12 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits Tahun 2023

12 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits Tahun 2023
Tempat wisata di Bandung yang lagi hits, photo by Kabar Banten

Bandung terus menjadi destinasi populer bagi para wisatawan yang mencari pengalaman seru di tahun 2023. Dikenal dengan julukan "Paris van Java," Bandung menggabungkan pesona sejarah, seni, dan alam yang menakjubkan. Nah, di artikel kali ini, Cove akan membahas 12 tempat wisata di Bandung yang lagi hits, menjelajahi keindahan alamnya, kekayaan budayanya, serta berbagai spot menarik yang nggak boleh kamu lewatkan. Yuk, simak!

12 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Bandung 2023

1. Sarae Hills

Sarae Hills, photo by Travel Kompas

Sarae Hills adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang lagi hits, nih. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi "keliling dunia dalam sehari" dengan berbagai spot foto menarik yang menghadirkan ikonik seperti Golden Gate, Colosseum, Piramida, Sphinx, Menara Eiffel, Patung Liberty, Santorini, dan Arc De Triomphe. Selain itu, ada juga kastil yang bisa kamu jelajahi. Tiket masuk tersedia dengan berbagai paket dan kamu bisa menikmati kegiatan seperti feeding hewan, naik kereta, dan berbagai pilihan makanan. Setiap akhir pekan, ada pula pertunjukan Carnaval yang menarik untuk disaksikan.

Lokasi: Jl. Pagermaneuh, Pagerwangi, Kec. Lembang, Bandung Barat.
Jam Buka: Setiap hari pukul 08.00 - 21.00 WIB.
Harga Tiket: Berbagai paket dengan harga mulai dari Rp25.000 hingga Rp100.000.
Fasilitas: Shuttle car khusus, spot foto ikonik dunia, dan area parkir.

2. Dago Dreampark

Dago Dreampark, photo by Klook

Dago Dreampark menawarkan beragam wahana seru yang cocok untuk keluarga dan teman-teman. Tempat ini punya pemandangan hutan pinus yang menyejukkan dan berbagai wahana yang cocok untuk semua usia. Mulai dari wahana permainan, bersepeda, hingga menikmati alam sekitar, nggak heran kalau Dago Dreampark masih populer sebagai tempat wisata hits di Bandung sampai saat ini.  Plus, jangan lewatkan berbagai spot foto Instagramable yang tersebar di seluruh taman ini, ya.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.
Jam Buka: Setiap hari pukul 09.00 - 17.00 WIB.
Harga Tiket: Rp30.000 (weekdays), Rp32.000 (weekend), tiket semua wahana mulai dari Rp835.000, tiket Kereta Wisata Dusun Semilir mulai dari Rp20.000.
Fasilitas: Restoran, musala, function hall, area parkir, dan tempat penginapan.

3. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata, photo by Travel Kompas

Taman Lembah Dewata, dengan pesona pemandangan perbukitan dan danau Situ Pandawa, menawarkan beragam aktivitas menarik, termasuk berkuda dan wahana air yang akan memanjakan pengunjung. Danau buatan ini, Situ Pandawa, menawarkan kesempatan unik untuk bersepeda air, naik perahu, atau merasakan sensasi jet boat. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, taman ini menjadi destinasi wisata yang menarik dan sesuai bagi berbagai kalangan.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.KM.3,7, Cibogo, Lembang, Bandung Barat.
Jam Buka: Setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB.
Harga Tiket: Rp20.000 (weekdays), Rp25.000 (weekend)
Fasilitas: Berkuda yang dipandu oleh pelatih profesional, kelas khusus berkuda di bawah arahan pelatih profesional.

4. Nimo Highland

Nimo Highland, photo by Travel Kompas

Nimo Highland menawarkan pesona ala Santorini di Yunani dengan latar belakang kebun teh Malabar yang memukau. Dilengkapi beragam spot foto menarik serta wahana seperti VR, Flying Fox, dan ATV, Nimo Highland menciptakan pengalaman yang sempurna bagi kamu yang ingin bersantai dan berpetualang. Kamu juga bisa, lho, datang lebih pagi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit yang menakjubkan di sini.

Lokasi: Banjarsari, Pangalengan, Bandung.
Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB (weekdays), 05.00 - 18.00 WIB (weekend)
Harga Tiket: Rp25.000 hingga Rp35.000 per orang
Fasilitas: Restoran, food court, coffee shop, tempat sewa kostum bertema Eropa, toilet.

5. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut, photo by Citarum Harum

Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau kecil dengan air berwarna biru kehijauan. Terletak di tengah batuan besar, danau ini menawarkan pengalaman unik seperti berenang dan bahkan melompat dari batu-batuan sekitar. Pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk pohon-pohon hijau dan langit biru, menciptakan latar belakang sempurna untuk berfoto. Keindahan alam yang alami dan atmosfer tenang menjadikan Sanghyang Heuleut tempat yang ideal untuk bersantai dan merasakan kedamaian alam.

Lokasi: Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Bandung Barat.
Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB (weekdays), 08.00 - 17.00 WIB (Sabtu), 07.00 - 17.00 WIB (Minggu)
Harga Tiket: Rp10.000 per orang
Fasilitas: Lahan parkir, toilet bisa menumpang di rumah warga sekitar, pemandu yang disediakan warga, warung-warung kecil di jalan menuju danau

6. Dusun Bambu

Dusun Bambu, photo by Kamuswisata

Dusun Bambu adalah tempat wisata yang menawarkan suasana pedesaan yang damai dan nyaman. Terletak di tengah hamparan bambu dan pohon cemara, tempat ini cocok untuk merenung dan merilekskan diri. Desainnya yang ramah lingkungan dan fokus pada kearifan lokal membuat Dusun Bambu cocok untuk healing. Di sini, kamu bisa menikmati makanan lezat, menjelajahi danau buatan yang indah, atau bersantai di gazebo bambu sambil mendengarkan suara alam.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Bandung Barat
Jam Buka: Setiap hari pukul 10.00 - 20.00 WIB.
Harga Tiket: Rp20.000 (weekdays), Rp30.000 (weekend)
Fasilitas: Area rekreasi, restoran, sawah, jalur sepeda, perlengkapan BBQ, dan area api unggun

7. Papa Dino

Papa Dino, photo by Ayo Bandung

Papa Dino adalah destinasi wisata yang menampilkan beragam replika dinosaurus dengan detail mirip aslinya, menawarkan pengalaman menarik untuk keluarga. Selain replika, kamu juga bisa menikmati wahana dan mendapatkan informasi tentang kehidupan dinosaurus. Tempat ini menawarkan wahana seperti dino show, dino ride, dino dokar, playground, virtual 3D, rainbow slide, area kuliner, spot foto, dan masih banyak lagi. Papa Dino juga berfungsi sebagai destinasi wisata edukatif untuk memperkenalkan anak-anak pada dinosaurus purba yang telah punah.

Lokasi: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Bandung
Jam Buka: 08.00 - 20.00 WIB (weekdays), 07.00 - 21.00 WIB (weekend)
Harga Tiket: Mulai dari Rp100.000 untuk satu hari, dan Rp180.000 untuk tiket dua hari
Fasilitas: Toilet dan tempat parkir yang aman

8. Cafe Senja

Cafe Senja, photo by DhahaNews.com

Cafe Senja di Bandung menawarkan city light view terbaik, terutama saat matahari terbenam sehingga menjadi destinasi ideal bagi pecinta senja dan alam. Cafe ini punya ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan akses jalan yang memadai. Selain menawarkan pemandangan indah, Cafe Senja juga menyediakan beragam menu mulai dari kopi hingga makanan dengan harga terjangkau. Spot terbaik di cafe ini adalah saat matahari terbenam yang menampilkan pemandangan langit senja yang sangat indah dan city light view kota Bandung.

Lokasi: Jl. Jatihandap, Kp. Panyandaan, Desa Mandalamekar, Kec. Cimenyan, Bandung
Jam Buka: 16.00 - 22.00 WIB (weekdays), 10.00 - 22.00 WIB (Sabtu), 06.00 - 22.00 WIB (Minggu)
Harga Tiket: Gratis
Fasilitas: Area parkir, toilet, musala, serta tempat duduk yang unik dan nyaman

9. Ranca Upas

Ranca Upas, photo by Kompas.com

Ranca Upas adalah kawasan bumi perkemahan yang dikelola oleh Perum Kehutanan Negara (Perhutani) di Bandung. Dengan ketinggian 1700 mdpl, Ranca Upas adalah tempat yang tepat untuk kamu yang mencari udara sejuk. Meskipun merupakan kawasan hutan lindung, Perhutani sudah menyediakan fasilitas yang memadai, lho. Harga tiket masuknya juga terjangkau, dengan harga yang berbeda untuk wisatawan nusantara dan mancanegara, serta tarif parkir yang terpisah.

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey-Patengan KM 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung
Jam Buka: 16.00 - 22.00 WIB (weekdays), 10.00 - 22.00 WIB (Sabtu), 06.00 - 22.00 WIB (Minggu)
Harga Tiket: Rp22.000 (domestik), Rp44.000 (mancanegara)
Fasilitas: Jalan beraspal, mesjid, serta kamar mandi dan toilet

10. Delapan Padi

Delapan Padi, photo by Sintia Astarina

Delapan Padi adalah restoran, kafe, tempat acara, dan ruang kerja bersama yang menawarkan konsep all-day dining yang modern dan autentik. Tempat ini cocok untuk berbagai keperluan, seperti berkumpul keluarga, mengerjakan tugas, atau merayakan ulang tahun. Spot kursi ayunan di Delapan Padi juga populer untuk foto-foto, lho. Terdapat beragam pilihan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau sehingga kamu bisa nyaman lama-lama nongkrong di sini.

Lokasi: Jl. Dipatiukur No. 8, Bandung
Jam Buka: Setiap hari pukul 06.30 - 22.00 WIB
Harga Tiket: Gratis
Fasilitas: Tempat parkir yang luas, toilet, musala, dan tiga meeting room

11. Centrum Million Balls

Centrum Million Balls, photo by Travel Kompas

Centrum Million Balls adalah obyek wisata keluarga yang menawarkan kolam mandi bola terbesar di se-Asia Tenggara sebagai daya tarik utamanya. Meski kolam mandi bola sering dikaitkan dengan arena permainan anak-anak, di Centrum Million Balls, orang dewasa juga bisa merasakan keseruannya, lho. Tempat ini juga menawarkan berbagai spot selfie yang menarik dengan berbagai tema. Keunikan tempat ini adalah kolam bola yang cukup besar, mencakup area bermain dengan luas 560 meter persegi, sehingga orang dewasa pun bisa menikmatinya, sambil berfoto di spot-spot menarik seperti Disco Darling, Choco Sunday, Yellow Bubble Shower, dan Story of My Life.

Lokasi: Jl. Belitung No. 10, Bandung
Jam Buka: 10.00 - 20.00 WIB (weekday), 09.00 - 20.00 WIB (weekend)
Harga Tiket: Gratis (syarat pesan satu jenis makanan dan minuman di Armor Genuine Cafe)
Fasilitas: Food court, spot foto, musala, toko souvenir, area parkir, toilet

12. Tebing Keraton

Tebing Keraton, photo by Kompas.com

Tebing Keraton adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang spektakuler dan keindahan alam. Terletak di Taman Hutan Raya Bandung dengan akses ke udara segar, hutan hijau, dan jalur trekking. Matahari terbit di Tebing Keraton sangat indah dengan latar belakang langit berubah warna. Kamu bisa mencicipi hidangan lokal di Warung Taru untuk merasakan budaya kuliner Bandung. Perjalanan ke Tebing Keraton melibatkan jalan kaki dan naik turun tangga, sehingga penting untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima.

Lokasi: Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Bandung Utara
Jam Buka: Disarankan datang pagi sebelum pukul 05.30 WIB untuk sunrise
Tiket Masuk: Rp11.000 (lokal), sekitar Rp76.000 (WNA), parkir motor Rp5.000, mobil Rp10.000
Fasilitas: Toilet, camping ground, saung, jasa ojek, sewa tenda, menara pandang dua lantai, musala

Setiap tempat wisata di Bandung yang lagi hits tahun 2023 di atas punya daya tariknya sendiri dan menawarkan pengalaman yang unik, nih. Jadi, mana yang mau kamu kunjungi?