10 Kegiatan untuk Liburan Akhir Tahun, Simak di Sini!

10 Kegiatan untuk Liburan Akhir Tahun, Simak di Sini!
Photo from Pexels/Fabian Reck

Akhir tahun menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Pasalnya, Hari Raya Natal dan tahun baru memiliki jarak yang cukup dekat, sehingga sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk pergi berlibur atau sekadar mengambil cuti untuk beristirahat.

Nah, jika kamu sedang mencari kegiatan untuk liburan akhir tahun, yuk intip beberapa rekomendasinya dari Cove di sini!

Rekomendasi Kegiatan Saat Liburan Akhir Tahun

Berlibur ke Destinasi Musim Dingin

Photo from Pexels/Rob Quiambao

Musim dingin adalah waktu yang sempurna untuk menjelajahi destinasi musim dingin yang indah. Berikut adalah beberapa destinasi musim dingin yang bisa kamu kunjungi:

  • Hokkaido, Jepang: Jika kamu suka salju, Hokkaido adalah tempat yang harus dikunjungi. Di sini, kamu bisa bermain ski atau snowboard di resor ski terkenal seperti Niseko atau Rusutsu, menikmati pemandangan salju yang memukau, dan mencoba hidangan musim dingin seperti ramen panas yang lezat.
  • Swiss: Swiss dikenal dengan pemandangan pegunungannya yang spektakuler. Kamu bisa mengeksplorasi kota-kota seperti Zermatt dan Interlaken, serta berkendara dengan kereta Glacier Express untuk melihat pemandangan alam yang luar biasa.
  • Lapland, Finlandia: Jika kamu ingin merasakan pesona Natal yang sesungguhnya, Lapland adalah tempat yang tepat. Tempat ini adalah rumah bagi Santa Claus, dan kamu dapat mengunjungi desa Santa, berkeliling dengan kereta khusus hewan kutub, dan menyaksikan aurora borealis yang mengagumkan.

Staycation di Dalam Negeri

Photo from Pexels/Olexandr

Jika kamu tidak ingin berpergian ke tempat yang terlalu jauh, kamu bisa nih, sekadar staycation di luar kota seperti Bandung atau Bali. Kamu bisa bersantai dan melepas stress dari rutinitas yang sudah kamu lakukan selama satu tahun terakhir dengan berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Saat berkunjung ke Bali atau Bandung, jangan lupa memilih akomodasi penginapan yang tepat. Pastikan tempat menginap kamu memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang segala kebutuhan kamu saat berlibur serta memiliki lokasi yang strategis. Beberapa rekomendasi penginapan yang bisa kamu coba adalah Cove West Inn yang berada di Cihampelas, Bandung atau The Isvara by Cove yang berada di Seminyak, Bali.

Backpackeran

Photo from Pexels/Pawan Yadav

Bepergian ke luar kota nggak harus melulu bawa koper, kok! Kamu bisa men-challenge diri kamu sendiri dengan backpackeran saat berlibur. Kegiatan ini tidak hanya membuat tubuh lebih banyak bergerak, tapi juga mengunjungi tempat-tempat menarik, menjelajahi budaya lokal, dan menghadapi tantangan baru. Para backpacker seringkali mencari penginapan yang ekonomis seperti hostel, guesthouse, atau berkemah.

Bermain di Waterboom

Photo from Pexels/Pixabya

Bermain di waterpark atau waterboom saat berlibur bersama teman-teman dapat menjadi pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan. Waterboom biasanya menawarkan berbagai macam wahana air dan aktivitas, termasuk seluncuran air, lazy river, kolam gelombang, dan banyak lagi, cocok untuk kamu yang suka petualangan dan beradrenalin tinggi, atau pun sekadar bersantai di lazy river.

Menikmati Suasana Pantai

Photo from Pexels/Vincent Gerbouin

Mengunjungi pantai pada akhir tahun juga bisa menjadi opsi liburan yang menarik, lho. Pemandangan pantai yang menakjubkan dengan pasir yang luas dan air laut biru yang indah, serta suara ombak yang menenangkan, dapat meningkatkan pengalaman liburan kamu bersama keluarga atau teman-teman.

Beberapa pantai yang dapat kamu kunjungi di daerah Jabodetabek termasuk Ancol dan Kepulauan Seribu. Jika kamu ingin pergi ke pantai di luar Jabodetabek, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai cantik di Yogyakarta atau Bali.

Menonton Konser

Photo from Pexels/Sebastian Ervi

Menonton konser musik bisa menjadi pilihan liburan akhir tahun yang sangat menyenangkan. Konser musik adalah kesempatan yang baik untuk merayakan bersama teman-teman atau keluarga. Kamu dapat membuat kenangan bersama saat menyaksikan penampilan live dan berbagi pengalaman musik yang tak terlupakan, serta menikmati penampilan live yang tidak dapat kamu rasakan melalui rekaman musik biasa.

Piknik di Taman

Photo from Shutterstock

Ide liburan akhir tahun selanjutnya adalah berpiknik sambil berbincang bersama teman atau keluarga. Kamu bisa berpiknik di pagi atau siang hari, kemudian melanjutkannya hingga malam dengan acara barbekyu sambil menyambut pergantian tahun. Meskipun acaranya sederhana, tetapi akan tetap menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menggembirakan yang akan diingat sepanjang tahun, bahkan mungkin menjadi tradisi tahunan yang sayang untuk dilewatkan, lho.

Wisata Budaya dan Sejarah

Photo from Kemenparekraf

Di Indonesia, kita punya banyak sekali keberagaman budaya, lho. Setiap daerah punya bahasa, budaya, adat istiadat, dan tradisi mereka sendiri yang seru buat dijelajahi. Nah, kamu bisa nih menghabiskan liburan akhir tahun ini dengan memperbanyak pengetahuan mengenai kekayaan budaya di Indonesia. Kamu bisa mengunjungi berbagai museum, bangunan bersejarah, dan tempat-tempat seru lainnya yang bisa dikunjungi. Misalnya, kamu bisa mampir ke Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan di Sleman, Keraton Surakarta, dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta.

Menyantap Hidangan Musim Dingin

Photo from Epicurious

Liburan akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk mencoba hidangan musim dingin yang lezat. Berikut beberapa hidangan yang bisa kamu coba:

  • Hidangan Tradisional Natal: Kamu bisa mencoba hidangan khas Natal seperti kalkun panggang, smashed potato, dan saus cranberry untuk merayakan Natal dengan tradisi yang otentik.
  • Fondue: Fondue keju atau fondue cokelat adalah hidangan yang populer di musim dingin. Hidangan ini sangat sempurna untuk dinikmati bersama teman-teman!
  • Hidangan Panas: Makanan panas seperti sup krim labu, chili, atau nabe Jepang adalah pilihan yang sangat nyaman di musim hujan atau dingin untuk meghangatkan tubuh.

Merayakan dengan Keluarga dan Teman

Photo from Pexels/Rodnae Productions

Terlepas dari aktivitas liburan akhir tahun yang kamu pilih, hal yang paling penting adalah merayakan akhir tahun dengan orang-orang yang kamu sayangi. Jadikan waktu ini untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, berbagi cerita, dan membuat kenangan yang akan dikenang sepanjang hidup kamu, ya.