20 Tempat Wisata di Ubud yang Unik dan Wajib Dikunjungi!

20 Tempat Wisata di Ubud yang Unik dan Wajib Dikunjungi!
Tempat Wisata di Ubud, photo by Expedia

Ubud merupakan daerah Bali yang terkenal dengan suasana tenang, zen, serta pemandangan indah. Kawasan Ubud kerap juga disebut-sebut sebagai tempat untuk healing dan merilekskan pikiran. Di kawasan ini pun terdapat resort-resort yang menawarkan pemandangan alam indah. Nah, buat kamu yang sedang stay di daerah Ubud dan butuh rekomendasi tempat wisata di Ubud, jawabannya bisa kamu temukan melalui artikel ini. Berikut rekomendasinya!

Tempat Wisata di Ubud

1. Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud, photo by Hotels.co

Kurang afdol jika berkunjung ke Ubud tanpa mampir ke tempat wisata ternamanya, Monkey Forest Ubud. Seperti namanya, tempat wisata di Ubud yang satu ini memiliki banyak sekali kera yang dilepas di alam bebas. Walaupun dilepas di alam bebas, kera tersebut masih jinak dan ramah dengan pengunjung. Namun, tetap saja pengunjung harus berhati-hati karena beberapa kera suka mengusili pengunjung yang datang. Di area Monkey Forest Ubud pun terdapat Pura yang bisa kamu kunjungi. Nah, ketika berkunjung ke tempat ini, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi ya!

Alamat: Jalan Monkey Forest Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Jam Buka: Senin - Minggu (08.30 - 17.30 WITA)
Harga Tiket: Rp50.000/orang

2. Terasering Tegalalang

Terasering Tegalalang, photo by Indonesia Travel

Siapa yang senang melihat hamparan hijau yang memanjakan mata? Mungkin kalau sedang di Ubud kamu bisa mengunjungi Terasering Tegalalang. Menampilkan pemandangan sawah berundak di ketinggian 600 mdpl lengkap dengan panorama alam khas Bali. Berkunjung ke Terasering Tegalalang merupakan pilihan tepat kalau kamu mencari tempat wisata di Ubud yang penuh ketenangan. Kamu bisa merasakan suasana ala pedesaan di Ubud. Buat kamu yang ingin bersantai, jangan khawatir karena warga lokal menyediakan restoran yang bisa dikunjungi di area sekitar Terasering Tegalalang.

Alamat: Jl. Raya Tegalalang, Tegalalang, Gianyar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 18.00 WITA)
Harga Tiket: Rp10.000/orang

3. Neka Art Museum

Neka Art Museum, photo by Pickyourtrail

Neka Art Museum atau Museum Neka Ubud menjadi salah satu tempat wisata di Ubud yang patut dikunjungi kalau kamu menyukai kesenian. Museum ini menampilkan berbagai karya legendaris dari seniman Indonesia, seperti karya-karya dari Affandi. Memiliki kurang lebih 300 koleksi lukisan di dalam sebuah bangunan dengan konsep tradisional khas Bali. Meski bentuk bangunannya tradisional, fasilitas dari Neka Art Museum sudah modern sehingga kamu bisa mengeksplor area museum sepuasnya.

Alamat: Jl. Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Ubud
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00 WITA)
Harga Tiket: Rp50.000/orang

4. Goa Gajah

Goa Gajah, photo by Bali News

Jangan sampai terkecoh dengan namanya karena tidak ada satupun gajah di tempat wisata di Ubud yang satu ini. Nama Goa Gajah diambil dari “Lwa Gajah”, artinya tempat pertapaan para Biksu Budha. Lokasinya berada di tepi sungai dan dikelilingi pohon rindang. Konon, tempat ini termasuk bersejarah karena telah dibangun ratusan tahun sebelum masehi. Ketika berwisata ke Goa Gajah, kamu bisa melihat langsung bagaimana bentuk ceruk, tempat para Biksu melakukan pertapaan.

Alamat: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 16.00 WITA)
Harga Tiket: Rp30.000/orang

5. Museum Antonio Blanco

Museum Antonio Blanco, photo by Klook

Berawal dari keinginan Antonio Blanco membuka museum berisi karya-karyanya, maka hadirlah Museum Antonio Blanco di Ubud ini. Museum ini berisi percampuran antara karakteristik tradisional Bali dengan gaya lukis Eropa. Dari hal itu pula, museum ini dikenal dengan nama Museum Blanco Renaissance. Tak hanya lukisan, Museum Antonio Blanco dilengkapi dengan fasilitas restoran, art shop, toilet, hingga ruang santai.

Alamat: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00 WITA)
Harga Tiket: Rp30.000/orang

6. Bali Bird & Reptile Park

Bali Bird & Reptile Park, photo by Klook

Tempat wisata keluarga yang bisa didatangi di Ubud adalah Bali Bird & Reptile Park. Seperti namanya, di Bali Bird & Reptile Park kamu dapat melihat berbagai jenis burung serta reptile. Dengan luas 2 hektar, ada hampir 1000 burung dari 250 jenis burung berbeda yang bisa kamu lihat. Jenis burungnya pun berasal dari Indonesia, Amerika, dan Afrika. Tempat wisata di Ubud yang satu ini memang cocok untuk dijadikan wisata edukasi. Sementara itu, jenis reptil yang dapat dilihat merupakan reptil langka, seperti komodo, buaya, iguana, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang mau berinteraksi langsung dengan hewan-hewan di Bali Bird & Reptile Park sangat bisa, loh! Karena di tempat ini terdapat beberapa hewan yang jinak sehingga bisa diajak untuk berfoto. Nah, biaya masuk ke kawasan Bali Bird & Reptile Park dikenakan Rp150.000/orang.

Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.30 WITA)
Harga Tiket: Rp150.000/orang

7. Bali Zoo

Bali Zoo, photo by Klook

Selain Bali Bird & Reptile Park, tempat wisata di Ubud yang bertemakan kebun binatang ada Bali Zoo. Menawarkan pengalaman baru pergi ke kebun binatang karena tempatnya terarah. Ketika berkeliling, papan informasi serta jalur sudah didesain sedemikian rupa supaya pengunjung bisa melihat hampir seluruh satwa yang ada di Bali Zoo.

Kebun binatang ini setidaknya memiliki kurang lebih 300 satwa. Beberapa pengunjung pun bisa berinteraksi dengan satwa jinak dengan memberi makan. Sangat menyenangkan, apalagi buat kamu yang sedang berlibur bersama keluarga!

Alamat: Jl. Raya Singapadu, Singapadu, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00 WITA)
Harga Tiket: Rp95.000/orang (KTP Bali), Rp140.000/orang (Domestik)

8. Ubud Art Market

Ubud Art Market, photo by Katie Caf Travel

Belanja oleh-oleh khas Bali di Ubud Art Market atau Pasar Seni Ubud. Tempat yang satu ini menyajikan berbagai kerajinan tangan dari para pengrajin lokal yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Beberapa barang yang bisa kamu temukan di Ubud Art Market, seperti kaos barong, cincin dan gelang kerajinan, topeng, anyaman, dan benda-benda unik lainnya dibuat handmade. Dibanding berbelanja di mall, tentu borong di Ubud Art Market akan lebih terjangkau khususnya buat kamu yang memiliki skill tawar menawar yang tinggi. Manfaatkan belanja di tempat ini untuk mendapatkan harga miring ya!

Alamat: Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 18.00 WITA)
Harga Tiket: Gratis

9. Arung Jeram Sungai Ayung

Rafting Sungai Ayung, photo by Tiket

Menantang adrenalin dengan pergi ke tempat wisata di Ubud yang satu ini bisa memberikan pengalaman berbeda, loh! Sungai Ayung menjadi spot favorit untuk melakukan olahraga arung jeram atau rafting di Ubud. Kamu bisa rasakan keseruan mengarungi Sungai Ayung dengan panorama indah di kanan dan kiri sungai. Tenang saja, arus di Sungai Ayung ini aman untuk rafting para pemula. Ditambah, kamu menggunakan safety kit dan didampingi oleh petugas. Kocek yang perlu kamu keluarkan untuk bisa menikmati olahraga satu ini berkisar antara Rp350.000 - Rp500.000 bergantung dengan paket yang dipilih.

Alamat: Jl. Dewi Saraswati No.2, Bongkasa Pertiwi, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp350.000 - Rp500.000/orang

10. Pura Gunung Lebah

Pura Gunung Lebah, photo by Hotels

Bali terkenal sebagai daerah dengan ribuan Pura, tempat ibadah umat Hindu. Tak hanya untuk beribadah, sebagian besar pura digunakan untuk tempat wisata religi atau edukasi. Pura Gunung Lebah termasuk ke dalam salah satu tempat wisata di Ubud yang dapat dikunjungi. Keunikan dari Pura Gunung Lebah terlihat dari letaknya yang berada di bawah jembatan sungai Campuhan Ubud. Apabila sedang ada perayaan atau Upacara Piodalan, kamu bisa melihat pertunjukkan seni tari Calonarang Pura Gunung Lebah yang mampu menarik perhatian.

Alamat: Jl. Raya Ubud No.23, Sayan, Kec. Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00 WITA)
Harga Tiket: Gratis

11. Istana Tampak Siring

Istana Tampak Siring, photo by Museum.co.id

Siapa yang tidak asing dengan Istana Tampak Siring? Tempat bersejarah ini sekaligus menjadi tempat wisata di Ubud yang patut dikunjungi. Istana Tampak Siring merupakan tempat Presiden menjamu para tamu dari negara lain saat berkunjung ke Bali. Kompleks ini terbagi atas empat gedung berbeda yang bisa kamu kelilingi, seperti Wisma Merdeka, Wisma Yudhistira, Wisma Negara, dan Wisma Bima. Tiket masuk untuk berkunjung ke Istana Tampak Siring ialah Rp30.000/orang.

Alamat: Jl. Dr. Ir. Soekarno, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552
Jam Buka: Senin - Jumat (07.30 - 16.00 WITA)
Harga Tiket: Rp30.000/orang

12. Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi, photo by Indonesia Kaya

Mungkin kamu akan ingat dengan kawasan Jogja dan sekitarnya ketika pergi ke Candi Gunung Kawi. Yap, tak hanya Jogja yang punya candi, Bali tepatnya di kawasan Ubud pun memiliki wisata bersejarah di Candi Gunung Kawi. Di dindingnya terdapat pahatan dari batu berbentuk candi setinggi kurang lebih 7 meter. Kemudian, ciri khas mirip candinya pun terlihat dari banyaknya anak tangga yang harus dilalui pengunjung untuk bisa sampai ke tempat wisata di Ubud yang satu ini kamu harus menuruni 371 anak tangga. Diperkirakan, Candi Gunung Kawi sudah ada sejak abad ke-11. Tempat ini sekaligus menjadi tempat pemakaman dari Raja Anak Wungsu.

Alamat: Tampaksiring, Kec. Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp15.000/orang

13. Pura Kehen

Pura Kehen, photo by Kemendikbud

Dibangun sekitar tahun 1206, Pura Kehen termasuk ke dalam salah satu objek wisata di Ubud yang cukup diminati. Arsitektur dari Pura Kehen inilah yang paling menarik perhatian pengunjung untuk sekadar mempelajari atau bahkan berfoto ria. Keunikan Pura Kehen terletak pada bangunan 11 tingkat yang membuat tempat ibadah ini berbeda. Pura ini sekaligus menjadi salah satu pura terunik karena terdapat ukiran rumit di dinding-dindingnya.

Alamat: Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80613
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00 WITA)
Harga Tiket: Rp10.000/orang

14. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo, photo by Kintamani.id

Sejuknya panorama alam Ubud selalu menakjubkan para pengunjung yang datang. Kalau kamu mengincar wisata alam seperti air terjun, rekomendasi tempat wisata berikut ini pasti menarik perhatianmu. Mengutip situs milik Tourism Information Center, Air Terjun Kanto Lampo sebagai destinasi wisata di Ubud punya keistimewaan dari bentuk air terjunnya yang berundak. Sehingga aliran air terpecah dan mengalir tidak terlalu deras. Aliran air dari Air Terjun Kanto Lampo dimanfaatkan sebagai irigasi. Bagi warga sekitar, air yang bersumber dari Air Terjun Kanto Lampo ini dianggap suci karena dianggap sebagai tempat suci untuk upacara Dewa Yadnya.

Alamat: Jl. Kaliasem lingk.kelod kangin, Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80513
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.30 WITA)
Harga Tiket: Rp20.000/orang

15. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan, photo by Okezone

Hamparan pemandangan hijau di kanan kiri jalan tentu menyejukkan mata siapapun yang melihatnya, termasuk di Bukit Campuhan salah satu tempat wisata di Ubud. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk menghirup udara segar. Bukit Campuhan punya jalan setapak sepanjang 2 km. Para pengunjung kerap datang ke Bukit Campuhan untuk melihat keindahan sunrise (matahari terbit). Nah, untuk bisa mendapatkan momen ini tentu kamu harus mengeluarkan effort bangun lebih pagi ya!

Alamat: Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Kec. Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: Senin - Minggu (24 jam)
Harga Tiket: Gratis

16. Desa Petulu

Desa Petulu, photo by Phinemo

Desa wisata yang bisa dikunjungi di Ubud ada Desa Petulu. Di desa ini menjadi tempat tetap untuk habitat burung bangau atau burung Kokoan. Kamu bisa mengamati aktivitas burung Kokoan ini di Desa Petulu. Meski menjadi habitat utama dari burung Kokoan, banyak masyarakat yang tinggal di desa ini dan tinggal secara berdampingan dengan burung-burung. Saat berkunjung ke Desa Petulu kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000/orang ya.

Alamat: Jl. Raya Petulu, Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia
Jam Buka: Senin - Minggu (24 Jam)
Harga Tiket: Rp20.000/orang

17. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati, photo by Travels Promo

Banyak sekali pura di Ubud yang bisa kamu kunjungi untuk wisata religi ataupun hanya sekadar melihat bagaimana masyarakat setempat beribadah, salah satunya adalah Pura Taman Saraswati. Terlihat kemegahan bangunan pura yang satu ini. Perlu diketahui bahwa Pura Taman Saraswati ini dibangun untuk menghormati Dewi Saraswati. Jalan menuju Pura Taman Saraswati dihiasi kolam pada sisi kanan kiri yang ditumbuhi teratai. Area ini sekaligus menjadi spot para turis atau wisatawan yang datang untuk mengambil foto dengan latar belakang Pura Taman Saraswati. Kamu pun bisa melihat pementasan Tari Kecak di pura ini setiap Selasa - Kamis mulai pukul 19.30 WITA.

Alamat: Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 17.00 WITA)
Harga Tiket: Gratis

18. The Yoga Barn

The Yoga Barn, photo by OM Yoga Magz

Ketenangan kawasan Ubud memang sangat cocok untuk melakukan aktivitas Yoga juga bermeditasi. Yap, tak jarang juga loh pengunjung datang jauh-jauh hanya untuk merasakan Yoga di Ubud. Salah satu tempat Yoga di Ubud adalah The Yoga Barn. Menawarkan berbagai kelas mulai dari singkat hingga intensif yang bisa kamu ambil saat sedang berada di Ubud. Kapan lagi kan bisa Yoga dengan suasana tenang serta pemandangan indah dari Ubud? Informasi lengkap mengenai jenis kelas, jadwal, dan harga bisa kamu dapatkan lewat website resmi The Yoga Barn, ya!

Alamat: Jl. Sukma Kesuma, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 19.30 WITA)
Harga: Mulai dari Rp150.000/sesi

19. Desa Nyuh Kuning

Desa Nyuh Kuning, photo by Liputan6

Melihat suasana tradisional yang Bali banget? Datang aja ke Desa Nyuh Kuning. Tempat wisata di Ubud yang satu ini memang sedikit berbeda karena nuansa tradisional masih sangat kental. Bisa dibilang juga kawasan ini belum tersentuh banyak oleh modernisasi. Eits, lebih dari itu kamu bisa merasakan experience tinggal menjadi warlok (warga lokal) Bali tradisional dengan menginap di Desa Nyuh Kuning. Ini karena sebagian besar warga menyewakan tempat tinggalnya. Kalau tak ingin menginap, kamu bisa menyaksikan pertunjukkan tari tradisional hanya dengan membayar Rp10.000, loh!

Alamat: Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 19.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp10.000/orang

20. Museum Galeri Seni Rudana Ubud

Museum Rudana Ubud, photo by Tripadvisor

Lagi-lagi galeri seni yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Ubud. Memang, kawasan ini penuh akan seniman dan keseniannya. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan berkunjung ke Museum Galeri Seni Rudana Ubud. Pemilik Museum Galeri Seni Rudana Ubud merupakan sebuah kolektor bernama Nyoman Rudana. Di dalam museum ini, kamu dapat melihat berbagai koleksi seni dari seniman lokal dan asing.

Alamat: Jl. Cok Rai Pudak, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Harga Tiket: Rp20.000/orang