Informasi Lengkap BINUS Syahdan, dari Lokasi, Fasilitas, sampai Jurusan!

Informasi Lengkap BINUS Syahdan, dari Lokasi, Fasilitas, sampai Jurusan!
Gedung BINUS, photo by BINUS

BINUS University merupakan perguruan tinggi swasta ternama dan bergengsi di Indonesia. Namanya yang terkenal membuat BINUS University setiap tahunnya BINUS selalu diminati oleh para calon mahasiswa baru. Nah, kalau kamu punya minat untuk kuliah di BINUS, kamu perlu tahu mengenai letak kampusnya. Di area Jabodetabek, BINUS memiliki 6 kampus, di antaranya Anggrek, Syahdan, Kijang, JWC, Alam Sutera, dan Bekasi. Namun, ada juga kampus BINUS yang berada di luar Jabodetabek seperti Bandung, Malang, dan Semarang.

BINUS Kemanggisan merupakan kampus paling ikonik. Ini karena di area Kemanggisan terdapat 3 area kampus BINUS sekaligus, yaitu kampus Syahdan, kampus Anggrek, dan kampus Kijang. Lewat artikel ini, Cove akan membahas lebih lengkap mengenai kampus Syahdan yang terkenal di mana-mana. Kalau kamu penasaran, baca terus kelanjutan artikel ini ya!

Lokasi BINUS Syahdan

Lokasi Binus Syahdan, photo by BINUS University

Berada di lokasi strategis, BINUS Syahdan terletak di area Kemanggisan, tepatnya di Jl. K H. Syahdan No. 9 Kemanggisan – Palmerah Jakarta Barat 11480. Lokasi tersebut dekat dengan dua kampus BINUS Kemanggisan lain, yakni kampus Anggrek dan kampus Kijang. Jarak antar kampus BINUS Kemanggisan hanya 5 - 10 menit berjalan kaki atau 3 menit berkendara.

Letak kampusnya yang strategis ini bikin BINUS Syahdan dikelilingi berbagai tempat makan dan nongkrong dengan harga ramah kantong, terutama buat mahasiswa. Jangan heran kalau banyak jajanan enak yang kerap menjadi incaran mahasiswa!

Baca Juga: Serba-serbi UPH University, Kampus yang Punya Segudang Keunggulan

Fasilitas

Creative Space BINUS Syahdan, photo by BINUS

Dalam memilih kampus atau universitas swasta, fasilitas yang diberikan tentu masuk ke dalam pertimbangan. Nah, BINUS University merupakan kampus yang mampu menunjang kebutuhan mahasiswa lewat fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Untuk mendukung pembelajaran mahasiswa/mahasiswi di kampus, BINUS Syahdan memfasilitasi berbagai ruangan, laboratorium, sampai area kreatif yang bisa digunakan. BINUS Syahdan memiliki 38 ruang kelas, lab akuntansi, lab studio arsitektur, lab teknik sipil, lab komputer, lab teknik industri, lab sistem informasi, lab manajemen, studio foto, kelas kreatif, serta ruang BINUS TV.

Enggak terbatas pada hal akademik aja, nih! BINUS Syahdan pun punya fasilitas untuk mendukung bakat non-akademik dari para mahasiswanya. Misalnya, terdapat papan panjat tebing, multifunction sport hall, dan creative space.

Selain itu, terdapat beberapa area layanan BINUS Syahdan, seperti poliklinik, Binus Alumni Center (BAC), Student Creativity Development Center (SCDC), Binus Institutional Development and Collaboration Center (BIDC), dan Information Technology Directorate and Applied Technology Laboratories (ATL).

Program Pendidikan BINUS University

Program Pendidikan BINUS, photo by BINUS

Banyak orang mengira bahwa BINUS hanya menawarkan program pendidikan jenjang Diploma dan Sarjana. Nah, ternyata hal tersebut keliru karena BINUS University menawarkan setidaknya 7 program pendidikan, mulai dari Diploma hingga Doktoral. Namun, masing-masing cabang kampus BINUS punya program studi atau jurusan berbeda. Berikut ini 7 daftar program pendidikan di BINUS University.

Undergraduate (Sarjana)

Program pendidikan Sarjana tentunya menjadi program pendidikan utama yang ditawarkan oleh universitas. Program undergraduate BINUS ada hampir di seluruh fakultas dan jurusan. Secara keseluruhan, BINUS University sendiri menawarkan lebih dari 50 jurusan dari 8 fakultas untuk program sarjana ini.

Undergraduate International

Hampir sama dengan program undergraduate reguler, BINUS University pun menawarkan program undergraduate International. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk meraih dua gelar sekaligus dalam satu masa kuliah. Biasanya, pada tahun kedua atau ketiga, kamu akan berkuliah di Universitas di luar negeri yang telah bekerja sama dengan BINUS University. Hal ini tentu memungkinkan kamu mendapatkan dua gelar pendidikan dalam negeri dan luar negeri.

Beberapa universitas luar negeri yang telah bekerja sama dengan BINUS untuk program Undergraduate International, di antaranya Aukland University Of Technology (New Zealand), Cologne Business School (Germany), Northumbria University (United Kingdom),  Nottingham University (Malaysia), Queensland University of Technology (Australia), Macquarie University (Australia), Saxion University (Netherlands), Solbridge International School of Business (Daejon, South Korea), RMIT University (Australia), Wollongong University (Australia), University of New South Wales (Australia), dan Victoria University of Wellington (New Zealand)

Double Program

Kuliah dua jurusan sekaligus? Bisa dong kalau kamu kuliah di BINUS. Karena BINUS memiliki program pendidikan double degree, yang mana kamu bisa mendapatkan dua gelar berbeda sekaligus. Namun, program ini masih terbatas untuk jurusan tertentu. Meski begitu, masih jarang kampus-kampus di Indonesia menyediakan program double degree layaknya BINUS. Keuntungan mengikuti program double degree dari BINUS, kamu tidak perlu mengulang mata kuliah dasar. Akan tetapi, kamu akan mendapatkan SKS yang jauh lebih banyak dibandingkan kelas reguler karena perlu mengejar dua gelar.

Untuk daftar program studi yang bisa kamu ambil di BINUS masih terbatas, yakni Interactive Design & Technology, Digital Business Innovation, Ilmu Komputer & Statistik, Ilmu Komputer & Matematika, Sistem Informasi & Manajemen, dan Sistem Informasi & Akuntansi.

Online Program

Seperti namanya, online program merupakan pembelajaran berbasis online yang tidak mengharuskan mahasiswanya hadir secara langsung di kampus. Online program atau online learning dari BINUS ini dikhususkan untuk kamu yang harus kuliah sambil bekerja. Sistem belajar seperti ini pun dikenal sebagai kelas karyawan. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan waktu kuliah dan bekerja secara fleksibel.

Program online learning ini berlaku untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat, serta lulusan Diploma (D3) yang ingin melanjutkan kuliah hingga jenjang sarjana (S1). Program studi yang disediakan untuk online learning, yaitu Akuntansi, Manajemen – Bisnis Manajemen, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Industri.

Master Track (Magister)

Pendidikan S-2 lebih cepat dari biasanya? Kamu bisa coba kuliah di BINUS dengan mengambil program Master Track. Kalau biasanya kuliah S-1 hingga S-2 memakan waktu 6 - 7 tahun, melalui program ini, kamu bisa memangkas waktu kuliah S-2 dalam kurun waktu 5 tahun.

Program Master Track BINUS berlaku untuk para Binusian berprestasi yang ingin langsung melanjutkan pendidikannya secara berkesinambungan hingga jenjang S-2. Jadi, kamu akan berkuliah di BINUS mulai dari program sarjana hingga magister. Sayangnya, program Master Track ini masih terbatas untuk beberapa jurusan saja, seperti Manajemen S-1 & S-2, Sistem Informasi S-1 & S-2, serta Teknik Informatika S-1 & S-2.

Graduate (Magister)

Berbeda dari program Master Track, program Graduate ini tidak mengharuskan kamu untuk kuliah di BINUS pada jenjang S-1. Kamu bisa berasal dari manapun untuk melanjutkan program studi jenjang S-2 di BINUS.

Nah, jika dibandingkan dengan Master Track, pilihan jurusan dari program Graduate ini lebih bervariasi. Beberapa di antaranya, yaitu Akuntansi, Manajemen Bisnis, Innovation & Entrepreneurship, Supply Chain Management, Creative Marketing, People & Leadership, Executive in Strategic Marketing, Digital Business, Strategy & Execution, Professional Business Management, Strategic Marketing Communication, Manajemen Sistem Informasi, Magister Teknik Informatika, dan Magister Teknik Industri.

Doctorate

Doctorate merupakan program doktoral yang disediakan oleh BINUS University. Hingga saat ini, BINUS telah menyediakan dua program doktoral, yakni Doctor of Computer Science dan Doctor of Research in Management.

Baca Juga: UPH College Tangerang: SMA dengan Sistem Pembelajaran Unik, Persiapkan Siswa Menuju Jenjang Universitas

Fakultas dan Jurusan di BINUS Syahdan

Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana di BINUS University, terutama BINUS Kemanggisan, terdapat beberapa pilihan fakultas dan jurusan, nih!

Ketika kuliah di BINUS Syahdan, otomatis kamu akan masuk ke cabang Kemanggisan. BINUS Kemanggisan merupakan kampus BINUS yang punya fakultas dan jurusan terbanyak. Pastikan jurusan yang kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu, ini dia daftar fakultas dan jurusan yang ada di BINUS Syahdan.

Fakultas Komunikasi Digital dan Hotel & Pariwisata

  • Pariwisata
  • Hotel Management (D4)
  • Komunikasi – Komunikasi Massa
  • Komunikasi – Marketing Komunikasi

Fakultas Teknik

  • Teknik Sipil
  • Teknik Komputer
  • Teknik Arsitektur
  • Teknik Industri
  • Program Profesi Insinyur

Fakultas Ilmu Budaya

  • Sastra China
  • Sastra Jepang
  • Sastra Inggris
  • Hukum – Business Law
  • Psikologi
  • Hubungan Internasional
  • Primary Teacher Education (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Sekolah Bisnis

  • Manajemen
  • Pemasaran Bisnis Global

Sekolah Desain

  • Desain Interior
  • DKV – Creative Advertisment
  • DKV – New Media
  • DKV – Animasi

Sekolah Akuntansi

  • Akuntansi
  • Perpajakan

Sekolah Ilmu Komputer

  • Ilmu Komputer
  • Data Science
  • Cyber Security
  • Game Application and Technology
  • Mobile Application and Technology

Sekolah Sistem Informasi

  • Sistem Informasi
  • Business Analyst
  • Sistem Informasi Akuntansi dan Audit

Kost Eksklusif Dekat BINUS Syahdan

Sebagian besar mahasiswa saat kuliah harus merantau sehingga tinggal di kost. Kalau kamu sedang kuliah di BINUS Syahdan dan ingin tinggal di kost eksklusif, Cove The Peak Bright wajib masuk list kamu! Lokasinya strategis bikin jarak kost kamu ke kampus hanya 1 menit. Selain itu, terdapat banyak tempat nongkrong dan tempat makan unik di sekitar kost. Bisa jadi referensi kamu untuk hangout bareng teman kampus!

Kamar Cove The Peak Bright, photo by Cove

Kost ini pun dilengkapi berbagai fasilitas yang mampu menunjang pengalaman tinggal kamu di kost jadi lebih seru. Kamar dari Cove The Peak Bright sudah dibuat fully furnished lengkap dengan satu set meja belajar, kasur, AC, dan lemari. Istirahat atau belajar di kamar pasti sangat nyaman!

Rooftop Lounge Cove The Peak Bright, photo by Cove

Kamu juga bisa loh bersantai di area lounge sambil mengerjakan tugas dengan teman. Dijamin betah seharian! Ditambah bisa menikmati pemandangan disekitar kost dan BINUS Syahdan dari atas rooftop. Jangan lupa sediakan snack dan camilan ya.

Untuk fasilitas bersama lainnya, Cove telah menyediakan dapur bersama, area makan, dispenser, lobby, area parkir, dan juga keamanan. Bagi yang jadwal kuliahnya padat dan tidak sempat membereskan kamar kost, Cove pun menyediakan pembersihan kamar gratis dan laundry.  Nah, kalau kamu tertarik untuk tinggal di kost eksklusif senyaman Cove The Peak Bright, langsung kunjungi saja website Cove atau segera booking via Whatsapp.

Temukan kost eksklusif di Jakarta Barat lainnya, hanya di Cove!


Temukan Kost Terbaik di Jakarta Barat: