11 Makanan yang Tahan Lama di Kulkas, Cocok untuk Anak Kos!

11 Makanan yang Tahan Lama di Kulkas, Cocok untuk Anak Kos!
Makanan tahan lama di kulkas, photo by Erin Lives Whole

Sebagai anak kos, kamu pasti harus bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Selain biaya sewa kos, biaya kebutuhan hidup sehari-hari juga menjadi pengeluaran terbesar. Salah satu pengeluaran terbesar untuk kebutuhan hidup adalah makanan sehari-sehari. Bagi anak kos, cara yang paling mudah dan praktis untuk makan biasanya adalah dengan membeli makanan di luar, seperti warteg. Namun, jika ingin menghemat pengeluaran, memasak sendiri adalah solusinya.

Setelah memutuskan untuk memasak sendiri, kira-kira bahan makanan apa saja, ya, yang bisa tahan lama? Kalau kamu bingung, coba simak 11 opsi makanan yang tahan lama di kulkas berikut ini!

Telur

Telur, photo by Egg Safety Center

Telur adalah bahan makanan bergizi yang baik dikonsumsi. Untuk anak kos, telur bisa jadi bahan makanan penyelamat karena mudah dan cepat untuk dimasak. Tidak hanya itu, telur juga termasuk tahan lama untuk disimpan.

Telur yang disimpan di kulkas bisa bertahan 3-5 minggu, lho. Namun, kamu juga harus pintar memilih telur yang kondisinya bagus. Untuk mengecek kondisinya, kamu bisa memasukkan telur ke dalam semangkuk air. Kalau mengambang, artinya telur itu sudah tidak baik untuk dikonsumsi.

Mentega dan margarin

Margarin, photo by Unsplash

Mentega dan margarin biasa digunakan sebagai substitusi minyak, bahan dasar kue, atau sekadar olesan roti. Karena bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan, mentega perlu dimasukkan ke daftar belanjaan bulanan, nih. Mentega juga bisa tahan di luar kulkas hingga 2 minggu kalau disimpan di wadah tertutup. Jika disimpan di kulkas, mentaga bahkan bisa awet sampai sekitar 4 bulan!

Sayuran beku

Sayuran beku
Sayuran beku, photo by Depositphotos

Umumnya, orang membeli sayur segar sebagai bahan makanan untuk dimasak. Namun, untuk yang ingin praktis, bisa juga membeli sayuran beku. Jangan khawatir akan gizinya karena sebenarnya kandungan nutrisinya sama dengan sayuran segar. Hanya saja, sayuran beku dipanen ketika sudah matang dan langsung dibekukan sehingga gizinya tetap terjaga. Kelebihannya, sayur beku jauh lebih awet dari sayur segar: tahan hingga 8 bulan di freezer. Kamu juga jadi bisa memilih berbagai sayuran yang sudah dicampur, bukan hanya satu jenis saja.

Baca juga: 10 Perlengkapan Kost yang Anak Kost Perlu Punya, Jangan Lupa!

Kentang

Kentang
Kentang, photo by Unsplash

Bosan dengan nasi atau sedang ingin diet? Kamu bisa beralih ke kentang sebagai sumber karbohidrat. Kentang juga bisa dimasak dengan beragam cara sehingga tidak membosankan untuk dimakan. Di suhu ruangan yang sejuk dan tidak terkena matahari langsung, kentang bisa tahan sampai 2 bulan. Kalau ingin kentang lebih tahan lama, kamu bisa menyimpannya di kulkas.

Apel

Apel
Apel, photo by Unsplash

Ingin hidup lebih sehat? Konsumsi buah setiap harinya! Sebagai anak kos, tidak jarang pola makan jadi berantakan atau kurang sehat. Nah, coba usahakan makan buah setiap hari, seperti apel. Buah apel mudah ditemukan dan merupakan buah yang bisa tahan cukup lama, lho. Buah yang satu ini bisa bertahan sampai 3 minggu di suhu ruangan bahkan 6 minggu di dalam kulkas!

Nugget dan sosis

Nugget dan sosis
Nugget dan sosis, photo by Twitter @naufalantezem

Siapa yang tidak tahu dua olahan daging ini? Nugget dan sosis adalah frozen food atau makanan beku yang mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, dari anak kecil hingga orang dewasa.

Frozen food yang disimpan dengan benar di freezer mampu bertahan sekitar 1-3 bulan. Selain itu, kamu juga bisa memisah-misahkan dalam porsi kecil di wadah yang tertutup rapat dan memasak per porsi, sehingga makanan beku tidak perlu keluar-masuk kulkas berkali-kali.

Ayam dan daging sapi

Ayam dan daging sapi, photo by Eat This, Not That

Daging ayam dan daging sapi segar harus kamu simpan di dalam freezer untuk ketahanan yang lebih lama. Akan lebih baik kalau kamu menyimpannya dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke freezer. Selain daging segar, kamu juga bisa membeli daging sapi dan ayam frozen (beku) yang sudah dikemas di supermarket.

Daging sapi dengan potongan sedang bisa bertahan sampai 6 bulan, sedangkan daging sapi giling hanya bisa bertahan antara 3-4 bulan. Untuk ayam, potongan berukuran sedang bisa tahan 6-9 bulan, ayam giling bertahan sampai 4 bulan, dan ayam utuh beku bisa tahan 6-12 bulan.

Seafood

Seafood, photo by Roswell Park Comprehensive Cancer Center

Sama seperti daging ayam dan daging sapi, seafood juga harus disimpan di dalam freezer. Pastikan seafood dibungkus rapi dalam kemasan sebelum dimasukkan ke freezer, ya. Kalau ingin lebih tahan lama, bisa juga dimasukkan ke dalam wadah khusus kedap udara.

Untuk ikan segar yang lemaknya sedikit seperti ikan mujair dan ikan nila, penyimpanan yang benar di freezer bisa membuatnya tahan selama 2-6 bulan. Untuk udang, makanan laut yang satu ini bisa bertahan sampai 6 bulan di freezer. Sedangkan, ikan yang berlemak seperti salmon dan sarden tidak disarankan untuk dibekukan.

Keju

Keju, photo by Unsplash

Ketahanan keju bisa diukur dari kerasnya keju. Keju yang lebih keras akan lebih awet dibandingkan keju yang lunak. Keju keras seperti cheddar bisa bertahan 2-4 bulan sebelum dibuka atau 6 minggu setelah dibuka, dengan catatan disimpan di kulkas. Sedangkan, keju yang lebih lunak seperti mozarella bisa bertahan sekitar 2-3 minggu setelah dibuka, dengan penyimpanan di dalam kulkas. Jika ingin tahan beberapa bulan lebih lama, keju bisa disimpan freezer. Namun, rasanya pasti akan berubah. Supaya keju lunak lebih awet setelah dibuka, coba bungkus dengan plastic wrap sebelum disimpan.

Baca juga: 10 Fasilitas Kost Eksklusif yang Nyaman dan Bikin Betah!

Susu UHT

Susu UHT, photo by Coefficient Capital

Minuman bergizi satu ini cocok untuk jadi stok anak kos. Susu bisa jadi penambah energi di pagi hari yang mudah dan cepat dikonsumsi. Susu UHT yang dikemas karton bisa bertahan selama 6-9 bulan di suhu ruangan jika belum dibuka. Sedangkan, setelah dibuka, susu UHT bisa bertahan selama 7-9 hari di dalam kulkas.

Kornet

Kornet, photo by Dreamstime

Kornet adalah bahan makanan yang gampang ditemukan, mudah dimasak, dan dapat bertahan cukup lama. Jika disimpan di kulkas, kornet yang belum dibuka bisa bertahan sekitar 2 minggu. Namun, setelah kemasan dibuka, kornet bisa bertahan 3-5 hari di kulkas.

Cari kost dengan dapur yang nyaman?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, buat anak kos, memasak makanan sendiri bisa lebih menghemat pengeluaran daripada selalu membeli makan di luar. Masalahnya, tidak semua kost menyediakan dapur bersama dan kulkas untuk dipakai penghuni kost. Belum lagi memerhatikan keadaan dapur, apakah dapur yang tersedia bersih dan nyaman untuk digunakan? Nah, kalau kamu mencari tempat kost yang memudahkan kamu untuk memasak, bisa banget cek kost Cove Prima!

Cove Prima, Antasari
Cove Prima, Antasari

Tempat co-living ini terletak di lokasi yang sangat strategis di kawasan Antasari, Cilandak, dengan hanya berjarak 3 kilometer dari stasiun MRT Haji Nawi. Dengan desain gaya minimalis modern, kost ini menawarkan fasilitas super lengkap. Buat kamu yang suka masak atau berencana sering memasak sendiri, kost ini memiliki dapur bersama yang nyaman dan cukup luas, bahkan terdapat mini pantry di setiap kamar. Tersedia juga fasilitas yang mendukung kemudahan hidup keseharian kamu seperti laundry, internet, layanan pembersihan kamar, gym, dispenser air, keamanan, lahan parkir, dan lounge. Oke banget, kan? Yuk, cek info lengkapnya dan segera book untuk lihat-lihat Cove Prima!