15 Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta Pusat yang Strategis

15 Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta Pusat yang Strategis
Tempat Bukber di Jakarta Pusat, photo by milenials.id

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu umat Muslim. Selain menjadi bulan yang mulia, tentu pada bulan ini, ada banyak sekali momen kebersamaan yang tercipta. Salah satunya adalah momen buka bersama. Kalau kamu berada di kawasan Jakarta Pusat, ada banyak sekali tempat untuk mengadakan bukber. Penasaran? Ini dia 15 rekomendasi tempat bukber di Jakarta Pusat yang lokasinya sangat strategis!

Bunga Rampai

Bunga Rampai, photo by only1ivy.blogspot.com

Pertama, ada tempat bukber di Jakarta Pusat yang memiliki suasana vintage dan eksklusif. Ya, itu adalah Bunga Rampai. Dengan interior yang mewah berupa balutan dinding dan atap kaca, membuat kamu bisa menikmati buka puasa dengan nuansa yang berbeda.

Makanan di sini kebanyakan adalah kuliner khas dari Nusantara. Sehingga sudah tentu akan sangat cocok di lidah kita. Terletak di kawasan Menteng, sehingga mudah untuk diakses melalui berbagai kendaraan umum maupun pribadi.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.35, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp40.000/porsi

Lara Djonggrang

Lara Djonggrang, photo by tripadvisor.com

Selanjutnya, masih dengan restoran yang cukup mewah untuk tempat bukber di Jakarta Pusat, yaitu Lara Djonggrang. Memiliki desain interior klasik akan membuat suasananya sangat homey. Sangat cocok untuk menjadi tempat bukber bersama keluarga besar.Menu yang tidak boleh kamu lewatkan kalau bukber di sini adalah sate lilitnya. Satu porsi akan membuat kamu merasa kenyang karena cukup besar.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp55.000

Plataran Menteng

Plataran Menteng, photo by tripadvisor.com

Masih di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tempat bukber selanjutnya adalah Plataran Menteng. Tempat makan ini cukup eksklusif dengan suasana yang mewah namun tetap homey. Namun kamu tidak perlu khawatir soal harga, karena di sini masih memiliki harga yang cukup terjangkau.

Makanan yang bisa kamu nikmati di sini adalah makanan khas Nusantara. Ada beberapa menu favorit di sini, di antaranya pindang serani, nasi goreng keling, orak-arik pangsit udang, serta bola-bola cokro.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto No.42, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp30.000

Sate Khas Senayan

Sate Khas Senayan, photo by tripadvisor.com

Siapa yang tidak tahu tempat makan satu ini. Cabangnya sudah ada di berbagai lokasi, salah satunya di Jakarta Pusat. Sate Khas Senayan memang sudah tidak perlu lagi. Selain menyediakan sate, di sini juga kamu bisa menikmati berbagai jajanan manis, olahan dari ikan, serta berbagai sayuran. Bahkan di sini kamu juga bisa memesan jamu, lho!

Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 76/78 Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 08.00-20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp13.000-Rp135.000

Washoku Sato Batu Tulis

Washoku Sato Batu Tulis, photo by kompas.com

Kalau kamu mau merasakan bukber dengan konsep all you can eat, kamu bisa coba datang ke Washoku Sato Batu Tulis. Tempat makan yang berada di kawasan Pecenongan ini memiliki ciri khas dan suasana seperti berada di Jepang.

Menariknya, di Washoku Sato Batu Tulis ini, kamu tidak hanya bisa menikmati all you can eat, tetapi ada juga hot pot dan sushi roll.  Di sana juga ada a la carte yang lezat. Mulai dari ramen, bento, chicken katsu, bahkan steak bisa kamu temukan di sini.

Alamat: Jl. Pecenongan No.40, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp88.000

Sentral Al Jazeerah Restaurant & Cafe

Sentral Al Jazeerah Restaurant & Cafe, photo by pergikuliner.com

Kalau kamu ingin merasakan bukber dengan hidangan khas Timur Tengah, di Jakarta Pusat juga ada tempat yang bisa kamu datangi, yaitu Sentral Al Jazeerah Restaurant & Cafe. Restoran ini menjadi salah satu tempat yang menyediakan menu Timur Tengah dan Mediterania terbaik di Jakarta lho. Menu yang disajikan dibuat dengan porsi yang cukup besar, sehingga bisa disantap ramai-ramai. Sangat cocok kalau kamu ingin bukber dengan keluarga besar.

Alamat: Jalan Pramuka Nomor C23, Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 29.000-Rp2.800.000

Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan, photo by tripadvisor.com

Ingin berbuka puasa dengan menu bakso? Bakso Boedjangan bisa menjadi tempat yang layak dicoba. Meskipun bakso, tapi di sini, kamu akan sangat kenyang karena porsinya yang besar. Ada berbagai menu bakso yang bisa dicampur dengan mie yamin atau nasi. Selain itu, di sini juga ada menu berbagai nasi yang lain. Cocok untuk menjadi tempat bukber bersama teman dan sahabat terdekat.

Alamat: Jalan Cempaka Putih Raya Nomor 101, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00-23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp16.000

Restoran Garuda

Restoran Garuda, photo by pergikuliner.com

Kali ini, ada rumah makan Padang yang bisa menjadi tempat bukber andalan dengan lokasi strategis. Terletak di kawasan Menteng, sehingga mudah diakses oleh berbagai transportasi umum maupun pribadi.

Kalau kamu pencinta masakan Padang, tempat ini sangat recomended. Ada banya ksekali menu andalan yang lezat, mulai dari rendang, telur dadar, gulai tambusu, ayam pop, gulai tunjang, dendeng balado, dan masih banyak lagi menu yang menggoda lidah.

Alamat: Jalan Haji Agus Salim Nomor 59, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 08.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp11.000-Rp100.000

Rumah Makan Sari Bundo

Rumah Makan Sari Bundo, photo by economy.okezone.com

Masih dengan rekomendasi rumah makan Padang, kali ini ada Rumah Makan Sari Bundo. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1967 lho. Sampai sekarang, cita rasa khasnya masih dipertahankan dan menjadi nilai tersendiri.

Kalau kamu memang pencinta masakan Padang, pasti tempat ini akan sangat cocok untuk kamu. Bisa menjadi tempat buka puasa bersam teman atau keluarga. Beberapa menu yang menjadi rekomendasi di Rumah Makan Sari Bundo adalah ayam pop, rendang, gulai, sambal goreng ati, dan sate padang.

Alamat: Jalan Ir. Juanda Nomor 27, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka: 08.00-19.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp11.000

Seribu Rasa

Seribu Rasa, photo by qraved.com

Rekomendasi selanjutnya, adalah sebuah restoran yang memiliki desain interior mewah, yaitu Seribu Rasa. Akan cocok untuk kamu yang memerlukan tempat eksklusif untuk buka puasa bersama keluarga atau rekan kerja.

Menu makanan yang disediakan di sini mulai dari makanan khas Nusantara, hingga Asia. Kamu bisa coba menu favorit di sini, yaotu tom yam fish pattaya, beef satay kotagedem atau sambal udang bukit tinggi.

Alamat: Jl. H. Agus Salim No.128, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp68.000

Satoo

Satoo, photo by asiadreams.com

Selanjutnya, kalau kamu suka menyantap bufet, kamu bisa datang ke Satoo. Di sini ada berbagai varian menu, mulai dari western, hingga Asia. Kalau kamu tidak cocok dengan konsep bufet, tenang sajam di sini juga ada a la carte yang tidak kalah lezat.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 1, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: 12.00-14.30 dan 18.00-22.30 WIB
Harga: Mulai dari Rp78.000

Bebek Kaleyo Menteng

Bebek Kaleyo, photo by kaleyo.com

Siapa yang tidak tergoda dengan olahan bebek di tempat makan ini? Di sini, kamu bisa menikmati berbagai olahan bebek yang lezat, mulai dari bebek cabe ijo, bebek goreng, bebek rica, sate bebek, bebek bakar, bebek hemat, bebek utuh, hingga bebek peking. Di sini juga kamu bisa membeli bebek frozen untuk sahur, lho!

Alamat: Jalan Besuki Nomor 1A, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp17.000

Sambel Hejo Sambel Dadak

Sambel Hejo Sambel Dadak, photo by siarnitas.id

Selanjutnya, ada restoran yang menyajikan makanan khas Sunda, yaitu Sambel Hejo Sambel Dadak atau SHSD. Restoran ini memberikan konsep jadul yang bisa membuat kamu merasakan suasana seperti di masa lalu. Menu yang wajib dicoba di sini adalah nasi liwet khas Sunda, gurame cobek, sate maranggi, ayam goreng basah, dan tentu saja sambel hejo dan sambel dadak yang menjadi ciri khasnya.

Alamat: Jalan Cempaka Putih Raya Nomor 8A, Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Jam Buka: 09.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp6.000

Penang Bistro

Penang Bistro, photo by tripadvisor.com

Kali ini adalah rekomendasi restoran untuk bukber dengan menu makanan khas Melayu atau Malaysia. Tempatnya sangat nyaman dengan ruangan semi outdoor. Menu makanan yang bisa kamu coba di Penang Bistro adalah char kway teow, nasi ayam hainan, nasi lemak, ayam kerabu, roti canai, laksa penang, dan lain-lain.

Alamat: Jalan Kebon Sirih Nomor 59, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp29.000

Kaum Jakarta

Kaum Jakarta, photo by kaum.com

Terakhir, tempat bukber di Jakarta Pusat yang bisa menjadi pilihan adalah Kaum Jakarta. Memiliki desain yang estetik dan fancy dengan pilihan spot indoor dan outdoor. Menu makanannya pun sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah tongseng buntut, tahu telur, gurame, nasi goreng, dan lainnya. Kalau kamu mau bukber di sini, jangan lupa lakukan reservasi dulu sebelumnya ya!

Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No.77, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp30.000

itulah 15 rekomendasi tempat bukber di Jakarta Pusat yang cukup strategis. Selain tempatnya yang nyaman, pilihan menu yang enak, tentu yang harus diperhatikan adalah lokasinya, apakah mudah diakses atau tidak. Jadi gimana? Sudah ada berapa undangan untuk bukber tahun ini?