan Perpustakaan.

Nah, tidak sebatas itu saja, Universitas Trisakti pun memiliki fasilitas umum, seperti fasilitas olahraga, gedung pertemuan, tempat ibadah, pers mahasiswa, pusat pelatihan bahasa, bus kampus, poliklinik, sampai area publik. Ada juga fasilitas dari berbagai organisasi kemahasiswaan untuk menunjang kegiatan non-akademik.

Kost Eksklusif Dekat Universitas Trisakti

Kost adalah satu-satunya pilihan apabila jarak tempat tinggalmu jauh dari kampus. Salah satunya kost eksklusif dari Cove yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap. Kelebihan kost Cove T63 ialah lokasinya yang strategis di area Tomang dengan jarak berkendara 5 menit untuk sampai ke Universitas Trisakti. Sehingga kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk pulang dan pergi ke kampus. Selain lokasi yang dekat dengan kampus, terdapat berbagai area nongkrong sampai mall yang bisa kamu jadikan tempat pelepas penat.

Kamar Superior Cove T63, photo by Cove

Cove T63 telah menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan para penghuni. Masing-masing kamarnya dilengkapi dengan lemari, meja kerja, AC, dan kamar mandi pribadi. Lengkapnya fasilitas tersebut dijamin bikin kamu betah dan nyaman untuk belajar ataupun beristirahat.

Di samping fasilitas pribadi, Cove T63 pun tak luput menyediakan fasilitas bersama, seperti dapur, lobby, lounge, area makan, wifi, tempat parkir, keamanan, serta laundry dan pembersihan kamar. Dengan fasilitas selengkap itu, kenyamanan kamu selama ngekost terjaga! Tunggu apalagi? Book kamar dari Cove T63 sekarang melalui Whatsapp atau situs Cove.

Temukan kost eksklusif di Jakarta Barat lainnya, hanya di Cove!