15 Tempat Sarapan Pagi di Jakarta Favorit Masyarakat

15 Tempat Sarapan Pagi di Jakarta Favorit Masyarakat
Sarapan Pagi di Jakarta, photo by Tripzilla.id

Jakarta memiliki banyak sekali tempat kuliner yang bisa dinikmati. Seakan tidak ada habisnya, setiap sudut selalu ada tempat kuliner yang menggoda untuk dicoba. Salah satu waktu yang pas untuk mencari kuliner adalah waktu sarapan. Ada banyak tempat sarapan pagi di Jakarta yang sudah terkenal disukai oleh masyarakat sekitarnya. Ini dia 15 rekomendasi tempat untuk sarapan pagi di Jakarta yang bisa kamu coba!

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Ayam Mangga Besar 1, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, ada lagi tempat makan bubur ayam, tapi kali ini di sekitar Mangga Besar. Tempat ini memang sudah terkenal dengan bubur ayamnya yang lezat, gurih, dan manis. Bubur Ayam Mangga Besar 1 menyediakan banyak lauk untuk melengkapi bubur ayamnya, seperti cakwe, ayam rebus, dan lainnya. Kalau kamu tinggal atau kerja di sekitar Mangga Besar, yuk, coba sarapan di sini. Pasti ketagihan!

Rasa Makanan di Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur ayam di sini memiliki tekstur yang cenderung cair. Rasanya balance dengan topping-topping di dalamnya. Dimakan polos juga tetap enak. Kalau pesan menu bubur ayam, free cakwe. Untuk ayamnya, di sini memakai ayam kampung. Dagingnya lembut dan gurih karena campuran minyak wijen, kecap asin, dan bawang goreng. Selain bubur ayam, di sini juga bisa mencoba nasi hainam.

Alamat: Jl. Mangga Besar 1 No.46, RT.2/RW.5, Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: 10.00-14.30 WIB
Harga: Rp25.000

Cirebon Chicken Porridge & Fried Rice

Cirebon Chicken Porridge & Fried Rice, photo by google maps

Daerah Rawamangun memang banyak tempat makan yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat yang cocok untuk sarapan di sekitar sini adalah Cirebon Chicken Porridge & Fried Rice. Di sini, menu yang ditawarkan ada beragam. Tempat ini bahkan selalu penuh. Makanan yang terkenal kelezatannya adalah bubur ayam dan nasi gorengnya. Harganya pun sesuai dengan kantong.

Alamat: Jalan Paus Nomor 7, Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur
Jam operasional: 06.00-12.00 WIB
Harga: Mulai Rp12.000

Nasi Gandul Bu Endang

Nasi Gandul Ibu Endang, photo by anakjajan.com

Sarapan pagi di Jakarta yang bisa kamu coba adalah Nasi Gandul Bu Endang. Nasi gandul sendiri adalah makanan daerah Pati, Jawa Tengah. Nasi ini terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Dalam satu porsi nasi gandul, kamu akan menikmati irisan daging berkuah. Di tempat ini juga kamu bisa mencoba menu lainnya seperti empal daging, garang asem, rawon, gudeg, dan lain-lain.

Rasa Makanan di Nasi Gandul Ibu Endang

Ada banyak menu makanan yang bisa kamu coba di sini, terutama menu-menu khas Jawa Tengah. Untuk nasi gandul sendiri, dalam satu porsi sudah ada dagingnya. Selain itu, kamu juga bisa menambah kondimen lain seperti paru, limpa, ati ampela, babat, dan lain-lain. Sensasi rasa manis dan gurih sangat terasa. Piringnya dialasi dengan daun pisang yang menambah nuansa tradisional di sini.

Alamat: Jalan Pesanggrahan Nomor 13, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat
Jam operasional: 08.00-21.00 WIB
Harga: Rp30.000

Sate Ayam Pertok H. Martingen Sakerah

Sate Ayam Pertok H. Martingen Sakerah, photo by idntimes.com

Kalau kamu mau sarapan dengan sate, bisa datang ke tempat makan yang satu ini. Rasa sate ayam di sini sangat enak dengan tekstur daging ayam yang tidak alot. Dalam satu porsi, kamu akan dapat 10 tusuk sate ayam. Kalau mau, kamu juga bisa tambah kondimen lain seperti nasi atau lontong. Sudah tentu cocok untuk mengisi tenaga sebelum memulai aktivitas.

Rasa Makanan di Sate Ayam Pertok H. Martingen Sakerah

Di sini, tersedia beberapa menu sate, seperti sate ayam, sate kambing, sate taichan, dan sate kulit. Satenya dimasak dengan baik sehingga tidak ada bau amis dan teksturnya juga empuk. Bumbu kacangnya gurih dan porsinya banyak. Potongan ayamnya besar-besar. Ditambah lontong, sudah cukup membuat perut kenyang.

Alamat: Pondok Indah THB 34, Jl. Gedung Hijau Raya l Raya No.45, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: 07.00-19.30 WIB
Harga: Rp16.000

Gado-gado Cikini

Gado-gado Cikini, photo by jakarta.tribunnews.com

Pilihan sarapan lainnya adalah gado-gado. Kamu bisa coba gado-gado Cikini yang ada di pusat kota ini. Di sini terkenal dengan bumbu kacangnya yang gurih. Cita rasanya sudah dikenal oleh banyak orang. Selain itu, di sini juga potongan lontong sayurnya pas, tidak akan membuat orang kekenyangan. Ada juga menu lain yang bisa kamu coba seperti lontong sayur, batagor, atau nasi opor.

Rasa Makanan di Gado-Gado Cikini

Ciri khas dari menu makanan di sini adalah saus kacangnya yang lebih mirip saus sate padang. Tidak terlalu kental dan kasar seperti saus kacang pada umumnya. Setiap satu porsi, akan diberi kerupuk dengan jumlah yang banyak. Ada juga bawang-bawangan sebagai tambahan topingnya.

Di sini juga ada es shanghai yang rasanya pas dan tidak terlalu manis dengan campuran santan dan gula merah.

Alamat: Jl. Cikini IV No.1, Cikini, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta
Jam operasional: 09.00-17.00 WIB
Harga: Rp35.000

Bakmi Metro

Bakmi Metro, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, ada Bakmi Metro yang juga memberikan menu sarapan khas Cina yang sudah sangat terkenal. Seperti restoran Cina pada umumnya, di sini kamu bisa menemukan berbagai sarapan yang khas, seperti bakmi, bihun, nasi tim, pangsit, dan lainnya. Tempat ini juga nonhalal untuk para Muslim. Ada dua toping yang bisa kamu pilih di sini, yaitu babi cincang dan ayam kampung. Kalau ke sini, jangan lupa coba bakso gorengnya yang super lezat!

Rasa Makanan di Bakmi Metro

Menu di Bakmi Retro ada berbagai macam. Salah satu yang menjadi favorit adalah bakso gorengnya yang garing dan gurih dengan campuran udang di dalamnya. Untuk bakminya, memakai mie yang halus dengan olahan bumbu yang lezat. Topingnya bisa ayam kampung atau babi cincang, bisa juga dicampur keduanya. Untuk menikmat babi, babi cincang di sini rasanya juara.

Alamat: Bakmi Metro, Ruko Sunter Garden Raya, Blok D8 No. 11H Jln. Sunter Permai Raya, Sunter, Jakarta Utara
Jam operasional: 06.00 – 14.00 WIB
Harga: Rp28.000 – Rp65.000

Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil, photo by idntimes.com

Selanjutnya, ada makanan khas Jakarta yang bisa jadi salah satu menu sarapan andalan, yaitu ketoprak. Di sekitar Kebayoran Baru, kamu akan menemukan Ketoprak Ciragil yang sudah terkenal enak. Ketoprak ini sangat istimewa dengan bumbu kacangnya yang memakai kacang mede. Rasa gurihnya berbeda dari tempat lain. Satu porsi ketoprak di sini, banyak sekali. Isiannya juga lengkap, mulai dari lontong, bihun, telur, dan potongan tahu. Dijamin sekali makan, akan kenyang sampai siang.

Rasa Makanan di Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil memiliki bumbu yang super lembut dan gurih dengan sedikit aroma bawang putih. Dengan kondimen yang lengkap dan tambahan telur dadar. Di sini juga ada menu lain seperti siomay dan bakso. Bumbu siomay di sini tidak kalah enak.

Alamat: Jalan Ciragil II Nomor 24, Kec. Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: 09.00-17.00 WIB
Harga: Rp25.000

Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi Uduk Kebon Kacang, photo by idntimes.com

Ini adalah nasi uduk legend di daerah sekitar Tanah Abang. Sudah ada sejak tahun 1967 dan masih banyak penggemarnya sampai sekarang. Kalau kamu kerja atau tinggal di sekitar Tanah Abang, sangat direkomendasikan untuk mencoba menu sarapan di sini. Rasanya sudah tentu tidak diragukan lagi.

Nasi uduknya dibungkus dengan daun pisang dan ditambah taburan bawang goreng. Kamu juga bisa menambah lauk lain seperti ayam goreng, udang, tahu, tempe, atau empal daging. Harganya juga pas di kantong.

Alamat: Jalan Kebon Kacang 8 Nomor 5, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam Operasional: 10.00-00.00 WIB
Harga: Rp10.000-Rp25.000

Nasi Uduk Gondangdia

Nasi Uduk Gondangdia, photo by pergikuliner.com

Satu lagi tempat makan legendaris yang bisa menjadi pilihan untuk sarapan di Jakarta, yaitu  Nasi Uduk Gondangdia. Tempat ini juga sudah terkenal di kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di sekitaran Cikini atau Gondangdia. Sajian nasi uduknya sangat unik berbentuk kerucut dengan daun pisang, Pilihan lauknya pun sangat banyak, mulai dari tahu, tempe, ayam, ikan, dan lainnya. Di sini juga disediakan beraneka minuman panas atau dingin. Tempat favorit jika ada di kawasan ini.

Rasa Makanan di Bubur Ayam Gondangdia

Bubur ayam di sini memiliki porsi yang lumayan banyak. Buburnya kental tanpa kuah. Ada rasa rempah yang kuat ketika menyantapnya. Topingnya tidak terlalu banyak, tapi rasa ayamnya gurih, apalagi kalau ditambah telur setengah matang. Kerupuknya banyak sekali.

Alamat: Jl. Cikini IV No.12, RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: 10.00-23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp7.000

Bubur Monas

Bubur Monas, photo by pergikuliner.com

Salah satu tempat sarapan bubur di Jakarta yang wajib dikunjungi para pencinta bubur. Di sini, kamu akan mendapatkan bubur ayam dengan tekstur yang sangat lembut. Di dalamnya sudah tersedia cakwe, bihun, telur mentah, ayam suwir, dan taburan bawang goreng. Ada juga berbagai macam sate yang bisa kamu tambahkan untuk lauknya. Semua kondimen di sini menciptakan rasa yang lezat dan nikmat.

Rasa Makanan di Bubur Monas

Bubur ayam di sini lembut sekali dengan rasa asin yang pas. Aneka sate yang ada di sini seakan menjadi penyempurna cita rasa dari bubur ayam ini. Ada kecap khusus yang dituang ke sate yang membuat rasanya lebih nikmat lagi. Seperti bubur ayam khas chinese, di sini juga memakai cakwe sebagai topingnya. Super nikmat.

Alamat: Jl. Penjernihan II, RT.15/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Operasional: 06.00-10.00 WIB
Harga: Rp15.000

Bubur Ayam Palagan

Bubur Ayam Palagan, photo by superapps.kompas.com

Kali ini bergeser sedikit ke Jakarta Timur, ada Bubur Ayam Palagan yang bisa kamu coba. Tempatnya memang sederhana, tapi pengunjungnya tidak pernah sepi. Bubur ayam di sini terkenal dengan kelezatannya. Selain itu, ada juga ketoprak yang juga tidak banyak disukai. Kamu bisa sesekali coba datang ke sini untuk sarapan.

Alamat: Jalan Pulo Nangka Tengah Nomor 10, Pulo Gadung, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur
Jam operasional: 06.00-12.00 WIB
Harga: Rp14.500

Nasi Ulam Ibu Yoyo

Nasi Ulam Ibu Yoyo, photo by myeatandtravelstory.wordpress.com

Kalau kamu mau coba sarapan yang beda, coba datang ke Nasi Ulam Ibu Yoyo untuk mencicipi nasi ulamnya. Nasi ulam versi Betawi di sini mempunyai rasa yang gurih. Ciri khasnya adalah dimasak dengan berbagai macam rempah. Di sini, kamu juga bisa menambah lauk gorengan kambing, yaitu daging kambing yang dimasak dengan kuah seperti gulai. Dagingnya bulat dan diikat dengan sabut. Inilah ciri khas dari nasi ulam Ibu Yoyo yang membuatnya selalu disukai oleh masyarakat. Kalau kamu tidak suka kambing, tidak perlu khawatir. Masih ada juga menu lain yang bisa kamu coba seperti ayam goreng, perkedel, empal, dan yang lainnya.

Rasa Makanan di Nasi Ulam Ibu Yoyo

Nasi khas di sini dicampur dengan rempah agar ada aroma yang menggugah selera. Nasi uduknya pun beraroma bawang goreng dan cengkeh yang membuat perut keroncongan. Tekstur nasinya agak keras tapi tetap enak untuk dimakan. Ada menu gorengan kambing yang memiliki rasa unik. Potongan daging kambing dicampur kuah dan irisan buncis. Perkedelnya pun lembut dan tidak berminyak. Nikmat sekali disantap selagi masih hangat. Tidak heran kalau tempat ini selalu ramai, apalagi ketika jam makan siang.

Alamat: Jalan Karet Pedurenan, Gang Dogol Nomor 3, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam operasional: 07.30-20.00 WIB
Harga: Rp15.000-Rp35.000

Bubur Ayam Senopati

Masih dengan menu sarapan bubur ayam, tapi kali ini di sekitar jalan Senopati. Keunikan dari bubur ayam di sini adalah adanya kuah kari. bubur ayamnya gurih dengan kaldu ayam dan topingnya yang banyak. Kalau kamu mau tambah topping, masih ada pilihan ampela, hati ayam, atau sate usus yang bisa kamu tambahkan. Tempat ini sudah terkenal dengan bubur ayam kuah karinya yang enak. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan bubur ayam yang satu ini.

Rasa Makanan di Bubur Ayam Senopati

Bubur ayam disini memiliki kaldu yang sangat berasa. Potongan ayam suwirnya besar-besar, sehingga membuat pelanggan puas. Sate-satean yang disediakan juga memiliki potongan yang besar dan gurih. Kondimen yang dipilih juga berkualitas dan tidak berbau amis. Disajikan tanpa kacang dengan bubur yang padat.

Alamat: Jalan Senopati Nomor 19-43, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam operasional: 06.00-11.00 WIB
Harga: Rp22.000

Sari Tim Pasar Pagi Sunter

Nasi Tim Pasar Pagi Sunter, photo by rukita.co

Untuk para penikmat nasi tim, tempat sarapan pagi di Jakarta yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Tempat ini juga sudah sangat legendaris di Sunter. Selalu menjadi pilihan masyarakat Sunter dan sekitarnya jika ingin sarapan makanan khas Cina. Resep yang dipakai di sini sudah turun temurun. Tidak heran kalau selalu ramai. Perlu diketahui bagi kamu yang Muslim, di sini ada menu non halal ya.

Alamat: NasiTim Pasar Pagi Sunter, Sunter Karya Utara 6 Pasar Sunter Podomoro cks 3 Sebelah BRI, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara
Jam operasional: 06.00 – 14.00 WIB
Harga: Rp35.000 – Rp58.000

Ketupat Sayur CNI

Ketupat Sayur CNI, photo by idntimes.com

Untuk para pekerja di sekitar Puri, Jakarta Barat, harus coba sarapan ketupat sayur di sini. Terletak di kawasan kantin karyawan dekat parkiran motor Puri Mall. Di sini, kamu bisa menikmati ketupat sayur dengan tahu, tempe, daging, kentang, dan siraman kuah kaldu yang gurih. Sekali coba makan di sini, dijamin akan ketagihan untuk datang kembali.

Alamat: Jl.batu mulia blok j1 no 1 meruya utara dekat, RT.6/RW.7, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat
Jam operasional: 06.00-13.00 WIB
Harga: Rp10.000

Demikian 15 rekomendasi tempat sarapan pagi di Jakarta yang bisa kamu coba. Memang kuliner di Jakarta selalu ada, baik pagi, siang, sore, maupun malam, Jadi kamu tidak perlu khawatir selama tinggal di kota yang selalu sibuk ini. Untuk harga pun masih banyak tempat yang sesuai dengan kantong di akhir bulan. Seperti banyak dari tempat rekomendasi di atas.